Mendulang Uang Dari Iklan Di Blog


Mendulang Uang Dari Iklan Di Blog
pict by mas Ardian

Setahun lalu saya sempat pasang adsence. Punya akun kah? Enggak, hehehehe. Itu akunnya seorang kawan yang kemudian titip di blog saya. Perjanjiannya sih semua klik yang masuk utuh untuk saya. Si kawan hanya nitip aja dengan harapan pendapatan bisa mencapai 100 dolar sehingga bisa dicairkan. Dari adsence itu saya sempat dapat beberapa dolar loh. Tapi kalau dikurskan ke rupiah sekitar 70 ribuan. Wkwkwkwk. Dasar blogger recehan bener.



Nah, kemarin tanggal 16 Februari saya ikutan event #KEBelajar yakni event yang digagas oleh Komunitas Emak2 Blogger bekerjasama dengan PROPS yang merupakan Google Partner. Nah PROPS ini berbagi ilmu tentang adsence kepada para emak-emak blogger Jogja. Dan hebatnya yang tertarik ikutan event ini ga cuman emak-emak blogger dari Jogja aja lo. Ada yang jauh-jauh datang dari Malang, Surabaya, Cilacap dan Bantul (hahahahaha itu mah saya).


Pict by mas Ardian


Jujur saya meskipun ngeblog udah lebih 7 tahun di www.catatansiemak.com ini tapi kok ya lelet banget kalo udah urusan adsence. Maklum ngeblognya untuk curhat #dijambakmassa . saya paling pusing kalo udah ketemu html dan coding-codingan. Makanya urusan template saya pasti minta tolong si Idah Cheris si blogger Banjarnegara sono. Pernah pasang template sendiri kemudian template ku bubar. Huahahahaha. Kapok habis itu ga berani utak-atik template. Bahkan untuk urusan Google Analythic aja saya minta tolong Idah lo. Saya ngertinya kalau GA itu cuman tombol ‘behavior’ tok. Karena biasanya laporan ke agensi dan  klien saya nyantumin laporan Google Analythic jadi mau ga mau kudu belajar mengoperasikan GA. Tapi hanya sekedar urusan itu aja. Itulah mungkin kenapa blog saya pengunjungnya ga sebanyak teman-teman yang lain. Untungnya tulisan curhat saya banya fansnya (sombongnya hahahahaha).

Nah kemarin di #KEBelajar itu ada dua pembicara yang berbagi banyak hal tentang blog. Pembicara pertama ada mb Ilona Juwita sebagai CEO-nya PROPS. Duuh keren banget sih. Cantik, cerdas, dan CEO. Kayaknya tuh impian banyak perempuan ya. Dan pembicara satunya ada blogger ngehits Jogja. Tempat saya mencari jawaban kalau saya ketemu hal-hal yang bikin pusing dalam dunia ngeblog. Dia adalah Carolina Ratri. Blogger femes yang baik hati. Ga pernah bosen dicurhati banyak blogger gaptek kayak saya. Hahahahaha.

Memaksimalkan Pendapatan Blog Melalui Iklan Bersama Ilona Juwita


mb Ilona Juwita, CEO-nya PROPS

Jujur saya dapat banyak insight nih dari materi mbak Ilona. Meskipun jujur saya banyak ga ngerti istilah-istilah yang digunakan mbak Ilona. Tetapi saya tertarik banget yang ditawarkan mbak Ilona. Karena selama ini saya mikirnya blog ya udah buat curhat aja sekaligus nyambi review dan job yang berkaitan dengan blog. Ga kepikiran bahwa blog saya potensial banget kalau dititipi iklan oleh Google.

Partner terpercaya
Nah ini nih yang harus diperhatikan jika kita ingin menerima penitipan iklan di blog kita tapi males daftar adsence ke Googlenya langsung. Nah PROPS sendiri adalah Google Partner yang telah menangani banyak website untuk dikelola adsencenya oleh PROPS. Jadi intinya. PROPS memiliki akun adsence yang kemudian digunakan dititipkan ke website-website yang dianggap berpotensi. Tak hanya itu PROPS akan membantu meningkatkan performa website yang dititipi iklan. Jadi ga cuman titip iklan terus ditinggal. Nah penghasilan dari iklan ini akan dibagi 80% untuk pemilik web dan 20% untuk PROPS. Laporan pendapatan akan dikirimkan setiap bulannya beserta juga penghasilan yang didapat. Menurut saya sih ini menguntungkan kedua belah pihak. Soalnya buat saya agak ribet kalau harus ngurus adsence baru. Hahahahaha. Dasar mamak gaptek. Jangan lupa mampir ya di http://props.id/

Memaksimalkan Konten Blog Bersama Carolina Ratri


Carolina Ratri
pict by Ardian Kusuma

Mbak Carra bilang kalau konten kita bagus sebenarnya blog kita akan sangat menjual. Dan orang akan balik lagi mampir ke blog kita. Dan itu bisa menjadi modal paling utama dalam menjual iklan di blog.
Ada beberapa hal penting yang disarankan mba Carra untuk kita lakukan pada blog kita agar bisa menghasilkan sesuatu yang membuat orang rajin mampir ke blog.
1.     Pentingnya Niche
Ga ada yang salah sih dengan blog gado-gado. Segala macam ada. Tetapi blog yang lebih focus biasanya lebih jelas pembacanya. Dan mereka lebih loyal.
Tahun 2019 ini saya mulai memperbaiki arah niche blog saya. Kembali sebagai blogger parenting yang manis dan kalem #dijambak hahahahaha.
2.     Pillar Post dan Evergreen
Usahakan kita memiliki postingan-postingan yang menjadi ‘wajah’ blog kita. Misalnya saya nih pillar post saya yang paling laris adalah http://www.catatansiemak.com/2015/12/7-kado-istimewa-untuk-ibu-melahirkan.html dan biasanya pillar post ini juga menentukan arah niche kita lo.
Sedangkan artikel yang evergreen adalah postingan organic yang up to date. Yang awet sepanjang masa. Bukan hanya tulisan yang mengikuti tren aja. Meskipun mengikuti tren tetap factual sepanjang zaman. Misalnya nih, tulisan saya tentang https://www.catatansiemak.com/2019/01/membuat-kartu-kia-untuk-anak.html
Artikel itu saya buat saat rame-ramenya para blogger mempostingan dukungan untuk tidak sembarangan memposting foto kartu KIA di sosmed. Artikel itu langsung menjawab banyak pertanyaan teman-teman bagaimana membuat kartu KIA. Meskipun mengikuti trend tulisan itu akan tetap factual. Gitu kata mba Carra.
3.     Outline 5 W + 1 H
Sebaiknya sih tulisan kita meskipun curhat tetap memiliki kaidah jurnalistik yang memberi solusi atas sebuah pertanyaan atau permasalahan. Jadi kaidah What, When, Where, Who, Why and How itu penting banget pada sebuah artikel. Jadi ga asal curhat ke timur ke tenggara. Hahahahahaha.
4.     SEO Checklist
Nah ini nih yang mulai saya terapkan beberapa tahun terakhir ini. Berusaha menghasilkan artikel yang SEO sehingga bisa tampil di halaman pertama Google. Harapannya sih bisa membantu lebih banyak pembaca yang membutuhkan tulisan-tulisan yang fresh dan bisa menjawab pertanyaan mereka.
Kadangkan kita sebel ya kalau nyari sesuatu di google eh yang masuk page one itu hanya mementingkan SEO aja bukan konten yang bermanfaat. Bahkan kebanyakan copas. Nah disinilah sebenarnya kekuatan blog personal. Karena biasanya lebih disukai karena jawabannya lebih personal juga.

Nah itu beberapa hal bisa saya tangkap dari hasil #KEBelajar saya minggu lalu bareng KEB dan PROPS. Terima Kasih banyak untuk ilmunya. Siap-siap deh saya menghasilkan konten yang keren dan mendulang duit dari iklan via blog www.catatansiemak.com ini. Biar impian ke Al-Hambra dan Al-Aqsha  bisa terwujud tahun atau tahun 2020. Aamiin ya Allah.

30 komentar

  1. Setahu saya blogger yang berpenghasilan adsense yang nilainya cukup besar dari blog itu blognya banyak sampai puluhan. Jarang yang benar-benar cuma punya satu dua blog saja. Jadi harus all out mengurusinya. Masalahnya, saya mengurusi satu blog aja kerepotan apalagi puluhan Mak hehe. Jadi masih jauh dari adsense.

    BalasHapus
  2. Maaakk aku masih penasaran loh, caranya biar bisa dipasangi iklan oleh Props iku loh piyeee... Soalnya pernah baca ada ya iklan yang pay per impression. Jadi enggak sampe klik aja udah ada bayarannya.

    BalasHapus
  3. Jadi penasaran bagaimana cara pasang iklan di PROPS mbak, sepertinya bahasan yang menarik ya. Secara saya juga masih awam tentang ilmu pasang iklan di blog. Taunya ngeblog aja gak mikir macam2 hehehe..... TFS ya mbak

    BalasHapus
  4. Jd pengen ngecekin blog sendiri jadinya. Mana postingan yg pillar atau evergreen. Trus pengen tau lebih lanjut ttg props Mak. Ditunggu next post nya ya :)

    BalasHapus
  5. Makasih udah nulis ini mba jadi aku tau juga ttg ini. Kmren2 mupeng pgn ikut kebbelajar yg ini tapi ga bisa ikut :"

    BalasHapus
  6. Wah..jd malu hati niih.. klo ada yg nanya mana blogger lawas yg gaptek?? Pasti banyak telunjuk mengarah padaku, di samping aku juga angkat tangan sendiri..haha.. apalagi adsen, hawong GA saja aku masih nunak-nunuk owk..*ups malah syurkhat.. �� kd terpacu untuk belajar juga nih.. TFS y mba..

    BalasHapus
  7. Idem sama Mbak Uniek. Aku juga jadi penasaran sama PROPS. Entar pas senggang aku baca-baca ah biar bisa dapat peluang itu. TFS ya Mbak. Ilmunya berharga banget ni.

    BalasHapus
  8. Konten yang cuma ngejar SEO tanpa adanya sentuhan kreativitas dan personal memang mengganggu, Mbak. Saya mengibaratkannya bak penjual pindang bandeng preto yang durinya masih belum dipresto secara tuntas. Menikmati suguhan blog jadi ngganjel melulu bawaannya.

    Untuk ada beberapaka komunitas blogwalking yang bisa membantu dlm mendongkrak blog kita sekaligus mendatangkan tali silahturami.

    Semangat terus ngeblognya, Mbak.

    BalasHapus
  9. seru sekali acaranya bisa dapat ilmu baru, sekarang tinggal praktekin ya mba :D saya juga masih belajar ini, adsense yang di blog juga bukan punya saya tapi punya suami :D

    BalasHapus
  10. Waah banyak banget ya ilmu yang didapat, saya udah pasang adsense tapi penghasikannya masih receh jadi belum dicairin juga, hehehe, seneng ya langsung ketemu mba Carra dan belajar langsung dari beliau

    BalasHapus
  11. Aamiin dulu, ya. Semoga. Insya Allah.
    Senang ya, Mbak bisa hadir di acara #KEBelajar, duh, sayang saya tak bisa ikut. Salut pada Mbak yang rela datang dari jauh. Semangat banget.
    Saya juga sama gaptek, sama kerap curhat timur sampai tenggara di blog, he he.
    Soal PROPS, jadi pengen juga dapat tawaran kerja sama pasangh iklan di blog. Sayang blog saya baru 4 bulan 3 hari dan DA/PA terakhir dicek pekan ini dalam kisaran 13/19. Masih jauh banget dari halaman utama Google. Harus dikebut, tuh, agar blog kian banyak isi dan kunjungan.
    Dalam acara temu semacam KEB itu, ada banyak ilmu yang bisa Mbak peroleh lalu dibagikan kepada pembaca blog ini. Berfaedah banget bagi saya yang tak tahu. Saya mau main ke situs PROPS, ya. Kepo, hi hi.
    Oh ya, saya juga sama kudet. Bingung cara bikin akun Google Analityc soalnya takuit salah dan yang harus bayar meski teman saya bilang gratis, bnamun malah ada opsi tambahan yang telah dicentang otomatis namun harus bayar, saya hapus centangnya lalu bingung sendiri dan takut. Tak berani kirim permintaan pemasangan. Harus cari rujulkan cara yang tepercaya dan bukan dari blog copas. Blog copas mah gak detail.

    BalasHapus
  12. Mba Irul, ayo dong share tentag cara pasang iklan Google yang hanya dengan melihat tampilanny aaja udah dapat duit, hihiii

    BalasHapus
  13. Seru yaa materi kemarin, walaupun sampe rumah aku langsung migren, ternyata otakku gak mampu mikirin si adsense, apalagi ad exchage hahahaa

    BalasHapus
  14. saya beberapa kali daftar adsense selalu ditolak, Mba. Baru diterima setelah daftar untuk yang kesekian kalinya (saat daftar terakhir itu udah pasrah bakalan ditolak lagi, hehehe), pada maret tahun lalu. 1 tahun pasang iklan adsense baru sekitar 600rb-an, hahaha masih jauh banget untuk dapetin $100

    BalasHapus
  15. dalam ngeblog, saya "mendulang uang"nya gak berharap dari iklan adsense lagi, Mba. Mendulangnya dari sponsored post aja, hehehe :D

    BalasHapus
  16. Ngomong-ngomong soal adsense yah blog saya juga termasuk tapi penghasilannya perbulan ya gitu�� masih jauh dari yang diharapkan.

    Btw thanks for sharingnya ya mbak. Jadi dapat pencerahan setelah baca tulisan.

    BalasHapus
  17. Seru banget acaranya.. Sayang ngga bisa ikut, karena 17 Februari juga ada acara di KEB Solo. Ini materinya padat dan bergizi pula. Huhu..

    BalasHapus
  18. Pengen bisa ngerti adsense, duh apalah saya, gaptek... Salam kenal yaa Mbak...

    BalasHapus
  19. Lengkaappp
    Eh iya bener y mb konten2 evergreen ini yg pembacany palaing banyakkk
    Saya pun merasakan

    BalasHapus
  20. Aku juga gaptek nih masalah adsense apalagi temen-temennya adsense. Jadi pengen belajar dari ahlinya langsung nih

    BalasHapus
  21. Di google analytics itu banyak banget ya mba yang harus dipelajari, ditambah kode html untuk mempercantik blog. Duh mumet!

    Emang cara untuk mendapatkan uang dari blog itu banyak, gak cuma adsense aja, tapi paling terkenal itu ya.

    BalasHapus
  22. Dulu adsense berjaya banget ya sampai ada istilah ternak blog. Kadang isinya kaya portal2 berita ya. Tapi sekarang blog yang bercerita lebih enak dibaca daripada portal berita :)

    BalasHapus
  23. Wah, ilmu baru buatku soal adsense dan ad manager ini Mak. Meski sambil kriyip kriyip lantaran banyak kosakata baru yang belum nyampe, tapi coba diikuti aja lah. Pelan pelan sih paham, tapi untuk prakteknya tetep kudu dibawah bimbingan master hahaha

    BalasHapus
  24. Aku baru inget udah lama ngg cek adsense aku hehehe.. terakhir masih USD 80 apa yah kalau ngg salah.. tapi yang penting blog tuh dinikmati.. insya Allah rezeki datang

    BalasHapus
  25. Aku pun sempet pasang adsense mba tapi agak bermasalah entah kenapaa haha coba entar ku utek2 lagi dah. Makasi banyak sharingnya mbaa..

    BalasHapus
  26. Jadi kepengen beranikan diri untuk segera pasang AdSense deh ih. Gajian dari Google bikin mupeeeeng :D

    BalasHapus
  27. Nah aku pengen banget Mak, bikin blog yang fokus nggak gado-gado
    masih mikir apa yang cocok hehehe.
    Iklan juga pengen banget nih dapet, asik banget kalo konsisten
    makasih sharingnya Mba seneng

    BalasHapus
  28. Aku banget ini perlu ilmunya, lagi pengen dapat banyak iklan tapi belum memahami full soal beginian, makasih artikelnya Mbk

    BalasHapus
  29. Wah.. Keren banget nih ilmunya bund. Kapan kapan pengen banget bisa datang di acaranya KEB. Agar bisa menimba ilmu juga disana.

    BalasHapus
  30. Saya juga dulu pernah punya akun adsense, tapi karena gaptek akhirnya gak diterusin. Masih pikir-pikir lagi untuk memasang adsense di blog, nih...

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.