IKIN School, Mewujudkan Sekolah Tanpa Ruang


Sekolah Alternatif IKIN School


Sering kali ada inbox masuk via email maupun via facebook yang bertanya anak-anak saya homeschoolingnya belajar di mana?. Saya sendiri tidak bisa menjawab dengan detail. Karena jujur saja anak-anak saya tidak belajar pada satu lembaga tertentu khusus homeschooling. Intinya sih Dimana Saja Belajar.


Karena konsep yang saya pegang dalam homeschooling kami adalah “ membaca lebih banyak buku, bertemu lebih banyak orang dan mengunjungi lebih banyak tempat”. Nah untuk skill yang dibutuhkan untuk menjalani konsep kami maka kami butuh keterampilan-keterampilan pendukung. Semisal kemampuan berbahasa asing, kemampuan untuk mandiri, kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai lingkungan, dan lainnya.

Selama ini anak saya mengambil beberapa kelas di lembaga yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhannya. Antara lain kelas bahasa asing, kelas qur’an, kelas sirah nabawiyah, kelas animasi, dan juga latihan beladiri secara rutin dan olahraga lain yang memang diwajibkan untuk anak-anak (kami mewajibkan anak-anak bisa berenang).

Nah buat teman-teman yang baru terlibat dengan homeschooling atau pendidikan alternative bisa lo belajar di IKIN School. Apa itu Ikin School?.
Adalah singkatan dari Insan Kaya Inisiatif Nusantara. IKIN adalah suatu terobosan gerakan pendidikan untuk memberikan sumbang pemikiran kepada seluruh rakyat Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan hidup (ikin-school.com). Intinya sih IKIN School adalah lembaga sekolah alternative yang akan membantu para siswa untuk belajar dengan empat konsep. Yakni:
1.     Belajar Tidak Dibatasi Ruang
2.     Mendidik Karakter Tangguh
3.     Selalu UpTodate Dengan Perubahan
4.     Mencetak Generasi Berwawasan Global.
IKIN School merupakan sekolah alternative yang menggabungkan system boarding school, homeschooling dan pembelajaran jarak jauh. Konsepnya sederhana saja bahwa anak-anak bisa melakukan banyak hal yang mereka sukai tanpa terikat ruang. Dimana saja belajar.


TOP-D di Telaga Kahuripan Bogor


Sekolah alternative ini menyediakan tiga jenjang. Antara lain Kejar Paket A (Setara SD), Kejar Paket B (setara SMP), dan Kejar Paket C (setara SMA). Dengan menyediakan 12 mata pelajaran yang sudah disesuaikan dengan kompetensi dari Dinas Pendidikan Indonesia. Keren kan. Jujur buat saya sebagai pelaku homeschooling mandiri. Pembuatan kurikulum mata pelajaran ini termasuk bagian tersulitnya. Jadi IKIN School ini sebenarnya meringankan beban orang tua yang ingin menjalani Homeschooling. Jadi orang tua bisa langsung action tanpa harus direpotkan untuk membuat kurikulum untuk anak. 



Selain itu IKIN School juga menyediakan kegiatan berbasis skill. Antara lain English Camp, Writing Camp, Martial Art Camp, dan Adventure Trip. Saya yakin anak-anak sangat senang dengan bentuk kegiatan semacam ini. Selain itu anak-anak juga bisa mengikuti Ujian Persamaan untuk mendapatkan ijazah kejar paket sesuai jenjang masing-masing. 
Oia IKIN School ini ada di Alamat
Telaga Kahuripan, Parung –  Bogor, bias dikontak via telepon di +62 818-143-482 dan Email di: info@ikin-school.com.
Ada banyak kegiatan menarik yang juga diadakan oleh IKIN School untuk masyarakat setempat. Yang menunjukkan bahwa sekolah alternative juga harus memberi akses positif bagi masyarakat lokal. Dan itu manfaatnya besar sekali untuk kemajuan bangsa. Nag buat yang tertarik untuk lebih tahu informasi tentang IKIN School bias mampir di www.ikin-school.com. Ada banyak penjelasan lebih lanjut di sana. Teman-teman juga bisa mampir di facebooknya IKIN School juga. Di https://web.facebook.com/ikinschool/

1 komentar

Beautynesiablog

beautynesia blogbeautynesia