Menghadapi Musim Kemarau Dengan Tubuh Tetap Fit Bersama Temulawak





Cuaca di Jogja saat ini sedang ga enak banget. Suhu di siang hari bisa mencapai 38-39 C. Dan belum ada hujan yang turun sampai saat ini dari beberapa bulan terakhir. Bahkan bukit-bukit di samping rumah kami sudah gersang banget. Kuning di mana-mana. Meranggas semacam kurang kasih sayang. Halagh. Hahahahaha. Tapi beneran deh kemarau tahun ini berasa banget keringnya.


Bahkan ga cuman tanaman yang pada meranggas. Banyak sumur warga yang kering. Dan berdampak juga untuk tubuh yang mudah banget dehidrasi dan stamina menjadi menurun. Vitalitas tubuh tidak maksimal dan sering banget terkena penyakit ringan seperti flu, demam dan batuk.
Meskipun cuaca tidak mendukung tapi aktivitas tetap harus berjalan seperti biasa. Anter jemput anak-anak. Pergi ke pasar buat berbelanja. Bahkan saat ada tugas liputan tetap harus jalan meskipun kalau siang hari panasnya ampun-ampunan. Makanya ga heran kalau pulang liputan malamnya saya pasti langsung tidur cepat soalnya bodinya sudah mulai terasa ga enak. Suara mulai serak dan mata berair karena perih terkena debu jalanan.
Tips Menjaga Tubuh Di Musim Kemarau
Saya sendiri mencoba mengantisipasi dampak kemarau dan musim pancaroba dengan beberapa kiat berikut.
    1.     Memperbanyak asupan air putih
Air putih sangat membantu banget saat tubuh tidak prima. Kekurangan cairan tubuh bisa berdampak buruk buat tubuh. Bahkan kelelahan bisa juga diakibatkan karena dehidrasi lo. Makanya ayook ibu-ibu jangan lupa minum air putih. Saya sendiri membiasakan diri minum air putih hangat saat bangun tidur. Dan membawa botol minum saat bepergian.
    2.     Memperbanyak asupan sayuran dan buah-buahan.
Di rumah saya menjadi masak sayur lebih banyak. Salad dan urap-urapan sering banget saya buat. Bahkan hanya sup sayuran juga sering dihidangkan di meja makan. Agar anak-anak tetap mengkonsumsi sayuran lebih banyak.
    3.     Tidur cukup
Mengurangi banget yang namanya ‘begadang’. Mulai jam Sembilan malam langsung memilih tidur daripada berselancar di dunia maya.
    4.     Menggunakan masker jika bepergian dan keluar ruangan/rumah
Saya sampai menyetok masker dari kain agar punya banyak persediaan. Kalau naik kendaraan pasti langsung pakai masker. Soalnya debu saat musim kemarau benar-benar mengganggu banget.
    5.     Memakai kacamata saat naik kendaraan
Kacamata khusus naik kendaraan membantu mengurangi silau dan melindungi mata dari paparan debu dan partikel yang banyak berterbangan saat musim kemarau dan kekeringan.
    6.     Mengkonsumsi herba untuk menjaga vitalitas tubuh
Saya sering menyeduh jahe atau temulawak untuk konsumsi pribadi di rumah. Tapi kalau dalam keadaan ga enak badan males kalau harus bikin semuanya dari awal. Maunya tinggal nyeduh aja. Yang praktis dan aman. Biasanya saya punya stok Herbadrink aneka varian. Favorit saya sih jahe, temulawak dan chrisantemum.
Nah, saya mau berbagi sedikit cerita nih tentang khasiat temulawak. Jadi saya udah ngerti tentang khasiat temulawak ini udah lama sebenarnya. Biasanya saya beli bumbon (sebutan untuk aneka bumbu dapur di Jogja) di pasar Beringharjo. Jadi di Beringharjo lantai dua itu ada space khusus penjual segala macam bumbu dapur. Mulai dari yang masih berbentuk rimpang, umbi dan akar sampai yang berbentuk serbuk dan berbentuk kemasan.
Saya biasanya ke sana membeli beberapa rimpang dan serbuk aneka bumbu dapur. Nah salah satu yang sering saya beli adalah si temulawak ini.
Ada apa sih dengan si Temu Lawak ini?
Temulawak  (Curcuma  xanthorhiza  Roxb)  adalah  salah  satu  tumbuhan  obat  keluarga Zingiberaceae  yang banyak  tumbuh  dan  digunakan  sebagai  bahan  baku  obat tradisional  di Indonesia.  Temulawak  diketahui  memiliki  banyak  manfaat  salah  satunya    potensi  sebagai antioksidan.  Komponen  aktif  yang  bertanggung  jawab  sebagai  antioksidan  dalam  rimpang temulawak adalah kurkumin.
Hasil penelitian membuktikan bahwa Ekstrak temulawak memiliki aktivitas antioksidan sebesar 87,01 ppm tergolong aktif   sehingga  berpotensi   sebagai  antioksidan alami yang baik.  Pada  ekstrak temulawak  dengan  metode ekstraksi cair-cair   ditemukan  kadar  kurkumin  sebesar  27,19%  dengan rendemen sebesar 1,02%.  Dan disarankan mengkonsumsi temulawak sebagai sumber antioksidan aktif.

(PDF) POTENSI TEMULAWAK (Curcuma xanthorrhiza Roxb) SEBAGAI ANTIOKSIDAN. Available from: https://www.researchgate.net/publication/301749364_POTENSI_TEMULAWAK_Curcuma_xanthorrhiza_Roxb_SEBAGAI_ANTIOKSIDAN [accessed Oct 17 2018].

Ada beberapa lagi sebenarnya hasil penelitian dan riset tentang temulawak ini. Tetapi poin intinya sih dia berperan aktif sebagai antioksidan aktif bagi tubuh. Dan temulawak ini rasanya pun bisa dinikmati oleh lidah kita. Maksudnya ga terlalu langu baunya.
Jadi tepat banget jika mengkonsumsi temulawak di saat musim yang tidak menentu seperti saat ini. Harapannya antioksidan aktifnya bisa membantu tubuh kita lebih fit sehingga tetap bisa beraktivitas seperti biasanya.
Dan pilihan saya Sari Temulawak dari Herbadrink. Praktis dan mudah ditemukan di banyak toko dan supermarket. Penyiapannyapun gampang. Tinggal di seduh saja. Bisa dengan air hangat maupun air dingin. Dan favorit saya adalah sari Temulawak herbadrink dengan beberapa butir es batu dan tambahan daun mint. Syedapnya mantul.

30 komentar

  1. Aku belum pernah coba kalau oakai daun mint, jaman SMA dulu rajin minum sari temulawak Herbadrink. Tapi selalu air hangaaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tambahin daun mint atau daun jeruk, kadang cemplungin geprekan serai :)

      Hapus
  2. aku kalau ada yang berfungsi sebagai antioksidan langsung dech pingin dicoba, karena cuaca sekarang ini nich bener-bener membutuhkan makanan dan minuman yang mengandung antioksidan. Seger bener itu ya, sari temulawak pakai es, dicoba dech

    BalasHapus
  3. di sini belum kebagian hujan nuh. Herbadrink temulawak belum aku cobain tapi dah beli dan habis duluan sama suamiku:)

    BalasHapus
  4. Temulawak memang antioksidan yang bagus Mak. Sepakat kalau ginsengnya Indonesia ya temulawak ini.

    BalasHapus
  5. Ada gak solusi mba, herbadrink yang membuat kita gak ngantuk selain kopi?

    BalasHapus
  6. Wah iya, ditambah daun mint jadi lebih seger yaa.. aku suka herbadrink lidah buaya, kayanya kalau dikasih daun mint jadi lebih enak, nyoba ah :)

    BalasHapus
  7. Pas banget nih mbak ada Herbadrink. bisa membantu menjaga kondisi badan agar tetap fit. Kalau saya coba yang sari jahe. Tapi sama-sama enak sih ya?

    BalasHapus
  8. Kalau sekilas temulawak dan kunyit hampir sama penampakannya ya, mba.

    Aku langsung browsing lho.
    Mereka ternyata berasal dari golongan temu-temuan (Zingiberaceae) dari genus "Curcuma"

    Berasa segar aja nih, kalau BW ketemu artikel dengan tema yang sama, HAHAHA.

    BalasHapus
  9. Aduduu...begitu klik link liat segelas herbadrink plus ice cube jadi berasa segar sendiri, hehe... Sampe setua ini, walaupun sudah diingatkan harus mengurangi minum yang dingin-dingin, tetap aja bunda bandel. Semoga Allah memberi bunda kesehatan yang baik till the end of my day. Aamiin.

    BalasHapus
  10. Kalau nggak ada hebadrink temulawak nggak mungkin saya meracik temulawak sendiri, dan rasanya enak banget, manis-manis asem gitu, seger ke badan pun jadi lebih sehat ya

    BalasHapus
  11. Benar mba kemarau tahun ini panasnya luar biasa dan waktunya lebih lama, temulawaknya sudah manis kah mba? ?

    BalasHapus
  12. Aduhhh cuaca panas gini lihat gelas isi es temulawak kan bikin aku ngencesss...
    Manfaatnya beragam banget,mesti masuk daftar liat belanja akhir bulan nanti

    BalasHapus
  13. Konsumsi air udah dari dulu kupenuhi. Berkendara pakai kacamata wajib karena debunya itu lho. Dan jangan lupa minum herbal kaya temulawak atau jahe. Mudahnya skrg ada Herbadrink

    BalasHapus
  14. syedapnya mantul ya mba, haha betul banget. Panas gini enak banget minum sari temulawak dingin. Lha paling gampang pake herbadrink dong

    BalasHapus
  15. Temulawak punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selalin diminum, org juga biasa buat campuran masakan.

    BalasHapus
  16. Mustinya aku bawa minuman ini nih ke NYC yg sekarang lagi dingiiin banget

    BalasHapus
  17. Di Jakarta kemarin sempat hujan tapi trus balik panas lagi euy. Duh kayaknya aku perlu minuman herbadrink ini

    BalasHapus
  18. Duuuh...syegeeerrnyaaa... Foto pertama langsung menarik hati untuk nyicip mba..

    BalasHapus
  19. Merata ya cuaca kemarau nya di Batam juga butuh banget butuh minuman sehat. Wah jadi temulawak itu bisa jadi pengganti gingseng ya

    BalasHapus
  20. Wah berbeda dengan cuaca batam ya Mak.
    Batam lagi sering hujan.

    Cuaca terik emang sebaiknya di imbangi dengan minum
    Vitamin yang seger seperti temulawak ini ya mak.
    Jadi pengen deh.

    BalasHapus
  21. Kangen banget sama hujan. Tapi, sampai sekarang masih belum datang. Cuma sekali aja datangnya. Seger banget kelihatannya diminum dalam keadaan dingin gitu

    BalasHapus
  22. Memamg sudah terbukti khasiat temulawak untuk kesehatan ya, Mak. Seneng ada Herbadrink sari temulawak ya, praktis banget enggak perlu ngupas2 dan ngrebus temulawak sendiri ��

    BalasHapus
  23. Senang banget herbadrink gak berasa minum jamu tapi rasa jahenya karena saya memang konsumsi yang jahe, itu sangat bikin seger dan anget bisa dikonsumsi ketingan panas atau dingin..

    BalasHapus
  24. Mood booster banget iniih...
    Seggeerr...

    Abis minum Temulawak, langsung on lagi menghadapi berbagai aktivitas.

    BalasHapus
  25. Cuaca yang seperti sekarang ini memang bikin badan jadi sering meriang ya. Perlu booster nih untuk menjaga kesehatan. Sini bagi sari temulawaknya maaakkk '_

    BalasHapus
  26. saya juga minum sari temulawak dari herbadrink ini, Mba. tapi saya seduhnya pake air panas terus diminum hangat-hangat deh. Badan jadi segar sepanjang hari :)

    BalasHapus
  27. Temulawak pake es? Kayaknya enak seger kali ya. Jadi pengen nyoba bikin ntar...

    BalasHapus
  28. Aku suka banget Herbadrink Lidah Buaya, rasanya benar-benar segar apalagi dikonsumsi dalam keadaan dingin ditambah es batu..pengen nambah terus jadinya.

    BalasHapus
  29. Waahh seger kayaknya... Pengen nyobain deh gmn rasanya..

    BalasHapus

Beautynesiablog

beautynesia blogbeautynesia