Mengenal Wahana Zona Kebaikan Air Taman Pintar Yogyakarta

Wahana Zona Kebaikan Air Versi Baru
9pict by: @yoannafayza




Sebagai barisan fans Taman Pintar, tentu saja kami gembira dengan diperbaharuinya Wahana Zona Kebaikan Air di Taman Pintar. Wahana Zona kebaikan air adalah wahana yang disponsori oleh Danone-AQUA. Nah kemarin tanggal 8 April 2019 dilakukan peresmian Wahana Zona Kebaikan Air versi terbaru dan lebih lengkap. Bahkan saat event saya mengajak putri saya Salma. Dan anak ini gembira banget. Karena mendapat kesempatan menjadi penjajal pertama Wahana Zona Kebaikan Air ini. Horeee.


Wahana Zona Kebaikan Air Taman Pintar


Wahana Zona Kebaikan Air sudah ada di Taman Pintar sejak tahun 2013. Dan tahun 2019 ini diperbaharui kembali. Dengan wahana yang lebih interaktif dan edukatif. Wahana Zona Kebaikan Air terdiri atas beberapa area. Antara lain:
1.              area edukasi PIJAR (pilih, jaga dan rawat)
yang memberikan informasi dan edukasi bagaimana menjaga kualitas dan kuantitas air
2.              area edukasi lapisan tanah, lapisan kedap air dan air tanah dalam
3.              area edukasi sumber air
4.              area gerakan AMIR ( Ayo Minum Air) dan edukasi pentingnya menjaga hidrasi dan fungsi mineral dalam tubuh
5.              area deukasi Bijak Berplastik yang menjelaskan bagaimana dapat memberikan edukasi kepada anak-anak bukan hanya mengenai kebaikan air dan pentingnya pemenuhan hidrasi sehat namun juga diharapkan mampu memberikan edukasi seputar pentingnya menjaga lingkungan dan mengelola sampah plastic secara bijak.

Sebagai informasi pada Desember 2018 lalu kunjungan wisatawan ke Taman Pintar Jogjakarta mencapai angka 1 juta pengunjung. Dan harapannya pembaharuan Wahana Zona Kebaikan Air mampu turut serta meningkatkan jumlah kunjungan ke Taman Pintar. Serta menjadi pusat dan destinasi wisata anak-anak di Indonesia.

Komitmen Danone-AQUA


Pada pembukaan Marketing manager Danone-AQUA, bapak Jeffri Ricardo mengatakan “ Sebagai merk kelahiran Indonesia, selama lebih dari 46 tahun Danone-AQUA selalu berusaha memberikan kebaikan kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi sehat sekaligus memelihara keberlangsungan alam. Hal ini sejalan dengan visi Danone ‘ One Planet One Health’, dimana kami percaya bahwa  kesehatan masyarakat ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang juga sehat”.
Taman Pintar Jogjakarta menurut Pak Jeffri sangat strategis untuk menjadi pusat edukasi sekaligus mendorong gaya hidup sehat, pemenuhan hidrasi sehat dan menjaga kesehatan lingkungan kepada anak-anak sejak usia dini.
Danone-AQUA sendiri sejak tahun 1993 mempromosikan inisiatif daur ulang pertama melalui AQUA Peduli. Dan saat ini sudah dapat mengumpulkan 12.000 ton plastic setiap tahunnya melalui 6 Recyling Business Unit di berbagai lokasi di Indonesia serta sekaligus menciptakan manfaat ekonomi bagi ratusan pemulung dan pendaur ulang.
Dan tahun 2018 Danone-AQUA menginisiasi gerakan #BijakBerplastik yang memperkuat komitmen Danone-AQUA untuk mewujudkan Indonesia lebih bersih dan mendukung tujuan pemerintah Indonesia untuk mengurangi sampah di pengembangan infrastruktur pengumpulan sampah. Dan kerjasama dengan Taman Pintar adalah satu upaya memperkuat focus Danone-AQUA dalam edukasi pengelolaan sampah plastic secara bijak sejak usia dini.

Hidrasi Yang Sehat


Dr. Tria Rosemiarti menjelaskan tentang pentingnya menjaga pemenuhan hidrasi yang sehat akan air sejak usia dini. Dimana di Wahana Zona Kebaikan Air disediakan modul-modul tentang program Ayo Minum Air (AMIR) yang merupakan program kerjasama antara Hydration Working Group- Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Perhimpunan RS Seluruh Indonesia dan Danone-AQUA serta didukung oleh Kementrian Kesehatan RI. Dimana membantu mengedukasi masyarakat tentang pentingnya anak-anak minum air putih 6 gelas per-hari.

Fungsi Penting Air Bagi Anak


Air merupakan bagian dari nutrisi yang berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh, mengingat tubuh terdiri dari 60% air. Perlu diketahui nih bahwa hidrasi yang sehat pada anak membantu mengoptimalkan fungsi kognitif anak, fungsi memori dan daya tahan tubuh. Sehingga anak-anak yang hidrasinya tercukupi biasanya mudah berkonsentrasi dan jarang sakit karena daya tahan tubuhnya bagus. Gitu ibu-ibu.
Makanya ga heran gerakan AMIR ini perlu disosialisasikan ke sekolah-sekolah di seluruh wilayah Indonesia. Dan Taman Pintar dapat menjadi rujukan bagi masyarakat. Dan senangnya kemarin saat peresmian Wahana Zona Kebaikan Air ada penampilan Tarian AMIR ini yang dipentaskan oleh anak-anak dari sebuah SD di Kota Jogja. Dan Salma sampai rumah heboh pengen ngulang tarian si AMIR ini. Hahahaha. AMIR-AMIR, sini senam bareng-bareng yuuuk. 



22 komentar

  1. Wuiihh Salma udah duluan nih nganyari Zona Kebaikan Air. Ntar kapan2 mau ajak Faris juga ke sana dong. Terakhir ke Taman Pintar belum ada nih zona baru ini.

    BalasHapus
  2. Saya termasuk yang menantikan langkah konkret dari perusahaan yang banyak memproduksi plastik seperti AQUA ini. Di stau sisi kan perusahaan harus terus berproduksi. Tetapi, juga harus mengedukasi masyarakat tentang bijak menggunakan plastik. Semoga banyak perusahaan lain yang mengikuti langkah AQUA

    BalasHapus
  3. Aqua memang brand yang selalu peduli akan sekitarnya ya, makanya tetap eksis sampai sekarang.

    Dan saya salut banget deh ama edukasi PIJAR dan gerakan AMIR.
    Minum air penting banget dan diedukasi langsung pada si kecil agar mereka gemar minum air setiap harinya

    BalasHapus
  4. Yah, hidrasi sejak dini pada anak-anak itu penting karena mereka banyak gerak tetapi kerap lupa minum air pitih yang ehat. Adanya kalau haus malah jajan minuman dan makanan dingin, itu memusingkan saya sebagai ibu yang berupaya agar anak tak lupa bawa botol air minum dari rumah.
    Jogja keren punya banyak acara asyik macam blogger gathering, Bikin mupeng.

    BalasHapus
  5. masyaAllah suka banget sama wahana baru nya. semoga kegagalan masuk ke taman pintar 2tahun lalu bisa kebayar tahun ini. saya pengen banget ke jogja lagi liat taman pintar ini bareng anak anak

    BalasHapus
  6. Jadi Taman Pintar itu bener-bener mengedukasi ya Mak Irul? Wah aku harus bawa anak-anak ke sana ya. Bagus juga nih zona kebaikan air dari Danone, jadi bisa mngejarkan anak-anak unttuk menghemat air juga. Anak-anak kadang gak memerhatikan asupan cairannya, nah dari zona ini mudah-mudahan mereka makin mengerti.

    BalasHapus
  7. Air adalah sumber kehidupan, bagaimanapun juga kita tidak bisa hidup tanpa air,untuk itu kita harus jaga dan lestarikan ya mba.. seneng sekali di taman pintar ada zona kebaikan air ini, sudah selayknya kita mengajarkan anak-anak sejak dini tentang manfaat dan kegunaan air sebagai sumber kehidupan kita dan bumi kita tercinta

    BalasHapus
  8. Zona Kebaikan Air adalah edukasi yang baik untuk anak-anak. Apalagi si kecilku susah banget mengkonsumsi air mbak. Padahal di rumah selalu menyediakan air mineral yang baik salah satunya AQUA.

    BalasHapus
  9. "...anak-anak yang hidrasinya tercukupi biasanya mudah berkonsentrasi."
    Oalah pantesan ya di iklannya Aqua itu slogannya begitu. Jadi memang ngefek ya kurang minum ke daya kerja otak. Iya sih ya, kan aliran darah jadi kurang lancar ya karena kurang cairan.

    BalasHapus
  10. Yeaayy.. Ada wahana baru di taman pintar! asik nih jadi pengen ajak anak-anak ke sana lagi deh karena udah lama absen

    BalasHapus
  11. ini keren bgt. anak2 teredukasi mengenai air dan manfaatnya. keren ya buat yg bikin :)

    BalasHapus
  12. Benar sekali ibu siti, anak anak dikenalkan macam macam air dengan cara yang menyenangkan. Pasti anak anak juga menjadi lebih aware bahwa air itu penting sekali bagi kesehatan tubuh terutama fokusnya. Saya masukkan Taman Pintar menjadi destinasi liburan nih kalau diberi kesempatan main ke Jogja lagi

    BalasHapus
  13. Jadi, kapan kita jalan bareng dengan anak-anak ke Taman Pintar, Mak? Colekin mak Aya juga, hehe

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah di Taman Pintar bertambah satu edukasi yang mendidik anak-anak
    adalah zona kebaikan. Jadi pengen main ke sana, semoga kapan-kapan sempat meliput ke sini aamiin

    BalasHapus
  15. Asik banget ya jalan jalan mengunjungi wahana zona kebaikan air di Taman pintar ini. Kemasannya anak anak banget dan ilmunya bisa langsung diterima. 6 gelas sehari untuk anak-anak jadi diinget terus deeh

    BalasHapus
  16. Duh jadi oengen dateng ke zona edukasinya ini. Edukatif dan menghibur ya mbak. Btw selain di Jogja, dmna lagi ya mbak?

    BalasHapus
  17. Wah, di grup ini ternyata banyak orang Jogja ya. Ini sudah artikel ke-3 tentang air taman pintar :""") Jadi bingung mau komentar apa. Maafkan.

    BalasHapus
  18. Mendukung banget Program AMIR soale bagus juga buat kesehatan terutama ginjal. Semoga zona ini ada di berbagai kota ya ga hanya di taman pintar sana aja.

    BalasHapus
  19. Seru bisa belajar ttg air ya mbak :D
    Kebetulan pernah diajakin Danone jg ke sana tapi pas itu kyknya kok gk liat zona airnya yg sebagus itu :D
    Belajar ttg air mng penting terutama buat anak2 supaya anak2 bisa ikut melestarikan air ya mbak :D

    BalasHapus
  20. Wah ada wahana edukasi baru niy...jd pengen jalan2 ke Taman Pintar lagi.deh..hehe..

    BalasHapus
  21. Taman Pintar makin banyak edukasinya yaa, kak...
    Aku juga pingin mampir, tapi selalu ramai.
    Apa harus bikin janji dulu kalau kesana? Dalam bentuk kelompok?

    BalasHapus
  22. setiap ke jogja selalu lewatin taman pinta ini, padahal makin banyak edukasinya yah mba, Next Insyaa Allah jika ada rejeki kesana kudu sempetin ke taman pintar ini...

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.