Tips Perawatan Mobil Untuk Perempuan



Ada guyonan tentang kebiasaan perempuan yang hanya bisa pakai mobil/motor tapi ga ngerti sama sekali tentang perawatan kendaraan. Ini sebenarnya ga sepenuhnya salah tapi juga ga sepenuhnya benar sih. Saya punya teman yang ga ngerti sama sekali urusan motornya kecuali pakai dan isi bensin. Dan kayaknya ini hampir dilakukan di kalangan perempuan. Cuma bisa memakai dan mengisi bensin. Hahaha. Apalagi kalau urusan mobil

Nah berikut saya bagi beberapa tips perawatan mobil paling praktis untuk perempuan. Perawatan mobil versi lifehack ini bisa membantu mobil kita awet sepanjang masa, ya ga sepanjang masa juga sih. Paling ga lebih awet ga harus sering-sering masuk bengkel.

  1. Rutin cek tekanan ban. Ban ini fungsinya penting banget lo. Biasakan mengecek tekanan ban. Saat ini hampir di semua SPBU tersedia counter pengisi tekanan ban. Dan alat yang mereka gunakan teliti dalam menghitung tekanan ban. 

  2. Biasakan memanaskan mobil meskipun tidak digunakan. Setiap hari sebelum digunakan biasakan untuk memanaskan mobil sekitar 20 menit. Bahkan jika tidak digunakan tetap biasakan untuk memanaskan mobil. Pemanasan mesin mobil sebelum digunakan membantu keawetan mesin mobil lo. Karena ketika dipanaskan mesin mobil akan menaikkan pelumas dan membantu melumasi part mesin dan itu membantu mesin lebih awet. 

Selain itu juga meskipun tidak digunakan tetap membiasakan mengeluarkan mobil dari garasi dan dipanaskan kemudian digunakan keluar komplek rumah. Jangan sampai membiarkan mobil berhari-hari tidak digunakan ya. 

  1. Lakukan cek oli mesin secara rutin. Mengecek oli kendaraan ini perawatan paling sederhana agar mesin kendaraan awet. Secara manual sih kita diminta untuk mengganti oli mesin mobil setelah 5 ribu km perjalanan. Meskipun seringnya molor tapi jangan sampai dua kali lipat perjalanan di atas baru ganti oli mobil ya. Kasihan mobilnya. Jebol euyy. Sebenarnya indikator oli juga bisa dicek di dashboard mobil. Dan itu membantu kita kapan harus ganti oli.

Cara berikut ini bisa dicoba juga untuk mengecek oli pada mobil kita:

  • Buka kap mobil (pastikan mesin mobil sudah mati sekitar 15 menitan ya).

  • Tarik stik indikator oli ke atas

  • Lap ujung stik dengan kain bersih

  • Masukkan lagi stiknya ke dalam dan cek kadar oli di stik. Biasanya terlihat rendah, normal atau full. 

  • Jika terbaca pada bagian L atau 1 itu tandanya oli mobil kita kurang tuh. Berarti sudah waktunya ganti oli bestie. Hahaha.

  1. Cuci mobil secara rutin. Mencuci mobil sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Atau kalau malas bisakah diantar ke konter cuci mobil. Kebetulan kalau kami dekat rumah ada konter cuci mobil/motor. Dan harganya terjangkau. Daripada basah-basah ya mending diantar ke tukang cuci mobil sih ya. Hahaha. 

  2. Rajin-rajinlah membaca manual book. Iyes ini penting banget. Biasanya masing-masing jenis mobil punya perawatan khusus yang tersedia di manual booknya. Termasuk penggunaan bahan bakar yang bagaimana juga ditulis di manual book. Jangan sampai malas membaca manual book pas giliran mengisi bahan bakar malah diisi dengan yang oktannya rendah. Sayang mesinnya.

  3. Rutin bawa ke konter khusus untuk perawatan mobil seperti Auto2000. Untuk apa? Untuk mengecek keadaan mobil kita. Biasanya teknisi ahli akan mudah menemukan jika ada yang tidak pas pada kendaraan kita. Perawatan rutin mobil di konter khusus seperti Auto2000 membantu keawetan mobil kita. Sebagai perempuan dengan adanya Auto2000 ini juga memudahkan banget. 


Kenalan Yuk dengan Auto2000

Dan saat ini tersedia aplikasi Auto2000 mobile yang membantu kita untuk melakukan perawatan kendaraan kita dengan mudah. Layanan yang tersedia antara lain: layanan purna jual, pembelian kendaraan, suku cadang, aksesoris, termasuk penjualan mobil bekas, pemesanan THS-Auto2000 Home Service, melacak status service, bahkan ada simulasi perhitungan pembiayaan (leasing) juga lo.

Untuk teman-teman di kawasan Surabaya bisa nih mampir ke Auto2000 Kenjeran B&P. Terletak di kawasan Jl. Raya Kenjeran ,Kalijudan, 523-524, Surabaya, 60143. Auto200 Kenjeran adalah Dealer dan Bengkel. Selain melakukan booking service kita juga bisa melakukan pembelian mobil Toyota di dealer Auto2000 Kenjeran lo. 

Jam Operasional

Senin - Jumat :08.00 - 16.00

Sabtu :08.00 - 12.00

Minggu : close

Kita bisa mengajukan pertanyaan tentang kebutuhan mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kita. Sekalian minta dihitungkan simulasi pembiayaannya. Ada banyak mobil Toyota berbagai varian terbaru yang dilayani di Auto2000 Kenjeran B&P.


24 komentar

  1. Perempuan biasanya awam bgt soal perawatan mobil.
    Untunglah, Auto2000 sigap berikan yg terbaik. Asik asiik, d Surabaya banyaaakk nih Auto2000

    BalasHapus
  2. Aku belum bisa nyetir mobil sih. Masih urusan pak suami kalau soal itu, daku tinggal nangkring aja hahaha. Tapi, tips ini bisa dipakai soal motor ya kan.. kalau memang ga ngeh soal mesin, ya serahkan pada ahlinya hehehe.

    BalasHapus
  3. Ada tips juga kalau cuci mobil, tanyakan ke yang cuci, cucinya pakai apa. Karena ada bahan deterjen/sabun/shampoo mobil yang gak aman buat cat mobil. Soalnya ada yang sembarang pakai, malah bikin cat memudar bahkan lama-lama mengelupas.

    BalasHapus
  4. Aku termasuk perempuan yang awam soal otomotif mbak, kalau motor udah kerasa nggak enak, tinggal minta tolong suami buat di cek.
    Kalau urusan mobil, kayaknya bakal langsung ke auto2000 secara rutin aja deh hehehe...

    BalasHapus
  5. Kalo aku karena nggak bisa nyetir mobil, nggak pernah ngurusin meski manasin aja. Tapi pernah juga manasin mobil karena suami keluar kota dan pulangnya lama, anak-anak juga sibuk dengan kegiatan masing-masing. Memang penting ya pengetahuan dasar ngerawat mobil ini untuk perempuan meski nggak pernah menggunakannya.

    BalasHapus
  6. Aku dulu diajarin ibu dan bapak, sebelum naik kendaraan - cek kanan kiri depan belakang (takut ada hewan) --- lalu cek air pastinya - baru deh panasin

    untung aja ini wajib dilakukan, jadi terbiasa gitu

    BalasHapus
  7. Kalau punya mobil, perempuan juga mesti tau cara perawatannya ya, Mak. Biar kalau mobilnya ada apa-apa lekas tau mesti gimana.
    Kalau mau service mobil, ke Auto2000 lengkap ya pelayanannya.. :)

    BalasHapus
  8. Hehe iya kalau cewe biasanya terima make sama isi bensin. Aku juga paling ngetap oil. Atau kalau ada masalah apa gitu ke bengkel. Wkwkwk. Untung nih udah ada aplikasi Auto2000 membantu kita untuk melakukan perawatan kendaraan.

    BalasHapus
  9. aku paling males urusan mobil nih mak Irul hahaha.. biasanya memng langsung Udi aja yang handle tapi kita memang harus paham juga ya some basic ones..

    BalasHapus
  10. Saiyah termasuk yg paham dikit the power of kepepet sayy...aq pernah say tugas di pelosok ban bocor mau ga mau kudu belajar sendiri lepasin ban ganti dg ban serep. Posisi di pinggir hutan

    BalasHapus
  11. Aku cuma bisa nyetir aja hahaha sama rajin mencuci mobil dengan tangan sendiri. Tapi kalau soal perawatan mobil aku ga ngerti hihihi. Biasanya memang sudah langganan di Auto 2000 nih dekat Jagakarsa ada loh. Apalagi kalau mau traveling, wajib cek dulu kendaraan kita supaya fit dan nyaman di jalan.

    BalasHapus
  12. PR banget nih soal permesinan mobil. Nggak ngerti sama sekali. Tapi memang wajib tahu, apalagi kalo sering nyetir sendiri. Repot banget, kan, kalo tiba-tiba macet di jalan.

    BalasHapus
  13. Halo Mak Irul. kelemahanku dulu saat masih gunakan mobil, serahkan soal pengecekan ke suami. Tahunya ya bawa aja. Padahal penting juga untuk melakukan perawatan mobil ini

    BalasHapus
  14. Wkwkwk soalnya yang diurusin perempuan khsuusnya ibuk2 dah banyak banet :P
    Idem aku pun taunya bawa ke bengkel aja, yang penting rajin cek kyknya ya kalau mobil. Enaknya beli Toyota tu service resminya udah banyak di mana2 ada yaa. Apalagi bisa pakai aplikasi buat ngecek kedatangan atau pas mau beli suku cadang juga.

    BalasHapus
  15. Iya ya mobil yang jarang dipakai malah bisa rusak ya apalagi tidak pernah dipanaskan dan dibawa berkeliling walaupun sebentar sudah cukup untuk memanaskan mesin

    BalasHapus
  16. Dulu tuh suka banget sama air hujan, karena aku pikir bisa membersihkan mobil. Tapi ternyaya kalau diamati, malah bikin kaca mobil berjamur dan beberapa bagian mobil yang dari besi berkarat.

    Jadi merawat mobil ya...kudu jeli dan tepat.
    Sehingga ketika perawatan rutin dilakukan, tidak terlalu banyak yang butuh diperbaiki. Dan memperbaiki mobil Toyota, sudah andalan banget menggunakan Auto2000 mobile. Lebih praktis dan make it simple.

    BalasHapus
  17. Nah, pasti banyak temen perempuan yang tahunya hanya make ke kendaraan tu. Kalo saya sih, makenya juga belum bisa, hehe...

    Jadi di Auto2000 pelayananya komplit ya. Bisa beli sekaligus servisnya. Mantaaap.

    BalasHapus
  18. Sering jadi kekhawatiran aku nih, bawa mobil sendiri terus tiba2 ada masalah. Tapi semua sebenarnya bisa dihindarkan ya asal kita merawat mobilnya dengan baik. Btw, untuk pengguna mobil Toyota mah, Auto200 ini andalan deh. Beli mobil baru, mobil bekas berkualitas, atau suku cadang, ke sana aja deh ya.

    BalasHapus
  19. Emang ya mbak, biasanya ada bojo yg urusin mobil
    Makanya jarang perempuan ngurusin perawat mobil
    Kalau merawat mobil Toyota, ya pasti ke Auto200 lah

    BalasHapus
  20. iya mbak, saya juga kadang gak gitu urusan sama perawatan mobil karena selain gak make juga, lebih suka mengandalkan suami. Padahal mah penting juga ya kita tahu cara merawat mobil. thanks mbak sharingnya

    BalasHapus
  21. Baca ini jadi merasa tersentil soalnya termasuk yang kurang rajin merawat motor. Pas motor bermasalah baru deh dibawa ke bengkel. Kalau untuk mobil juga nggak ngerti karena selama ini belum pernah pakai sendiri mungkin nanti kalau sudah sering bawa mobil saya bakal ngerti dikit-dikit soal perawatannya

    BalasHapus
  22. Sangat menohok, tapi benar sekaleee... iya loh, rata-rata perempuan emang ga jago ngerawat mobil. Kan energinya sudah kepake untuk ngerawat keluarga, ahaayyy.... *alesan mulu

    Sudah ada Auto2000 kaann... memudahkan semua orang untuk melakukan perawatan mobil, plus simple banget kalau mau tengok-tengok webnya, siapa tau pengin nambah armada baru.

    BalasHapus
  23. Mak aku tertohok karena cuma ngerti isi bensin dan pakai motor aja. Hiks bahkan cuci nya jrang euy. Gimana kalau nanti punya mobil ya. Kudu belajar lagi nih baca manual book. Dan paling gampang ya ke Auto2000

    BalasHapus
  24. Iya lho melakukan perawatan berkala ke mobil atau motor itu penting biar nggak cepet turun mesin. Sejauh ini aku sebulan sekali menyempatkan cek kondisi kendaraan ke bengkel supaya enak dipakenya

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.