Festival Anak Generasi Maju SGM Di Yogyakarta



Sejak beberapa bulan lalu dimulainya sharing story contest Anak Generasi Maju yang digagas oleh SGM Eksplor via facebook Aku Anak SGM, saya belum mengirimkan satupun foto anak untuk diikutkan lomba foto tersebut. Alasannya sederhana, syarat lomba foto tersebut adalah menampilkan anak sedang menunjukkan prestasinya. Dan saya tahu diri anak-anak saya termasuk jarang ikut lomba. Duuh, merasa kalah sebelum perang karena ga bias ikutan lomba. Dan setelah kemarin hadir di Festival Anak Generasi Maju SGM di Taman Pintar saya jadi semangat buat ikutan lombanya. Karena dapat insight dari bu Astrid dan Bu Nina saat bincang-bincang bersama media.


Festival Generasi Maju Tadinya saya agak skeptis mau ngirim foto di Lomba Foto dan Cerita Festival Generasi maju yang diadakan oleh SGM. Dimana syarat fotonya adalah menunjukkan anak sedang menunjukkan prestasinya. Duuh, anak saya prestasinya apa ya?. Kayaknya anak-anak saya biasa-biasa saja. . . Tetapi kalau ditanya apakah anak saya tumbuh dan berkembang sesuai usianya makanya saya jawab iya. Nah, itu dia jawabannya. Kata bu Astri yang mewakili SGM saat preskon di Taman Pintar kemarin. Foto yang dicari adalah foto yang menunjukkan 'prestasi' anak sesuai usianya. Sehingga anak-anak yang tumbuh kembangnya sesuai dengan usianya itu suatu prestasi luar biasa lo. . . Nah, ini saat Mush'ab mengikuti Festival Generasi Maju bersama SGM kemarin Sabtu/30/06/2018. Di usianya saat ini yakni 5 tahun. Mush'ab berkembang sesuai usianya. Ia mulai mandiri untuk memenuhi keperluan pribadi. Seperti mandi sendiri, makan sendiri, dan bertanggung jawab dengan pekerjaan rumah yang bersifat sederhana semisal mencuci piring dan gelasnya sendiri. . . Dan Mush'ab juga bertanggung jawab untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang diberikan padanya. Meskpun hasil pekerjaannya belum rapi tetapi Mush'ab berusaha keras agar pekerjaanya selesai dengan baik. Kemarin dia membuat topeng Panda sendiri. Dan menuliskan namanya di belakang topeng. Alhamdulillah. Terimakasih @AkuAnakSGM . . #SahabatGenerasiMaju #SahabatGenerasiMajuJOG #MombassadorSGMEksplor #catatansiemak #childrenactivities
A post shared by siti hairul /catatansiemak.com (@siti_hairul) on

Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo, menjelaskan  “Sejalan dengan visi SGM Eksplor, kami percaya bahwa setiap anak Indonesia berhak untuk maju memiliki masa depan yang cerah sehingga dapat meraih cita-citanya. Selama lebih dari 50 tahun SGM Eksplor telah mendukung orang tua Indonesia dengan melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil dan mengadakan edukasi nutrisi secara rutin untuk mendukungnya memiliki 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi & kuat, supel, mandiri & percaya diri.”


Lomba Foto Anak Generasi Maju SGM Eksplor
Jadi dalam photo contest ini yang dinilai bukan foto yang menunjukkan hasil prestasi seorang anak. Tetapi adalah prestasi sesuai usianya dan tumbuh kembangnya. Jadi misalnya seperti anak saya Mush’ab yang berusia 5 tahun maka saat ia bisa menyelesaikan suatu pekerjaan sederhana seperti menggambar dan mewarnai sampai selesai itu sebuah prestasi. Atau anak-anak yang bisa mengembalikan piring bekas makan ke tempat cucian piring itu prestasi. Atau anak-anak berusia 5 tahun yang mau mencuci gelas plastik setelah dia minum susu itu prestasi. Nah begitu ibu-ibu. Jadi ga usah minder.

Festival Generasi Maju SGM ini sendiri kemarin berlangsung meriah di Taman Pintar Yogyakarta.roadshownya sendiri dimulai dari kota Jogja. Dan akan diikuti oleh kota Medan, Surabaya, Bandung lalu kemudian Jakarta. Festival generasi Maju SGM di Jogja kemarin menampilkan banyak booth yang membantu orantua untuk menstimulasi kecerdasan sikecil.

Bu Astrid melanjutkan, “Dukungan yang selama ini telah diberikan oleh SGM Eksplor dalam hal edukasi nutrisi akan terus dilakukan dalam skala yang lebih besar, dapat dilihat melalui kegiatan Mini Mobi & aktivasi digital.” Di tahun 2018, aktivitas Mini Mobi akan berkeliling ke 8.000 area di Indonesia dan melakukan edukasi nutrisi dan stimulasi bagi anak-anak melalui berbagai permainan edukatif. Edukasi nutrisi juga dilakukan melalui media digital di Facebook Aku Anak SGM, bertujuan menjangkau lebih banyak lagi orang tua di Indonesia. Dalam halaman Facebook Aku Anak SGM terdapat berbagai kiat tumbuh kembang anak, live chat dengan para ahli seperti dokter anak dan psikolog anak, selain itu orang tua dapat bertanya secara langsung dari ahlinya sehingga dapat mendukung Ibu untuk mewujudkan 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi & kuat, supel, mandiri & percaya diri.

Di Jogja saja pihak SGM mentargetkan 8000 anak agar bisa hadir di Festival Generasi Maju SGM. Bahkan dari pagi saja sudah banyak orangtua yang hadir bersama putra-putranya untuk mengikuti lomba mewarnai. Jadi buat teman-teman yang kotanya bakalan disambangi oleh Festival Generasi Maju SGM harus hadir. Karena ada banyak kegiatan menarik yang bisa diikuti oleh sikecil.

1.     Lomba mewarnai full hadiah dan goddie bag


     Lomba mewarnai ini ditujukan untuk anak-anak dengan usia maksimal 6 tahun. Sayangnya kemarin Mush'ab ga jadi ikutan lombanya karena saya harus mengikuti press conference dan ia memilih main di luar bareng abangnya. Meskipun dari rumah sudah niat banget mau ikut lomba mewarnai. Tetapi meskipun ga ikutan sampai rumah dia masih mewarnai buku mewarnai yang dibagikan di dalam goodie bag. 
2.     Booth olahraga

Ini favorit anak-anak saya. Di arena ini anak-anak gam au geser sedikitpun. Arena bermain bola sepak dan bola basket menjadi favorit anak-anak lelaki yang hadir di Taman Pintar hari itu.

3.     Booth kreativitas


Di booth ini anak-anak diajak membuat topeng dari piring Styrofoam yang dihias dengan mata dan hidung membentuk Panda dan kelinci. Hasil karya bahkan boleh dibawa pulang. Dan anak saya antusias menyelesaikan karya mereka. Bahkan sampai rumah karyanya langsung dipajang di dinding. Hahahahaha.

4.     Photobooth


Disediakan area berfoto bersama poster Ipin dan Upin dan foto bisa langsung dicetak. Sayangnya edisi mencetak ini butuh waktu lama. Bahkan sampai kami pulang foto anak-anak belum jadi. Hiks. Mudah-mudahan ini bisa jadi bahan evaluasi pihak SGM agar di kota berikutnya waktu mencetak foto bisa dikondisikan sehingga tidak menumpuk.
5.     Talkshow tentang tumbuh kembang anak bersama pakar parenting dan nutrisi.
Ada banyak insight penting yang kita dapatkan dari talkshow tentang tumbuh kembang dan nutrisi dari para ahli ini. Sayang kalau sampai dilewatkan oleh para orangtua.
6.     Promo dan penjualan susu dengan beragam hadiah
  Dan jangan lupa juga SGM Eksplor bekerjasama dengan Taman Pintar untuk menyediakan wahan ‘Jejak Nutrisi’ sebagai edukasi bagi masyarakat luas tentang susu dan manfaatnya bagi tumbuh kembang anak.

    Nah, bagaimana para bunda? Jangan sampai ga hadir ya di Festival Generasi Maju SGM Eksplor di kota berikutnya. Oia ikut juga yuuk di lomba foto dan ceritanya di Facebook Aku Anak SGM. Sebentar lagi ditutup lo. Ditunggu sampai tanggal 8 Juli ini. Cepetan kirim foto sebanyak mungkin. Ada beasiswa pendidikan senilai total 25 M menanti para buah hati anda. Whuaaa, pengen ikutan juga ah.

1 komentar

Beautynesiablog

beautynesia blogbeautynesia