Mengintip Masa Lampau di Museum Sains Dan Teknologi Islam Istanbul




Kalau punya kesempatan berkunjung ke Turki. Sempetin deh mampir di Museum Sains Dan Teknologi Islam Turki. Tempatnya ini layak masuk list tempat yang harus dikunjungi saat traveling ke Isanbul, Turki. Apalagi bagi muslim traveler yang seneng bias mengulik sejarah peradaban islam. Ketempat ini serasa dapat banyak harta karun yang luar biasa.


Saya dan sibapak kemarin dapat kesempatan mampir ke sini. Jadi sebenarnya kami ke museum ini nyari jalan sendiri. Soalnya kami terpisah dari rombongan city tour yang diadakan oleh Turkish Airlines. Sewaktu di Topkapi Palace kami ketinggalan rombongan. Harap maklum saat itu baru aja selesai lunch di pinggiran selat Bosphorus dengan menu Turki yang enak (dagingnya) dan mengkeret pas kena keju mudanya.


Istanbul Museum Of The History Of Sciense & Technology In Islam ini terletak di area Topkapi Palace tepatnya di Gulhane Parki Hasahirlar Binasi | Sirkeci, Fatih, Istanbul 34112, Turki. Berada di area taman Guhana Park yang masya Allah cantik bener. Mana pas kami ke sana pas musim semi. Double cantiknya. Bunga dimana-mana. Ya Allah Turki cantik banget. Insya Allah besok ke sana lagi sambil bawa rombongan krucil di rumah. Aamiin.

Penampakan depannya sih biasa aja. Terdiri dari dua lantai. Tetapi ada sebuah replica struktur kimia yang di pajang di depan museum. Jadi keliatan banget kalau museum ini erat hubungannya dengan sains dan teknologi. Saat masuk kita akan bertemu dengan meja pembelian tiket dan alat sensor. Tetapi kamera dan handphone boleh kok dibawa masuk. Dan kita diperbolehkan mengambil foto.

Di dalamnya lengkap banget. Alat peraganya juga lengkap. Petunjuk gambarnya juga lengkap dalam dua bahasa yakni bahasa Turki dan bahasa Inggris. Kita pasti takjub dengan teknologi bangunan-bangunan islam zaman dulu. Misalnya masjid yang luas tetapi suara imamnya bisa terdengar sampai jamah bagian belakang padahal zaman dulu ga ada mikrofon. Itu bentuk arsiteturnya berpengaruh banget. Kenapa bangunan istana dan masjid bisa sejuk di musim panas dan hangat di musim dingin. Nah lo, penasarankan.
Alat operasi untuk membantu ibu melahirkan (ngiluuu)

Terus saya juga sempet tertegun di hadapan alat peraga berupa alat-alat yang digunakan oleh para dokter-dokter khusus ginekologi islam zaman dulu. Jadi zaman dulu tuh para dokter sudah bisa melakukan operasi untuk membantu ibu-ibu melahirkan. Ngilu ngeliat alatnya. Huahahaha. Kalau teman-teman membaca beberapa literatur tentang ahli bedah terkenal asal kota Zahra, Cordoba. Nah, si Az-Zahrawy ini menggunakan beberapa alat bantu buatannya untuk melakukan bedah terhadap pasien. Salah satunya adalah membedah janin. Kalau di kitab silsilah ta'lim itu ada cerita tentang Az-Zahrawy ini membuat semacam (milqoth) atau penjepit untuk mengambil janin. Bahkan dokter bedah terbaik dalam islam ini juga menggunakan benang dari serat domba untuk menjahit bagian tubuh setelah operasi. Masya Allah. Itulah kenapa ketika melihat alat-alat ginekolog itu saya pengen nangis rasanya. Takjub dengan kecintaan para ilmuwan islam untuk menggunakan ilmu pengetahuan untuk menyelamatkan umat manusia. 


Saya juga dibuat takjub dengan lukisan-lukisan geometri yang biasa muncul di hiasan bangunan-bangunan istana kekhalifahan dan juga masjid-masjid zaman dulu. Oia, di Istanbul itu hiasan dinding masjidnya (kaca patri pada jendela, lantai keramiknya, dsb) itu khas banget. Warnanya didominasi oleh putih dan biru. I love blue so much. Hahahaha. Pecinta warna biru pasti jatuh cinta sama Turki.

Kita juga akan terpana melihat replica alat-alat yang digunakan oleh para ilmuwan astronomi islam zaman dahulu. Ilmu astronomi kaum muslimin itu canggih banget. Karena banyak sekali ibadah kaum muslimin yang erat hubungannya dengan perputaran benda langit. Misalnya penentuan waktu salat, penentuan awal ramadhan, penentuan hari Idul Fitri. Juga membantu para pelaut-pelaut muslim saat mereka menjelajah bumi untuk menyampaikan dakwah islam. Masya Allah. Saya anjurkan anda menyempatkan diri mampir ke museum ini.

Saya juga senang mengamati pas bagian contoh bebatuan mineral yang memang banyak dijadikan hiasan istana dan masjid zaman dulu. Cantik-cantik. Makanya ga heran kenapa misalnya Al-Hambra, Spanyol dan Taj Mahal India itu cantiknya luar biasa. Istana itu memang dibuat mengikuti gaya arsitektur islam pada masa itu. Bahkan teknologi istana-istana pada masa Andalusia itu sudah canggih banget. Mereka membuat istana yang sejuk di musim panas dan hangat saat winter. Tak hanya itu arsitektur pada masa kejayaan islam itu luar biasa. Misalnya saja, mereka mampu membuat masjid yang megah dan ketika imam sedang khutbah di depan suaranya bisa terdengar sampai ke seluruh penjuru masjid bahkan sampai keluar tanpa adanya microfon. Huhuhuhu. Jadi pengen ke Alhambra dan Taj Mahal. Soon Insya Allah. Aamiin.

Senangnya di museum ini kita diperbolehkan mengambil foto. Tetapi memang ada larangan keras untuk tidak menyentuh barang-barang yang ada di museum. Sayangnya kamera DSLR kami macet ga mau on karena batre BG-nya ketinggalan di Indonesia. Huaaaa nangis. Jadi kemarin saat umroh itu kami cuman mengandalkan kamera hape dan Go-Pro. Tapi Alhamdulillah foto-fotonya lumayanlah.

Sayangnya karena keterbatasan waktu kami ga bisa berlama-lama di tempat ini. Masih banyak tempat yang hari itu rencananya akan kami kunjungi. Mudah-mudahan lain waktu bisa puas-puasin mampir ke sini. Insya Allah. Nah, setelah ke Istanbul kita jalan kemana lagi nih? (brb ngecek tiket Jkt-Rabat-Madrid-Jkt). Aamiin.

30 komentar

  1. Huaa struktur kimia itu menggoda sekali. Ada kenangan soalnya. Hoho.iya arsitektur Muslim emang oke punya ya

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Jadi Ingat Guru Kimia di SMA Mba, Kimia memang Spesial, dari Jurusan IPA cuma Kimia yang dooonngg, Islam itu Indah. Jadi pengen kesana heheheheheee Insya Allah bisa kesana Aaaammmiiinnn

    BalasHapus
  4. Banyak ilmuwan-ilmuwan islam yang hebat-hebat. Arsitekturnya juga menakjubkan

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Ah, suatu hari pingin kesitu juga, Mak. Doakan, ya. Pingin jelajahi semuanya, hehe. Semoga. Aamiin

    BalasHapus
  7. jd ngebayangin mak, gmn jaman dulu orang melahirkan...dududu jd ngeri juga

    BalasHapus
  8. Ikut ngilu lihat gambar alat SpOG jaman old hiii. Yang sekarang kan lebih kecil dan lebih tipis ya Mak Irul.

    BTW, ada teknologi AR (augmented reality), ndak, di museumnya?

    BalasHapus
  9. Maysa Allah, luar biasa ya Turki. Semoga saya juga bisa diberik kesempatan untuk berkunjung ke sana. Aamiin..

    BalasHapus
  10. Semoga bisa sampai ke sana suatu hari nanti.

    BalasHapus
  11. Pingin banget ke Turki,banyak yang dipelajari ya Mbk disana

    BalasHapus
  12. Turki masih jadi salah satu dalam traveling wish listku. Doakan saya semoga bisa segera ke sana ya mbak.

    BalasHapus
  13. Wah, jadi penasaran pingin liat langsung ke museumnya

    BalasHapus
  14. Kebayang indahnya musium itu. Bismillah ke sana suatu saat nanti, in syaa Allah. Aamiin. Makasih ya Mak cerita serunya.

    BalasHapus
  15. Suka mupeng kalau baca Turki, semoga dimudahkan bisa kesana yah, aamiin.

    BalasHapus
  16. Ke Turki? Beberapa kali di provaksi teman ttg ekajaiaban kalau jalan-jalan ke Turki dan kini baca ulasan perjaanan Mak Irul ke Turki juga. Rasanya tuh (speechles) makin pengen kesana. Doakan ya Mak, semoga kesampaian ke Turki, puengen buwanget lihat peninggalan barang-barang yang digunakan oleh nabi dan sahabat kala itu.

    BalasHapus
  17. Emang keju mudanya kenapa mbak kok bikin mengkeret? 3dibahas hehe
    Wah seru bis ake museum Turki. Pasti banyak hal ttg kebudayaan ISlam yg bisa dilihat yaa :D

    BalasHapus
  18. Untung boleh foto2 ya mba sayang banget DSLR ga bisa beraksi disini y mba :) semoga bisa kesini nih

    BalasHapus
  19. Aku suka warna biru, udah lama banget pengen ke Turki, semoga ada rezekinya.

    BalasHapus
  20. Pengin ke Turki. Memang banyak tempat keren ya mba di sana.

    BalasHapus
  21. Penasaran sama struktur bangunan mesjidnya. Keren banget yaa ilmu arsitekturnya, bikin pakai perhitungan detail pasti.
    Aku jatuh cinta sama turki sejak tim bolanya juara 3 di worldcup korsel dulu itu #lah

    BalasHapus
  22. Seneng bangeett udh kesampaian sampai Turki ya IB, fotonya paling atas cakep, menanti cerita2 lain di Turki yaaaaa beb 👒👒👒👒😍😍😍😍

    BalasHapus
  23. Senang banget ya bisa melihat jejak Islam. Saya pun jadi belajar juga tentang sejarah Islam jadinya.

    BalasHapus
  24. Wah, salah satu kota yang kepengen banget aku singgahi. Ada museumnya juga ya di sana? Bismillah, semoga kesampaian deh menjejakkan kaki di sana. :)

    BalasHapus
  25. baca ini jadi pengen ke Turki, Mbak... zaman dahulu saja sudah sebegitu cangguhnya... itu hlo yang penasaran, sejuk pas musim panas dan sejuk pas musim hujan

    BalasHapus
  26. Impian aku banget Mak bisa umroh plus Turki. Semoga sekalian ke Alhambra dan Taj Mahal juga Mak.

    BalasHapus
  27. luar biasa kemampuan otaknya ilmuan dahulu ya, mampu menggali ilmu pengetahuan dan menciptakan alat-alat yang sangat bermanfaat untuk iptek apalagi tetnang ilmu perbintangan yang sangat susah untuk mempelajarinya

    BalasHapus
  28. Turki memang pusatnya peradaban dan ilmu pengetahuan ya Mbak. Semoga suatu hari bisa ke sana. Amiiin

    BalasHapus
  29. Masya Allah indah banget mba. Semoga someday bisa berkunjung ke sini. Aamiin Aamiin :)

    BalasHapus
  30. Pengen banget k Turki sekalian umroh

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.