Bermain Hujan-hujanan, Yay Or Nay?


Bermain Hujan-hujanan, Yay Or Nay?



Bolehkah anak bermain hujan?. Kalau di rumah kami, maka jawabannya adalah boleh. Sudah dua hari ini hujan rutin menyambangi area tempat kami tinggal. Meskipun belum terlalu deras cukuplah membuat anak-anak gembira. Mereka sudah riuh dengan aneka peralatan ‘perang’ mereka menghadapi hujan.


Anak-anak selama ini selalu antusias dengan hujan. Termasuk Miqdad. Bawaannya kalau lihat hujan itu adalah pengen ‘kecipak-kecipak’ dengan air. Meskipun saya akui saya pasti sedikit lebih repot menghadapi anak-anak saat musim hujan tiba. Harus bersiap diri menghadapi cucian yang tidak kering, misalnya. Atau menghadapi lantai yang sering becek karena sisa-sisa tetesan air saat anak-anak bermain air. Tetapi tetap saja selalu berpikir positif tentang hujan. Dalam Qur’an hujan disebutkan secara khusus sebagai ‘Rahmat’ bagi seluruh alam. Jadi tak layak kita menggerutu karena hujan. Bahkan dilarang mencela hujan.



Nah, meskipun anak-anak boleh bermain hujan-hujanan saya tetap punya aturan dan syarat agar anak-anak tetap boleh main hujan.
Berikut adalah aturan mainnya

1.     Anak harus dalam kondisi sehat. Anak tidak batuk atau flu, misalnya.
2.     Boleh bermain hujan saat tidak disertai angin dan petir.
3.     Sebaiknya menggunakan jas hujan atau payung sebagai pelindung
4.   Beritahu anak-anak untuk tidak bermain hujan di bawah pohon atau sesuatu yang tinggi yang rawan jatuh. Semisal pohon atau tiang listrik.
5.  Setelah bermain anak-anak mandi dengan air bersih atau bisa dengan air hangat kalau anak merasa kedinginan.
6.   Berikan penghangat seperti minyak kayu putih atau telon dan pakaikan baju hangat.
7.  Beri minuman susu hangat. Atau minuman hangat. Karena Miqdad penggemar susu hangat jadi setelah main hujan-hujanan dia pasti saya buatkan susu hangat.
8.     Usahakan meskipun musim hujan anak-anak tetap mengkonsumsi sayuran dan buah yang kaya serat.



Salah satu kendala yang dihadapi anak-anak saat musim hujan tiba adalah mereka jadi kurang makan buah dan sayur. Biasanya saya menyediakan menu sup sayuran. Tetapi tidak bisa terlalu sering dengan menu ini. Karena Miqdad bisa bosan. Padahal miqdad tetap butuh serat yang cukup. Karena anak ini mudah banget sembelit.

Saya mensiasatinya dengan memberikan susu yang diperkaya dengan serat seperti susu Bebelac Gold yang diperkaya Advansfibre yang kaya serat dan membantu memenuhi kebutuhan Miqdad akan serat harian.

Banyak dari kita menganggap remeh urusan serat bagi perut si kecil. Padahal serat penting lo untuk si kecil. Takaran serat yang dianjurkan untuk anak-anak dari Permenkes No. 75 Tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan, yaitu untuk usia 1 hingga 3 tahun untuk mengonsumsi serat sekitar 16 gram per hari, dan usia 4 hingga 6 tahun sekitar 22 gram. Artinya Ibu bisa memberikan sekitar 2-3 cangkir buah atau sayuran per hari untuk Si Kecil. (alodokter.com).

“Manfaat serat larut untuk menjaga kadar kolesterol dan gula darah sehingga dapat membantu mencegah obesitas pada anak, karena dapat menunda pengosongan perut. Sedangkan manfaat serat tidak larut dapat memperlancar sistem pencernaan sehingga mencegah konstipasi,” jelas dr. Herbowo Soetomenggolo, Sp.A. (Ayahbunda.co.id)


Pencernaan yang sehat itu menunjang tumbuh kembang anak lo. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa saluran cerna yang sehat memberikan 7 kehebatan Perut.
1.     Pencernaan yang nyaman
2.     Penyerapan nutrisi
3.     Pencernaan lancar
4.     Perlindungan alami
5.     Tumbuh kembang optimal
6.     Cepat tanggap
7.     Menjaga suasana hati

Miqdad sudah minum Bebelac Gold yang diperkaya dengan kandungan yang tinggi serat. Kebutuhan serat hariannya bisa terpenuhi dengan cukup. Ada beberapa contoh 7 kehebatan perut yang diperoleh Miqdad dengan serat yang cukup. Misalnya nih: ga muntah-muntah kalau nyoba jenis makanan baru, dan anaknya aktif dan ga rewel selain itu BAB-nya lancar. Jadi meskipun main hujan-hujanan si Miqdad Alhamdulillah sehat ga mengalami keluhan semacam sakit perut atau kembung. Emak-emak di rumah bisa nih nyobain buat si kecil. Saya dicolek ya kalau udah nyobain.
Perut sehat anak-anak akan beraktivitas dengan gembira. Selamat datang musim hujan. Mampir juga di cerita kami tentang permainan yang sering kami lakukan di saat musim hujan.

69 komentar

  1. anakku juga boleh main hujan. Soalnya kalo habis main hujan maemnya banyak dan tidurnya nyenyak. Wah anakku juga suka minum Bebelac Gold

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh bener ini, tidurnya pules banget

      Hapus
  2. Kalau aku sih kadang ngebolehin anak-anak main hujan-hujanan kalau kondisi mereka fit, kalau sekiranya lagi kurang bagus kondisinya baru nggak dibolehin

    BalasHapus
  3. Kalau aku juga boleh sih kalau keponakan mau hujan-hujan asal nggak terlalu sering soalnya keponakanku pernah sakit gara-gara sering hujan-hujanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kondisi lagi fit kadang bisa demam malahan

      Hapus
  4. Self reminder banget di bagian ini:

    "... selalu berpikir positif tentang hujan. Dalam Qur’an hujan disebutkan secara khusus sebagai ‘Rahmat’ bagi seluruh alam. Jadi tak layak kita menggerutu karena hujan. Bahkan dilarang mencela hujan"

    Terima kasih sudah diingatkan ya, mba...

    BalasHapus
  5. Cucuku juga dibolehin main ujan-ujanan kl kondisibya bener2 fit.Betul juga lho kecuali kl ujannya disertai petir dan halilintar sudah pasti anak2 gak boleh keluar, aplg ujan2an. Cucuku 12 tahun tp suka banget susu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susu itu beneran bijin anak2 ketagihan

      Hapus
  6. seru kok main hujan sesekali gpp ya, ditemenin sama emaknya dong. Habis main hujan laper :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo emaknya habis kehujanan makan indomie, eh😂😂😂😂

      Hapus
  7. Kalau sedang fit, nggak masalah juga bagiku untuk membiarkan anak hujan-hujanan.... :) tentu ada batasan waktunya juga biar tidak terlalu kedinginan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Ela, aku juga ngasih batasan waktu

      Hapus
  8. Ekspresinya miqdad seneng bangeett. Aku izin nyontek aturan main hujan ala dikau ini ya mbk. Matur nuwuuunnn

    BalasHapus
  9. Main hujan dong. Paling demen nih aku sm anak anak main air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutan main hujan juga ya mba Diah

      Hapus
  10. Anak2 senang banget kalau main hujan ya. Jadi inget waktu saya kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main hujan itu emang long lasting kenangannya

      Hapus
  11. Kalau saya yay banget! Malah sering juga saya dan suami ikutan mandi hujan. Buat kami itu semacam menjalin bonding. Dari mulai mandi hujan, hingga berakhir dengan mengkonsumsi minuman hangat

    BalasHapus
  12. Emaknya kalau lihat hujan langsung pingin ngumpet di tempat tidur yaa...tarik selimut.
    Sungguh berbeda dengan anak-anak.
    Apalagi pas lihat genangan air.

    MashaAllah~
    Indahnya dunia dari kaca mata anak-anak.

    BalasHapus
  13. Anakku yang sulung waktu kecil minumnya Bebelac jugaak. Nah kalo hujan tuh napa anak-anak suka banget ya main di bawah hujan

    BalasHapus
  14. Asyik banget main hujan-hujanan. Waktu aku kecil aku boleh main hujan asalkan di halaman, jadi gak khawatir lalu lintas dan terpeleset (karena Ibu bisa awasi aku dengan mudah). Setuju, serat memang penting, baik bagi anak-anak ataupun orang dewasa.Jujur, kadang ada hari-hari dimana aku kurang konsumsi serat, hehehe. Buat ibu-ibu yang punya si kecil (dan bisa minum dairy, ini sapi kan ya?) boleh dicoba tuh Bebelacnya. Thanks sudah sharing :)

    BalasHapus
  15. Kalau saya yay mbak, karena anak anak butuh juga punya pengalaman main hujan. Hujan waktu kecil. Kayak saya dulu agar dia bisa punya pengalaman indah.tinggalsaya mendukung dengan memberikan asupan yang bergizi. Seperti yang mbak lakukan.

    BalasHapus
  16. Kalo kondisi anak-anak lagi fit, aku bebasin anak-anak untuk apa pun, termasuk hujan-hujanan. Seru banget ya. Aku juga dulu waktu kecil, suka dibebasin sama mamah. Dan hujan-hujanan itu asyik, seru. Kalo kurang fit, pasti aku tahan. Tapi kalo anak makanan, minuman, dan suplemennya bagus, daya tahan tubuhnya pasti bagus juga. Gakkan gampang sakit kalo pun sering hujan-hujanan.

    BalasHapus
  17. main hujan itu memang mengasyikkan apalagi kalau bareng teman-teman, seru dan bikin happy :)

    BalasHapus
  18. Kadang aku bolehin anak-anak main hujan-hujanan sih soale seru dan ereksi seneng banget kalau main air.

    BalasHapus
  19. Dulu saya paling takut kalau anak-anak main hujan-hujanan, takut mereka sakit.
    Tapi setelah banyak membaca, baru ngeh ternyata gak apa-apa kalau mereka hujan-hujanan. Jadi gak pernah melarang anak-anak lagi deh

    BalasHapus
  20. Bebelac Gold ini sangat bagus untuk imunitas anak yah mom, jadi gak perlu khawatie lagi jika anak main hujan-hujanan ��

    BalasHapus
  21. Aku & anak2 sering banget main hujan bareng. Tahun ini masih nunggu hujan deres banget biar bisa main bareng. Udah kaya kodok aja yaa :))

    BalasHapus
  22. Saya suka nih sama ibu2 yg gak ngelarang anaknya main hujan. Karena menuruttku pengalaman main hujan tuh bakalan diinget terus sampai besar

    BalasHapus
  23. Kalau main hujan hujanan tapi minum susu Bebbelac gini ya pasti nggak papa deh. Karena memenang Bebelac bisa melindungi kondisi tubuh anak

    BalasHapus
  24. Kalau aku sih yes mbak, tapi ya sama pakai jas hujan atau payung gtu :D
    Jd supaya anak2 jga kenal ttg air hujan dan tak merasa takut, malah kalau bisa bersyukur. Btw anak2ku jg minumnya Bebelac :D

    BalasHapus
  25. Main hujan hujanan yay dong. Seru banget soalnyaaa, aku aja masih suka *upss

    BalasHapus
  26. Kalo aku hujan-hujanan YEAY banget. Suka main hujan, suka ikutan klo anak-anak pengen mandi hujan, yang penting staminanya oke dan terjaga.

    BalasHapus
  27. Kadang aku bolehin sih anak-anak untuk mandi hujan soale seru dan mereka seneng banget main air.

    BalasHapus
  28. Asyiknyaa hujan hujanan, anakku belum pernah ku izinkan untuk hujan2an ahaha masih pake hujan buatan alias air selang yang dialirkan ke atas hihihi

    BalasHapus
  29. waaah toss dulu maaak, anak-anakku juga suka heboooh kalua ujan. Pernah aku bolehin et they enjoyed it..tapi ya ngga lama-lama biar ngga sakit juga. Langsung mandi air hangat dan minut tolak angin anak hehehe

    BalasHapus
  30. Nutrisinya makin lengkap ya dengan Bebelac Gold. Anakku juga minum Bebelac meskipun usianya sudah 6 tahun.

    BalasHapus
  31. Yeayyyy banget laahhh ujan2an tuh, Vivi dan Faris dulu kubebaskan saja kalau mau menikmati air hujan. Lha emaknya dulu pas kecil juga gitu. Herannya ya, kalau anak2 tuh meski hujan2an kok ya enggak sakit, sedangkan kalau orang dewasa langsung aja pilek :))

    BalasHapus
  32. Anakku yang kedua suka main hujan-hujanan tapi dia mah nggak mau pakai payung atau jas hujan. Hmm, jadinya sering aku bawelin, wkwkwkkk.

    BalasHapus
  33. aku diajarin ama ortu dulu, bahwa justru nyuruh anak main hujan-hujanan itu perlu biar terbentuk sistem imun di tubuh anak pas kehujanan

    BalasHapus
  34. aku sih yes ya buat main hujan-hujanan ke anakku. selama tidak lebai dan pulang ke rumah mereka langsung pada mandi beneran

    BalasHapus
  35. Hujan2an emang seru dan asyik. Btw baru tahu ada bebelac ada yg varian kaya serat. Boleh dicoba nih buat si bocil yg susah makan sayur.

    BalasHapus
  36. senang nih kayak gini susunya bisa mencegah obesitas pada anak
    jadi gak khawatir2 amat kalau si anak mintanya sus terus ya

    BalasHapus
  37. Bener mba bermain bersama merupakan bounding yg tepat bngt brsama anak. Ditambah dg asupan susu yg baik dn trpenuhi nutrisiny

    BalasHapus
  38. Aku belum bisa membiarkan anakku hujan hujan
    Alasannya sederhana, masih hidup di kontrakan dan masih nyatu dengan bu Kontrakan. Jadinya sungkan kalau berbuat seperti ini

    BalasHapus
  39. Luigi aku bolein hujan2 juga. Btw, Luigi juga minum Bebelac Gold karena diperkaya dengan Advansfibre yang tinggi serat dan dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian anak :)

    BalasHapus
  40. Anakku juga boleh main hujan-hujanan mbak. Dia happy banget kalau sudah mendung karena menurut dia bakalan hujan. Eh ternyata mendung tak selamanya hujan...hehehe

    BalasHapus
  41. Main hujan-hujanan itu memang menyenangkan. Tapi kalo Tifa diajak main hujan-hujanan dia malah nggak mau basah. Senengnya main hujan-hujanan pakai payung

    BalasHapus
  42. Aku sih yay bund.. Tp lihat kondisi anak dulu, kalo dia lg down gitu aku ga bolehin. He. Tp bagaimanapun kt mmg hrs memperhatikan nutrisinya ya bund agar aktivitas anak menyenangkan.

    BalasHapus
  43. Jadi inget masa kecil dulu dibolehin ujan2an sama ortu, arfa juga masih sering saya lepas main ujan2an asal ga ada petir, sereem

    BalasHapus
  44. Kadang nay sih soalnya ragu padahal kan udah minum bebelac gold ya kalau pencernaan sehat kan jd gak gampang sakit. Anak terlindungi

    BalasHapus
  45. Ingat masa kecil yg hampir setiap turun hujan pasti main hujan..

    Emang asyik yaa mas miqdad.

    BalasHapus
  46. Wah bahagia banget pasti anaknya boleh main hujan-hujanan, anakku ingin juga kubebasin boleh main hujan tapi suka gampanh sakit

    BalasHapus
  47. Yeayyy seru ya miqdad dibolehin mandi hujan... Jangankan miqdad yang anak kecil saya aja doyan hehhee.... Gimana ya, asyik gitu bisa buat bahagia dan hilang kan stress

    BalasHapus
  48. Anak-anak sering ku larang main hujan karena kalo hujan sering sama petir. Disini juga sering puting beliung. Hiks.. Padahal aku uda pake bebelac gold jg utk kesehatan perutnya

    BalasHapus
  49. Kalau pencernaannya sehat, anak2 jadi semangat beraktivitas & belajar, gak rewel dan kooperatif, emaknya juga ikut happy yaa :)

    BalasHapus
  50. Anakku gak mau basah hihihi

    BalasHapus
  51. Sebenarnya bermain hujan bisa mengeksplorasi keterampilan anak, cm kadang aja kita takut demam dan pencernaan terganggu ya.
    Kenzo jg minum bebelac gold mb

    BalasHapus
  52. Kalau saya Yes untuk main hujan, gak melarang anak jika ingin main hujan tapi syarat dan ketentuannya hehe. Selesai main hujan minum susu bebelac gold hangat deh.

    BalasHapus
  53. Main hujan tuh emang menyenangkan banget ya mak! Akupun suka loh 🤣
    Aku juga yay sih, dan poin2 kita sama banget. Paling penting gak ada angin gede/petir. Biar aman

    BalasHapus
  54. Kalau aku membiarkan anakku main hujan tapi 15 menit doang, dan itu pun di teras belakang. Setelah itu biasanya suka aku kasih susu hangat.

    BalasHapus
  55. Saya sih tim YAY juga Mba. Bahkan emak dan bapaknya suka ikutan main hujan :p
    Paling nikmat emang kalau abis mandi hujan dapet yang hangat-hangat, seperti segelas Bebelac Gold hangat :D

    BalasHapus
  56. Wah lucu banget main hujan pakai jas hujan ya? Anak-anakku maen hujan boleh adalah dalam.meadaan fit, setelahnya mandi dan minum susu kayak Bebelac Gold bagus deh

    BalasHapus
  57. Betul Mbak, hujan itu Rahmat. Saya sih oke-oke aja kalau anak-anak mau hujan-hujanan. Lha saya aja juga seneng hujan-hujanan koq.. hihi.. setelah itu minum susu hangat dan pisang goreng, Masya Allah sedaaap..

    BalasHapus
  58. aku belum pernah ajakin main hujan2an ntar yang anteng emaknya bukan anaknya mba hehehe

    BalasHapus
  59. aku bolehin anak main hujan, asal perut terisi dan udah mandi hujan juga dikasih makan yang hangat2, aku bolehin anak mandi hujan kok, asal hujannya lebat

    BalasHapus