Periksa Mata Di RS. Mata Dr Yap Yogyakarta




Jadi setelah insiden pandangan mata saya jadi kayak berbayang atau 'pandangan mata ganda' gitu saya kemudian memutuskan untuk periksa ke RS khusus mata di Jogja. Nah, nama RS-nya RS Khusus Mata Dr Yap. Rumah Sakit ini memang RS khusus mata. Segala macam penyakit yang berkaitan dengan mata biasanya dirujuk ke RS ini. Dokter-dokternya juga senior dan terkenal. Fasilitasnya juga terhitung lengkap. Jadi ga perlu berobat ke Melaka atau Penang, eh. Hahahaha. Eh cerita tentang insiden pandangan mata ganda kemarin bisa dibaca di sini nih 
https://www.catatansiemak.com/2020/01/mata-tua-ku.html




Duluuu banget saya pernah mengantarkan ibu saya periksa ke RS ini. Dan lama banget prosesnya. Dari pendaftaran sampai akhirnya mendapat diagnose dan pronogsa. Nah, kemarin saya agak sangsi nih. Duuh bakalan lama nih kayaknya. Apa ta periksa ke RS dekat rumah aja yang ada dokter spesialis matanya juga. Tapi kemudian mikir lagi, kayaknya case mata kali ini agak-agak serius jadi kudu periksa lengkap. Akhirnya cuss lah kami. Pagi-pagi udah berangkat ke RS Dr Yap.
Alamat lengkapnya di sini ya


Bisa Mendaftar Via Online
Sebenarnya bisa mendaftar via online. Tetapi kemarin saya mau periksa Sabtu sore dan pendaftaran tutup jam 15 sore. Akhirnya daftarnya go show deh di hari Senin.
Pendaftaran Go Sho setiap Senin-Sabtu dibuka jam 07.30 pagi. Dan loket pendaftaran dibuka jam 8. Jadi kita masuk dulu ke lobby rumah sakit kemudian ambil nomor antrian pendaftaran. Nah dari lobby itu masuk ke kiri lurus sampai nemu pintu kaca dan keluar ruangan ntar ada ruangan yang depannya bertuliskan “ Loket pendaftaran”. Antri di situ untuk dipanggil. Ada dua nomor antrian pendaftaran, untuk pasien umum dan pasien dengan rujukan. Nah di ruangan antrian pendaftaran ini yang agak lama nunggunya.
Keluhan saya sendiri adalah masuk pasien umum. Karena masih bingun mau daftar ke spesialis apa. Kemarin saya mengeluhkan ‘ Pandangan mata ganda’ atau objek yang saya lihat jadi ganda. Lalu saya dirujuk ke dokter spesialis mata umum dulu. Dapatnya dr. Nur Ulfah.

Pemeriksaan Lengkap



Ga pake acara lama menunggu setelah nama saya dipanggil di loket pendaftaran dan berkas saya langsung dikirim untuk dipanggil ke ruang periksa. Ada empat tahapan periksa.



1.                 Pemeriksaan tekanan bola mata dan focus mata. Kita diminta melihat sebuah kotak yang di dalamnya ada semacam cahaya. Kemudian mata ditiup. Dan kotak berikutnya untuk menentukan focus mata.
2.                 Pemeriksaan awal untuk test pandangan.
3.                 Pemeriksaan dengan terapis Refraksionis atau semacam petugas medis khusus test pandangan mata. Dan juga nanti penentuan lensa apa yang harus digunakan. Dari pemeriksaan ini akhirnya saya jadi tahu bahwa penyebab “ Pandangan mata ganda” adalah cacat mata silinder. Dan dari hasil pemeriksaan juga saya baru tahu ternyata juga memiliki ‘plus’ pada mata. Jadi saya disarankan menggunakan 3 lensa mata. Yakni: minus, silinder dan plus. Duuuh ya Allah. Tetapi petugas juga membolehkan saya untuk tidak memakai lensa ‘plus’nya karena masih bisa ditolerir dengan melepas kacamata saat akan membaca.
4.                 Pemeriksaan oleh dokter spesialis. Di ruangan ini saya juga diperiksa dengan alat khusus oleh dokter. Kebetulan dokter yang memeriksa saya termasuk dokter senior. Dan enak untuk bekonsultasi.


Alhamdulillah setelah pemeriksaan lengkap di RS. Mata Dr Yap saya jadi aware dengan keadaan mata sendiri. Dan keluhan pada mata jadi ketahuan penyebabnya. Jadi saya merekomendasikan nih buat teman-teman yang memiliki keluhan pada mata sebaiknya mengambil pemeriksaan lengkap di RS. Mata Dr Yap. Memang sih pemeriksaannya lama karena bertahap dan lengkap. Saya kemarin datang jam 8 pagi. Selesai pemeriksaan jam 10 lebih 10 menitan. Tapi puas dengan hasil diagnosanya. Untuk biayanya kemarin saya habis 170 ribu tanpa obat dan mendapat resep kir mata. Yang nantinya resep keur mata ini saya bawa ke optik saat membeli kacamata. Membeli kacamata dan lensanya di Optik milik RS juga bisa. 

Tetapi saya kemarin memutuskan untuk membeli di Optik langganan kami saja. Dan sekarang Alhamdulillah pandangan saya sudah lebih baik. pandangan objek menjadi ganda sudah tidak ada lagi. Saya membeli frame dan lensa minus yang dikombinasikan dengan lensa silinder. Harganya? Ya lumayan lah. Sebenarnya tergantung merk frame kacamatanya juga sih. Tetapi untuk kenyamanan mata ada baiknya kita memilih yang terbaik.

16 komentar

  1. Mata minus campur silinder memang nggak enak ya mba, selain pandangan ganda, kadang bisa membuat garis lurus terlihat miring juga :< semoga mata mba menjadi jauh lebih stabil setelah pakai kacamata, dan semoga nggak bertambah minus atau silindernya. Sehat-sehat terus mbaaa untuk matanya, agar tetap bisa menikmati hal-hal indah :D

    BalasHapus
  2. Aku pertama ke yap karena keluarga suami kesitu semua. Yaiyalah keluarga jogja lama taunya di yap kalau utk mata. Tapi makin hari antrinya makin lama. Lucunya kalau kesana sama si bungsu pasti diajak dokternya lihat fasilitas lasik karena karena minusnya dah tebel banget. Padahal aku selalu bilang anakku belum 18th. Tapi dokternya juga selalu bilanh, "Gpp lihat2 dulu aja". Hihiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin aku juga nyoba masuk ruang khusus lasik ini maklUs. Keren ya fasilitasnya

      Hapus
  3. Ooh, jadi permasalahan pandangan mata berbayang itu karena seharusnya sudah pakai lensa kacamata minus plus silinder, ya Mbak? Pemeriksaan tekanan bola matanya gimana? Bagus?

    BalasHapus
  4. Saya juga matanya harus diperiksa nih. Sudah ga bisa baca layar di infocus kalau ikut acara gathering gitu.
    Bisikin berapa harga lensa dan frame nya dong Mak. Saya mau nabung juga jadi bisa ngumpulin sekitar berapa uang yang harus saya punya untuk periksa dokter, lalu beli kacamatanya...

    BalasHapus
  5. Triple ya mbak keluhannya. Selama ini baru ketemu orang yg dobel aja. Kl ga minus-silinder ya minus-plus.

    Nah itu yg minus-silinder kl udah brumur ya bisa jadi minus-silinder-plus ya.

    Semoga sehat selalu, mbak.

    BalasHapus
  6. Pas banget, papaku juga lagi bermasalah sama matanya yang katanya kabur dan berbayang. Sampe-sampe sekarang tampuk kepemimpinan untuk nyetir mobil sekarang diserahin ke aku hehehe. Emang harus cek sih ya mba kalo memang keluhan mata itu udah bikin gak nyaman.

    BalasHapus
  7. Pernah nyicip kerja di optik walau di officenya, selain frame biasanya lensa tertentu juga lebih mahal si memang. Misalnya kalau ada silinder atau kalau minus tp yg sdh lebih besar/tebal. Belum lagi merk lensanya hehe. Yang penting beli di optik yang amanah. Nggak pakai frame palsu dan memang pakai lensa yang bagus

    BalasHapus
  8. Aku baru tahu ternyata cacat mata silinder ya mba untung segera periksa jd tahu treatmentnya yah mba btw kukira mahal loh ternyata murah yah mba biayanya sehat sll mba

    BalasHapus
  9. Saya juga memiliki minus dan silinder mbak. Ngeliat orang suka ganda klo tanpa kacamata hehehe

    BalasHapus
  10. Duh aku juga harus periksa ke dokter mata nih kayanya harus ganti lensa kacamata nih, bisa sih ke optik tapi aku mau periksa dulu. Aku sillinder plu, kayanya plusnya yg nambah udah tua :-D

    BalasHapus
  11. Wah sepertinya aku sudah saatnya periksa mata lagi deh.. ini pandangan sudah mulai ganda, sebelumya memang pakai kacamata, tapi akhir akhir ini sering pusing dan lebih nyaman lepas kacamata huhu.. periksa mata di ras mata dr yap ini terlihat nyaman ya mbak

    BalasHapus
  12. Yah harga kacamatanya gak disebutin. Hihi. Penasaran aja, Mak..
    Btw jadi puas ya kalau periksa mata ke RS spesial mata gitu. Peralatan lengkap dan dokternya juga lengkap dan banyak yang senior. Semoga matanya gak sakit-sakit lagi ya, Mak..

    BalasHapus
  13. Baca ini jadi ingat pengalaman waktu periksa mata , kurang lebih sama , alatnya yang dipake juga eh tapi bsru tahu nih kalau silinder bisa bikin penglihatan jadi ganda ya Mbak.

    BalasHapus
  14. Terimakasih, infonya sangat membantu, Sya jadi punya bayangan ttg RS dr Yap ini. Secara mata sy jg bermasalah.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.