semakin Banyak Keluarga Muslim Barat yang Memilih Home Schooling


 

 

 

 

 

 

  

Semakin Banyak Muslim AS Memilih PendidikanHomeschooling

E-mail Cetak PDF
LOUDOUN COUNTY (Berita SuaraMedia) - Pada sore hari yang dingin di barat Loudoun County, sekelompok anak-anak menggunakan pinset untuk mengambil tulang-tulang hewan pengerat dari muntahan burung hantu. Seorang anak laki-laki membangun sebuah peluncur dari Lego. Seorang gadis berlatih tulisan tangan. Di dinding, ada plakat yang bertuliskan, "Aku berpuasa di bulan Ramadan", "Aku membayar zakat", dan "Aku akan pergi haji". Selamat datang di rumah Priscilla Martinez - dan sekolah anak-anaknya, di mana Martinez adalah guru, kepala sekolah dan sekaligus konselor pembimbingnya, dan di mana kredo "Allah menciptakan segala sesuatu" diajarkan di samping matematika, tata bahasa dan ilmu pengetahuan.
Martinez dan enam anak-anaknya, usia 2-12, adalah bagian dari peningkatan jumlah umat Muslim yang menjalani home-schooling. Di kawasan Washington, Martinez mengatakan, ia telah melihat jumlah homeschooler yang meledak selama lima tahun.
Meskipun tiga perempat dari sekitar 2 juta homeschooler di negara itu mengidentifikasi diri mereka sebagai Kristen, jumlah umat Islam bertumbuh "relatif cepat" dibandingkan dengan kelompok lain, kata Brian Ray, presiden dari National Home Education Research Institute.
Mereka berbuat demikian, katanya, karena alasan yang sama sebagai non-Muslim: "Akademisi yang lebih, lebih banyak waktu dengan keluarga, mereka ingin panduan interaksi sosial, menyediakan tempat yang aman untuk belajar dan... Mengajar mereka nilai-nilai, keyakinan dan pandangan dunia."
Orangtua mengatakan itu adalah alternatif yang menarik dari sekolah-sekolah umum, dengan tradisi dan nilai-nilai yang mereka tidak selalu merasa nyaman, dan sekolah-sekolah Islam, yang mungkin terlalu jauh, terlalu banyak biaya atau kurangnya kekakuan akademik.
Jika umat Islam telah menjalani home schooling daripada yang lain, mungkin sebagian karena begitu banyak umat Islam di Amerika Serikat adalah pendatang yang mungkin tidak sadar akan adanya pilihan. Bahkan, bagi banyak pendatang, gagasan tentang home schooling bertentangan dengan alasan mereka untuk datang ke Amerika, yang sering mencakup kesempatan pendidikan yang lebih baik. Dan sekolah umum telah lama dipandang sebagai kunci portal ke asimilasi.
Ketika Sanober Yacoob tiba dari Pakistan 13 tahun yang lalu dan mulai menjalankan home-schooling untuk ketiga anaknya, dia adalah satu-satunya pendatang yang melakukannya. Yang lain "berpikir aku aneh," katanya. "Salah satu dari mereka berkata kepadaku, 'Aku harap Anda tidak akan menghancurkan diri andasendiri, dan mereka akan menjadi bodoh." "
Sekarang, lebih banyak yang mengikuti langkah-langkahnya, dan banyak menggunakan kurikulum Calvert yang sangat dihargai untuk para homeschooler.
Maqsood dan Zakia Khan dari Sterling, yang beremigrasi dari Pakistan dua dekade lalu, mengatakan home schooling telah memungkinkan mereka untuk meningkatkan dan menginternasionalisasi kurikulum anak-anak mereka. Sekarang, di samping mata pelajaran standar, anak-anak mereka, usia 15, 14 dan 9, mempelajari Al-Quran selama setengah jam sehari, satu-lawan satu, dengan seorang wanita yang mengajar secara online dari Pakistan.
"Kalau mereka pergi ke sekolah, kita tak pernah bisa melakukan itu," Maqsood Khan. "Anda menghabiskan berjam-jam di sekolah, anda lelah, otak Anda sudah penuh dan Anda tidak ingin menghabiskan berjam-jam dengan studi Islam. Tapi sekarang itu bagian dari kurikulum mereka, kami menjadikannya sebagian waktu mereka."
Keluarga Khan memutuskan untuk homeschooling empat tahun lalu setelah seorang guru taman kanak-kanak, tidak sadar tentang isu-isu agama, mengatakan kepada anak mereka bahwa dia tidak bisa menolak makanan sekolah karena memakan makanan yang telah dibawa dari rumah. Insiden makanan itu kecil, tetapi menyoroti isu-isu yang oleh banyak Muslim mengatakan dihadapi anak-anak mereka setiap hari sebagai minoritas yang tidak merayakan Natal, Halloween atau pesta ulang tahun, yang tidak makan daging babi dan yang berpuasa selama bulan Ramadhan.
Keluarga tidak mempertimbangkan sekolah-sekolah Islam, Zakia Khan berkata, karena "mereka belajar lebih banyak di rumah daripada yang mereka pelajari di sekolah."
Sebaliknya, Abdul Rashid Abdullah dari Herndon mengatakan bahwa ia mempertimbangkan sebuah sekolah Islam untuk putranya yang 11 tahun, yang sedang berjuang di sekolah umum, jika bukan karena biaya.
"Anak-anak saya sangat sadar bahwa mereka adalah Muslim, dan mereka sangat sadar bahwa orang lain tidak," kata Abdullah, yang istrinya, seorang pendatang Malaysia, mulai menjalankan homeschooling putra mereka musim gugur yang lalu. Dua dari anak-anak pasangan muda itu, yang berusia 10 dan 6, tetap di sekolah umum; anak keempat mereka masih 3 tahun. "Ada budaya mainstream, dan anak-anak saya bukan bagian dari budaya mainstream... Dan untuk mendengar, 'Kami tidak melakukan ini, kita tidak melakukan itu,' bagaimana perasaan mereka ketika mereka sedang duduk di kursi itu? Home schooling benar-benar mengurangi tekanan."
Martinez, muallaf Islam keturunan Meksiko dan dibesarkan di Texas, mengatakan bahwa meskipun stereotip dari homeschooler biasanya tertutup dari dunia, tujuannya bukan untuk membatasi anak-anak dari budaya mainstream sama seperti untuk memastikan mereka tidak tersesat dalam arus.
"Kami tidak mengisolasi diri dari seluruh dunia dan duduk di sini di rumah hanya karena tidak terbiasa dengan komunitas kita dan identitas kita sebagai orang Amerika," katanya. "Tapi kita juga tidak mengirimkan mereka ke sekolah di mana secara umum mereka harus meninggalkan sebagian besar identitas mereka di pintu."
Ada juga alasan-alasan religius. "Kami jelas belajar dari pandangan dunia yang berbeda," katanya. "Semuanya memiliki Tuhan sebagai pusatnya. Kami tidak hanya mempelajari lebah, tetapi kita mempelajari apa yang dikatakan Al-Quran tentang lebah dan banyak berkah dan madu.... Kita mendapat pelajaran agama dari itu, kita peroleh biologi dari itu dan juga kimia."
Ide mengajar anak-anak di rumah telah lebih diterima komunitas Muslim sejak Yacoob mulai melakukannya. Sekarang, katanya, mantan penentang memberinya selamat pada anak-anaknya, yang sedang mengejar gelar sarjana. Putranya Saad, sekarang 21 tahun dan mengambil jurusan bahasa Inggris di George Mason University, berhasil menghafal Al-Quran ketika berada di home-schooling. "Orang yang sama (yang pernah mengkritik dirinya) menghentikan saya, dan ia mengatakan pada saya, Kami sangat bangga akan Saad!"
Seperti halnya homeschooler dari setiap afiliasi, pertanyaan muncul tentang sosialisasi. Abdul-Malik Ahmad, pengembang Web berusia 34 tahun, dulunya adalah homeschooler di Beltsville pada tahun 1980-an dan 90-an. Sementara ia mengatakan secara keseluruhan itu adalah pengalaman yang positif (dia sekarang menjalankan homeschooling untuk putrinya ), itu memiliki kekurangan.
"Ada sangat sedikit Muslim, dan kami sangat tersebar, dan masyarakat tidak begitu berkembang seperti sekarang," katanya. "Jadi kami tidak punya kesempatan untuk bersosialisasi sebanyak yang kita bisa sekarang. Butuh waktu bagi saya untuk menyesuaikan begitu kuliah."
Untuk memudahkan transisi itu, beberapa homeschooler mengatakan mereka berencana untuk mengirim anak-anak mereka ke sekolah menengah umum begitu karakter mereka terbentuk secara utuh. "Bukan berarti Anda tidak ingin mereka tahu dunia," kata Norlidah Zainal Abidin, istri Abdullah, "Tapi Anda ingin menanamkan nilai-nilai tertentu di dalamnya terlebih dahulu."
Maqsood Khan mengatakan anak-anaknya terhubung dengan dunia luar melalui pramuka Islam dan kunjungan ke mal. "Mereka tipikal remaja; mereka mendengarkan musik yang penuh ledakan, tetapi mereka mendengarkan musik Islam."
Putrinya Meena, 15, yang menghadiri Sekolah Menengah Sterling sampai ia menyelesaikan kelas enam empat tahun lalu, berada di rumah baru-baru ini dalam kaus Redskins dan jilbab hitam. Dia mengatakan ada hal-hal yang ia rindukan tentang sekolah umum, termasuk klub Harry Potter.
"Saya suka pergi. Saya mendapat nilai bagus," katanya. "Tapi kami tidak mendapatkan cukup studi Islam."
Banyak homeschooler mencari interaksi sosial di luar kelompok kelas atau perjalanan lapangan. Pada suatu sore baru-baru ini di Cascades Perpustakaan di Sterling, ibu-ibu dengan jilbab menurunkan anak-anak mereka di sebuah ruangan di mana narasumber Jean McTigue sedang mengajar seni Muslim bagi anak-anak homeschooler. Ketika anak-anak dan perempuan memandang reproduksi Dalis dan Goyas, McTigue, yang anak-anaknya sendiri ada di kelas, mengatakan tak ada kesempatan yang sama untuk putra tertuanya, yang berusia 15. "Ketika Yusuf 6 tahun, dia ingin sekali melakukan sesuatu seperti ini, tapi benar-benar tidak ada apa-apa."
Di bawah, di antara ibu-ibu yang menunggu, Ayesha Khan mengatakan bahwa lima tahun yang lalu teman-teman dan keluarganya di Pakistan telah mengkritik keputusannya untuk melakukan homeschooling bagi anak-anaknya, yang sekarang 10 dan 8 tahun. Tetapi ketika mereka melihat anak-anak, mereka terkesan. 

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.