Sabtu, Agustus 27, 2016

3 Aplikasi Ini Sebaiknya ada di Gadget Anak Yang Menjelang Remaja

3 Aplikasi Ini Sebaiknya Ada di Gadget Anak Remaja


Tahun ini bisa dibilang deg-deg an saya bertambah. Dua putra saya sudah mulai memasuki masa remaja. Pengawasan bertambah, kelenturan juga harus bertambah. Tetapi bukan berarti pasang aturan strict yang bikin anak senewen. Hahaha. Nah pengaturan paling strict justru pada penggunaan gadget. Mau bagaimana lagi perubahan zaman sudah sedemikian cepat kita tidak mungkin membiarkan anak-anak gagap teknologi. Seperti kata orang bijak yang pernah saya dapat.

Teknologi itu seperti sungai yang mengalir di depan rumah kita. Orang tua yang khawatir akan menutup semua jalan menuju sungai, pasang pagar tinggi, kalau perlu diberi aliran listrik, hahaha, ga lah. Tetapi orang tua yang bijak akan mengajari anak-anaknya berenang. Agar anak-anak bisa mengarungi sungai sampai ke hilir dan menenmukan jalan menuju lautan luas yang artinya kehidupan di masa depan.

Nah sebagai bentuk usaha untuk menjadi orang tua yang berusaha untuk ‘mengajari anak berenang’ tadi saya dan suami sepakat mengajari anak-anak menggunakan internet dan gadget dengan benar. Dibuat aturan-aturan tertulis dan ada sangsi bila dilanggar.

Salah satu yang membuat saya menyukai internet dan gadget sebenarnya jika digunakan dengan benar gadget banyak membantu kita lo dalam menyelesaikan banyak pekerjaan. Nah hal itu juga yang saya ajarkan pada anak-anak. Dan yang memungkinkan adalah memasang aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan anak-anak remaja untuk membuat karya via internet. Semisal membuat video, belajar bahasa asing dan menggambar.

Berikut aplikasi yang bisa dipasang di gadget anak remaja yang bisa di upgrade sesuai kemampuan anak.


1.     Membuat Film Stop Motion. Salah satu aplikasi yang bisa dipakai adalah Lego Movie Maker. Dengan aplikasi ini anak-anak bisa membuat adegan-adegan film mereka sendiri dengan menggunakan mainan mereka sendiri. Bisa ditambahkan lagu pilihan yang sudah tersedia di apps-nya. Bahkan bisa ditambah dengan lagu pilihan anak sendiri daaan suara kita sendiri juga bisa. Apps ini bisa digunakan oleh para pengguna iPhone secara gratis. Untuk pengguna android bisa mengunduh Stop motion movie creator. Ada beberapa sih yang bagus dan gratis. Tinggal dipilih saja sesuai kebutuhan anak. Yang menyenangkan adalah anak-anak jadi mempunyai kesempatan mengexplore bermacam mainan lego mereka untuk dibuat film. Bahkan stok Hot Wheel ikut tampil ^_^.



Gimana, siap mencetak sutradara stop motion masa depan? Action!

2.     Menghias video. Bagi yang suka membuat video anak-anak bisa diajarkan memanfaatkan video karya mereka dengan memakai aps video editor. Salah satu yang bisa digunakan adalah VivaVideo dan Filmora Go!. Di apps ini anak-anak bisa merekam, mengedit video serta membuat video dari koleksi foto-foto di galeri gadget. Kalau ini saya juga sering menggunakan. Lumayan memadai untuk gadget dengan seri pertengahan ke atas. Karyanya juga bisa dihias dengan stiker, balon, quotes bahkan dengan tema pilihan. Aplikasi ini juga ramah anak menurut saya. Fitur-fiturnya mudah digunakan anak-anak.



3.     Belajar bahasa asing. Selain memanfaatkan google translate orang tua bisa mengajari anak-anak memanfaatkan aplikasi berikut untuk memperlancar bahasa asing mereka. Yakni Bravolol bisa diunduh gratis di Appstore maupun PlayStore. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur berbagai bahasa asing. Diantaranya: Learn French, Learn Korea, Learn English dan beberapa bahasa asing lainnya termasuk bahasa Arab dan Spanyol. Anak-anak bisa belajar kosa kata, cara pengucapan sampai percakapan harian. anak-anak saya suka sekali dengan aplikasi ini. bahkan yang berumur 8 tahun saja lagi suka banget dengan bahasa Korea. Tiap hari selalu menemukan kosakata baru. Jadi jangan heran kalau ke rumah dan dibukain pintu dan di sapa dengan " Annyeonghaseyo" haiyah. Emaknya mumet. Lidahnya sampai kesrimpet-srimpet. LOL

8 komentar:

  1. Setuju banget, ajari anak bisa berenang bukan membangun pagar tembok tinggi2..nice quotes mak.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak Juli, kita juga harus bisa berenang ya :D

      Hapus
  2. Kayaknya yang belajar bahasa itu juga cocok buat Mak Emak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cocok untuk emak2 juga sih hahaha

      Hapus
  3. Bener nich, ajari anak berenang, perkenalkan denan aliran sungainya, berikan kesempatan untuk mengenali dengan pengawasan. berenang yuk

    BalasHapus
  4. Emak2 malah nggak tahu nih heheheee

    BalasHapus
  5. khamsahamnidaa mak iruuulll hihi

    BalasHapus
  6. setujuuu banget mbaa...anak-anak bisa menikmati teknologi sambil meng-upgrade kemampuan diri mereka juga yaa

    BalasHapus