Menjaga Pernikahan Saat Kita Memasuki usia 40 Tahun


Menjaga Pernikahan Saat Kita Memasuki Usia 40 tahun

Bulan Juni 2018 kemarin tepat 15 tahun pernikahan saya dan suami. Kalau pernikahan itu manusia mungkin pernikahan kami kayak abege. Bersemangat untuk melakukan ini-itu. Semangat ngumpulin duit. Semangat berkarya. Semangat dalam melakukan banyak pekerjaan. Tapi usia kami berdua sudah mau masuk kepala empat. 


Lihat postingan ini di Instagram

Life Begins at Forty Pernah dengar tentang Puber Ke-dua?  Banyak yang bilang puber ke-2 ini hanya terjadi pada pria. Tetapi para wanita juga bisa mengalaminya juga lo. Tak heran saat usia kita memasuki usia 40 tahun kita merasa ada sesuatu yang mengganjal. Semacam keinginan untuk berbenah. Orang bijak bilang Life begins at forty. Bahkan dalam Al-Quran ada peringatan khusus saat kita memasuki usia 40 tahun. Di QS. Al-Ahqaf:15 disebutkan “Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: ROBBI AWZI’NII AN ASYKURO NI’MATAKALLATII AN ‘AMTA ‘ALAYYA. WA ‘ALAA WAALIDAYYA WA AN A’MALA SHOOLIHAN TARDHOOHU, WA ASHLIH LII FII DZURRIYATII. “Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS. Al-Ahqaf: 15)  Nah, menjelang 40 tahun ini saya ingin berbagi tips kepada para pasangan yang saat akan memasuki usia 40 tahun. Kalau saya salah satunya dengan lebih lagi menjaga kesehatan diri termasuk area kewanitaan. Saya mulai rutin menggunakan pembersih khusus kewanitaan dan meninggalkan pemakaian sabun mandi biasa .  Saya sudah nyobain nih Resik-V Khasiat Manjakani yang mengandung ekstrak buah Manjakani dari Persia dan ekstrak umbi bengkuang. Mampir ya di postingan saya di blog www.catatansiemak.com  #ArisanResik,  #ResikVManjakaniWhitening,  #2xmencerahkanmakinmengencangkan  #catatansiemak #momblogger
Sebuah kiriman dibagikan oleh siti hairul /catatansiemak.com (@siti_hairul) pada


Kata orang life begins at forty. Dan banyak penasehat pernikahan bilang, di usia menjelang 40 tahun banyak pasangan yang berumah tangga yang diuji kekuatannya. Dan itu ga bohong lo. Banyak pernikahan mulai goyah saat para pasangan itu menjelang usia 40 tahun. Dalam Al-Quran sendiri firmanNya dalam surat Al Ahqaf ayat 15.
“…. Apabila dia telah dewasa dan umurnya mencapai 40 tahun, dia berdoa, “Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmatMu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridloi, dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh aku bertobat kepada Engkau dan sungguh aku termasuk orang muslim”
Ada peringatan khusus agar kita mulai berhati-hati saat memasuki usia 40 tahun. Berhati-hati dengan keluarga, dengan pernikahan, dengan hubungan antara manusia dan diminta memperbaiki hubungan dengan sang Pencipta.

Itulah yang saat ini saya dan suami lakukan. Awalnya saya mikirnya pernikahan itu semakin lama harusnya semakin kuat. Tapi ternyata ga seperti itu cara kerjanya. Pernikahan itu ‘kata kerja’. Harus ada action di dalamnya. Dan karena pernikahan itu pelakunya dua orang maka yang bekerja juga harus dua-duanya bukan salah satu aja. Ga bakalan bertahan pernikahan seperti itu. Itu katanya loh ya. Tetapi saya mengiyakan.

Nah, dari beberapa sumber yang saya baca untuk menghadapi pernikahan saat usia kita menjelang 40 tahun saya ambil sedikit kesimpulannya begini nih.
              1.     Berusaha memperbaiki hubungan kita dengan Allah


romantis itu duduk berdua di bawah payung masjid Nabawi di Madinah:)


Kata orang bijak “Bagaimana mungkin kamu mendapat kebahagiaan jika menjauh dari sang pemilik Kebahagiaan?” siapa pemilik kebahagiaan? Ya Allah lah tentu saja. Semakin kita dekat dengan Allah semakin tinggi rasa takut kita. Semakin takut kita berbuat maksiat. Semakin jauh kita dari perusak pernikahan.
Orang yang dekat dengan Allah ga mungkin mendekati zina. Ga mungkin selingkuh. Ga mungkin main api. Karena dia bukan takut pada suami atau istrinya tapi takut pada Allah.
             2.     Respek dengan pasangan.

Menghormati pasangan. Menjaga perasaannya. Menjaga kehormatannya. Menutupi aibnya. Menjaga marwahnya. Menjaga hartanya. Menjaga jiwa dan raganya seperti kita menjaga diri kita sendiri itulah yang namanya respek dalam pernikahan.

             3.     Menjauhi ‘api’
berdua di Lombok


Segala sesuatu yang bisa menimbulkan ‘api jahat’ dalam pernikahan jauhilah!. Meskipun sekedar chatting ga penting dengan lawan jenis. Ga penting!. Curhat dengan lawan jenis di kantor. Kalau laki-laki dicurhati itu biasanya dia muncul rasa kasihan sedangkan perempuan yang curhat dengan lawan jenis itu pasti ‘pakai’ hati. Ga diladeni baper. Ngejar-ngejar terus. Namanya juga perempuan ga bener. Diladeni semakin ngelunjak.
Dan maaf aja ya, hari gini tuh ada juga perempuan yang bersembunyi di balik hijab rapatnya tetapi berbuat nista. Mau cadarnya tujuh lapis sekalipun kalau memang orangnya 'ahlul maksiat' tetap tidak akan tertutupi. Kecuali ia bertobat dengan sebenar-benar taubta. Lah gimana mau tobat? sudah diberi kesempatan eh malah melanggar lagi. 

              4.     Menghabiskan waktu berdua lebih banyak.
traveling ke Putrajaya di Malaysia


    Limabelas tahun pernikahan saya dan suami lebih banyak ‘melayani’ anak-anak. Dan kemarin kami sepakat karena anak-anak udah mulai besar dan bisa dititipin ke kerabat atau asisten. Kami memulai bepergian ke banyak tempat yang dulu pernah kami niatkan di awal pernikahan.
Sekarang adalah saat yang tepat. Saat fisik belum terlalu tua banget. anak-anak udah mulai besar. Finansial udah mulai tertata. Makanya ga heran di tahun 2018 ini aja saya dan suami udah traveling ke beberapa tempat. Menjelajah Solo, Lombok, Sumbawa Besar, Batam, Umroh, Istanbul, Kuala Lumpur dan Putrajaya. Dan kayaknya bakalan bertambah deh sampai akhir tahun. Dan rencananya tahun depan kami mau traveling menjelajah jejak islam di Eropa. aamiin.

                 5.     Menjaga kesehatan
Suami istri harus mulai berkomitmen menjaga kesehatan. Menjaga pola makan. Menjaga fisik. Menjaga kesehatan organ reproduksi. Karena system organ perempuan itu lebih rumit perawatannya harus lebih teliti.
Saya sendiri berusaha banget menjaga organ intim dengan hati-hati di usia sekarang ini. Apa yang bisa dilakukan dalam menjaga organ intim
Pertama: menjauhi zina. Karena itu perintah Allah. Dan zina itu sumber penyakit kelamin yang paling utama lo. Bahkan tak hanya merusak secara fisik. Zina merusak tata sosial masyarakat. Merusak hubungan kekeluargaan. Merusak Psikologi anak-anak. Merusak Kehidupan bermasyarakat. Tak hanya sampai di situ zina juga mengundang azab Allah. Tak hanya untuk pelaku tetapi juga seluruh di mana masyarakat tempat pelaku tinggal. Naudzubillahi min dzalik. Makanya yang mau berzina carilah tempat yang bukan bumi Allah. 
Kedua: merawat organ intim dengan bersih. Setiap mandi dan sesudah buang air kecil atau besar selalu dicuci bersih. Sekarang  saya udah ga pakai sabun mandi lagi untuk mencuci organ intim. Lebih memilih sabun khusus area kewanitaan. Saya pakai Resik VKhasiat Manjakani. Mengandung ekstrak buah manjakani Persia yang dikenal dari zaman dulu. Manjakani dipercaya khasiatnya selama berabad-abad oleh orang Mesir Purba Digunakan sebagai pengobatan tradisional oleh orang Arab, Iran/ Persia, India, Cina, Melayu. Kaya akan Tannin, antioksidan sebagai anti mikroba /bakteri. Buah Manjakani berasal dari Persia, yang sudah dikenal berabad-abad untuk MENGENCANGKAN otot-otot kewanitaan.

Dan umbi bengkoang yang dikenal sejak dulu manfaatnya antara lain: memutihkan, mencerahkan, menghilangkan flek-flek hitam, juga dapat mengencangkan kulit, termasuk mencerahkan kulit sekitar area kewanitaan kita yang menghitam karena usia.
Cara pakainya gampang banget: tuangkan Resik V ke telapak tangan secukupnya. Busakan dengan menambahkan air sedikit. Gunakan sebagai pencuci area kewanitaan. Bilas sampai bersih.

Gunakan setiap mandi dan saat kita merasa organ kewanitaan kita terasa tidak nyaman. Saat traveling saya membiasakan membawa Resik V lo untuk di jalan.

Saya memilih Resik V Khasiat Manjakani ini karena alasan utamanya sudah mendapat sertifikat halal dari MUI. Rasanya tenang kalau menggunakan produk halal. Selain itu produknya sudah teruji secara klinis dan aman digunakan. Siip deh kalau begitu. Kalau kita panjang usia dan berkah insya Allah akan ada lebih banyak lagi kebaikan yang bisa kita lakukan untuk bekal di kehidupan akhirat. Agar bisa mendampingi anak-anak menjadi hamba Allah yang bertaqwa. Mampir juga ya di tulisan saya tentang Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga 

Doakan ya semoga pernikahan kami langgeng sampai kakek-nenek. Bersama di dunia sampai ke surga-Nya. Aamiin.






105 komentar

  1. Taun depan usiaku masuk 40 tahun dan beberapa hari ini lagi mikir. Udah ngapain aja untuk memasuki usia 40. Duh, sedih kalau ga ada perubahan atau malah makin buruk, ya. Naudzubillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh aku juga nih rasanya lebih harus banyak berbenah. Usia sudah ga pantas buat hura2 aja

      Hapus
  2. Masya Allah...barakallah fikum. Alhamdulilah sudah 15 tahun,ya, Mak. Semoga selalu samara Aamiin.

    Perjalanan dgn suami yg pasti berkesan dan beri hikmah ya...pingin juga nanti foto2 dan jalan2 berdua suami hehe

    Oya, itu resik v manjakani aku pake tapi bukan yg whitening. Pingin nyobain yg whitening. Penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Cobain makNung yg varian manjakani whitening ini

      Hapus
  3. Masya Alla... Terima kasih ya mbak untuk remindernya, semoga langgeng dan terus bahagia ya mbak. Tipsnya bisa aku terapkan juga nih, yang paling penting sih hubungan kita dengan Allah.

    BalasHapus
  4. Aih, romantis bgt itu yg di madinah 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng ya kalau sudah punya andalan jitu merawat keharmonisan rmh tangga

      Hapus
    2. Salah satu bentuk ihtiar ya mak

      Hapus
  5. Bener banget mak irul. Aku mengalaminya dan ceritaku dah kushare juga. Resik V Manjakani ini aku juga pakai.

    BalasHapus
  6. Setiap fase tahun pernikahan punya tantangannya sendiri ya, mak. Aku gk tah deh kalo umur 40an nanti gimana, rasanya masih jauh sih, tapi tantangan sekarang juga udah terasa 'sedapnya' haha. Btw, aku pakai resik v manjakani whitening juga di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Iruuul. Aku berkubjung kesini lagi, dan jd pingin nulis jg ttg pernikahan haha.

      Hapus
  7. Mudah-mudahan pernikahannya tetap langgeng dan berbahagia berdua ya, Mba. Betul banget, sesudah usia 40an pasti tantangannya makin banyak. Tinggal pinter-pinternya kita yang menjaga supaya tetap harmonis. Aku juga ngandalkan Manjakani Whitening untuk perawatan diri, apalagi usiaku udah 44 tahun. Rasa pede juga makin meningkat sejak pakai itu :D.

    BalasHapus
  8. Semoga selalu bahagia ya mbak, langgeng yaaa. Btw saya juga pakai varian ini Resik V nya. Alhamdulillah cocok.

    BalasHapus
  9. waah lagi banyak yg kasih tips dan info tentang resik manjakani nih, jadi makin mantap nih pingin nyoba pakai juga

    BalasHapus
  10. Barokallah untuk ke-15 tahun pernikahannya Mbak, semoga langgeng terus hingga sehidup sesurga. Aamiin..

    BalasHapus
  11. Bunda mau nyoba ah, resik V manjakani, hehehe....

    BalasHapus
  12. Tipsnya penting banget, nih, tiga tahun lagi, saya pun akan memasuki usia 40 tahun, mesti dipersiapkan sejak sekarang biar makin harmonis

    BalasHapus
  13. Waaah, hampir sama nih tips-tipsnya. Ada beberapa yang kayaknya bisa aku adopsi. Untuk kesehatan badan, setuju banget. Aku dulu cuek bebek. Termasuk sama organ intim. Padahal ya, penting banget buat istri mah. Biar awet langgeng sampai maut memisahkan. :D

    BalasHapus
  14. Aku mupeng japan2 ke Eropa, huhuuu...jalan2 keluar negri tuh baru sekali. Itu pun karena berangkat haji. Semoga suamiku bersedia aku ajak ke Eropa, paling enggak yang dekat aja dulu di Penang

    BalasHapus
  15. Life begins at forty alias tantangan makin banyak ya, mak .. Thanks buat remindernya ..

    BalasHapus
  16. Barakallah saya meng-aamiinkan semua doanya. Lebih respek memang salah satu kunci utama. Bahkan sejak awal pernikahan.tanpa respek sepertinya bakal tidak ada anniversary

    BalasHapus
  17. Aaaaak itu toh bapake Miqdad? Perasaan baru lihat di sini deh. Hihihi. Salam kenal ya Om. :D

    BalasHapus
  18. Katanya, usia 40 disebut usia emas. Usia penentuan apakah akan semakin baik atau semakin buruk keadaan.

    BalasHapus
  19. bicara tentang ujian pernikahan, semoga pernikahan kita adem2 aja ya mak kalopun ada masalah bisa mengatasinya dg bijak

    BalasHapus
  20. Anak-anak saya sekarang udah mulai pada gede. Waktu saya untuk pacaran ma suami semakin banyak. Jadinya memang kesempatan banget untuk semakin menjaga keharmonisan rumah tangga. Termasuk merawat diri supaya tetap resik

    BalasHapus
  21. resik v manjakani ini lagi hits nih, aku juga pakai di rumah dan ikutan mengulas juga... suka sama wanginya :)

    BalasHapus
  22. Romantis banget mba traveling bareng, semoga sehat dan bahagia selalu aamiin

    BalasHapus
  23. Respek menurutku hal yang paaaaling susah buat dijaga Mbak, huhu. Apalagi kalo punya keinginan yg sama2 kuat dan ego tinggi. Btw, produk resik v enak dipake lho buat meredakan keputihan. Pas hamil keputihan parah dan alhamdulillah lebih enakan pas pake resik v

    BalasHapus
  24. mbak, bagi rahasianya dong punya banyak anak tapi masih sempat traveling kemana-mana sama suami. Ah seru banget lihat dokumentasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku juga penasaran sebenarnya dengan hal ini, apa kakak tertua bertanggung jawab penuh pada adik-adiknya selama umi dan abinya berkeliling berdua?

      Hapus
  25. Sama, Mak Irul, daku juga pakai sabun khusus buat bersih-bersih, biar sehat :)

    BalasHapus
  26. Ya Allah senang banget bisa menjelajah banyak tempat berdua. Pasti makin cinta nih :). Alhamdulillah ya mba. Btw, aku juga pakai Resik V Manjakani. Berasa banget Resiknya :)

    BalasHapus
  27. setuju mba, setelah bersuami menjaga area kewanitaan menjadi urusan yang masuk skala prioritas apalagi di usia yang sudah menjelang 40an. saya juga suka pake ini jadi lebih keset

    BalasHapus
  28. Semakin tua pernikahan semakin besar tanyangannya ya, mba. Semoga selalu saqinah mawadah dan warohmah.

    BalasHapus
  29. Semakin bertambah usia, harus makin dirawat ya Mbak. 15 tahun bukan waktu yang sebentar...

    Terima kasih buat tipsnya ya, Mbak

    BalasHapus
  30. Wah jd beoergian berduanya saat anak2 dah gede2 ya mbaakk. Aku msh menunggu nih entah kapan bisa traveling bareng suami :D

    BalasHapus
  31. senang deh lihat foto-foto traveling Mba dan suami. Kalo anakku sudah besar, pengen juga bisa traveling berduaan sama suami :)

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah sudah bisa saling menyenangkan dengan traveling berdua. Emang butuh banget jalan berdua traveling itu ya Mbak. Beda banget deh rasanya. Hubungan semakin erat gitu.

    BalasHapus
  33. Harus ini rekomendasiin ke mama infonya 😊 thanks yah kak

    BalasHapus
  34. Semoga pernikahannya langgeng ya mba.. Tips2 nya bagus nih..insya Allah berguna bagi pasutri yg ingin menjaga keharmonisan rmh tangganya..

    BalasHapus
  35. Waaah udah 15 tahun yaaa mak Irul.. swlamaaat ya, semoga makin erat penuh cinta yaaa mba

    BalasHapus
  36. Masyaa Allah mba, udah 15 tahun lancar dan barokah mba...

    saya jadi merinding dengan usia 40 yah mba biarpun masih jauh atau entah dapat sampai kesana, banyak-banyak belajar dan betul saatnya harus lebih dekat dengan-Nya

    BalasHapus
  37. Intinya gak boleh cuek sama kesehatan ya termasuk organ kewanitaan biar langgeng :)

    BalasHapus
  38. Moga langgeng terus ya, Mbaa. Salah satunya ya ituu, dengan menjaga kebersihan area kewanitaan. Kita sendiri juga nyaman kan ya, kalo area miss v kita bersih :)

    BalasHapus
  39. Semoga keberkahan buat keluarganya ya Mbk, semoga selalu Allah berikan kemudahan

    BalasHapus
  40. Iya banget ya mbakk menikah itu kata kerja. Dan ginana kita mau bahagia kalau kita menjauhi sang pemilik kebahagiaan.. ahh TFS ya mb sudah diingatkan.

    BalasHapus
  41. Barakallahu fiikum, mba dan keluarga.
    Semoga slalu dalam payung rahmat Allah.

    Senang sekali membacanya...
    Serasa dapat energi baru.

    BalasHapus
  42. Makin penasaran aja nih pada pake resik jadi tau deh rahasia semuanya xixixi semoga bahagia sellau ya mba

    BalasHapus
  43. Reminder banget buat aku nih, masih 4 taun lagi menuju 40 tahun. Semoga tetap ingat petuah Mba Irul ini

    BalasHapus
  44. Makasih banget ya Mak, udah dikasih nasihat banyak banget. AKu seneng deh bacanya, apalagi tips menuju jadi lebih baik dan dekat dengan Allah serta agar rumah tangga selalu harmonis. Makasih banget Mak.

    BalasHapus
  45. Saat traveling, saat di rumah saya jg terbiasa bawa resik V ini mbak. Biar area kewanitaan bersih terus plus jg makin terawat yaaa

    BalasHapus
  46. Semoga selalu harmonis pernikahannya ya Mak Irul. selalu menjaga semua hal yang kondusif untuk pernikahan memang sudah selayaknya kita lakukan, salah satunya dengan perawatan area kewanitaan ini. Btw, ide untuk jalan berdua saja ini keren looohh... kudu dilakukan.

    BalasHapus
  47. Iya nih beneran memasuki usia cantik itu memulai kembali semuanya dengan lebih baik terutama pernikahan. Semangat dan harmonis selalu ya mba.

    BalasHapus
  48. Semoga bahagia dunia akhirat ya kak. Yups mau kehidupan berkeluarga tetap harmonis harus di jaga banget aset kita ini hehe.

    BalasHapus
  49. Wah suami saya 2 tahun lagi usianya 40. Saya juga sudah pertengahan 30. Sementara pernikahan masih seumur jagung. Semoga aja kami terhindar dari godaan puber kedua nanti

    BalasHapus
  50. Segala sesuatu yang bisa menimbulkan ‘api jahat’ dalam pernikahan jauhilah >> setuju Mbak. Jadi mohon maaf sih saya kurang respek dengan suami2 yg jalan bareng perempuan yg bukan istrinya cm berdua aja. Pernah lihat 2 org yg dikenal suami saya begitu, meski 'cuma' makan siang bareng di hari Minggu.

    BalasHapus
  51. Kata ibuku, mempertahankan usia pernikahan sampai selama itu gak mudaj, butuh komitmen yanf kuat. Aku bangga dengan ibu yg alhamdulillah prnkhanx dgn bpk smpe 40an bertahan 😊

    BalasHapus
  52. Barakallah Mba, semoga selalu langgeng dan rukun, sakinah mawaddah warohmah dengan suami

    BalasHapus
  53. Samara selalu yaa panutankuu.. selalu suka dg cara HS mak irul & pak irul (kok pak irul??).

    BalasHapus
  54. Di usia pernikahan yang sekarang, kayakya saya lebih banyak ribut untuk hal yang remeh. Gak sampai ribut besar. Nanti juga ketawa lagi. Tetapi, memang harus terus dikeola. Jangan sampai ribut terus nanti malah jadi gak harmonis :D

    BalasHapus
  55. Saya yang baru jalan tiga tahun menikah ini , izin belajar ya Mbak. Tulisannya daleeeem banget :) Semoga kita semua diberikan keharmonisan dalam keluarga ya Mbak.... Aamiin....

    BalasHapus
  56. Menjauhi api, iya ya Mbak, kadang rawan banget kejadian puber ke dua di usia ini. Fenomena yang unik dan aneh juga sih menurut saya.

    BalasHapus
  57. Makin lama usia pernikahan masih harus dijaga keawetannya ya, ternyata ini ya rahasia harmonisnya mak irul

    BalasHapus
  58. Nomor empat mupeng deh. Doakan aku juga langgeng sama suami ya Mak. Anyway aku udah beli resik V manjakani ini lho, hehe

    BalasHapus
  59. Saya tuh makin dicie cie sama suami pas pakai ini. Katanya pinter jaga diri dan miss V wkwkwk. Saya aja pas dilirik jadi malu-malu gitu. Seneng kalau suami bahagia

    BalasHapus
  60. Semoga rencana jalan2 menelusuri jejak Islam di Eropa kesampaian ya mak. Aku pun sungguh ingin bisa traveling begitu ya. Sakinah mawaddah wa rahmah selalu untuk rumah tanggamu mak. :*

    BalasHapus
  61. 15 tahun bukan waktu yang sebentar, menjaga komitmen sangat penting yah kak, wah banyak belajar sy di sini, sangat insporatif 😊

    BalasHapus
  62. Semakin bertambahnya usia pernikahan ternyata makin banyak masalah yang harus dihadapi ya. Kalau suami-istri saling dukung dan saling pengertian pasti tercipta keluarga harmonis. Seru nih si Mbak bisa traveling kemana-mana bersama suami Mbak. Aku kalau udah nikah nantinya juga pengen traveling sama pasangan halal ku.

    BalasHapus
  63. Senang sekali jika bisa melaksanakan ibadah umrah bersama suami ya mba. Alhamdulillah smoga langgeng selalu ya mba. Amin

    BalasHapus
  64. Wejangannya kusimpan Mbak, selalu sehat ya, Mbak Irul dan suami, menjaga keromantisan berdua dan membangun keluarga yang berbahagia dengan anak-anak.

    BalasHapus
  65. Masha Allah Tabarakallah Mak Irul. Aduh baca ini berasa diingatkan soal keharmonisan rumah tangga yang hakiki. Tidak akan berani macam macam bukan karena takut sama suami/istri tapi karena takut dengan Allah. Aamiin...aallahuma aamiin...

    BalasHapus
  66. Usia 40 katanya masuk puber kedua, jadi harus sama-sama saling menjaga ya. Semoga tetap samawa.

    BalasHapus
  67. Semoga langgeng selalu dan saling menjaga ya mba..karena bukankah keharmonisan keluarga itu perlu diupayakan & dijaga dari kedua belah pihak..

    BalasHapus
  68. MasyaAllah Mbak, 15 tahun yaaaa.. Semoga langgeng selamanya, Aamiin.
    Noted ini tips dan sharingnya Mbak. Saya dan Suami masih di kepala 3, tapi harus selalu belajar dan terus belajar pada Senior yg lebih pengalaman. Makasiih ya Mbak.
    Psssst, saya jg pake Resik V Whitening ini lhoo ;)

    BalasHapus
  69. Berarti kita seumuran mbak..yes life begin at forty semoga semakin disayang suami ya :)

    BalasHapus
  70. Nice tips dari yang sudah banyak pengalaman. Terimakasih sudah berbagi. Makin hari memang makin terasa sih kalau perawatan miss v itu penting

    BalasHapus
  71. BErapa tahun lagi memang masuk usia 40? hehehe kabuuuuuur. masih lama kan mak irul masih kiyis2

    BalasHapus
  72. Aku dah lama gak kontak2an ma temen2 cowok zaman sekolah dll. Skrng cowok yg kontakan di WA cuma dr agensi yg nawarin job #uhuks
    Memang tiap bertambah tahun sebaiknya ajak pasangan sama2 introspeksi dan review kembali ttg hubungan ya mbak :D

    BalasHapus
  73. Aku belum berkeluarga, baca postingan ini sekarang semoga ingat saat usia mendekati 40 ��

    BalasHapus
  74. Wah, makasih banyak ya mak tip2nya. Jleb banget. Terutama bagian lebih mendekatkan.diri ke Allah.

    BalasHapus
  75. Merawat area kewanitaan emang penting banget sih soale aset kita hehe. Btw jadi penasaran sama resik V ini soale temen-temen pada riview ini katanya bagus.

    BalasHapus
  76. Selamaaaat yaaa mba.. semoga selalu dalam berkah-Nya dan super sweeeet till the end of time

    BalasHapus
  77. Makasih emak, udah bocorin tips rahasia menjaga pernikahan agar awet terus
    soalnya aku masih setahun nikah heheheh. Mau beli ini ah.

    BalasHapus
  78. MashaAllah~
    Ingin juga ke Mekkah Madinah serta menjelajah jejak-jejak Rosul bersama pasangan...
    Semoga dipertemukan kembali di syurgaNya kelak.
    Aamiin.

    BalasHapus
  79. Suka banget bagian "pernikahan adalah kata kerja, harus ada action". kadang orang mikir bahw apernikahan itu sudah akhir yang bahagia dari sebuah hubungan, padahal menikah itu gerbang awal dan harus ada perjuangan-perjuangan selanjutnya. Semoga pernikahan Mak Irul makin diberkati Gusti dan terus mesra hingga akhir usia.

    BalasHapus
  80. Wah bermaanfaat banget buat saya yang belum menikah ini buk, heheheh saya suka bagian Kata orang bijak “Bagaimana mungkin kamu mendapat kebahagiaan jika menjauh dari sang pemilik Kebahagiaan?” betul memang kita harus selalu dekat dengan Tuhan Sang Maha ya mantap Ibu

    BalasHapus
  81. Udah 15 tahun aja Makruuul ga berasa ya... Aku juga kalau anak2 udah gede pengin jalan2 berdua sama suami. Mudah2an anak2 ngerti ya pas mau ditinggal jalan gitu. Btw, aku pakenya Resik V yg Godokan Sirih, baru tau ada yg Manjakani. Wanginya lebih enak kali ya? Ntar aku mau coba ah.

    BalasHapus
  82. 40 tahunku itu sekitar 10 tahun lagi.
    Barakallah ya Mak untuk pernikahannya yang sudah sampai gerbang hari ini. Semoga bahagia selalu, langgeng dan jadi contoh buat yang lain

    BalasHapus
  83. Semoga selalu samara ya Mak Irul... aku senyum2 sendiri liat duduk berdua di bawah payung

    BalasHapus
  84. Suka liat mesranya. Anak setengah lusin tapi tetap bisa travelling bedua. Marriage goal nih :)

    BalasHapus
  85. Serius Mak pernikahan 15 tahun kayak pernikahan abg? Wah perlu dicontek ini tips nya. Panutanku lah. Aku sampai beneran beli resik V Manjakani lho

    BalasHapus
  86. Couple goals ini maaah. Aku juga pengen jalan jalan berdua bareng suami menjelajah kemana mana. Semoga diberi umur panjang dan ada rejeki. Aamiin

    BalasHapus
  87. waw salut saya mak, setelah bertahun-tahun menikah tetep seperti pacaran ya <3 bener-bener contoh teladan

    BalasHapus
  88. Menginspirasi banget mb tulisannya. Aku jadi refleksi lagi di usia pernikahan yang baru seumur jagung ini :)

    BalasHapus
  89. Pernikahan itu kataaaaaa kerja, harus ada action! Noteddddd

    BalasHapus
  90. Wah Lengket kyk perangko ni mbak dan mamas .Tipsnya oke , nnti dicontoh deh 😍

    BalasHapus
  91. Selamat menjalani usia pernikahan yang abege, mak irul. Tahun depan usia pernikahanku 14 tahun, umur jg sudah kepala 4 di tahun ini, tapi belum pake manjakani nih. Hahaha

    BalasHapus
  92. masyaallah... ada banyak pelajaran dr tips-tips mak irul... kayaknya tipsnya boljug buat pedoman pasangan yg baru aja menikah. . .

    BalasHapus
  93. Aamiin ya Rabb. Mbak, makasih ya tipsnya. Pengingat banget, pemilik kebahagiaan itu Allah. 😘

    BalasHapus
  94. Aamiin, semoga keinginan jelajah jejak Islam di eropa terwujud dengan mudah, tanpa susah payah dan penuh berkah.

    15 tahun usia pernikahan dan semoga berlanjut selamanya sakinah hingga jannah, aamiin

    BalasHapus
  95. aku cocok banget baca ini emang perlu banget menghindar dari zina ya. terima asih mbk diingatkan jangan bermaksiat

    BalasHapus
  96. Semoga cinta kalian selalu terjaga ya. Menjaga hubungan menua bersama ternyata menyenangkan ya. Makasih artikelnya, beeebb. <3

    BalasHapus

Beautynesiablog

beautynesia blogbeautynesia