Kumpulan Dongeng Anak Muslim Tentang Alam Semesta



Mengajarkan kebaikan dengan cerita
Katanya sih apa-apa yang diceritain ke anak saat mereka kecil biasanya akan diingat anak sampai dewasa. Termasuk pesan-pesan kebaikan, nilai-nilai luhur, hikmah, dan juga nasihat-nasihat kebajikan. Dan yang diingat anak itu ceritanya dan juga momentnya. Jadi keluarga yang membiasakan bercerita atau mendongeng untuk anak-anak biasanya penerapan karakter-karakter baik itu cepat terserap dalam kehidupan mereka.


Berkurangnya Bonding Ortu Dan Anak karena Gadget
Saya akui kalau saat anak pertama dulu sama si Miqdad sekarang itu rasanya agak berkurang waktu saya bercerita untuk mereka. Mungkin karena dulu tuh sumber-sumber pengetahuan banyak yang diambil dari buku. Jadi waktu bersama lebih banyak. Apalagi saat anak-anak belum pada bisa baca. Setiap waktu saya bacain cerita ke mereka. Kalau sekarang gadget berperan penting. Yang otomatis mengurangi waktu bersama anak-anak.


Peran Mendidik Anak Tidak Bisa digantikan oleh Teknologi
Thomas J. Stanley memetakan 100 faktor yang akan berpengaruh terhadap tingkat kesuksesan seseorang berdasarkan survey terhadap 733 miliuner di US. Berdasarkan hasil risetnya ternyata nilai baik (NEM, IPK, dan rangking) ternyata hanyalah factor sukses no ke-30. Sementara factor IQ pada urutan ke-21 dan bersekolah di sekolah favorit di urutan ke-22. Sedangkan 5 faktor teratas yang mempengaruhi kesuksesan adalah:
1.     Kejujuran (being honest with all people)
2.     Disiplin (being well disciplined)
3.     Mudah bergaul (getting along with people)
4.     Dukungan pendamping (Having a supportive spouse)
5.     Kerja keras (working harder than most people)
Nah, bikin takjubkan. Apalagi pada nomor 4 itu. Itukan peran orang tua berpengaruh banget. Lingkungan yang mendukung dan mendorong anak untuk berkarya dan bermanfaat itu ternyata penting banget.

Itulah kenapa prinsip saya jangan sampai kemudahan teknologi menggantikan peran saya sebagai orangtua. Jangan sampai. Karena saya masih ingin banget menabung pahala dari mengajarkan kebaikan pada anak-anak. Paling ga di akhirat nanti saya punya alasan untuk mendapatkan surga-Nya gitu. Hiks. Karena kalau berharap dari amalan saya sendiri mah, akutuh hanya serbuk marimas yang menggumpal di ujung bungkusnya. Begh. Hahahahaha.

berusaha dan bekerja keras untuk menghasilkan karya dan bermanfaat :(
insya Allah

Sekarang ini yang lagi semangat-semangatnya belajar baca itu si Mush’ab. Dia seneng banget baca cerita nyaring-nyaring. Semua dibaca. Umurnya sekarang udah 6 tahun. Biasanya sehabis salat dhuha dia baca buku cerita. Milihnya yang pendek-pendek aja ceritanya. Alhamdulillah sih kemampuan membaca si Mush’ab udah memadai. Bisa baca satu buku cerita bergambar dan juga bisa menceritakan lagi isi bukunya dengan bahasa dia. Paling ga milestone tahapan membaca dia udah dapat.


Kumpulan Dongeng Anak Muslim
Nah, sekarang dia lagi suka banget buku cerita Dongeng Anak Muslim Tentang Alam Semesta karyanya mbak Fita Chakra. Buku anak terbitan Qibla ini cocok banget buat anak-anak muslim. Bercerita tentang hal-hal ajaib di alam semesta dengan bahasa anak dan kalimatnya juga pendek-pendek. Dan di akhir cerita diambilkan kutipan dari ayat Al-Qur’an yang menceritakan tentang keajaiban alam itu. Masya Allah. Anak-anak bakalan seneng. Soalnya mereka juga sekaligus belajar tentang alam semesta juga sekaligus mentadabburi ayat Qur’an. Jarang-jarang ada buku kayak gini.
Ada 10 cerita pendek dalam buku ini. Dan masing-masing cerita punya point penting sendiri. Kalau favoritnya Mush’ab itu “Rahasia Lebah” dan “ Barisan Para Semut”. Kalau abangnya, si Zubair suka banget “ Pesawat Prince Ramazan” dan “Ciptaan Prince Fatih”. Dari cerita kesukaan mereka aja udah keliatan nih sedikit minat mereka terhadap pengetahuan. Kalau Mush’ab suka banget dengan alam kalau Zubair sukanya yang berbau teknik dan hitung-hitungan.
Buku setebal 100 halaman ini sudah bisa dibeli di toko buku Gramedia dan toko buku yang lain. Bahkan kemarin pas ke Gramedia Sudirman Jogja buku ini masuk dalam ‘buku popular bulan ini’. Dipajang di bagian depan. Yang menunjukkan bahwa  buku ini jadi favorit banyak pengunjung Gramedia.
Hayuklah para ibu dan ayah luangkan waktu kita untuk membaca bersama anak-anak. Karena masa kecil mereka ga akan terulang dua kali.

32 komentar

  1. Lihat foto paling atas ikutan senaaaang... Ya, senang rasanya ya bila anak2 sudah suka membaca sejak usia dini. Apalagi ada buku keren begini.. mantaaab..

    BalasHapus
  2. Kemarin, beli buku komik buat anak pertama saya. Sudah sebulan ini dia bawaannya pengin baca mulu. Awalnya saya paksakan sih Mak? Sebab ia selalu main game online pake HP ibunya. Semoga saja membacanya menjadi hobi.

    BalasHapus
  3. Naksir bukunya deh Mak. Mau cari juga aahh, moga di Gramedia sini juga udah ada.
    Si Kakak juga senang dibacain cerita, Adek pun juga mulai menikmati klo Kakaknya dibacain cerita :)

    BalasHapus
  4. Bukunya menggodaaaa
    Aku juga sedang belajar mendongeng sama keponakan. Ini masih pakai buku dg cerita Nabi2. Tapi terus terang bahasanya kurang efektif, typo dll

    BalasHapus
  5. Aku jadi ingat masa kecilku, ahaha. Ayahku sangat pandai mendongeng, kaya dibawa ke situasi yang sesungguhnya.
    Ternyata dongeng efekif mengasah karakter, dan bekasnya panjang juga, sampai aku tua masih ingat saja dongengan ayah ibuku

    BalasHapus
  6. Bukunya bagus yaaa.. Jadi mau beliin buat ponakanku dan teman yang baru saja melahirkan. Beberapa teman emang pilih dibeliin buku buat kado soalnya 😅

    BalasHapus
  7. Obi juga sudah tamaaat mba.. dan lagi ulang bacaa lagi! Aku baru mulai drafting .. it’s a great book indeed

    BalasHapus
  8. Aduuuh itu senyumnya bahagia sekali yg lagi pegang buku hehehe

    Selamat membaca ya sayang

    BalasHapus
  9. Aku seneng banget buku ini. Tulisannya gak banyak, jadi anak2 gampang ngerti. Aku juga bacainnya jadi nggak perlu mikir2 mau jelasin kayak gimana, soalnya bahasa yg dipake juga mudah dimengerti.

    BalasHapus
  10. Biasanya memang anak2 suka sekali dengan cerita. Sebuah sarana yg efektif untuk mengajarkan pengetahuan dan nilai2

    BalasHapus
  11. Banyak sekali manfaat dari mendongeng ya, Mbak. Selain bisa mempererat bonding antara anak dan orang tua,juga bisa menanamkan nilai-nilai positif saat mendongeng

    BalasHapus
  12. Iya banget. Yang didapatkan waktu kecil biasanya mudah melekat terus. Jadi semacam menanam dan memupuk sesuatu gitu kan.

    BalasHapus
  13. Nambah satu lagi nih rekomendasi buku yang bisa kubeli untuk anakku, Mbak. Terima kasih lho ya. Mmumpung di Gramedia lagi ada bazar buku, mau buru-buru hunting ah.

    BalasHapus
  14. Ok fix nanti siang aku ke toko buku ah, cari buku ini...

    BalasHapus
  15. Dongeng memang menjadi kegemaran banyak anak-anak ya.. dengan pemilihan buku dongeng yang tepat juga orangtua yang bisa membacakan dongeng dengan baik, bakalan jadi bonding moment antara orangtua dan anak.. karena pasti anak minta lagi.. lagi dan lagi ya.. nilai kebaikan itu memang harus dipupuk sejak usia dini ya..

    BalasHapus
  16. Anakku pasti suka kalau punya buku Kumpulan Dongeng Anak Muslim.
    Karena selama ini buku-bukunya yang umum saja...baca buku kisah Muslim kalau di perpustakaan sekolah.

    BalasHapus
  17. Kalau anak sepupuku lagi doyan nonton Youtube Nussa dan Rara. Sama-sama membahas ajaran islam juga. Tapi sepertinya aku juga bakal kasih nih rekomendasi buku Kumpulan Dongeng Anak Muslim ke sepupuku biar dibaca juga sama anak-anaknya hehe

    BalasHapus
  18. Menarik nih bukunya, membahas tentang alam semesta yang disertai dengan kandungan pesan Islami. Faris baru mulai baca bukunya nih. Dia antusias banget sepertinya.

    BalasHapus
  19. suka banget dengan senyum cerianya si adik, ajdi ikut happy ngelihatnya. Oiya bukunya rekomended nih apalagi kisah2 ttg alam semesta

    BalasHapus
  20. wah menarik ini bukunya, layak dibeli buat anak-anak. Kebetulan anak pertama minatnya tentang sains, terutama yang berhubungan dengan berbagai fenomena alam

    BalasHapus
  21. Jadi inget, ayah saya punya teman, lalu anaknya teman ayah saya ini di usia 10 tahun sudah bisa menerbitkan buku novel. Waktu saya baca hasil karyanya, saya takjub karena gaya bahasanya dewasa banget, ga seperti anak-anak seusia saya waktu itu. Waktu ditanya, apa sih rahasia nya? Ternyata teman ayah saya itu memang sudah mengenalkan buku sejak kecil.

    Betul ya mak, jangan sampai kemajuan teknologi malah menggantikan posisi kita dalam emndampingi anak. Aku jadi tertarik untuk beli dan membacakan buku-buku ke anak nih.

    BalasHapus
  22. Buku memang menjadi salah satu cara untuk semakin mempererat bonding antara orang tua dan anak. Saya aja masih kangen dengan momen ini. Dulu, suka membacakan mereka buku sebelum tidur. Sekarang udah pada gede

    BalasHapus
  23. Duh, jadi sedih baca kalimat terakhirnya mba. Masa kecil memang tidak akan terulang dua kali. Dan aku sudah siapkan buku untuk Jasmine nanti usia dua tahun sekarang lagi seneng ngerobek buku. Hehe.

    BalasHapus
  24. yap, amin gadget tuh bikin bonding berkurang. gak tahu kenapa saya merasa anak yg doyan gadget jadi egois, sesukanya sendiri. beda dg yg doyan baca buku, masih mau mendengarkan kata orang lain, terutama orang tua

    BalasHapus
  25. Bukunya bagus yaa...kayaknya mau beli juga deh ini aku buat anakku nanti...

    BalasHapus
  26. This is a lovely book. Universe and science are such amazing topics for the kids. I mean even adults love this kind of book as well

    BalasHapus
  27. Mba..sama kayak Alya .sukanya klo buku..yang tokohnya hewan. Nggak pernah mau klo yang putri2. Sukanya ttng hewan, fenomena alam, sama alat transportasi.

    Model2 helikopter aja dihapalin..

    Klo lagi seneng sama satu buku..yang dibaca ya itu terus. Sampe hapal (yang tulisannya dikit, banyak gambar)...bisa satu buku dia hapal kalimat per kalimat😁

    BalasHapus
  28. Masa2 menyenangkan saat anak2 dibacakan cerita sebelum tidur. Sekarang udah baca buku sendiri sebelum tidur hehe.

    BalasHapus
  29. Wah, bisa masuk list buku buat anakku nih. Sepakat mak, secanggih apapun gadget tak akan bisa menggantikan kehadiran orang tua di dekat anak sebagaimana buku membuat anak bahagia..

    BalasHapus
  30. Bukunya bagus banget ini, aku mau cari ah buat anak-anak juga

    BalasHapus
  31. Setuju...jgn sampai teknologi mengambil peran dlm mendidik anak. Jd pengen beli bukunya nih...cari akh

    BalasHapus
  32. Sejak hamil anak pertama, aku udah koleksi buku cerita anak dan rutin bacain tiap malam sambil elus-elus perut. Sampe dikatain sama mertua "kamu aneh deh mba, anaknya belum lahir kok udah dibacain buku cerita"

    alhamdulillah kegiatan rutin itu terus berlanjut bahkan sampe anak kedua masuk SD. Dan hal ini yang membuat anak-anak hobi baca buku sampe sekarang. Alhamdulillah

    BalasHapus