Membuat Habit Tracker Dengan Jurnaling

 


Setiap tahun saya selalu beli jurnal. Iya jurnal buat nyatet-nyatet. Tapi tahun 2022 ini ga beli hehehe. Karena jurnal tahun 2021 masih ada dan isinya masih kosong huaaa. Biasanya si ayah selalu membelikan saya jurnal bagus. Kadang pesen di instagram yang jurnal muslimah gitu.  kadang beli di Gramedia. Bahkan anak-anak abge di boardingschool juga dibelikan jurnal masing-masing.


Saya selalu meminta anak-anak untuk menulis sesuatu yang menyenagkan atau tidak menyenangkan yang mereka alami ketika di asrama maupun di sekolah. Karena mereka kan tidak bersama saya jadi saya minta mereka ‘curhat’ di jurnal itu. Saya juga meminta anak-anak remaja itu menulis hal-hal berkesan selama mereka di asrama. Juga target-target harian, pekanan, bulanan dan tahunan. Meskipun beberapa banyak bolongnya tetapinya mereka suka dengan adanya jurnaling ini. Bahkan untuk anak-anak yang pinter menggambar seperti Osama dan Shuhaib, jurnalnya jadi estetik karena digambari dan juga penuh hand lettering. Emaknya yang ga bisa menggambar hanya mupeng.

Endiri memulai jurnaling tahun 2022 ini dengan jurnal bekas tahun lalu yang saya perbaiki di beberapa tempat. Karena memang jurnal tahun kemarin banyak kosongnya. Kalaupun ada isinya Cuma coretan daftar belanjaan dan jadwal bayar SPP anak-anak hahaha.

Nah tahun ini jurnal saya khususkan pada pengembangan diri. Ada beberapa yang saya beri catatan lebih.

1.     Reading

2.     Work out

3.     Writing

4.     Taking photo

Saya buat dalam bentuk Habit Tracker. Isinya sih beberapa hari sekali. Tapi ini membantu banget untuk membentuk kebiasaan baik. Menurut saya lo ya. Kenapa empat hal itu yang dinotice penting? Jujur saya ga pinter jurnaling. Tapi saya ingin meningkatkan empat hal itu selama setahun ke depan.

Untuk reading saya tingkatkan tahun ini selain diktat kuliah dan jurnal saya menambah pada buku-buku pengembangan diri, novel-novel psikologi, biografi dan buku-buku perjalanan.

Untuk workout ini saya rutin sudah setengah tahun lebih. Biasanya sehabis dzikir pagi saya mulai workout. Awalnya sih pengen sehat aja biar ga lemes. Tapi sekarang pasang target meghilangkan perut buncit dan membentuk lengan dan b*k*ng. Tadinya mengikuti youtube tapi sekarang sudah hafal ritmenya. Oia udah ta tulis juga bentuk work-outnya di sini ya. Pengen sih lari tapi gimana dong ga ada yang ngejar, halagh. Bukan, bukan. Maksudnya kalau lari itu lebih ribet karena harus keluar rumah.. sedangkan kalau pagi ada jadwal kuliah dan kerja juga kan. Pengennya sih nambah beli kettleball. Tapi belum sempet aja liat-liat di e-comerce. Beliin dong. Hahaha.

Writing. Saya sekarang aktif nulis di Evernote. Ini sih aplikasi andalan saya buat nyatet segala macam. Mulai dari list kerjaan,, list tugas kuliah, novel untuk wattpad (iya, sekarang nulis di wattpad lagi), ngelist daftar belanjaan, nyatet hutang orang hahaha. Bahkan saking sukanya nulis di Evernote ini saya setiap beberapa jam sekali nulis novel pendek di situ. Ya Allah selo men uripmu mak. Sebenarnya itu semacam tumpahan 20.000 kata aja sih. Daripada julidin orang akhirnya nulis di Evernote. Ditayangkan tidak? Tentu saja tidak. Saat ini saya sedang nulis fanfictnya si Leadernya BTS hahaha. Biarin ah dibilang lebay.

Taking photo ini yang banyak bolongnya. Sejujurnya males banget mengambil foto dan video saat ini. Males ngeluarin kamera dan males beberesnya itu lo. Kecuali pas ada kerjaan. Mana anak-anak sekarang susah banget disuruh bergaya untuk difoto. Giliran diajak keluar buat difoto mereka kayak anak ayam lepas dari kandang langsung merasa merdeka. Lari sana lari sini. Hahaha.

Nah itulah cerita tentang jurnaling saya. Jadi saat ini Habit Tarcker ini membantu banget buat saya. Alhamdulillah terhitung tertib sih kecuali Taking Photo and Video. Ibu-ibu gimana nih? Suka jurnaling ga nih?

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.