Wahana Jejak Nutrisi, Taman Pintar Yogyakarta




Setiap tahun saya dan anak-anak mengunjungi Taman Pintar Yogyakarta. Bahkan kami punya foto anak-anak dari mereka kecil sampai sekarang di Taman Pintar. Bisa dibilang Taman Pintar menjadi jujukan banyak keluarga. Nah, Jumat tanggal 14 September 2018 lalu saya menghadiri media visit bersama Sari Husada bertempat di Taman Pintar Yogyakarta. Event kali ini kami diperkenalkan dengan Wahana Jejak Nutrisi di Taman Pintar. Dan sekarang sudah bisa dinikmati oleh pengunjung. Dan bahkan bisa dicoba oleh anak-anak usia 3-5 tahun. Dan para orangtua bisa mendampingi mereka selama belajar. Asyique kan. Ayuuk mamak-mamak kita cus ke Taman Pintar. 





bersama rekan-rekan media dari Jakarta
(pict by Liswanti Pertiwi)

Wahana Jejak Nutrisi, Suport Sari Husada Untuk Yogyakarta
Wahana Jejak Nutrisi adalah dukungan terbaru SGM Eksplor kepada pengunjung Taman Pintar Yogyakarta. Harapannya hadirnya wahana Jejak Nutrisi ini memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk mendapatkan gambaran dan stimulasi mengenai proses pembuatan susu. Ibu Talita Andini Prameswari sebagai Digital Community & Social Project Manager Danone ELN  Indonesia mengatakan juga bahwa wahana Jejak Nutrisi ini bentuk support Sari Husada untuk dunia pendidikan Yogyakarta. Sehingga anak-anak Yogyakarta bisa menjadi Anak Generasi Maju.


Menghargai Proses
GKR Bendara “Anak-anak harus diajari ‘proses’. Mereka harus tahu bahwa sesuatu itu melewati proses pembuatan. Sehingga mereka menghargai apa-apa yang mereka dapat dan mereka miliki”. Dan saya setuju banget dengan pernyataan beliau. Anak-anak harus menghargai proses. Itu penting untuk kehidupan mereka di masa depan. Anak-anak yang menghargai proses biasanya lebih mandiri dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.
Psikolog, Nessi Purnomo, MSi mengatakan bahwa “ Permainan interaktif seperti wahana Jejak Nutrisi sangat bagus untuk mengasah 5 Potensi Anak Generasi Maju”. Dalam permainan ini, anak akan mendapatkan stimulasi positif dari smeua permainan yang ada untuk mengasah kecerdasan kreatif anak. Ada beberapa aspek motoric yang dapat distimulasi diantara: melalui permainan milking cow simulation, pack hero, dan sterilization stimulation agar anak tumbuh tinggi dan kuat. Adapun lingkungan yang nyaman dan interaksi dalam permainan dapat membuat anak menjadi supel, mandiri dan percaya diri.


Harapannya Wahana Jejak Nutrisi ini dapat mengasah 5 Potensi Prestasi si Kecil yakni: Cerdas, kreatif, Mandiri, Supel dan percaya diri. Bapak Arif Mujahidin selaku Corporate Communication Director Danone Indonesia mengatakan " Sarihusada adalah salah satu perusahaan produsen produk susu pertumbuhan yang telah lebih dari 60 tahun dikenal masyarakat Indonesia. Berbagai usaha pemenuhan nutrisi dan kegiatan edukasi oleh Sari Husada selaras dengan visi Danone di Indonesia yakni One Planet One Hearth. Melalui berbagai produk bernutrisi dan edukasi yang dilakukan oleh kelompok usaha Danone di Indonesia. Kami memastikan bahwa kehadiran kami dapat memberika kesehatan sebanyak mungkin masyarakat dunia dan khususnya Indonesia".


Sari Husada menjaji saksi berdirinya Taman Pintar. Karena di awal pendirian Taman Pintar Sari Huasad adalah corporate yang sangat antusias dengan adanya pusat sains di kota Yogyakarta. Bahkan saya sendiri berani mengatakan bahwa saat ini Taman Pintar adalah pusat sains terbaik yang dimiliki oleh kota Yogyakarta.


Wahana jejak Nutrisi
Berikut stimulasi yang akan didapat anak-anak selama mengunjungi Wahana Jejak Nutrisi Taman Pintar Yogyakarta.
Milking Cow Simulation
Wahana ini membantu menstimulasi kecerdasan dengan memberi wawasan tentang proses memerah susu sapi pada si kecil. Selain juga anak-anak akan diajak mengenal warna, berbagai bentuk benda, jenis sayur, jenis buah dan berbagai jenis protein.
Sterilization Simulation
Saat menggerakkan tuas tangan, aspek tinggi dan kuat terasah optimal lo. Si kecil juga belajar kemandirian karena mengerjakannya tanpa bantuan. Kecerdasan anak bakalan terstimulasi karena belajar tentang proses sterilisasi.
Pop Suit Mania
Kreativitas si kecil diasah melalui proses dengan berimajinasi menggunakan jas lab. Iapun belajar lebih supel saat mengantri dan mengajak temannya bermain wahana bersama.
Mix City Game
Melalui wahana ini si kecil belajar memperluas wawasan tentang elemen nutrisi dan kandungan gula. Kreatifitasnya juga terasah karena ia perlu memikirkan beberapa alternative untuk dapat menyelsaikan wahana ini. Saat ia berhasil tentu ia akan semakin percaya diri.
3 countries collaboration video
Ada tiga video dengan tiga bahasa yang dapat dicoba oleh si kecil. Kemampuan berbahasanya dapat meningkat dengan stimulasi ini. Meskipun hanya bahsa sederhana dan mudah dilafalkan.
Pack hero
Si kecil akan berusaha menginjakkan kakinya di atas lampoon yang menyala mengikuti alur proses pengepakan susu sampai jalur pendistribusian. Gerakan ini membantu menstimulasi motoriknya yang membantu anak banyak bergerak dan membuat ia bertambah tinggi nantinya.

pict by: Liswanti Pertiwi

Milk production process step
Stimulasi motoric kasar dengan mutar tuas sangat membantu anak untuk tumbuh tinggi dan kuat. Wawasannya tentang proses produksi susu dari awal sampai akhir juga akan bertambah. Saat ia memutar tuas sendiri itu akan meningkatkan rasa percaya diri anak.
Harapan ke depan adalah wahana ini menjadi salah satu stimulasi terbaik untuk anak-anak Yogyakarta untuk tumbuh menjadi Generasi Maju. Sehingga anak-anak bias menjadi manusia dengan potensi terbaiknya di masa depan.

63 komentar

  1. Keren ya tempatnya, suka suka suka. Oh iya, patung sapinya lucu, kayak pake baju ehheheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahana di Taman Pintar keren2 lo

      Hapus
  2. Sari Husada kapan buat Wahana Jejak Nutrisi di Makassar ya ... keren ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo usulin ke pemkabnya mak :)

      Hapus
  3. Seru ya bisa kesana ,, anak-anak pasti happy banget deh ya kalau kesana, bisa dapat ilmu banyak juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawa anak-anak mereka ga bakalan mau pulang hahahahaha

      Hapus
  4. Program dari sari husada ini tampaknya sering ya penyelenggaraannya di Yogyakarta. Dan melalui taman pintar ini menjadi area menarik quality time bersama ank yg menyebangkan dan mengedukasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya Sari Husada lahirnya di Jogja mbak :)

      Hapus
  5. Wuah ada banyak banget yaa wahanannya di taman pintar . Cocok banget untuk family road ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngajak anak-anak asyik banget

      Hapus
  6. Tambah ilmu ini buat ortu bagus acaranya mba.. nutrisi memang hrs dipersiapkn utk tmbh kmbang anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus banget buat keluarga. anak-anak bisa belajar banyak hal

      Hapus
  7. Banyak info ya soal setelah baca ini, mengajak anak-anak ke sini pasti seru ya. Emang perlu banget nambah nutrisi anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak-anaku ga mau pulang kalau main ke sini

      Hapus
  8. Mbak wahana ini akan ada selamanya di sana gtu kah?
    Wah asyik anak2 bisa belajar ttg produksi susu ya tanpa harus fieldtrip ke pabrik susu :D

    BalasHapus
  9. Tempat ini bisa dong yah di jadiin tempat pinknik keluarga...

    BalasHapus
  10. Semoga ada nih di Jakarta nanti. Edukasi dalam bentuk entertaintment, jadi campaignnya tersampaikan

    BalasHapus
  11. Bgs bgt ini buat ajak liburan keluarga kesini sgt mengedukasi untuk anak-anak

    BalasHapus
  12. Dahulu sering anter anak2 TK ke Taman Pintar.
    Buatku Jogja selalu ngangenin, semua sudutnya, hehe.
    Selalu ingin ke sana dan ke sana lagi

    BalasHapus
  13. 2016 aku sama Fara ke Yogya, tapi gak sempat ke taman pintar. Iiih nyeselnya. Doain satu hari kami ke sana ya mbak...

    BalasHapus
  14. aku ga sempat main ke sana padahal udah beberapa kali ke yogja, memang butuh jadwal khusus kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru ya ada tempat seperti ini, bisa buat wisata edukasi.

      Hapus
  15. Seru ya. Bisa bermain sambil belajar di sana. Yang kaya gini semua usia demen nih pasti hehe

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  17. Dan bakalan bikin jadwal khusus ajak anak2 main kesini. Nambah wawasan dan seru banget nih

    BalasHapus
  18. Ibunya aja suka banget di sini, bisa belajar cara produksi susu bubuk. Seruuu..

    BalasHapus
  19. Mantap dukungannya dari Sari husada, aku jadi pengen ajak anak2 kesini seru banyak banget stimulasi dari wahana jejak nutrisi dan aku aja kepengen cobain yang milking cow :)

    BalasHapus
  20. Idem sama mba Mugniar.
    Sari Husada, kira-kira kapan yah bangun yang seperti ini di Balikpapan?
    Sambil berwisata sambil belajar juga ya...
    Siapa tahu bisa sekaligus mendeteksi bakat dan hobi buah hati.

    BalasHapus
  21. saya beberapa kali ke rumpin, ga pernah tau lho ada wahana keren ini huhu sayang udah ga tinggal di jogja

    BalasHapus
  22. Wah spot favorit kami nih di jogja. Tapi terakhir ke sana blm ada wahana ini

    BalasHapus
  23. Hai mba. Alhamdulillah aku dan anak sudah ke rumah pintar ini. Dan senangnya ada tambaham spot baru mba. Anakku pasti sukaaaa

    BalasHapus
  24. Tempat rekreasi nya Keren ya semoga suatu hari nanti kalau ke Jogja bisa mampir ke sini mengajak anak belajar mutar tuas hehehe

    BalasHapus
  25. Oktober ini kami juga mau ke Jogja.. semoga cukup waktunya buat ke Taman Pintar biar anak-anak juga semakin tambah pintar

    BalasHapus
  26. Di jakarta lom ada ya mba?? Kapan kalo ke jigja mau mampir ah selfi m sapi

    BalasHapus
  27. Akhir tahun lalu pas liburan keluarga besar aku ngajak semua singgah disini. Tapi ternyata wahana yg kumau untuk 3tahun keatas dan anakku belum 3tahun. Huhu kecewanya. Semoga kpn2 bisa ke jogja lg

    BalasHapus
  28. Udah dari kapan dulu tahu Taman Pintar Jogja dan ngebatin kapan ya bisa ngajak anak. Eh, sekarang udah nambah aja wahananya. Makin mupeng rasanya...

    BalasHapus
  29. aku jadi penasaran dengan taman pintar ini

    BalasHapus
  30. Kece nih wahana taman pintarnya. Keren juga yang dari Jakarta ikut datang.

    BalasHapus
  31. pengen balik lagi ke taman pintar deh jadinya. terakhir ke sana lebaran tahun lalu, tapi anak-anak belum ke semua wahana.. seru banget di sana, anak-anak ngga ada bosennya.

    BalasHapus
  32. Sari husada emang konsen ya tentang gizi dan nutrisi anak bangsa.
    Pernah menjadi bagian dari mombassador SGM.
    Familiar sekali dg Mba Thalita
    Hehehehe

    Sayang pas ke jogja gak sempet ke taman pintar

    BalasHapus
  33. Aku terakhir ke Rumpin tahun 2009, belum ada wahana ini. Waktu itu piknik ibu2, hahahaa... anaknya malah sekolah, ibunya yang dolan2

    BalasHapus
  34. Beruntung bisa ke sana. Jadi nambah2 ilmunya. Anak2 memang harus diajari proses. Selain bikin hepi, mereka jg akan merasakan bahwa dapat sesuatu kudu berjuang dulu

    BalasHapus
  35. Anak cerdas dan mandiri harapan para orangtua, main ke Taman PIntar dapat banyak pengetahuan ya, bagus untuk jalan-jalan keluarga

    BalasHapus
  36. Semoga taman pintar kayak di Yogya juga ada di seluruh kota di Indonesia ya aku yakin anak-anak Indonesia tambah maju

    BalasHapus
  37. Belum pernah ke taman pintar Yogyakarta. Pernah dulu banget malah sebelum taman pintar ada. Seru banget ya Sari Husada membangun dan mengemas media belajar untuk anak-anak.

    BalasHapus
  38. Karena belum punya anak buat di ajak ke sana, sementara ajak ponakan dulu lah ya hahahaha
    Aduh penasaran banget mba aku, seru banget pastinya ini.

    BalasHapus
  39. Jadi pengen bawa anak2 kesitu deh..asyik banget tempatnya ya, taman bermain tapi juga belajar.

    BalasHapus
  40. Seru ya mbak, jadi nambah ilmu. Aku jadi pengen mampir ke taman pintar ini klo pas lg ke Jogja ^^

    BalasHapus
  41. Aku ke Jogja tapi belum pernah mampir ke Taman Pintar, nanti ajak aku kesana ya Mak irul sambutlah aku di Jogja :-D

    BalasHapus
  42. Bolak-balik ke Jogja, belum pernah ke Taman Pintar. Heran, padahal kalau pulang kampung itu ya buat nyenengin anak2, tapi adikk selalu bilang Taman Pintar ya gitu2 aja. Hahhaha. Padahal ya dia juga bawa anak. Makasih ya Mak, aku jadi tahu isinya Taman Pintar sedikit. Kalau begini kan enak aku minta anterin ke sananya nanti. :D

    BalasHapus
  43. AKu udah jarang ke Yogya sekarang. Ntar kalo ada kesempatan ke sana, mo jajakin Taman Pintar deh. Btw ini cuma ada di Yogya aja ya?

    BalasHapus
  44. Aku seneng banget sama fotonya mak Irul di jembatan, dan begitu masuk TamPin jadi seneng krn banyak mainan edukatif.

    BalasHapus
  45. Wah, ini eventnya berfaedah banget ya. Udah bisa ketemu temen yg selama ini Deket offline, eh dapet banyak ilmu pula. Top!

    BalasHapus
  46. Taman Pintar, namanya saja udah beraroma positif. Ke Jogja harus ke sana, nih.

    BalasHapus
  47. Terima kasih Sari Husada...
    Yang ikut bertumbuh bersama banyak keluarga di Indonesia.

    Keren banget yaa..wahananya.

    BalasHapus
  48. Makin seru aja nih bermain dan belajar di Taman Pintar. Anak lanangku suka banget tiap kali diajakin ke sini.

    BalasHapus
  49. Bulan depan ada rencana nih ke jogja, dan ini list pertama untuk kesana bawa anak-anak. dan baca ini jadi tambah pengen kesana.

    BalasHapus
  50. Wah seru, di wahana ini anak2 diajak utk megenal proses produksi susu ya mbak?
    Oh iya apakah wahana ini akan selamanya ada di sana ataukah pada periode tertentu aja?

    BalasHapus
  51. waaah anak-anak belajar lewat bermain game di wahana-wahana yang ada. Seru banget sih! Nah sama nih pertanyaan dengan Mbak April, ini permanen apa hanya jangka waktu tertentu?

    BalasHapus
  52. Maaf Mba, aku salah komen malah ngereply di komen Mak Milda. Dulubpnu punya planning mampirke sini pas keluarga besar mw ke semarang n sekitarnya. Tp suami trnnyt ga bisa cuti

    BalasHapus
  53. Ke jogja ntar mau ke Taman Pintar sekalian ajak intan ah mbaak.... Makin bagus aja nih skrg.

    BalasHapus
  54. Kereeenn yah Mbak, anak-anak ke Taman Pintar gak hanya bisa hunting buku tapi juga bisa tahu lebih banyak tentang proses susu kemasan yg dikonsumsinya yah.
    Jadi pengen bawa anak-anak ke Jogja nih :)

    BalasHapus

Beautynesiablog

beautynesia blogbeautynesia