Tips Mendidik Anak Agar Menjadi Generasi Maju





Sekarang Miqdad lagi senang-senangnya dibacain cerita dan menceritakan kembali isi buku yang dia baca. Kebetulan kami di rumah punya beberapa buku anak yang bagus. Bisa dibilang dengan badan bongsor dan aktif bisa dibilang Miqdad anak Generasi Maju. Pertumbuhan dan perkembangannya insya Allah sesuailah dengan chart anak sehat. Apalagi sejak saya menjadi Mombassador SGM  Eksplor saya mendapat banyak materi tentang tumbuh kembang anak yang kemudian saya terapkan di rumah. Dan juga saya share ke lingkungan terdekat dan juga komunitas.




Nah, saya ada beberapa tips mendidik anak. Apalagi dengan enam anak dan setiap anak yang memiliki keunikan masing-masing. Alhamdulillah semua anak saya terlahir normal dan sehat. Dan saya belajar banyak dari setiap anak. Bisa dibilang anak-anak adalah guru para orangtuanya. Ada beberapa hal penting yang harus diprioritaskan dalam mendidik anak. Kalau kata orang bijak “ Yang penting isinya bukan kulitnya”. Rumah indah itu kulit dan isinya adalah keluarga yang sehat dan harmonis. Wajah tampan dan cantik itu kulit tetapi isinya adalah akhlak yang mulia dan ilmu yang bermanfaat. Jadi kita sebagai ibu harus memprioritaskan isinya dulu nih dibandingkan kulitnya.
     1.     Taat pada perintah agama dan berbakti pada orang tua.


Ini hal prioritas kami dalam mendidik anak. Miqdad sendiri sedari kecil sudah kami tanamkan nilai-nilai agama. Tidak hanya kulitnya saja tetapi isinya juga. Berbakti pada orang tua juga hal utama yang harus anak-anak pahami. Ridha Allah tergantung pada ridha kedua orangtua. Begitu pelajaran hidup yang saya pelajari.
     2.     Akhlak mulia kepada sesama
Harta berlimpah, ilmu setinggi langit tidak akan bernilai jika tidak dibarengi dengan akhlak mulia. Banyak orang selamat hidupnya karena akhlak mulia ini. Sopan dan santun kepada orang lain.

     3.     Badan sehat.
Muslim yang kuat lebih dicintai daripada muslim yang lemah. Kuat di sini dalam hal badan dan juga banyak hal. Yang nantinya dimanfaatkan untuk ibadah kepada Allah. Anak-anak selalu saya tekankan mengkonsumsi makanan halal dan thayyib. Mencintai makanan sehat dan halal adalah pilihan yang harus diambil. Miqdad terbiasa makan sayur, buah dan juga minum susu SGM Eksplor secara rutin. Kami di rumah terbiasa minum susu karena susu adalah minuman yang disukai oleh Rasulullah. Selain kaya nutrisi susu juga termasuk makanan yang disukai dan mudah dikonsumsi oleh anak-anak.
     4.     Ilmu yang bermanfaat



Karena anak-anak saya sebagian menjalani homeschooling mandiri sehingga urusan stimulasi kecerdasan anak-anak saya sendiri yang pegang. Saya mengajari anak-anak membaca. Menstimulasi mereka dengan permainan-permainan edukatif ala kami. Saya juga terbiasa membacakan buku secara nyaring ke semua anak setiap malam. Kami menyusun sendiri kurikulum yang ramah anak. Ada banyak kegiatan yang kami coba lakukan di rumah dan juga kami mencari kegiatan yang disukai anak-anak di luar.

     5.     Memberi banyak manfaat kepada manusia lainnya.



Ilmu itu mudah dicari apalagi zaman sekarang yang penting mau usaha sedikit lebih keras pasti kita bisa belajar banyak hal. Nah kemudahan ini harus kita bagi juga pada orang lain. Jangan pelit sama ilmu. Anak-anak saya minta selalu ringan berbagi pada orang lain. Seperti nasihat ayahnya kepada anak-anak “ Jangan sampai orang yang datang meminta bantuan ke rumah kita keluar dari pintu dengan tangan kosong”. Jangan sampai.
Saya bersyukur sekali bisa bergabung dengan komunitas Mombassador SGM Eksplor. Ada banyak ilmu bermanfaat yang saya raih. Banyak sekali kesempatan yang saya dapat dengan bergabung ke komunitas ini. Semoga ada banyak ibu lain juga yang bisa bergabung dengan Mombassador SGM Eksplor. Mampir aja di Fanspagenya ya di www.facebook.com/akuanaksgm

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.