Review buku 'Bidadari Dua Negeri'



Saya sedang mengumpulkan banyak literatur yang berkaitan dengan sejarah kehidupan perempuan yang terlibat dalam pembangunan sejarah Islam. Saya sendiri sudah punya buku-buku sirah di rumah baik sirah nabi, shahabat nabi, dan shahabiyyah nabi. Saya juga mengumpulkan kitab-kitab yang berkaitan dengan sejarah islam semisal bani Abassiyah, bani Ummayah dan Fathimiyah.


Nah saya punya buku baru terbitan dari Wacana Ilmiah Press dengan judul asli ‘Mu’minat Lahunna Indallahi Sya’n’ karya professor Muhammad Bakr Ismail. Dan terjemahannya menjadi “ Bidadari Dua Negeri”.

Buku ini luar biasa menurut saya karena berisi tentang kisah-kisah kehidupan perempuan-perempuan yang menjadi pelaku dalam peradaban sejarah islam. Ada 37 kisah sejarah perempuan yang disampaikan oleh buku ini. Dari Hawa istrinya nabi Adam as, Hajar dan Sarah istri nabi Ibrahim as, Asiyah istri Fir’aun, Maryam albatul ibundanya nabi Isa as, istri-istri Rasulullah, putri-putri Rasulullah dan beberapa shahabiyyah Nabi. Semua kisah sejarah ini ditulis berdasarkan sumber-sumber yang shahih dari Al-Qur’an, hadist dan kitab-kitab sirah yang dikumpulkan oleh para ulama.
Ada juga kisah hidup Bilqis ratu Saba’ istrinya nabi Sulaiman as yang biasanya agak sulit kita temukan literaturnya. Nah buku ini lumayan bisa menceritakan pada kita tentang gambaran kehidupan ratu negeri Saba’ ini dan insya Allah sumbernya shahih.
Kebetulan saya punya beberapa buku karya Profesor Muhammad Bakr Ismail. Dan suka banget dengan semua buku karya beliau. Masya Allah. Dan ga rugi punya buku-buku sejarah kayak gini.


Dan tadi kebetulan pas jatah saya ngisi ta’lim di musholla MIPA UNY saya kebagian ngisi tentang sirah shahabiyyah Nabi dan saya berbagi sirah Ummu Sulaim alias Rumaisha. Duuuh ya Allah ada gitu ya perempuan yang bukan istri nabi, bukan putrinya, bukan orang yang disebut dalam qur’an tetapi dijamin masuk Jannah. Hiks, iri sejadi-jadinya. Jadi Ummu Sulaim ini di sebut Rasulullah ketika Rasulullah mi’raj ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh. Rasulullah diperlihatkan kehidupan di surga. Dan Rasulullah berkata “ di surga aku mendengar suara terompahnya Bilal dan melihat istrinya Abu Thalhah (Ummu Sulaim)”. Ya Allah aku pengeeeeeen. Huhuhuhu.

Berharap banget buku-buku bergizi kayak begini dibaca oleh banyak para muslimah. Sehingga akan ada banyak kebaikan yang tersebar di muka bumi. Akan ada banyak generasi-genarasi mulia yang muncul karena didikan perempuan-perempuan yang kayak gini. Aamiin.

40 komentar

  1. Aamiin ya Allah. Buku pak Bakr Ismail emang bagus ya mba. Aku cuma punya satu sih. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya buku beliau bagus2. Aku punya beberapa koleksi karya beliau

      Hapus
  2. 2 negeri sendiri ada artinya ga mba? Atau kiasan kah? Aku jadi tertarik mengetahui sejarah Islam khususnya kisah wanita jaman dahulu khususnya Asiyah dan Hawa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yang aku tangkap sih dua negeri itu artinya " negeri di dunia dan negeri akhirat" jadi wanita dua negeri ini wanita2 yang hebat di dunia dan akhirat gitu mbak

      Hapus
  3. Belinya dimana mak irul? Aku berminat pingin punya juga

    BalasHapus
  4. Ini bukunya menarik, deh. Kayaknya masih jarang buku yang membahas tentang perempuan pada zaman nabi. Padahal saya yakin kalau pada masa itu juga banyak perempuan hebat

    BalasHapus
  5. Buku yang memang cocok dibaca oleh perempuan. Agar bisa menjadi panutan, apa saja yang bisa diperbuat untuk mencapai surga-Nya

    BalasHapus
  6. Penasaran sama kisahnya Ratu Bilqis, selama ini taunya kisah sebelum dia diperistri Nabi aja. Di sini diceritakan kisah setelah jadi istrinya juga mak?

    BalasHapus
  7. Buku ini cocok dibaca untuk para muslimah ya Mak Irul. Judulnya bikin penasaran.

    BalasHapus
  8. Seneng ya Mbak, membaca buku tentang tokoh-tokoh yang menginspirasi. Apalagi tokohnya perempuan.... Bikin makin semangat :)

    BalasHapus
  9. saya jadi penasaran sama bukunya, pasti bagus banget untuk muslimah supaya jadi bidadari di dunia dan di surga. Aamiin

    BalasHapus
  10. Ya Allah, terharu banget membaca di bagian ini, Mbak:

    Dan Rasulullah berkata “ di surga aku mendengar suara terompahnya Bilal dan melihat istrinya Abu Thalhah (Ummu Sulaim)

    Pengen .... :')

    BalasHapus
  11. Dari judulnya saja sudah membuat aku penasaran mba, semoga para pembacanya mendapat bimbingan yg tepat

    BalasHapus
  12. Pengen main ke YK terus ke rumahnya mak Irul, mau ikut baca koleksinya. Boleh yaaaa mak? Hehehe

    BalasHapus
  13. Buku yang menarik ya, jadi pengen baca versi komplitnya. Lagi butuh bacaan yang bagus kayak kisah sejarah perempuan islam ini

    BalasHapus
  14. Afwan mba...
    Saya yang kurang ilmu..

    Mohon penjelasan, mengapa Ummu Sulaim disebut Rosululloh sholallahu 'alaihissalam?

    Apakah karena kesabaran saat putrinya meninggal?

    BalasHapus
  15. Akupun sukaaa banget Mba baca buku shiroh. Kalau udah baca seperti tenggelam dalam kisah yang sungguh mengagumkan. Kebalikan banget jaman sekolah dulu, blas nggak suka sejarah >,<

    BalasHapus
  16. Membaca sejarah seakan menemukan bagian dari diri yang hilang, bener kan mba? Akupun saay in sedang gencar2nya mencari literatur sejarah dan buku ttg perempuan, di noted nih referensinya mba yah.

    Aku jg rekomended buku2 sjarah, slh satux berjudul Saqifah, dan buku2 ttg prempuan, Fatimah adalah Fatimah, The Untold Series, The Tao of Islam Karya Sachiko Murata (klu gk slh), buku series the greates woman karya Sibel Eraslan dn beberapa literatur lainx,tp mngkin udh dibaca yah mba :)

    BalasHapus
  17. jadi penasaran sama bukunya sepertinya menarik ini, makasih infonya ya mba :)

    BalasHapus
  18. Menarik sekali judulnya. Penen punyanya, hunting ah."Budadari 2 Negeri"

    BalasHapus
  19. Aku belum pernah baca yang ini mak Iroel.. lama ngg cari buku di toko buku favorit. Semoga bisa dapat yg ini dan menikmatinya juga. Aku lagi baca After the Prophet..

    BalasHapus
  20. Pengen baca buku ini juga biar dapat inspirasi dari 37 perempuan-perempuan hebat.Reviewnya keren nih mbak.

    BalasHapus
  21. Amiin...
    Saya juga suka baca-baca buku sejarah Mba, kecuali sejarah peperangan dulu *pusiing *tutup muka pake panci
    Btw pas baca bagian 'mendengar suara terompahnya Bilal dan istrinya Abu Thalhah', aku jadi merinding sendiri. Andaikaaan.....

    BalasHapus
  22. Jadi penasaran sama isi bukunya. Semoga aja ya buku-buku bergizi ini bisa banyak di baca.

    BalasHapus
  23. mbakrul makasih review-nya. Aku juga suka baca2 buku sejarah, tapi di rumah baru ada bukunya Nabi Muhammad aja. Yang lain belum. BUkunya tebal-tebal semua sik :D

    BalasHapus
  24. Aamiin ..semoga semakin banyak perempuan mulia di negeri ini. Karena di pundaknyalah anak-anak generasi bangsa bisa dididik dengan baik

    BalasHapus
  25. Jadi kepingin baca lengkapnyap mba pnasaran sama alur nya.. noted deh nih buat bln dpn baca buku ini

    BalasHapus
  26. Aku juga suka baca buku2 sejarah Islam kayak gini supaya makin paham dgn agama sendiri dan berislam secara benar ya.

    BalasHapus
  27. Penasaran sama bukunya, dan memang suka masih jarang kisah para perempuan dalam sejarah Islam diangkat secara lengkap, penting banget baca buku seperti ini bagi kita semua

    BalasHapus
  28. Buku yang bagus ya mba.. jadi ingin baca juga. Catat dulu ah judul & penulisnya..

    BalasHapus
  29. Duh terakhir baca cerita yang ada hubungannya saat masa nabi waktu SD, sekarang udah lupa. Jadi mau baca deh, buat bekal nanti di masa depan.

    BalasHapus
  30. Lhooo...tiwas kutunggu, kirain mau infoin lebih dowo lagi :)) Mupeng juga nih jadinya baca buku2 bergizi seperti ini. Perjuangan para perempuan pendidik akhlak penerus bangsa ya. Untuk kondisi saat ini, seharusnya para ibu dan calon ibu baca buku ini nih agar bisa terus mencetak generasi milenial yang tetap agamis.

    BalasHapus
  31. Masyaallah bacanya sambil merinding dan menitikkan airmata. Buku yg indah pastinya ya

    BalasHapus
  32. Aamiin. Bagus kayaknya ya bukunya. Membuka mata tentang wanita-wanita di zaman Nabi. Semoga kita semua bisa jadi bidadari dua negeri. :)

    BalasHapus
  33. Bagus kyknya bukunya mbak. Bisa belajar ttg karakter istri2 nabi dulu ya?
    Bisa dibeli di toko buku besar kyk gramed kah? Soalnya kyknya blm pernah liat... Kebetulan lg pengen jg baca2 buku...

    BalasHapus
  34. Aseeeek kalau ke Jogja ada buku bacaan bergizi deh sambil liburan. Sekalian dipinjam hahaha. Saya kurang buku agama soalnya

    BalasHapus
  35. Dua bidadari yang punya blog ini sama yang lagi nulis komen :-D
    Wah ada 37 kisah sejarah perempuan ya aku penasaran sama kisahnya Bilqis gak ada bocorannya nih

    BalasHapus
  36. Senang aku baca ulasannya, langsung cus pesan ke suami pulang event nitip buku ini.

    BalasHapus
  37. Jadi penasaran sama buku ini. Kayaknya buku yang bagus untuk jadi inspirasi dan motivasi kita para muslimah ya Mbak...

    BalasHapus
  38. Berfaedah banget yaa buku ini, cocok jadi bacaan kita, sebagai muslimah emang harus perbanyak membaca buku-buku yang positif dan bernafaskan islam :)

    BalasHapus