Periksa Mata Di RS. Mata Dr Yap Yogyakarta




Jadi setelah insiden pandangan mata saya jadi kayak berbayang atau 'pandangan mata ganda' gitu saya kemudian memutuskan untuk periksa ke RS khusus mata di Jogja. Nah, nama RS-nya RS Khusus Mata Dr Yap. Rumah Sakit ini memang RS khusus mata. Segala macam penyakit yang berkaitan dengan mata biasanya dirujuk ke RS ini. Dokter-dokternya juga senior dan terkenal. Fasilitasnya juga terhitung lengkap. Jadi ga perlu berobat ke Melaka atau Penang, eh. Hahahaha. Eh cerita tentang insiden pandangan mata ganda kemarin bisa dibaca di sini nih 
https://www.catatansiemak.com/2020/01/mata-tua-ku.html




Duluuu banget saya pernah mengantarkan ibu saya periksa ke RS ini. Dan lama banget prosesnya. Dari pendaftaran sampai akhirnya mendapat diagnose dan pronogsa. Nah, kemarin saya agak sangsi nih. Duuh bakalan lama nih kayaknya. Apa ta periksa ke RS dekat rumah aja yang ada dokter spesialis matanya juga. Tapi kemudian mikir lagi, kayaknya case mata kali ini agak-agak serius jadi kudu periksa lengkap. Akhirnya cuss lah kami. Pagi-pagi udah berangkat ke RS Dr Yap.
Alamat lengkapnya di sini ya


Bisa Mendaftar Via Online
Sebenarnya bisa mendaftar via online. Tetapi kemarin saya mau periksa Sabtu sore dan pendaftaran tutup jam 15 sore. Akhirnya daftarnya go show deh di hari Senin.
Pendaftaran Go Sho setiap Senin-Sabtu dibuka jam 07.30 pagi. Dan loket pendaftaran dibuka jam 8. Jadi kita masuk dulu ke lobby rumah sakit kemudian ambil nomor antrian pendaftaran. Nah dari lobby itu masuk ke kiri lurus sampai nemu pintu kaca dan keluar ruangan ntar ada ruangan yang depannya bertuliskan “ Loket pendaftaran”. Antri di situ untuk dipanggil. Ada dua nomor antrian pendaftaran, untuk pasien umum dan pasien dengan rujukan. Nah di ruangan antrian pendaftaran ini yang agak lama nunggunya.
Keluhan saya sendiri adalah masuk pasien umum. Karena masih bingun mau daftar ke spesialis apa. Kemarin saya mengeluhkan ‘ Pandangan mata ganda’ atau objek yang saya lihat jadi ganda. Lalu saya dirujuk ke dokter spesialis mata umum dulu. Dapatnya dr. Nur Ulfah.

Pemeriksaan Lengkap



Ga pake acara lama menunggu setelah nama saya dipanggil di loket pendaftaran dan berkas saya langsung dikirim untuk dipanggil ke ruang periksa. Ada empat tahapan periksa.



1.                 Pemeriksaan tekanan bola mata dan focus mata. Kita diminta melihat sebuah kotak yang di dalamnya ada semacam cahaya. Kemudian mata ditiup. Dan kotak berikutnya untuk menentukan focus mata.
2.                 Pemeriksaan awal untuk test pandangan.
3.                 Pemeriksaan dengan terapis Refraksionis atau semacam petugas medis khusus test pandangan mata. Dan juga nanti penentuan lensa apa yang harus digunakan. Dari pemeriksaan ini akhirnya saya jadi tahu bahwa penyebab “ Pandangan mata ganda” adalah cacat mata silinder. Dan dari hasil pemeriksaan juga saya baru tahu ternyata juga memiliki ‘plus’ pada mata. Jadi saya disarankan menggunakan 3 lensa mata. Yakni: minus, silinder dan plus. Duuuh ya Allah. Tetapi petugas juga membolehkan saya untuk tidak memakai lensa ‘plus’nya karena masih bisa ditolerir dengan melepas kacamata saat akan membaca.
4.                 Pemeriksaan oleh dokter spesialis. Di ruangan ini saya juga diperiksa dengan alat khusus oleh dokter. Kebetulan dokter yang memeriksa saya termasuk dokter senior. Dan enak untuk bekonsultasi.


Alhamdulillah setelah pemeriksaan lengkap di RS. Mata Dr Yap saya jadi aware dengan keadaan mata sendiri. Dan keluhan pada mata jadi ketahuan penyebabnya. Jadi saya merekomendasikan nih buat teman-teman yang memiliki keluhan pada mata sebaiknya mengambil pemeriksaan lengkap di RS. Mata Dr Yap. Memang sih pemeriksaannya lama karena bertahap dan lengkap. Saya kemarin datang jam 8 pagi. Selesai pemeriksaan jam 10 lebih 10 menitan. Tapi puas dengan hasil diagnosanya. Untuk biayanya kemarin saya habis 170 ribu tanpa obat dan mendapat resep kir mata. Yang nantinya resep keur mata ini saya bawa ke optik saat membeli kacamata. Membeli kacamata dan lensanya di Optik milik RS juga bisa. 

Tetapi saya kemarin memutuskan untuk membeli di Optik langganan kami saja. Dan sekarang Alhamdulillah pandangan saya sudah lebih baik. pandangan objek menjadi ganda sudah tidak ada lagi. Saya membeli frame dan lensa minus yang dikombinasikan dengan lensa silinder. Harganya? Ya lumayan lah. Sebenarnya tergantung merk frame kacamatanya juga sih. Tetapi untuk kenyamanan mata ada baiknya kita memilih yang terbaik.

1 komentar

  1. Mata minus campur silinder memang nggak enak ya mba, selain pandangan ganda, kadang bisa membuat garis lurus terlihat miring juga :< semoga mata mba menjadi jauh lebih stabil setelah pakai kacamata, dan semoga nggak bertambah minus atau silindernya. Sehat-sehat terus mbaaa untuk matanya, agar tetap bisa menikmati hal-hal indah :D

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.