Tema Blog Favorit Saya




Dari nama blog www.catatansiemak.com pasti udah keliatan ya tulisan apa yang saya suka dan apa tema favorit saya. Salah nebak juga papa sih. Hehehehehe. Tema favorit saya tentang anak dan keluarga. Intinya tentang dunia perempuan, anak, keluarga dan rumah tangga.


Awalnya sih maunya curhat, huahahaha lalu dikeplak massa. Hayoloh, akui saja orang sangat suka dengan postingan curhat. Karena kita hidup dengan orang-orang yang kepo dengan urusan orang lain. Apalagi hari ini tadi temlen penuh dengan drama penggerebekan seorang artis dengan istrinya. Bah, kayak ga ada tayangan yang lebih baik dari ini aja.

Pendidikan Anak dan Keluarga



Kembali ke topik, tema favorit saya sebenarnya tentang pengasuhan anak dan pengembangan diri muslimah. Jadi semua hal yang berkaitan dengan tema itu menjadi favorit saya. Dan sebenarnya tema tentang perempuan dan anak itu luas kok pasarnya. Bisa rumah, bisa tentang sekolah, bisa tentang hubungan suami istri, bisa tentang hukum-hukum islam tentang rumah tangga. Dan masih banyak lagi. Makanya ga heran saya punya kanal: Parenting, Homeschooling dan journal di blog catatansiemak.com ini.

Jadi intinya sebenarnya curhat di blog sih boleh tetapi curhat yang berbobot. Daripada curhat di sosmed yang ga bakalan dapat solusinya. Dibully sih iya. Lah, salahnya sendiri curhat ga liat tempat. Apalagi curhat tentang urusan pribadi sama suami orang. Curhat manja cari penyakit itu namanya. Dan dari situ aja udah keliatan itu perempuan ga bener. Mau sekuat apapun menjelaskan kalau udah curhat-curhat ke suami orang tentang urusan ranjang pribadi itu udah adabnya ga bener. Apalagi kalau udah ditegur malah playing victim. Merasa yang tertindas dan terdzalimi. Kayak gini nih kelakuannya para pelakor di sosmed. Huahahaha.

Jadi saya sendiri menghindari yang namanya curhat di sosmed bahkan blog sendiri. Sayang blognya. Udah capek-capek membranding dan mengurusnya mosok rusak gara-gara curhat ga jelas. Mending nulis yang bener dapat duit dan duitnya bisa buat jalan-jalan dan sedekah, ciyeeee (mamah Dedeh mode on).

Review Buku dan Film


Saya penggemar buku dan film-film bermutu apalagi film yang base on true story saya suka pake banget. Buku favorit saya adalah buku-buku sejarah dan biografi dan juga novel-novel fantasi. Dan film fantasi juga favorit saya. Makanya ga heran di blog catatansiemak.com saya punya kanal review buku dan review film. Meskipun saya ga nerima job tentang film yang belum saya tonton. Karena jujur aja kalau saya nerima jon film dan saya belum nonton khawatirnya saya ‘keblasuk’ nonton film yang ga layak tonton dan terpaksa harus saya review, byiuuuh.

Bisa mampir nih di beberapa review buku dan review film yang pernah saya ulas di blog. Kebanyakan sih buku tentang sirah nabi dan shahabat dan juga buku anak. Kalau film kebanyakan film anak dan keluarga dan film fantasi. Yah gitu deh, saya agak susah mikir yang berat-berat. Hidupku udah berat soalnya, buahahahaha.

Cooking dan Baking



Engg, sebenarnya saya nulis tema masak ini kalau lagi mood aja sih. Lebih milih posting masakan di instagram @dapur_simak aja. Ga ribet. Nulis di blog kan butuh effort yang ga sedikit. Meskipun sekarang banyak klien yang maunya selain posting di blog juga posting di instagram. Bersyukurnya saat ini profesi blogger itu dihargai oleh banyak brand nasional. Jadi mau ga mau saya terpaksa harus mengupgrade diri.


Masakan favorit saya biasanya yang simple dan praktis dan halal only. Saya penggemar masakan yang sehat dan gampang dibuat. Selain itu saya pecinta berat makanan tradisional. Meskipun salah satu favorit saya adalah pasta. Tetapi kebanyakan masakan yang saya buat adalah makanan tradisional.

Jadi ga cuman belajar nulis yang bagus tapi juga belajar moto yang cantik dipandang dan layak tayang. Saya bersyukur banget sih sekarang kemampuan saya mengambil gambar makanan jadi lebih baik. Karena beberapa job menulis yang berkaitan dengan makanan harus tayang dengan baik.


Fotografi Dan Traveling
Jujur saya penikmat fotografi terutama yang berkaitan dengan human interest dan nature. Jadi saya membiasakan ikut challenge para blogger pecinta fotografi di ‘Wordless Wednesday’. Kalau pas punya foto bagus saya pasti posting di blog.


Saya juga suka berselancar di blog-blognya para fotografer. Favorit saya nintravelog miliknya mba Nina, juga Ransel Kosongnya mas yang jadi fotografernya NatGeo. Saya belajar banyak sama mereka. Bagaimana  menulis sekaligus menampilkan foto-foto yang berbicara dan kaya rasa. Iya, foto juga harus kaya rasa ga cuman curhatanmu aja yang ada rasanya. Plaakkkk.


Tahun 2018 ini Alhamdulillah saya punya beberapa kesempatan untuk melakukan perjalanan baik di dalam dan luar negeri. Dan suka banget berkunjung ke blog-blog teman-teman traveler. Dan baru nyadar juga banyak tulisan saya tentang traveling banyak pengunjungnya sampai hari ini. Dan saya akui bahwa tema traveling sudah banyak penggemarnya sekarang. 

39 komentar

  1. Wah, Mak Irul update juga soal gosip artis, sama dong aku juga tau masalah penggrebekan itu wkwkwkwk.
    Pantesan fotonya mak Irul ciamik semuanya, la wong sukanya baca blog fotografer...

    BalasHapus
  2. Makasih mak irul udh ngingetin aku yg kayaknya lebih dominan blogpost berbau curhat minim manfaat. Hiks. Ah semoga utk selanjutnya aku bisa bikin blogpost yg lebih banyak menebar manfaat atau minimal meskipun isinya curhat tp ada banyak manfaat atau pelajaran yg dapat diambil di blogpost curhat tersebut. Semangat menjadi lebih baik *hiyatciyatciyat

    BalasHapus
  3. keren banget gambar blognya. harus sering belajar nih.

    BalasHapus
  4. Sepertinya saya harus belajar banyak nih. Emang iya sih mba aktivitas blogger sama fotografi ga bisa dipisahin kayak belahan jiwa gitu ya. hehe

    BalasHapus
  5. Banyak memang tema blog yg menarik ya..klik aku suka perjalanan sih..tapi masih blom PD bikin blog tersendiri dg Niche itu..hehe..

    BalasHapus
  6. Saya suka memasak. Tapi, agak jarang nulis resep di blog. Suka malas menulis resepnya :D

    BalasHapus
  7. Oke banget mba fotonya. Jadi pengen seriusin belajar fotografi untuk kemajuan blog.

    BalasHapus
  8. Tema favoritnya asyik-asyik untuk dibaca mak irul, dan memang berawal dari curhatlah semua berasal hehehe...

    BalasHapus
  9. Dulu saya juga suka share resep di blog utana tapi udah lama enggak, soalnya udah bikin blog khusus masakan. Tapi udah enggak terawat hehe karena udah jarang masak yang aneh lagi.

    BalasHapus
  10. Saya banget tuh Mbak, suka banget menulis sembari curhat. Buat saya menulis tentang curahan hati di media sosial itu lebih terkontrol dibandingkan menceritakan ke orang. Kenapa, karena media sosial itu kan, bisa dilihat banyak orang dan saya tuh kudu pinter pinternya menuliskan sesuatu yang benar dan baik. Bukan malah membuka aib sana-sini dan malah mengundang pikiran negatif yaaa. So far, saya kalau curhat tuh masalah rumah tangga misalnya dapur kemasukan tikus, sumber air mati, listrik mati, atau ketika lemari es kok ndak ada isinya, kosong melompong, solusinya kek mana sich? kudu rajin berkunjung ke dapur si emak apa gimana gitu. Hehehe

    BalasHapus
  11. Bunda bingung blm bisa punya nichie blog cuman blog gado-gado. Tp katanya karena isinya beragal issues jd busa n boleh pilih nivhie LifeStyle. Yeeaayy...

    BalasHapus
  12. Galfok sama foto ayamnya itu, comotable bangeeet.. Eh, blogmu sering aku jadiin referesni homeeducation lho mak, walaupun aku gak HS tapi ada banyak ilmu dari blogmu yg bisa aku contoh. nuwun yaa :)

    BalasHapus
  13. Tema favorito akuuu pun mirip-miriip mak, soalnya memang itu yang seruuu dan bikin ngeblog jadi menyenangkan. Aku pun suka kepo sama curhatan hehehe

    BalasHapus
  14. Foto2 yg d blog bagus2 semua bagi ilmunya mba.. hrs ya posting tips biar foto bagus request saya

    BalasHapus
  15. Blog aku isinya gado-gado jadi temanya bisa dibilang lifestyle :)

    BalasHapus
  16. Blogku isinya campur aduk apa aja ada hahaha... Tapi akhir-akhir ini lagi seneng nulis parenting hihihi

    BalasHapus
  17. Aku juga suka deh baca blog yang tentang baking gitu meskipun jarang banget di praktekin hehe

    BalasHapus
  18. Karena aku suka baca buku dan suka nonton film maka aku pun sering mereview film dan buku di blog. Buat melatih diri sendiri aja biar tetap menulis. Hehehe.

    BalasHapus
  19. hai emak, anak kita samaan nih, 6 orang. saya juga suka fotografi cuma gak begitu mendalami sih, jadi cuma suka aja, jadinya agak diskip dulu untuk kesukaan yang ini, jadi saya lebih konsen ke tema parenting, cooking, baking, biar bisa belajar juga dari emak lainnya.

    BalasHapus
  20. Wkkwk....curhatan ada rasanya apa, maak?
    Aku juga ga terlalu suka curhat di sosmed. Kalau memang butuh banget curhat yaa...ke keluarga intern.
    Ke suami atau ke Ibu.

    Kalau butuh partner in crime, aku telp mas di Surabaya.
    Beliau selalu mendukung apapun yang aku ceritakan dari sudut pandangnya.

    Alhamdulillah~

    BalasHapus
  21. Saya selalu tunggu update masakannya, Mak Irul. Besok besok kalau sudah punya rumah, bisa ikutan praktek.

    BalasHapus
  22. Yeee kita punya dua kesamaan mba, suka baca buku, review buku dan nonton film. Masak aku jarang mengulas, karena seringnya beli hahaha males masak soalnya sisa melulu. Tapi Alhamdulillah nih, aku udah mulai masak lagi tapi yang simple. Bagi resep lagi ya Mba, biar aku nyontek hahaha.

    BalasHapus
  23. Aku suka sama blog yang berninche traveling atau beauty kak tapi ya blog aku sendiri kasih gado-gado haha.

    BalasHapus
  24. Dan kalau foto udh berbicara, rasanya nggak ada kata2 yang perlu ditulis lagi. Ya nggak sih. Aku suka bingung bikin deskripsi foto yg udh meaningful gitu

    BalasHapus
  25. Aku suka postingan masakannya mak irul tapi lebih suka lagi kalau disuruh ikutan makannya :) duh aku suka banget nonton film tapi jarang au tulis di blog reviewnya

    BalasHapus
  26. Fotografi ini satu niche yang jarang ditulis sama blogger perempuan mak, dan bikin unik sih kl dari blog mak irul ini :)

    BalasHapus
  27. Kalo aku paling suka kesehatan sih mba. Soale banyak artikel yang sering ak baca mengenainkeeehatan

    BalasHapus
  28. Mba Irul ini brandingnya ke pendidikan anak dan keluarga. Kuat banget itu melekatnya. Positive vibes yaa

    BalasHapus
  29. Ajarin dong Mak Irul, gimana caranya curhat berbobot tanpa perlu mengumbar aib sendiri?

    BalasHapus
  30. Belajar motret tuh masih PR nih untukku. Kadang hasilnya bisa bagus, tapi kadang juga jelek, bikin nyesek

    BalasHapus
  31. Aku tuh kalau baca tulisan blog tentang baking atau serba kuliner, aduh bawaanya lapar melulu. Hahhaa. Tapi apapun tema ngeblog, kalau ditulis dengan tulus dan baik, kita jadi semangat membacanya ya mba

    BalasHapus
  32. Temanya tema khas ibuk2 ya mbak. Yg biasa dicari ibuk2 maksudku :D
    Malah seneng sih , simple tapi banyak yang butuh infonya. Keep blogging ya mak :D

    BalasHapus
  33. saya juga suka tema-tema ini Mbak.
    cooking and baking juga suka, mupeng gitu lihat masakan-masakan, tapi lebih sering belajar baking, penasaran aja jika lihat kue yang enak dan kelihatannya simple buatnya merasa tertantang gitu. tapi sekarang siih butuh usaha ekstra, si Adek buntutin mama mulu sih jadilah beli bahan tapi eksekusinya kapan2 :D

    BalasHapus
  34. aku juga suka tema masakan apalagi ada cerita dibaliknya dan foto yang keceeeee, menggugah banget untuk dipraktekkan yah mba....

    BalasHapus
  35. Koq tema favoritmu mirip denganku sih maaakk... Aku suka loh mantengin foto2mu. Apik apik lhoooo

    BalasHapus
  36. Plaaak, aku ketampar nih, Mbaaak.. soalnya aku lebih suka curhat daripada masak, apalagi motret masakan..wkwkwk.. gimana yaa, mau motret udah capek duluan, haha

    BalasHapus
  37. aku kok akhir-akhir ini kalo baca buku gampang jatuh tidur ya jadi nggak bisa ngereview deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh... kok udah keenter padahal belum lengkap.. maksudku pas baca buku

      Hapus
  38. Aku akuuuu, sukaaa banget sama blognya Mak Irul. Sebagai emak-emak, memang keseharian kita nggak lepas dari yang namanya keluarga ya Mak. Sebagai istri, sebagai ibu, sebagai pembelajar yang nggak boleh berhenti demi mendampingi tumbuh kembang si buah hati.
    Semangat terus ngeblognya, Mak! :*

    BalasHapus