Hal-Hal Penting Yang Harus Dikuasai Anak-Anak



Saya ingat ketika kecil saya termasuk anak-anak ‘ghlidhik’ alias lincah banget. Segala bisa pokoknya. Apa-apa dikerjain. Ikut ini ikut itu. Mencoba ini mencoba itu. Dan Alhamdulillahnya ibu saya termasuk yang support dengan anaknya. Ga pernah ribut jika saya ikut banyak kegiatan di luar rumah yang penting tetap terkontrol. Dan saya terhitung sebagai anak baik (benerin kudung,  hahahaha). 


Nah saya jadi kepikiran untuk berbagi saran apa-apa saja sih yang sebaiknya dikuasai anak-anak minimal sebelum mereka lulus SD. Dan itu saya usahakan juga agar anak-anak menguasai beberapa hal tersebut.

Berikut 5 hal yang sebaiknya dikuasai anak-anak menurut sepengalaman saya nih.

1.     Berenang


Nah ini satu hal penting yang harus dikuasai oleh anak-anak. Berenang seharusnya menurut saya sih dijadikan pelajaran wajib di sekolah-sekolah di Indonesia. Karena Indonesia tuh dikelilingi oleh air yang melimpah. Jadi udah sewajarnya pelajaran berenang diajarkan kepada anak-anak.
Dan saya mengamati anak-anak saya yang bisa berenang itu lebih percaya diri ketimbang yang belum bisa berenang. Dan kemampuan berenang itu juga membantu seseorang untuk tidak mudah panik ketika berdekatan dengan air.

2.     Ikut pramuka atau aktivitas seperti pramuka (misal, Hisbul Waton Muhammadiyah)

Pramuka adalah salah satu kekayaan intelektual yang dimiliki masyarakat Indonesia. Nilai-nilai luhur diajarkan di pramuka. Dan juga keahlian survival diajarkan di sini. Kemampuan bertahan hidup di alam di tempat-tempat asing juga diajarkan. Bagus banget menurut saya keterampilan di Pramuka ini. Bahkan saat SMP saya mengikuti Jambore Nasional di Jakarta. 

3.     Bela diri

Ikut beladiri bukan berarti mengajarkan anak-anak biar ahli berkelahi lo. Bukan. Bela diri artinya agar anak-anak mampu bertahan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di luar sana. Anak-anak yang menguasai beladiri biasanya juga lebih percaya diri untuk melakukan perjalanan-perjalanan jauh.
Beladiri juga membantu anak-anak bersikap waspada terhadap kejahatan. Oia beladiri juga harus diringi dengan nasihat-nasihat luhur untuk melindungi orang-orang lemah. Menghargai nilai-nilai kebenaran.
Kebetulan putra sulung saya masuk pembinaan atlet pencak silat DIY dan saya melihat dia lebih percaya diri jika bepergian jauh sendirian. 

4.     Memasak masakan sederhana
Lulus SD sebaiknya sih anak-anak udah bisa masak nasi. Bikin telur dadar. Ngerebus air. Bikin indomie. Bikin oseng-oseng. Dan sejenisnya. Itu masakan sederhana semua.
Kenapa memasak masakan sederhana ini penting. Agar anak-anak tidak selalu bergantung pada orang lain dalam urusan perutnya sendiri.

5.     Menjahit sendiri pakaian yang sobek ringan
Minimal anak-anak bisa menjahit celananya yang sobek di bagian selangkangan. Atau menjahit kancing yang lepas. Menjahit bagian lutut pada celana yang sobek. Dan sejenisnya.
Menjahit badge pada baju seragamnya sendiri misalnya. Itu sangat membantu anak percaya diri bahwa ia bisa melakukan hal-hal sesederhana itu dalam hidup. Keahlian-keahlian kecil seperti itu sangat bagus untuk anak-anak.

Nah itulah beberapa keahlian yang mungkin bisa diajarkan pada sikecil agar mereka lebih mandiri. Baik di rumah maupun di lingkungan.

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.