Prosedur Vaksin Meningitis Bagi Jamaah Umroh Mandiri



abaikan mata merem itu :D


Tadinya agak khawatir mau suntik meningitis dimana. Karena kami kan umrohnya mandiri ga lewat biro ga bareng rombongan. Setelah gugling akhirnya diarahkan ke Kantor Kesehatan Pelabuhan Yogyakarta. Ternyata semua jamah umroh/haji suntik meningitis di sini.


Kantornya terletak di Jalan Ring Road Utara No.8, Maguwoharjo, Depok, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282. Bukla setiap Senin-Jumat dari jam 08.00- 12.00 kecuali hari Jumat yang buka sampai jam 11 siang.
dokumen yang sudah di print oleh petugas

Setelah gugling kami langsung dating ke lokasi. Mikirnya bias langsung datang. Kami datang sekitar jam 10 pagi dan antriannya sudah penuh. Ternyata prosedurnya saat ini hanya menerima pendaftaran online. Di http://kkpyogyakarta.com/  ada petugas pemandu. Sehari tersedia kuota untuk 200 jamaah yang akan disuntik. Insya Allah vaksin meningitis yang digunakan halal karena sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI. alhamdulillah jadi tenang kan ibadahnya

Prosedur
1.     Masuk ke website http://kkpyogyakarta.com/ kemudian registrasi di sana. Mintalah bantuan petugas jika mendapat kesulitan. Petugasnya friendly banget.
2.     Kita akan mendapat email konfirmasi yang kemudian bisa langsung di print oleh petugas di bagian penge-print an dokumen. Oia foto dulu paspor kita karena pengisian form menyertakan file paspor
3.     Dokumen yang sudah diprint dijadikan satu dengan fotocopy KTP (1 lembar), fc paspor (1 lembar) dan pas foto berwarna ukuran 4X6
4.     Naiklah ke lantai 2 dan ambilah nomor antrian yang disediakan di layar lcd yang tersedia di depan loket. Pencet dan akan keluar nomor antrian.
5.  Setelah dipanggil kumpulkan berkas kita. Oia untuk satu rombongan hanya memerlukan satu nomor antrian saja. Jadi saya dan suami kemarin satu nomor antrian untuk berdua.
6.     Di loket ini jika kita perempuan kita akan diberi tabung plastic kecil untuk menampung air seni yang nantinya dikumpulkan di depan toilet untuk diperiksa oleh petugas.
7.     Kita akan mendapat panggilan ke ruangan penjelasan. Di sana petugas akan memberi penjelasan berkaitan dengan vaksin. Do and dont’s selama vaksin dan sesudah vaksin.
8.     Lalu kita akan mendapat kartu kuning yang kemudian kita kumpulkan di kasir pembayaran. Kemarin saya bayar berdua 635.000. Saya lupa yang 15 ribu itu untuk apa. Soalnya kalau baca di berkasnnya sih pembayarannya senilai 305 ribu.
9.     Setelah membayar kita masuk ke ruangan suntik dan mendapat suntik di lengan kiri bagian atas. Tempat suntik dibuat terpisah antara putra-putri.
10.                         Setelah suntik kita menunggu kartu kuning kita diisi oleh petugas.
11.                        Dan tara tak sampai 10 menit kartu kuning kita sudah jadi.
Alhamdulillah kemarin kami suntik tidak butuh waktu lama. Kami datang sekitar pukul 10 pagi dan jam 12 siang kami sudah mendapat kartu kuning. Oia sebagai informasi di dalam form pendaftaran ada isian travel, nama travel dan nomor izin. Jika kita umroh mandiri isian itu tidak diisi juga tidak apa-apa.
Buat teman-teman yang akan umroh semoga ibadahnya mabrur dan lancar. Jaga kesehatan ya teman-teman.

4 komentar

  1. Kalau umroh mandiri, petugasnya gak ribet kan Mak?
    Hmm, maksud saya gak ada pembeda gitu antara melalui travel maupun mandiri? Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ga sih mbak. Tadinya khawatir jg sih karena ga ngisi yg bagian nama travel,nomor uzin dsb nya. Ternyata ga apa2

      Hapus
  2. Saya baru tahu kalau harus menyerahkan air seni segala mbak...

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Beautynesiablog

beautynesia blogbeautynesia