Malu Karena Warna Ketiak Gelap atau Hitam? Ini Cara Cepat Memutihkannya


Malu Karena Warna Ketiak Gelap atau Hitam?
 Ini Cara Cepat Memutihkannya

pict: pixabay

Sebelum kamu mencari tahu bagaimana caranya memutihkan ketiak. Baik dengan
menggunakan bahan alami atau produk pemutih ketiak yang dijual secara bebas ditoko obat maupun di toko online, ada baiknya kamu mengetahui  terlebih dahulu apa saja sih penyebab ketiak berwarna gelap. Sehingga, nantinya kamu bisamencegah secara efektif penyebab ketiak hitam.


Penyebab ketiak menghitam
Menurut dermatologis atau sekaligus dokter spesialis bedah kulit bernama Jennifer Reichel, penyebab utama fermentasi (warna hitam) pada kulit adalah karena usia, bisa juga diakibatkan karena peradangan di area kulit akibat mencabut bulu ketiak atau akibat mencukur, dapat juga disebabkan karena perawatan topikal, dan faktor genetik. Jadi kemana jika kulit asli mau berwarna gelap, maka kecenderungan untuk mengalami pigmentasi gelap akan lebih besar.
Ditambahkan oleh seorang dokter kulit asal New York bernama Michelle Green, penyebab ketiak hitam lainnya adalah karena masalah hormonal, reaksi alergi terhadap deodoran, dan bisa juga disebabkan karena penyakit seperti diabetes. Pemutih ketiak seperti air lemon atau jus lemon menurut Jennifer Reichel, sebaiknya tidak digunakan. Walaupun ada banyak artikel yang memuat tentang cara memutihkan ketiak menggunakan jus lemon, namun hal tersebut menurutnya Tidak Efektif.

Apa alasannya?
Menurutnya, menggunakan jus lemon walau bagaimanapun, bisa menyebabkan kondisi phytophotodermatitis, yaitu sebuah kondisi yang diakibatkan karena rasa perih akibat asam yang terkandung di dalam air lemon serta rasa perih seperti terbakar sinar matahari. Sebaliknya, ia lebih menyarankan kita untuk memutihkan ketiak menggunakan pemutih ketiak berbahan alami lainnya seperti:

Madu
Menurut Michella Green, memutihkan ketiak dengan menggunakan madu adalah opsi terbaik karena bisa membantu meremajakan kulit. Madu juga memiliki sifat antibakteri yang secara efektif dapat mengurangi bakteri penyebab bau badan tak sedap yang umumnya muncul dari beberapa bagian tubuh kita seperti ketiak, sela-sela paha, dan telinga.

Lakukan eksfoliasi dengan menggunakan bahan-bahan yang lembut
Kedua ahli kulit (dermatologis) di atas, merekomendasikan kita untuk menggunakan metode eksfoliasi atau pengelupasan kulit menggunakan bahan-bahan yang lembut seperti kain yang halus untuk mencerahkan warna ketiak. Saat melakukan eksfoliasi, jangan menggosok dengan kasar atau menekan
dengan kuat karena hal tersebut juga dapat menyebabkan situasi (warna kulit yang hitam) makin parah.

Hidrasi ketiak dengan menggunakan minyak alami

pixabay

Minyak alami seperti minyak zaitun, castor oil atau minyak jarak, serta minyak almond dan minyak Mustard juga bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan ketiak melalui proses kelembaban.

Menggunakan deodorant
Ada beberapa jenis deodoran yang diformulasikan secara khusus untuk membantu mencerahkan warna kulit ketiak. Namun jika cara tersebut tidak mampu mengatasi masalah kulit ketiak yang kamu alami, kamu bisa mencoba metode yang lebih kuat seperti,
Retin-A
Retin-A adalah pemutih kulit/ketiak yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk meringankan warna kulit yang gelap. Satu-satunya cara untuk bias mendapatkannya adalah dengan menemui dokter spesialis kulit.
Baking soda atau bisa juga dengan menggunakan tepung gram
Baking soda adalah bahan alami untuk memutihkan ketiak yang cukup
populer. Cara menggunakan baking soda ini tidak jauh berbeda dengan
metode eksfoliasi yang telah saya tulis pada bagian atas. Yaitu digunakan
sebagai scrub pengelupas kulit.
Cara membuatnya:
1. Campuran soda kue dengan air secukupnya lalu aduk hingga membentuk pasta
2. Gunakan pasta tersebut untuk menggosok gosok ketiak secara lembut
dengan gerakan melingkar
3.  Setelah itu cuci bersih Lalu keringkan dengan handuk
4.  Ulangi 2-3 kali dalam seminggu

1 komentar

Beautynesiablog

beautynesia blogbeautynesia