Ini Beberapa Tempat Wisata Jogja Yang Bisa Dikunjungi Dalam Sehari

Berkunjung Ke Jogja Cuman Sehari Bisa Kemana Saja?

Masjid Gedhe Kauman

Bisa ga sih berkunjung ke Jogjakarta cuman sehari? Bisa banget. Saya yakin setiap orang Indonesia pasti ingin banget mengunjungi Yogyakarta. Siapa sih yang tidak ingin berkunjung ke Yogyakarta. Setiap musim libur tiba Jogja seperti Jakarta yang tertukar. Macet dimana-mana. Saya yang orang Jogja memilih mendekam di rumah saat liburan atau liburan ke luar kota Karena padatnya kota Jogja saat liburan.

Nah daripada ikut berjubel-jubel saat musim liburan kenapa tidak mencoba mengunjungi Jogja saat bukan musim liburan. Meskipun cuman sehari pasti banyak hal yang bias didapat saat ke Jogja.
Berikut saya kasih tips saat punya waktu sehari untuk mengunjungi Yogyakarta bagi keluarga yang membawa anak-anak. Karena kebetulan saya sendiri kalau bepergian pasti mengajak anak-anak saya bisa merasakan bagaimana hebohnya persiapan kami. Termasuk gugling kebanyak blog teman yang pernah mengunjungi wisata setempat.

Kemana saja jika ke Jogja bersama Anak-anak?

Mari kita asumsikan bahwa tiba di Jogja pada pagi hari. Jika menginap monggo kopernya bisa dititipkan dulu di hotel yang sudah dipesan.

Sekilas tentang Jogja

Yogyakarta sebenarnya tidak luas. Tetapi ada banyak objek wisata yang tersedia. Apalagi bisa dibilang wisata adalah sumber pemasukan terbesar bagi masyarakat Jogja. Bahkan sejak menjamurnya media social membantu promosi tempat wisata baru. Ada saja tempat baru yang muncul di social media dan disasar sebagai tempat wisata. Ada banyak pilihan wisata di Jogja. Mau wisata sejarah, bisa mengunjungi candi yang berderet dan cantik-cantik di daerah timur (Prambanan, Kalasan, Candi Boko, Candi Ijo dsb), ada keraton Yogyakarta dan masjid-masjid tua. Mau wisata alam, ada Merapi dan Taman Nasionalnya, hutan Wanagama, pantai-pantai cantik yang berderet di pantai selatan, dari yang berpasir putih sampai berpasir hitam tinggal pilih. Mau snorkeling atau paralayang semua bisa dicoba. Atau mau wisata edukasi, ada Taman Pintar, Kebun Binatang Gembiraloka, Museum-museum, dan masih banyak lagi. Itu belum kulinernya yang menggoda lidah dan murah.

Transportasi Di Jogja

Untuk berkunjung ke Jogja bisa menggunakan pesawat, bis dan kereta api. Jika menggunakan kendaraan pribadi juga mudah karena petunjuk jalannya memadai banget buat orang luar kota. Itu belum ditambah ramahnya orang Jogja jika ditanya para wisatawan. Semua orang pasti mau membantu anda untuk menunjukkan tempat dan menjelaskan hal-hal yang membingungkan tentang arah jalan. Percaya deh orang Jogja itu ramah.
Di dalam kota kita bisa menggunakan taksi dan bis kota dan Transjogja. Bis transjogja termasuk nyaman dan mudah ditemukan haltenya. Hanya dengan 3500 rupiah kita bias mengelilingi Jogja. Petunjuk dan peta-pun biasanya ada di setiap halte. Di Jogja dikawasan tertentu ada andong atau kereta kuda dan becak. Malah banyak wisatawan yang dating ke Jogja yang menyempatkan diri menaiki andong untuk transportasi.
Kita juga bisa menyewa mobil. Ada banyak mobil rental yang bisa kita coba dengan harga yang bersahabat dan dilengkapi supir juga ada. Tinggal pilih.
Untuk transportasi di luar kota Jogja semisal Bantul dan Gunung Kidul juga tersedia bis antar kota yang harganya juga murah meriah.
Ada dua terminal di Jogja yakni Terminal Pusat Giwangan dan Terminal Jombor. Dan semua bis dari luar pasti mampir ke terminal ini. Selepasnya dari terminal kita bisa memilih naik transjogja menuju tempat wisata yang kita inginkan.
Tempat Menginap Jika di Jogja

Ada banyak Hotel Di Jogja. Mulai dari kelas melati sampai bintang lima. Pilihlah sesuai bugjet kita. Kawasan penginapan yang popular ada di daerah Prawirotaman. Ada banyak hotel murah dan bagus di sana. Selain itu ada banyak homestay dan villa juga yang disewakan untuk umum. Jika datang berombongan mungkin homestay bisa jadi pilihan.
Itinerary Liburan Sehari Dengan Anak Di Jogja
Sebaiknya sesuaikan hotel menginap (jika menginap) dengan tempat tujuan wisata. Atau jika tidak menginap sesuaikan dengan waktu kedatangan. Sekedar informasi bis TransJogja mulai beroperasi sejak jam 05.30 pagi sampai jam 09.30 malam. Di luar itu kita bisa menggunakan taksi dan biayanya memang lebih mahal.
1.     Museum Dirgantara, Kebun Binatang Gembiraloka, Taman Pintar dan kawasan titik nol kilometer (Malioboro dan alun-alun ).
·   Museum Dirgantara terletak di jembatan fly over Janti. Atau tepatnya di Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jl. Kolonel Sugiono, Banguntapan, Yogyakarta, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282. Tempat ini favorit anak-anak saya. Ada banyak pesawat tempur asli yang dipamerkan. Bahkan beberapa diantaranya boleh dinaiki. Halamannya juga luas dengan rumput hijau yang asyik banget buat anak-anak. Area dalam museum juga dilengkapi dengan diorama yang edukatif banget. Anak-anak juga bisa mencoba berfoto dengan seragam pilot tempur.
Sebaiknya berkunjung ke sini di pagi hari sampai sekitar jam 11 siang.

pesawat tempur

·     Kebun Binatang Gembiraloka. Terletak di Jl. Kebun Raya No. 2, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171. Bisa dibilang hampir tiap tahun kami berkunjung ke Gembiraloka. Tiket masuknya seharga 20 ribu rupiah memadai banget untuk melihat beragam koleksi hewan. Bahkan halte TransJogja juga berhenti tepat di depan gerbang Gembiraloka.
Ada banyak koleksi hewan di sana. Ada pertunjukkan hewan juga untuk keluarga. Ada taman burung, reptile, ikan dan sekarang ada pinguin juga di sana. Karena tempatnya yang lumayan luas sebaiknya jika membawa batita gunakan stroller.
Jadwalkan setelah dari Museum Dirgantara kita berkunjung ke sini. Jadi sekitar jam 11 siang kita bisa masuk kesini. Karena jaraknya dari Museum Dirgantara tidak terlalu jauh. Tiga jam cukup berkeliling di sini.

Taman Burung di Gembiraloka

·    Taman Pintar Yogyakarta. Terletak di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Gondomanan, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122. Setelah keluar dari Kebun Binatang Gembiraloka kita langsung menuju Taman Pintar ini. Sekitar jam 2 siang kita bisa masuk Taman Pintar. Sebelum masuk ada banyak aktivitas gratis yang bisa dicoba anak-anak. Mulai dari main air mancur dan berbagai permainan luar ruangan. Lalu berkunjunglah ke Gedung Oval. Di dalamnya ada banyak fasilitas permainan edukatif untuk anak-anak. Ada percobaan sains, mengenal tokoh-tokoh dunia, mempelajari teknologi dan masih banyak lagi. Karena Taman Pintar tutup jam 4 sore jadi setelah jam 4 sore kita bisa berjalan kaki menikmati kawasan Malioboro sampai malam hari.
Sehari penuh kita bisa mengunjungi empat tempat wisata yang pasti sangat disukai anak-anak.

2.     Kraton Yogyakarta, Taman Sari, Taman Pintar dan kawasan nol kilometer ( Malioboro dan alun-alun).
·   Kraton Yogyakarta terletak di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Datanglah pagi hari. Sebelum masuk kita bisa mengambil foto. Karena tempat ini termasuk daerah wisata khusus sehingga ada beberapa aturan khusus yang diterapkan oleh pihak kraton untuk para pengunjung. Seperti etika ketika kita mengunjungi rumah seseorang kita berusaha untuk menghormati tuan rumah. Jadi saran saya ajaklah anak-anak bersikap santun di kawasan kraton. Ada banyak pelajaran berharga yang bisa diambil oleh anak-anak saat mempelajari sejarah kota Yogyakarta di kraton ini. Jam 10 siang kita sudah selesai mengelilingi kraton. Kita bisa beristirahat dan salat sejenak di Masjid Gedhe Kauman yang terletak di samping Kraton.

·     Taman Sari. Terletak tidak jauh dari Kraton Yogyakarta. Tepatnya di Jl. Komp. Taman Sari, Patehan, Kraton, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133. Kawasan ini dulunya adalah tempat pemandian bagi kerabat kraton Yogyakarta. Ada semacam ruang bawah tanahnya. Tempatnya artistic dan unik buat foto-foto. Karena ini termasuk kawasan cagar budaya ajari anak-anak untuk tidak terlalu banyak bersentuhan dengan dindingnya yang bisa merusak keaslian cagar budaya. Selepas dari Taman Sari kita bisa berkunjung ke Taman Pintar. Kita mencoba menumpang andong Karena jarak dari Taman Sari ke Taman Pintar tidak terlalu jauh. Sekitar pukul 1 siang kita bisa meninggalkan Taman Sari menuju Taman Pintar.

Taman Sari Yogyakarta

·        Setelah dari Taman Pintar kita bisa lanjut menuju kawasan Malioboro dan nol kilometer serta mencari makan malam di sana.

nol kilometer Jogja

3.     Candi Prambanan, Taman Pintar dan Benteng Vredeburg, dan Alun-Alun Kidul
·        Candi Prambanan termasuk candi popular di Indonesia. Datanglah pada pagi hari atau sore hari agar tidak terlalu panas. Terletak di Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi ini menjadi tujuan wisata banyak orang. Kita bisa mengajak anak-anak berkeliling ke beberapa komplek candi.

·        Setelah dari Candi Prambanan kita bisa lanjut menuju Taman Pintar sekitar pukul 11 siang. Karena jarak Candi Prambanan – Taman Pintar lumayan jauh jadi kita bisa mengkondisikan anak-anak.
·        Dari Taman Pintar kita bisa berkunjung ke Museum Benteng Vredeburg yang berada di samping Taman Pintar. Kita bisa masuk Benteng Vredeburg sekitar pukul 2 siang dan berkeliling Museum.

·    Seusai mengunjungi Museum Benteng Vredeburg kita bisa mengunjungi Alun-Alun Kidul. Karena Alun-Alun Kidul mulai ramai setelah maghrib jadi kita bisa beristirahat di kawasan nol kilometer. Alun-alun Kidul terletak di Jalan Alun Alun Kidul, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133. Di kawasan ini popular dengan sepeda hiasnya. Ada banyak sepeda hias dengan lampu warna-warni yang bisa kita sewa di sana. Kita juga bisa menikmati aneka makanan tradisional khas Jogja semisal wedang ronde, gudheg, dan berbagai makanan lain. Ada tradisi Massangin juga yakni melewati beringin kembar dengan mata tertutup.

Nah, itulah beberapa tempat wisata yang bisa kita datangi saat mengunjungi Jogja dalam waktu sehari. Sebenarnya ada banyak lagi tempat wisata yang bisa di datangi. Tetapi tempat yang sebutkan di atas sudah memadai dan mewakili tempat wisata di Jogja. Ayuuk berkungjung ke Yogyakarta.