10 Blog Parenting Favorit



10 blog parenting favorit catatansiemak.com



Sejak awal membangun blog saya memang mengkhususkan diri pada blog parenting. Mengingat saya ga ahli mek-ap-an kalo mau jadi beauty blogger, atau malah jarang traveling jadi ga cocok juga ngaku traveler blogger. Dan kebetulan anak saya banyak, ciyeeee. Jadi sharing tentang parenting dan pengasuhan anak di keluarga kami jadi lebih mudah soalnya saya mengalami sendiri.


Meskipun niche blognya parenting bukan berarti saya ga baca blog parenting lain. Saya malah sering mampir di blog parenting teman-teman blogger yang lain. Hampir tiap hari malah. Buat baca-baca. Buat nyari referensi. Buat baca curcol para ibu yang sama riewuhnya dengan saya ternyata. Bahkan cuman nyari inspirasi menu anak misalnya.
Berikut 10 blog parenting yang saya sering mampir buat baca.
1.     Indahjulianti.com


Saya suka tulisan makpuh (begitu saya memanggil mbak Indah) yang pas dengan selera saya yang memiliki anak remaja. Tulisan-tulisan makpuh tentang parenting ala emak-emak yang memiliki anak remaja lebih cocok buat saya.
Makpuh juga bukan barisan yang rebut ikutan momwar di sosmed tentang urusan pengasuhan anak. Toss lah sama saya yang ga pernah rebut dengan urusan orang lain mendidik anak mereka. Nambahi gawean wae. Ngurus anak dewe nganti kepontal-pontal arep nambahi ngurus anak uwong. Begh.

2.     Theprasetyos.com


Ini milik mak Yoanna Fayza. Saya suka permainan-permainan edukatif ala MakYo. DIY-an ala makyo lebih meng-Indonesia ketimbang nyari di pinterest. Huahahaha. Jujur kalau nyari ide permainan ala emak-emak barat di pinterest saya langsung minder duluan soalnya.

3.     Haya Aliya Zaki

Tulisan-tulisan mbak Haya adalah tulisan parenting versi ‘deep writing’. Yang pembahasannya tuh detail banget mulai dari refersni dan analisanya. Jadi mengambil rujukan di blog mbak Hayat uh tenang soalnya sumbernya kredibel. Hahahaha.
Meskipun ada beberapa tulisan parentingnya adalah sponsorship tulisan mbak Haya adalah tulisan yang soft selling. Jadi enak banget dibacanya. Berasa ga jualan dan iklan. Masuk akal gitu loh. Ga muji-muji juga ga menjelekkan. Apik.

4.     Helenamantra.com


Saya suka tulisan parenting mbak Helenamantra soalnya meskipun doi Mahmud tapi cocoklah untuk emak-emak jadoel kayak saya. Kekinian tapi ga semacam menjudge bahwa parenting orang dulu tuh ga masuk akal.
Harus diakui ada beberapa blog parenting yang kayaknya tuh menganggap doktrin-doktrin orangtua zaman dulu itu ga masuk akal. Dan menolak sepenuhnya. Padahal banyak lo gaya parenting zaman dulu itu yang berbasis nilai-nilai religious yang erat banget dengan konsep fitrah manusia. Cuman memang kadang ada yang penerapannya butuh gaya halus untuk menyampaikannya. Nah, saya lihat ada beberapa blog parenting yang berani terang-terang menabrak nilai-nilai dari konsep agama ini. Itu hal mereka sih. Tapi ga usah juga kali menganggap versi dulu itu jelek.

5.     Isnuansa.com


Mbak Isnuansa sebenarnya parenting versi ibu bekerja yang menurut saya alamiah dang a heboh banget. Mungkin karena mbak Isnuansa jarang muncul di kopdar-kopdar para blogger. Tetapi tulisannya mbak Isnuansa itu banyak yang page one lo.
Mama Diana ini sering lo berbagi foto bekalnya di instagram. Hayuuk sana. Mampirlah ke ig-nya. Lihatlah foto bekal yang masuk akal dan ga kayak hiasan etalase itu hahahaha. Soalnya jujur saya minder kalau lihat bekal yang cantik-cantik. Nah, punya mbak Isnuansa ini alamiah banget bekalnya. karena saya kalau bikin bekal ya gitu. Ga sempet dibuat aneh-aneh.

6.     mirasahid.com


makpon (panggilan saying untuk mak Mira) banyak bercerita tentang hubungannya dengan anak-anaknya yang manis dan manusiawi. Kebahagiaannya dan keresahannya ditulis dengan cantik dang a berlebih-lebihan.
Manusiawilah untuk ukuran sebuah blog parenting. Ga berlebihan juga ga melas-melas banget gitu. Jika merupakan tulisan protes pun kita ga ikutan geram secara berlebihan. Baik banget kan orangnya. Hahahahaha.

7.     nunungnurlaela.com


mak Nunung nih blogger parentingnya yang mirip-mirip gayanya dengan blog www.catatansiemak.com. Hehehehe. Kayak klop aja sama tulisan mak Nunung. Suka dengan tulisan parenting ala mak Nunung. Pas, ga lebay dan ga ada niatan menjelekkan parenting gaya lain.
Banyak nasihat-nasihat agama juga di dalamnya. Untuk menguatkan para emak-emak dalam mendidik anak  itu sebenarnya ga cuman piknik. Tetapi juga kedekatan dan rasa syukur pada Allah. Allah sendiri bilang “ Jika kamu bersyukur maka nikmatmu akan Kami tambah”. Tuuuh dengerin tuh Allah yang bicara loh ya, bukan saya.

8.     kartikanugmalia.com


Ini adalah salah satu blogger yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Tetapi saya suka tulisan mak AYa begitu panggilannya karena tulisannya tuh penuh rasa syukur. Dan saya setuju. Sungguh mengeluh itu ga akan pernah menyelesaikan masalah. Dan tingkatan orang yang sabar itu salah satunya paramaternya adalah tidak mudah mengeluh. Lah kok ga boleh mengeluh. Itu ujian dari Allah. Sabar adalah amalan yang pahalanya disebutkan oleh sebagai “ Tanpa batas” dan dirahasiakan hadiahnya oleh Allah. Lah kalau sabar itu mudah hadiahnya piring kan ya. Hehehehe.

9.     Mak irits


Saya suka tulisan ma irits alias mak Rahmi Aziza. Soalnya lebih kepada tips-tips mengatur keuangan keluarga ala masyarakat Indonesia yang awam dengan system keuangan profesional.
Tips-tips nya masuk akal dan membumi. Tulisan-tulisannya adalah tulisan yang pas untuk keluarga kayak kami. Bukan tips-tips yang wah dan tak terjangkau.

10.            kekenaima.com


Ini blog milik mak Chi atau Myra Anastasia. Saya udah lama banget suka banget mampir di blognya mak Chi. Entah kenapa gayanya mak Chi itu kok ya mirip-mirip sama gaya saya di rumah. Mungkin karena kami punya anak abege juga. 
Tips-tips mak Chi menghadapi kehidupan anak remaja itu beberapa saya tiru lo. Hahahaha. Duuh kenapa sih yang nulis tentang 'Parenteen' itu dikit. padahal sekarang ini masalah yang di hadapi remaja itu buanyak banget. 

Nah itulah beberapa blog parenting yang sering saya kunjungi. Yang sering diam-diam saya ampiri jika mencari bacaan parenting . Saya kadang ga komen sama sekali di blog itu tetapi tulisan-tulisannya saya scroll sampe bawah. Hahahahaha. Ampuuuun maks.

1 komentar

  1. Semua nya emak-emak ya..ada yang bapak-bapak nggak ya? hehehe

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.