Belajar Tentang Marah Dan Bahagia Bersama Cican



Di rumah kami yang namanya read aloud alias membacakan buku untuk anak-anak dengan suara nyaring itu semacam  kebiasaan yang sudah mendarah daging. Bahkan kami sampai sekarang di zaman digital ini kami masih berlangganan 5 majalah dan dua diantaranya itu majalah anak-anak. Dan kalau majalahnya datang umminya ini jadi rebutan, buat apa? Buat bacain mereka majalahnya lah. Karena yang gedhe-gedhe kalau dia juga megang buku di tangannya ga mau bacain adek-adeknya.


Sejak anak pertama sampai si kecil Miqdad paling suka dengerin umminya baca buku. Bahkan kadang saya improvisasi itu bacaannya. Saya tambah-tambahin biar dramatis, wkwkwkwkwkwk. Jadi ga cuman para jomblo aja yang kehidupannya penuh drama yak. Kyaaaaa.

Nah banyak hal yang bisa diajarkan kepada anak-anak dengan cara read aloud ini. Nilai-nilai luhur, karakter-karakter baik, dan masih banyak lagi hal-hal baik yang bisa diajarkan melalui read aloud ini. Ada beberapa sifat-sifat yang bersifat abstrak yang bisa diajarkan melalui read aloud ini. Misalnya sifat marah, bahagia, kecewa, dll.
Kebetulan banget ada buku anak karyanya makpuh Indah Julianti Sibarani, dkk yang menceritakannya dengan bahasa anak yang mudah dipahami tetapi tetap sarat nilai. Ada yang suka baca serial Cican ga?

Nah dua serial Cican ini ditulis oleh makpuh Indah Julianti Sibarani dkk. Yakni seri Ketika Cican Marah dan Ketika Cican Bahagia. Marah dan bahagia itu kan suatu sifat yang susah diterjemahkan dengan kata-kata tetapi bisa dirasakan sama anak-anak. Nah, buku ini membantu kita menjelaskan sifat Marah dan sifat Bahagia dengan bahasa yang bisa diterima anak.
Bukunya ga terlalu banyak tulisan. Setiap halaman dilengkapi dengan gambar dan cerita hanya dalam beberapa kata saja. Ga panjang-panjang. Dengan kertas ivory tebal dan dilaminasi. Jadi ga mudah sobek dan aman kalau ketumpahan air. Mudah juga dibersihkan. Kalau kena noda minyak tinggal dilap aja dengan serbet bersih.
Setiap buku terdiri dari 20 halaman bergambar dengan warna yang atraktif. Yakin deh bakalan jadi buku favorit anak-anak.
Miqdad juga sekarang punya kebiasaan baru setelah dibacain buku Ketika Cican Marah. Yakni kalau dia lagi marah dia akan memejamkan mata dan menarik nafas. Hahahaha. Saying videonya pas edisi dia pejam dan tarik nafas itu videonya kacau gitu.
Oia ini nih versi marah dan bahagianya Miqdad.
Miqdad (M), Ummi (U)
U         : “ Apa yang bikin Miqdad bahagia?”
M        : “ balon, eskrim, onde-onde, diajak jalan, telur rebus, telur dadar, salak (buah salak),
U         : “ Apa yang bikin Miqdad marah”
M        :” Mainan diambil, disuruh bobok siang, dicubit, “
Nah itu beberapa marah dan bahagia versinya Miqdad (4 tahun). Mungkin ibu-ibu di rumah bisa nih bacain buku cerita ini ke anaknya terus ditanyain versi Marah dan Bahagia mereka kayak apa. Kan kita jarang nih bertanya bagaimana perasaan anak-anak. Ternyata itu bisa lo dilakukan dan anak merasa bahagia soalnya ia bisa mengungkapkan uneg-uneg dia.

Buku Ketika Cican Marah dan Ketika Cican Bahagia ini diterbitkan oleh Penerbit Halo Cican ( Bentang Pustaka). Dan ada beberapa lagi serial Cican yang lain. Semuanya bagus lo. Sampai jumpa di review buku berikutnya.



44 komentar

  1. Keren ada serial buku kepribadian buat anak ya Bund. Buku yang sangat mengedukasi.Dijual di marketplace gak bund?

    BalasHapus
  2. anak-anak memang harus diajari cara mengungkapkan perasaannya yaa, Mba. Kalo marah, jangan dipendam, sedih juga begitu, apalagi bahagia :)

    Bagus banget nih buku ini dibaca anak-anak :)

    BalasHapus
  3. bukunya menarik banget. ini untuk kisaran anak umur berapa ya. buat hadiah ponakanku yang baru berumur 3 tahun dan belum bisa baca cocok ga?

    BalasHapus
  4. Liat di foto awal kirain kecil eh taunua besar kayak standar buku hard book ya mba. Ih aku tertarik krn pas banget ini si kakak sedang belaajr mengungkapkan emosi yg benar dan baik

    BalasHapus
  5. yes akupun emak-emak yang suka dramatisir kalau lagi bacain buku wkwkwk biar dapet aja feelnya ga seru pas bacain buku datar aja hahaha..
    wah ini buku karya mak Indah mantul jadi pengen punya nih mba

    BalasHapus
  6. Bagus ya bukunya, bisa beli di mana nih?

    BalasHapus
  7. jadi merangsang anak untuk lebih terbuka dalam mengungkapkan perasaannya yaa, metode yang bagus juga nih

    BalasHapus
  8. Membacakan buku pada anak2 memang suatu kebiasaan yang jangan sampai putus ya mba. Inget dulu dapat surat dari sekolah si sulung di belanda himbauan buat ortu hanya 15 menit saja sebelum tidur bacain buku anak..

    BalasHapus
  9. Jadi ingat anak-anak dulu, saat aku pulang kerja dan bawa majalah. Mereka pasti nggak sabar nunggu waktunya bercerita abis maghrib. Bukunya Mak Indjul ya, wah keren nih ada seri kepribadian ya. Bisa melatih anak-anak agar mau mengutarakan r

    BalasHapus
  10. kayaknya seru nih bukunya. anakku yang kedua suka baca buku, kudu rajin emang nih mamaknya ngasih buku bergizi buat anak

    BalasHapus
  11. Miqdad sama kaya Raya nih, fansnya cican, tiap ke toko buku yg dicari cican, padahal harganya lumayan bikin emaknya pengen nangis. Penasaran juga sama yg seri marah dan bahagia ini, nanti beli sama Mak Indah aah :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Raya punya yg seri tolong, astronot, tamasya, & putri cini. Gara2 cican dia jadi lancar baca :)

      Hapus
  12. aku juga sering tanyain anak "are you happy"
    "are you angry'
    mereka alhamdulilah ngertii
    tapi ini bukunya lucu banget warna dan gambar2nya
    jadi pengennn

    BalasHapus
  13. AKu dan anak-anak juga hobby baca aloud.. apalagi kalau dapet cerita atau frase yang lucu dan keren. Boleh juga niih

    BalasHapus
  14. Buku khas anak anak emang cocoknya seperti itu mba. Warnanya cerah dan lebih banyak bahasa gambar :)

    BalasHapus
  15. Membiasakan anak2 dengan membaca buku keren juga yah kak, apalagi kalau banyak ilustrasinya 😍

    BalasHapus
  16. Waaaah... keren sekali ini bund,
    Emang penting banget ya ngajarin anak supaya bisa mengekspresikan perasaannya.
    Btw, belinya di mana ya bund?

    BalasHapus
  17. Aih pengen baca juga bukunya. Aku tipe pembaca tenang aluas gak bersuara. Terus keponakanku ikutan coba pura2 baca tak bersuara. Jadi sekarang kadang bacanya bersuara dan ngedrama juga

    BalasHapus
  18. Kan, saya jadi kangen dengan masa-masa baca buku bareng anak hehehe. Momen baca buku apalagi kalau bukunya bagus begini pastinya menyenangkan

    BalasHapus
  19. Suka deh dengan minat baca anak-anak, haduhh kalo anakku suruh baca buku pelajaran aja ngga mau apa lagi buku cerita. Minta tips mba agar anak rajin membaca

    BalasHapus
  20. untuk anak kecil memamng bagusnya buku yang ada gambarnya ya

    BalasHapus
  21. Wah kok mirip.aku seh...Tapi utk buku favorit mereka, aku ga tambahin biar anak2 haoal titik komanya hahaha.... Lucunya anak yg gede pun kalau saya kasin improvisasi pada ngikut dengrin n request minta dongengnya.
    Aih jd inget masa si bungsu kevil...��

    BalasHapus
  22. Aku jadi penasaran sama harganya. Soalnya, warna dan tampilannya bagus banget, Mbak. Anakku 3 tahun, Mbak, seringnya kami main peran2 gitu. Kak, kalau nangis gimana? Kalau marah? Ummi kalau marah gimana? Ntar diakhiri dengan gelak tawa.

    BalasHapus
  23. Baguuss..
    Aku juga suka baca buku anak-anak yang hard cover gini.

    Kyuutt banget ilustrasinya yaa..

    BalasHapus
  24. covernya lucu banget ya bukunya. gambarnya juga sih. khas buat anak-anak banget.

    BalasHapus
  25. anak2 sepertinya sama ya dimana saja. mereka pada nggak suka disuruh tidur siang meski ortu merasa itu bagus buat pertumbuhan mereka

    BalasHapus
  26. Wah bagus nih buku cican, cocok untuk anak-anak yang sedang belajar membaca. Salim harus punya juga nih.

    BalasHapus
  27. Ponakanku ada yang begitu mbak suka banget dibacain dan dengar kita baca ke nceng tapi dia menangkap semua yang kita baca. Btw ini buku nya makpuh ternyata, aku pengen beli ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngomong-ngomong aku suka banget dengan covernya kereen..

      Hapus
  28. Aku punya bbrp buku cican mba. Suka sama cican juga. Aku ngefabs juga sama yang punya. Kak Wahyu aditya si bapak acan acin. Setiap ahari nonton yutub

    BalasHapus
  29. ehh itu Miqdad dicubit siapa Nak? koq bisa marah? heheh
    duuh bukunya Makpuh kerenn iniii, pengen juga untuk anak-anakku pasti Si Kakak senang klo dibacain ini juga :)

    BalasHapus
  30. Sekarang ini mulai banyak juga ya ragam buku buat anak, dibandingkan dulu, anak 90-an kenalnya bobo lagi bobo lagi haha. Dan memang di dunia penulis, penerbit lagi banyak cari penulis cerita anak. Itu karya-karyanya (buku anak) bisa sampe dibeli malaysia dan arab saking mereka juga butuh bahan bacaan anak, khususnya yang muslim.

    BalasHapus
  31. Ah iya, kadang kita lupa ya mengajarkan kepada anak untuk mengekspresikan dan mengartikan emosi diri yang ada di dalam jiwanya. Saat marah itu seperti apa, saat gembira seperti apa. Kadang ada anak yang jadi tertutup karena tidak terbiasa mengatur ekspresi jiwa yang seharusnya dialami oleh anak dalam usia tertentu.

    BalasHapus
  32. Manda favorit banget nih buku2 serinya Cican. Tapi aku belum punya yang Sedih dan Marah ini, baru tahu malahan. Bakalan beli kalo gitu buat Manda. Thank's maklog yaa...

    BalasHapus
  33. Buku nya lucu, karakternya juga kucu namanya cican. Ku jadi pengen beli buku anak seperti ini untuk anak ku, hard cover pula

    BalasHapus
  34. Anakku yang sulu lagi fase tantrum, kayanya buku ini cocok buat dia. Ilustrasinya gemass, pengen punya juga.

    BalasHapus
  35. bukunya keren yah banyak ikustrasinya, sudah pasti anak-anak suka. Boleh nih jadi rekomendasi :) thanks sharingnya kak

    BalasHapus
  36. Cari akh buku ini...sama d rmh juga membacakan buku k anak2 dibudayakan. Sy ga betah liat anak2 main hp hehehe

    BalasHapus
  37. Wah anak-anak udah rajin baca ya. Keren. Kalau udah budaya baca kencang-kencang itu kayak zaman dulu kami hehe.

    BalasHapus
  38. Aku kasih buku Cican untuk kado ultah anak tetangga. Eh jadi minta dibelikan lagi karena suka, hahahaa

    BalasHapus
  39. Bagus ya bukunya, bisa membantu anak untuk menyatakan ekspresi bahagia maupun marah :D
    Anak2ku juga penggemar Cican. Kalau udah baca Cican dibawa kemana2 sampai bobo jg dan minta bacain :D

    BalasHapus
  40. Haha... jadi penasaran pingin nanyain anak juga demgan pertanyaan di atas. Tapi kayaknya belum mudeng anakku.

    BalasHapus
  41. Waaah kece nih bukunya..
    Sejak anak2 mulai bs baca sendiri
    Mulai berkurang nih kebiasaan read aloud odhal ternyata banyak manfaarnya ya
    Palingan nemenin Dek Paksi baca nih baru baca keras...
    Jd kangen saat mrk.msh krucils

    BalasHapus
  42. Lagi trend ya Mba buku mindfullness seperti ini. Keren metodanya :)

    BalasHapus