Review buku 'Bidadari Dua Negeri'



Saya sedang mengumpulkan banyak literatur yang berkaitan dengan sejarah kehidupan perempuan yang terlibat dalam pembangunan sejarah Islam. Saya sendiri sudah punya buku-buku sirah di rumah baik sirah nabi, shahabat nabi, dan shahabiyyah nabi. Saya juga mengumpulkan kitab-kitab yang berkaitan dengan sejarah islam semisal bani Abassiyah, bani Ummayah dan Fathimiyah.


Nah saya punya buku baru terbitan dari Wacana Ilmiah Press dengan judul asli ‘Mu’minat Lahunna Indallahi Sya’n’ karya professor Muhammad Bakr Ismail. Dan terjemahannya menjadi “ Bidadari Dua Negeri”.

Buku ini luar biasa menurut saya karena berisi tentang kisah-kisah kehidupan perempuan-perempuan yang menjadi pelaku dalam peradaban sejarah islam. Ada 37 kisah sejarah perempuan yang disampaikan oleh buku ini. Dari Hawa istrinya nabi Adam as, Hajar dan Sarah istri nabi Ibrahim as, Asiyah istri Fir’aun, Maryam albatul ibundanya nabi Isa as, istri-istri Rasulullah, putri-putri Rasulullah dan beberapa shahabiyyah Nabi. Semua kisah sejarah ini ditulis berdasarkan sumber-sumber yang shahih dari Al-Qur’an, hadist dan kitab-kitab sirah yang dikumpulkan oleh para ulama.
Ada juga kisah hidup Bilqis ratu Saba’ istrinya nabi Sulaiman as yang biasanya agak sulit kita temukan literaturnya. Nah buku ini lumayan bisa menceritakan pada kita tentang gambaran kehidupan ratu negeri Saba’ ini dan insya Allah sumbernya shahih.
Kebetulan saya punya beberapa buku karya Profesor Muhammad Bakr Ismail. Dan suka banget dengan semua buku karya beliau. Masya Allah. Dan ga rugi punya buku-buku sejarah kayak gini.


Dan tadi kebetulan pas jatah saya ngisi ta’lim di musholla MIPA UNY saya kebagian ngisi tentang sirah shahabiyyah Nabi dan saya berbagi sirah Ummu Sulaim alias Rumaisha. Duuuh ya Allah ada gitu ya perempuan yang bukan istri nabi, bukan putrinya, bukan orang yang disebut dalam qur’an tetapi dijamin masuk Jannah. Hiks, iri sejadi-jadinya. Jadi Ummu Sulaim ini di sebut Rasulullah ketika Rasulullah mi’raj ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh. Rasulullah diperlihatkan kehidupan di surga. Dan Rasulullah berkata “ di surga aku mendengar suara terompahnya Bilal dan melihat istrinya Abu Thalhah (Ummu Sulaim)”. Ya Allah aku pengeeeeeen. Huhuhuhu.

Berharap banget buku-buku bergizi kayak begini dibaca oleh banyak para muslimah. Sehingga akan ada banyak kebaikan yang tersebar di muka bumi. Akan ada banyak generasi-genarasi mulia yang muncul karena didikan perempuan-perempuan yang kayak gini. Aamiin.

Tidak ada komentar

Beautynesiablog

beautynesia blogbeautynesia