Travelschooling Ke Jakarta, Kemana Saja?





Setelah melakukan travelschooling ke Singapore dan Kuala lumpur awal bulan April kemarin. Anak-anak sudah buat list nih mau travelschooling kemana lagi. Bahkan baru nyampe rumah aja sambil nyuci sepatu ada yang nyeletuk. Kita mau kemana nih?. Kyaaa. 


Saya sih mikirnya travelschooling berikutnya dalam negeri aja lagi kayak sebelumnya yang seputaran Jateng. Nah, tahun depan kami merencanakan travelschooling ke Jakarta. Ada beberapa list tempat wisata yang sedianya akan kami kunjungi nanti. Antara lain

     1.     Monas
pict by travel kompas

Belum ke Jakarta kalau ga mampir ke Monas. Meskipun pada kenyataannya saya ke Jakarta beberapa kali cuman buat transit. Dan bahkan akhir Maret kemarin ke Jakarta ga liat Monas sama sekali. Tetapi buat anak-anak saya Monas itu wajib dikunjungi. Apalagi sekarang saya yakin kawasan Monas lebih cantik dibandingkan yang dulu saya lihat.

     2.     Kota tua Jakarta
pict by detik news

Kalau ini kami berniat hunting foto di sana. Kebiasaan kalau bepergian menyempatkan diri hunting foto bangunan-bangunan tua dan bersejarah. Sebagai pelajaran juga sih buat anak-anak bahwa banyak yang bisa dipelajari dari masa lampau.

     3.     Museum Nasional
kebudayaan kemdikbud

Kami pernah berkunjung ke sini tahun 2014 lalu saat event Srikandi Blogger 2014. Dan anak perempuan saya punya beberapa foto di museumnya. Dan bikin ngiri abang-abangnya. Mereka jadi mupeng pengen liat Museum Nasional.
Dan kebetulan juga Museum Nasional itu selemparan batu dari Monas. Jadi bisa sekalian jalan ke Monas.

     4.     Dunia Fantasi
pict by jakarta tribun news

Siapa yang ga pingin ke Dufan. Bahkan menurut saya sih kerenan Dufan deh dibandingkan Universal Studio Singapore. Hahahaha. Universal Studio Singapore itu kalah luas lo sama Dufan. Padahal harga tiket Dufan jauh lebih murah dibandingkan harga tiket Universal Studio.

     5.     Pasar Tanah Abang

pict by Jawa Pos

Pengen belanja sih kalau ke sini. Dan mengajari anak-anak untuk melihat peluang yang bisa dilakukan untuk dijadikan ide bisnis. Pasti banyak hal yang ada dipikiran anak-anak di luar belanja.
Mereka bisa membuat bisnis plan misalnya setelah berkeliling di Tanah Abang.

      6.     Perpustakaan Nasional
pict by travel kompas

Sebagai pemburu perpustakaan tentu saja perpustakaan nasional tak akan kami lewatkan. Sebagai keluarga homeschooling mandiri tentu saja kami akan memasukkan tempat ini sebagai tempat yang akan didatangi.
Saya yakin perpustakaan nasional juga banyak spot foto yang bagus. Bisa sekaliang mengajari anak-anak tentang komposisi fotografi. Karena biasanya bangunan perpustakaan itu modern dan futuristik.

7.     Masjid Istiqlal
pict by Jabar Tribun

Kebiasaan keluarga kami adalah mengunjungi masjid-masjid daerah setempat. Kalau ke Jakarta ga main ke Istiqlal ya berasa kurang afdhal main ke Jakartanya. Paling enggak mampir buat salat dan ngademin tubuh.
Dan saya selalu menyarankan anak-anak selalu mencari masjid jika berkunjung ke suatu tempat. Baik di dalam maupun luar negeri. Bahkan kemarin di Sing dan Kl kami main ke masjid Sultan, masjid Hajjah Fathimah. Di KL main ke Masjid Jamek. Harapannya sih sejauh apapun anak-anak bepergian mereka tetap menjalankan salat 5 waktu. Selain itu mampir ke masjid itu menjalin silaturahmi juga dengan muslim yang lain. Syukur-syukur bisa ikut bersedekah di kotak infaq yang disediakan. Mengajari anak-anak untuk ga lupa berbagi.

      8.     TMII
pict by tribun style

Meskipun namanya Taman Mini. Tapi isinya ga ada mini-mininya sama sekali. Dan saya yakin anak-anak akan takjub luar biasa dengan Indonesia setelah berkunjung ke TMII. Bisa belajar banyak kebudayaan daerah lain din Indonesia.
Karena begitu kayanya Indonesia saya yakin kayaknya sehari di TMIIn itu pasti ga selesai-selesai kita muternya.
Nah, itu beberapa tujuan travelschooling kami saat ke Jakarta nanti. Sebenarnya masih banyak tempat yang ingin kami datangi tetapi mungkin ini dulu aja sementara. Atau mungkin teman-teman ada saran nih buat kami tempat mana yang cocok didatangi dalam rangka travelschooling.
Nah, kemarin sewaktu melakukan travelschooling ke Sing dan Kl sempat kepikiran menginap di apartemen yang disewakan harian saja. Apalagi mengingat fasilitas apartemen yang disewakan itu lebih lengkap ketimbang menginap di hotel. Kalau saya sih karena mikirnya bawa anak-anak enaknya sih tinggal di apartemen daripada hotel. Karena kita bisa memasak sendiri. Bahkan banyak apartemen yang disewakan itu dilengkapi mesin cuci dan mesin pengering lo. Coba kalau kita tinggal di hotel udah habis berapa tuh buat laundry-nya aja. 
Saya pernah tinggal di apartemen. Saat kami melakukan umroh backpacker tahun lalu. Kebetulan seorang kawan meminjamkan apartemennya yang kosong untuk kami tempati. Jadilah selama di Makkah kami tinggal apartemen. Apartemennya di lengkapi dapur, kamar mandi, ruang tamu dan fasilitas lift.
Jadi dengan beberapa pertimbangan kayaknya kami bakalan nyoba menginap di apartemen yang disewakan harian aja deh untuk lebih hemat dan nyamannya. Karena ternyata ada banyak  apartemen yang disewakan harian di Jakarta pusat 

21 komentar

  1. Setuju Mbak, menginap di apartemen yang ada dapur dan fasilitas laundry mandirinya jatuhnya akan lebih murah dan praktis daripada hotel.... Pengalaman beberapa kali traveling dengan keluarga demikian. Hemat di mbiaya makan juga hihihi....

    BalasHapus
  2. Saya juga pengen ke Kota Tua Jakarta dan Museum Fatahillah nih..semoga terwujud tahun ini.. aamiin..

    BalasHapus
  3. Bisa dicontek nih itinerarynya kalau kapan2 bisa ajak anak2 main ke Jakarta. Liburan sekalian menambah wawasan yaa.. Seneng banget pastinya diajak naik kereta gantung di TMII.

    BalasHapus
  4. tempat-tempat di atas memang bagus untuk dikunjungin :D ada beberapa sih yang saya sendiri belum pernah ke sana :D

    BalasHapus
  5. Kalau ke Kota Tua enaknya ada es tong tong Mbak, hehehehe. Aku dulu suka ke sini sama temen-temen. Terus amazed gitu sama orang2 yang foto prewed di Kota Tua , hehehe.

    BalasHapus
  6. Semua destinasi wisatanya asyik dikunjungi buat keluarga. lokasinya juga mudah di jangkau. apalagi transportasi sekarang lebih gampang ya. jadi pengen lagi berkunjung kesemua tempat yg disebutkan diatas.

    BalasHapus
  7. Dunia Fantasi itu masih jadi impian suamiku sejak dia kecil dan blm kesampaian walau sekarang kerjanya di jakarta.

    BalasHapus
  8. aku pengen ajakin anak-anak ke TMII nih mba biar sekalian belajar juga aku ke TMII pas masih TK soalnya wkwkwk enaknya juga kangen ke TMII

    BalasHapus
  9. Semuanya sudah pernah didatangi mbak, tapi memang yang paling suka itu ke Perpusatakaan Nasional. Di sana banyak banget buku-buku, karena saya suka banget sama buku. Ntar kalau bawa anak ke Jakarta bakalan ngunjungi ke tempat-tempat tersebut.

    BalasHapus
  10. Aku loh sering ke Jakarta, tapi nggak pernah sempat mampir shalat ke masjid Istiqlal. Karena macet jalannya, atau emang nggak lewat daerah sana. Sedih aku mba, harus disempatkan ya

    BalasHapus
  11. Wah, seru deh bisa travelschooling kayak gini. Anak-anak pasti kesenengan. Dan tempat-tempat yang dikunjunginya juga sarat dengan nilai edukasi ya Mak Irul...

    BalasHapus
  12. Ke Jakarta tuh banyak mba destinasi wisatanya. Hayuk ah skali skali smoga bisa jalan jalan bareng yuuk :)

    BalasHapus
  13. Huwaaa Pasar Tanah Abang, kok aku kebayang ramenya haha. Mungkin pas anak2 krucil gini sementara takbawa ke pasar deket rumah dulu aja kali yaa :D
    Minimal buat tau transaksi pasar kyk apa.

    BalasHapus
  14. Jakarta has tons of great museums and educational places that you can definitely explore so make sure you enjoy Jakarta while you were here

    BalasHapus
  15. Huwaa yang udah kukunjungi cuman TMII sama Dufan mba kwwkkw
    aku pengen ke yang lain juga ah, eh mOnas udah pernah sekali tapinya
    Pengen perpusnas huwa semuanya keren. Kota tua juga

    BalasHapus
  16. Kak, maaf...
    Aku pingin nyontek donk, kak...apa aja materi yang perlu disiapkan saat travel schooling ini?

    Misalnya pertanyaan-pertanyaan seperti 5W + 1H...

    Lalu,
    nanti anak-anak dapat tugas apa sebagai feedback?

    Sepertinya,
    Memaknai travel dengan belajar, menjadi lebih seru.

    BalasHapus
  17. Di antara 8 yang disebutkan di atas, saya baru mengunjungi 3 tempat, Mba: Monas, Masjid Istiqlal & Kota tua, yang lainnya insyaallah menyusul, amiiin

    BalasHapus
  18. Setujuu banget sama 8 tempat diatas,, anak-anak juga kudu tau nih Pasar tanah abang hehe tapi kudu ati2 juga yak bawa si Kecil soale crowed banget suasananya.

    BalasHapus
  19. Aku jg kalau prg bareng keluarga milih semacam apartemen gotu deh komplit termasuk ada dapur n laundry. Jd bs masak n nyvi sendiri... Kemari plg dari KL ga bawa cucian karena di sela2 istirahat sy nyuci n nyetrika di hotel...hehe..

    BalasHapus
  20. Huwaa senengnyaa Mba,, lg jalan2 tp ttp bisa nima ilmu, enak bgt Lho

    BalasHapus
  21. Wuah . Travelschooling mbak rul nih bikin saya kepikiran untuk homeschooling juga hahahaa... Seru gituu

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.