Jumat, Desember 20, 2013

Peti Hari Hujan (solusi untuk anak-anak ketika musim hujan tiba)







Kejutan manis untuk anak-anak di musim hujan

Anak batita, menurut kamus, adalah anak kecil yang baru bisa berjalan atau berjalan dengan langkah terhuyung-huyung. Menurut kata orang bijak anak kecil dengan langkahnya yang kecil akan menjerumuskan anda ke dalam masa-masa paling menjengkelkan dalam kehidupan anda sebagai orang dewasa. Beberapa orang menyebutkan mereka mengesalkan, sebagian lagi menyebut mereka mengagumkan (tapi saya menduga orang-orang ini tidak pernah mempunyai anak batita dalam hidup mereka). Dan bagi saya anak batita adalah mengagumkan dan sekaligus menjengkelkan.



Bagi anda yang mempunyai bayi, anak balita dan anak pra-sekolah sepanjang hari dapat terasa sangat lama, tetapi di hari-hari hujan sepertinya hari tidak pernah berakhir. Seperti hari ini di Jogja hujan turun dari sebelum subuh sampai sore menjelang…hadohhhh..sudahlah cukup pekerjaan emak dengan cucian yang menggunung karena tidak juga kering-kering ini ditambah pula dengan keriuhan anak-anak yang bosan karena tidak bisa bermain diluar. Dan mereka memilih membuat ‘keramaian’ didalam rumah..baca: keributan aka kekacauan...#migrain emak langsung kumat.


Ketika cuaca sedang buruk atau saat anak-anak sakit, Peti Hujan dapat membantu saya dan anak-anak melewati hari tanpa perasaan yang monoton.



credit 




Kita menyebutnya dengan Peti Hari Hujan, seperti namanya peti ini hanya dikeluarkan pada saat hujan saja. Simpanlah peti ini ditempat aman sehingga ketika dikeluarkan pada waktunya ia menjadi sebuah kejutan yang sangat manis. Peti ini kita buat dari sebuah kardus atau box plastik sedang. Peti ini biasanya saya isi  dengan :

•             Benda-benda kerajinan tangan yang belum pernah dicoba atau sesuatu yang baru bagi anak-anak (spidol baru, plastisin, stiker-stiker aneh, batu-batu aneka bentuk dan dapat digambari,

•             Mainan baru (mainan yang belum pernah dipakai)

•             Buku cerita baru yang belum pernah dibacakan pada anak-anak, musik anak yang belum pernah didengar sebelumnya, atau film anak yang belum pernah ditonton. Dan ini favorit banget

•             Benda –benda untuk berhias diri (aneka baju bekas bapak-emak, aneka sepatu bekas, topi, syal, topeng, segala macam aksesories untuk pentas, kostum binatang jika memungkinkan, rambut palsu, dll)

•             Cetakan pemotong kue dan resep kue favorit atau resep baru

•             Benda-benda untuk permainan dengan peraturan baru



Ingat! Aturannya hanya satu: Peti ini hanya di buka di saat hujan yaaa…di saat anak-anak sudah

tidak bisa kemana-mana kecuali ‘mengacau’ didalam rumah…..#senyummanis


Selamat membuka kado kalian anak-anak ( kadang) manis…..meskipun saya yakin seribu persen..mereka memilih berlari keluar menyongsong hujan, bahkan berpetir  sekalipun..huuffftttt...#exhale-inhale


Selamat Datang Musim Hujan.....





2 komentar:

  1. emak,, kreatif sekali... :)
    Selamat menyambut musim hujan ya mak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih ...salam kenal. selamat hari hujan...qiqiqiqi

      Hapus