Sabtu, April 15, 2017

Menduniakan Gaya Hidup Halal Bersama MIHAS 2017 dan MILE 2017


Pameran Gaya Hidup Halal Internasional yang berlangsung di Malaysia ini benar-benar membuat takjub. Merupakan event tahunan yang dihadiri oleh pengunjung lebih dari 70 negara di dunia.

Pameran Gaya Hidup Halal Internasional (MIHAS dan MILE 2017)
Kuala Lumpur 5-8 April 2017

Menjalani hidup halal itu menjadi prinsip saya dan suami. Kami ingin menjadikan halal sebagai gaya hidup. Bahkan anak-anak dibiasakan jika beli jajanan yang ada logo halalnya. Karena memang lebih mudah menyuruh mereka menghafal logo halal MUI ketimbang membaca  kandungan dalam makanan.


Tak hanya itu saya dan suami juga membatasi diri berinteraksi dengan bank konvensional. Saya sendiri sudah tidak mempunyai akun rekening di bank konvensional. Semua akun rekening saya dari bank Syariah. Hanya satu rekening suami yang dari bank konvensional dan itu hanya untuk urusan transfer. Suami benar-benar keras banget mengingatkan keluarganya tentang riba.

Makanya ga heran ketika kami tahu ada pameran Islamic Lifestyle di Kuala Lumpur langsung deh mengagendakan diri untuk hadir di sana. Sedihnya kami baru tahu kalau ada pameran seperti itu. MIHAS  sendiri ternyata sudah yang ke-14 kalinya. Duuh kemana aja saya selama ini.
MIHAS dan MILE diikuti oleh banyak negara dan tak hanya dari kalangan negara-negara muslim tetapi juga negara-negara non muslim


Apa itu MIHAS dan MILE
MIHAS atau Malaysia International Halal Showcase adalah pameran bisnis produk halal internasional yang berlangsung di Malaysia. Event tahunan ini sudah berlangsung yang ke-15 kalinya lo. MIHAS diakui sebagai penjembatan bisnis produk halal seluruh dunia. Tahun 2016 lalu saja MIHAS dikunjungi oleh lebih dari 22.000 pengunjung dari 70 negara dengan transaksi bisnis lebih dari RM 1 Milyar dan diikuti oleh 600 peserta dari berbagai negara. Pameran ini berlangsung di Kuala Lumpur Convention Center tepat di pusat kota. Masih di area menara Petronas dan KLCC. Jadi tempatnya benar-benar strategis banget.


Sedangkan MILE adalah Malaysia International Islamic Lifestyle atau pameran gaya hidup islami internasional yang digagas oleh Malaysia. Sebenarnya tidak heran melihat gencarnya Malaysia dalam mempromosikan diri sebagai negara dengan predikat halal no. 1 dunia. Yang kalau dipikir-pikir kenapa Indonesia tidak sebersemangat Malaysia dalam mengkampanyekan gaya hidup halal. Melihat Indonesia menjadi negara dengan penduduk muslim terbesar dunia.


Dan saya takjub melihat sendiri saat pameran MIHAS2017 dan MILE2017 kemarin dimana peserta dan pengunjung pameran datang dari berbagai latar belakang agama, ras dan budaya. Gaya hidup halal sejatinya adalah gaya hidup warga negara seluruh dunia. Salut untuk Malaysia yang memberi ruang bagi non muslim untuk menyediakan produk halal bagi masyarakat muslim. Jujur dengan sertifikasi halal sebenarnya saya merasa lebih nyaman ketika memilih suatu produk apalagi jika itu dating dari kalangan masyarakat non muslim. Dan itu bentuk saling menghormati antara pemeluk agama. Jika halal ayo ikuti prosedur pembuatan sertifikasi halalnya. Dan jika tidak halal katakan dengan jujur produk tersebut tidak halal sehingga masyarakat muslim bisa berhati-hati. Saya berharap banget pemerintah Indonesia bisa membuat pameran sejenis ini di Indonesia. Ayo bantu Badan Sertifikasi Halal MUI kita dengan mengembangkan riset dan sumberdayanya dan memperluas jaringan dengan event internasional semacam ini.



Saya dan si bapak saja waktu sampai di lokasi event dibuat takjub dengan banyaknya peserta pameran. Dan seperti biasa kita pisah haluan hahahaha. Saya lihat-lihat bagian makanan. Nyicipin kurma dari berbagai negeri. Melihat alat-alat pembuat roti dan cookies. Nyicipin minuman soda dari habatussauda. Asli! Saya sampai beli 6 kaleng dan kalengnya sampai kami bawa ke Indonesia. Pengennya si bapak sih mau mencoba bisnis minuman ini di Indonesia pas Ramadhan besok. Saya juga beli softdrink dengan packaging lucu. Bentuknya kaleng softdrink tapi kalengnya bening. Lucu banget. Akhirnya saya bawa juga itu botol kosongnya ke Indonesia. Lumayan buat property foto, eh. Hahahaha. Dan seperti biasa si bapak ngobrol panjang dengan lembaga kemanusiaan peduli Palestina-Suriah yang buka stand di sana. Si bapak juga akhirnya dapat pelanggan distro kaos kami Sabiluna Distro. Sesama penjual kaos distro akhirnya dapat pelanggan baru. Alhamdulillah.

            Dan saya merekomendasikan untuk para produsen produk-produk halal tanah air untuk turut bergabung di event ini untuk memperluas jaringan. Karena peserta dan pengunjung pameran yang datang dari berbagai negara. 


Benar-benar pengalaman luar biasa kami tahun ini bisa mengunjungi MIHAS 2017 dan MILE2017. Dan buat teman-teman untuk mendapat informasi yang lebih banyak bisa langsung ke mihas.co.my dan malaysiaislamiclifestyle.com.my . siapa tahu tahun depan dapat kesempatan untuk menghadiri eventnya. Saya sendiri berharap tahun depan bisa hadir lagi di MIHAS dan MILE. Aamiin. 

13 komentar:

  1. Wah, sungguh sebuah kesempatan emas bisa hadir menyaksikan event ini, Mba. Andai Indonesia sebersemangat negeri jiran ini, pasti kita akan merasa lebih aman, nyaman dan semakin cinta tanah air, ya, Mba. Kudu banget ditiru langkah ini. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Alaika seneng banget bisa hadir di sana kemarin. belajar banyak hal dan bertemu banyak teman baru :)

      Hapus
  2. Alhamdulillah bisa hadir ya mba. Smoga tahun depan juga bisa menghadiri ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. semoga bisa hadir lagi :)

      Hapus
  3. Kapan ya Indonesia bisa selenggarain event seperti ini, jadi biar kita anak bangsa promote event dr negeri tanah tumpah kelahiran sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, semoga Indonesia bisa bikin event kayak gini :)

      Hapus
  4. Bagus ya, bisa dapat ide bisnis juga di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. malah banyak pesertanya dari Indonesia juga lo. seneng aja ketemu orang Indonesia promosi produknya sampai ke sana :)

      Hapus
  5. Keren ya Mbak acaranya, andaikan Indonesia sudah menegaskan untuk pembuatan sertifikasi halal bagi semua pemilik usaha, jadi kita nggk khawatir lagi, dan tentunya akan berefek baik buat kita semua. Oia, mampir ke rumahku juga ya mbak, www.yellsaints.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nuwun mbak sudah mampir, ta balik bw ya :)

      Hapus
  6. emak sukanya jalan-jalan terus, kok ndak ngajak buah hatinya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih emak jahat hahahaha :)

      Hapus
  7. Kenapa aku jadi penasaran sama minuman kalengnya, ya. Kalik aja bisa ikut jualan Ramadhan besok, eh. :D

    BalasHapus