Tempat Wisata Gratis Di Singapore ( Travelschooling part #2)

Kalau ke Singapore dalam rangka Travelschooling sebaiknya tempat mana aja nih yang dikunjungi?. Saya membuat beberapa list tempat yang kudu disambangi bersama anak-anak. Kebetulan kami ala backpacker jadi kami memutuskan tempat wisata yang didatangi yang murah-meriah dan terjangkau.

Ada banyak destinasi favorit yang bisa didatangi di Singapore. Sebagai warga negara ber-flower jujur buat saya hunting foto di sana aja hasilnya bisa wow lo. Bangunan-bangunannya futuristik. Belum lagi tata kotanya yang cantik dan bersih. Dan ada beberapa wisata ‘ala’ alam juga di sana. Meskipun kalau dibandingkan dengan di Indonesia ya masih kalah ‘awu’ alias ga ada apa-apanya cuman mereka aja pinter menata.

Tetapi berkunjung ke Singapore itu worth it banget buat anak-anak. Karena ada banyak hal yang dipelajari anak-anak saat kami melakukan travelschooling bulan April lalu. Anak-anak jadi lebih menyayangi saudaranya. Menghargai orang lain. Bangga sebagai seorang muslim karena di sana kami mampir ke masjid-masjid. Belajar bahasa asing dengan lebih efektif karena langsung praktek. Bahkan anak saya bilang, dia tinggal di Singapore 6 bulan aja cukup untuk melancarkan bahasa Inggris dia. Meskipun gitu deh ya Inggrisnya ala orang Singapore. Yang kadang saya harus mikir dulu. Kayak : “ Its Oke-lah”, dll. Hahahahaha.

. Ada banyak destinasi yang bisa dikunjungi di Singapore dan tanpa harus membayar. Bisa dibilang pemerintah Singapore sukses menata kotanya jadi cantik banget. Dan taman kota-nya bagus-bagus semua. Nah, berikut beberapa tempat yang bisa dikunjungi dengan gratis di Singapore:

1.                 Merlion Park

Kawasan Merlion Park ini sebenarnya luas lo. Setelah turun dari stasiun MRT Raflles kita bisa menyusuri sepanjang jalan pinggiran sungai sampai menuju Patung Merlion. Banyak spot foto bagus di sana. Ada jembatan besar juga. Patung-patung karya seni di pinggri sungainya.

Sayangnya patung Merlionnya sendiri masih dipugar sampai akhir Mei besok. Jadi kemarin pas anak-anak ke sana ga bisa liat patung Merlion. Tapi saya dulu sempat pepotoan di sana waktu tahun 2017.

2.                 Garden By The Bay

Ke Singapore jangan sampai ga ke sini ya. Keren banget kawasan ini. Kalau untuk di bagian luarnya aja gratis. Itu sudah cantik banget. Kalau mau masuk ke dome-nya baru berbayar dan tiketnya juga ga mahal-mahal banget. Oia ada jembatan juga di bagian atasnya yang berbayar. Kalau jembatan penghubungnya sih gratis-tis.

Berkunjung ke Garden By The Bay sebaiknya dari sore sampai malam. biar bisa merasakan sensasi saat sore dan malam hari. Semuanya cantik soalnya. Kita bisa keliling area yang ditanami aneka bunga dan tanaman tropis. Saya suka banget ke Garden By The Bay ini. Kalau malam hari lampu-lampu dari pohon raksasanya menyala aneka warna. Dan mereka bergantian menyala mengikuti irama musik. Jadi kayak nonton pertunjukan teater tapi pemerannya lampu-lampu itu. Bahkan para turis tiduran di jalan yang terbuat dari batu-batu alam yang disusun rapi agar bisa mengambil video dari pertunjukan lampu-lampu aneka warna itu.

3.                 Kawasan Sentosa Island

Kemarin kami nyampe Changi langsung naik MRT ke Vivo City. Dari Vivo City baru naik bis. Ada dua pilihan sih kalau mau ke sana. Ada MRT ekspress da nada bis umum. Karena kami nyari yang murah kami naik bis. Bis-nya warna biru. Bayarnya cuman SGD $ 1. Sampe sana lalu masuk kawasan. Muter-muter deh.
Kalau mau masuk ke area permainanya bayar. Tiketnya lumayan mahal. Hampir 750 ribu. Jadi mending Dufan, eh. Hahahahaha. Tetapi muterin area sekeliling Universal Studio aja udah cukup kok. Hahahahaha. Pepotoan di luarnya itu udah keren banget arsitekturnya.
Oia kalau mau nyari makan murah meriah kita bisa mampir di foodcourt Vivo City. Sebelum kita naik bisa. Dan ada beberapa gerai makanan halal di sana. Kami mampir ke Encik Tan. Dan saya mencoba Laksa Singapore. Harganya cuman 4 SGD.

4.                 Kawasan Bugis Street

Kawasan belanja murah-meriah ini emang terkenal banget. Pasar senggol yang isinya berbagai souvenir lucu khas Singapore. Mulai dari gantungan kunci, tempelan kulkas, kartu pos, kaos, tas dan hiasan meja.
Harganya juga ga mahal-mahal banget. Bahkan ada yang dipaket  5 SGD untuk 3 item. Bisa campur. Whoaaa, memuaskan hasrat belanja pernik lucu deh kalo ke sini.
Setelah dari Bugis Street bisa nyebrang ke depannya ada mall Bugis Junction. Bisa nyari makan di sana. Muter-muter juga ga ada yang ngelarang.

5.                 Masjid Sultan

Setelah puas dari Bugis Street tinggal nyebrang dan jalan sedikit kita bisa mampir ke Masjid Sultan. Masjid Sultan ini terbuka untuk non muslim juga. Sebelum masuk nanti para pengunjung akan dipinjami semacam ju

bah panjang untuk dipakai. Dan kalau mau mampir buat salat langsung masuk aja.

Anak-anak saya seneng banget mampir ke Masjid Sultan. Karena selain bisa mampir salat dan istirahat kami juga ketemu dengan banyak muslim dari seluruh dunia. Kami sempat mengobrol dengan seorang mualaf asal Korea. Yang gantengnya masya Allah. Duuh Oppa, hahahahaha. Sayangnya saya ga berani minta foto.

Nah, selain yang saya sebutin di atas. Ada lagi nih tempat yang cantik banget di Singapore yakni Chngi Airport. Ya Allah, Changi ini betul-betul memanjakan para traveler dari seluruh dunia. Ketika saya berkunjung ke Singapore tahun 2017 Changi tuh udah cantik, eh kemarin liat lagi ternyata tambah cantik. Sayangnya kami kemarin sampai Changi terburu-buru jadi ga lama eksplor Changinya. Insya Allah tahun depan lagi deh kalo ada kesempatan main ke Changi lagi.

Dari kemarin banyak banget yang nanya gimana caranya nyari tiket pesawat untuk ke Singapore. Dari Jogja ada beberapa pilihan flight ke Singapore. Dan Alhamdulillahnya harganya terjangkau. Kemarin kami berangkat ber-5 untuk biaya tiket malah bisa ditekan. Karena belinya udah dari tahun lalu. Dan setiap hari ada penerbangan dari Jogja tujuan Singapore.

Tiket pesawat ke Singapore bisa dicek di pegipegi.com. harganya bisa dipantau. Ada banyak pilihan maskapai tersedia di sana. Jika mengalami kesulitan pemesanan custumer service-nya akan cepat melayani setiap pertanyaan kita. Ga usah takut mau beli tiket pesawat ke luar negeri. Cukup siapkan dokumen seperti paspor untuk pengisian data penumpang.
Gimana Bu? Mantep kan mau ngajak anak-anak travelschooling ke luar negeri. Insya Allah ada banyak pengalaman luar biasa yang didapat anak-anak saat mereka berkunjung ke negara lain. Yang tidak akan dia dapat dari bangku sekolah.

21 komentar

1. Anakku ngajak ke SIngapura lagi, mba. Hahhaa. Katanya bagus sekali bisa ke Singapura dan memang banyak tempat wisata gratis tapi bersih dan nyaman buat anak

BalasHapus
  2. Bunda tuh udah daribtahin jebot urah mimpiin pengen banget ke Kota Singa ini tp sampe sekarang blm kesampaian. Hiks... Bagus ya Mesjidnya.

3. asik banget mak singapura, suatu saat pengen ngajak anak traveling, pilihannya antara singapura sama kuala lumpur

4. Wah jadi makin pengen deh jalan2 ke Singapur. Semoga tahun ini terwujud, Aamiin..

BalasHapus
  5. Ahaaha mupeng jadinya baca tulisan ini, semoga satu saat aku bisa sampai ke Singapura ya. Bisa ya ada desitinasi wisata yang gratis begitu

6. Wah, paling seneng nih mbak kalo baca info tempat wisata gratisan kayak gini apalagi di luar negeri, lumayan buat bahan masukan hahahaha.

Duh, mahal juga yah tiket masuk sampek 750 rb, iya sih foto2 di depan juga udah cukup puas lah aku mah hehehe.

BalasHapus
  7. Mau banget ngikutin jejak travelschool-nya Mak Irul, mungkin tahun depan bakal ajak anak-anak backpackeran ke KL & Singapura, doakan ya maak :)

8. Oooh. Jadi Garden by The Bay ada bagian yang gratis juga, ya. Pertunjukkan lampu-lampunya tampak cantik.

9. Wahhh ternyata lumayan banyak tempat wisata gratis di Singapura yaa, Mba. Semoga suatu saat saya bisa jalan-jalan ke sana, amiiiin

BalasHapus
  10. Semuanya sudah pernah didatangi mbak, memang kalau Singapura perjalanan selalu menyenangkan. Aman dan transportasinya itu juga mudah menjangkau daerah wisata.

11. Singapore emang bagus dan bersih ya. Enak kalau traveling bareng keluarga ke sana. Trus banyak juga tempat-tempat wisata gratisnya. Seru pastinya ya, Mba :)

12. Saya malah jadi salah fokus, merenung tentang travel-schoolingnya mbaaak! Konsep yang menarik bangt buat saya. :)

BalasHapus
  13. Wah aku baru denger nih istilah travelschooling maksudnya belajar sambil jalan jalan ya, sepertinya asik mba boleh dicoba

14. Hahaha iya bahasa itu emang harus dipaksain sih mbak. Lingkungan mempengaruhi gtu buat praktik ya. Kalau lingkungannnya gak mendukung ilang kemampuan bahasanya.
    Ah jd pengen ajak anak jg belajar sambil jalan2 gtu :D

BalasHapus
  15. Keren nih Masjid Sultan, di sana ntar bisa ketemu dengan banyak muslim dari seluruh dunia ya? Oke fixed kudu ke sana misal kesampaian jalan2 ke Singapore.

16. Nah, noted banget nih mbak , sempat saya ada kesempatan juga ke Singapura jadi gak pusing2 lagi cari tempat wisata gratis.

17. wah bisa jadi refrensi kalau aku main-main ke singapore ini, lumayan hemat uang jajan

BalasHapus
  18. Iya sih, changi airport itu terus bebenah mempercantik diri. Jadi transit dan diam di airport pun tetep betah

19. Subhanallaah...Singapore cocok banget buat wisata bareng anak-anak, keluarga. Btw, ngobrol dengan Oppa pasti terkesima banget, ya. Ngga kedep-kedip. Wkwkwk Semoga aku bisa sampai sana ya, Bund. Doakeen.

20. wah, asyik ya jalan2 di singapur banyak tempat keren dan gratis pula. jadi pengen ke sana. bener2 hemat uang ya. fokus habis uang buat belanja dan makan. mantap...

BalasHapus
  21. Menyenangkan banget memang traveling di singapore.. sarana transportasi publiknya bagus, gak takut nyasar deh ngebolang juga..

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.