6 Menu Bekal Praktis SO GOOD Untuk Seminggu




Menu Bekal Praktis SO GOOD


Masakan rumahan
Saya pecinta makanan rumahan. Jadi sebisa mungkin memasak sendiri hidangan untuk keluarga. Tak hanya itu prinsip ‘being local’ juga udah lama banget kami junjung. Bukan karena alas an ‘biar keren’ atau yang lain sih. Alas an paling utama karena makanan local itu lebih murah disbanding makanan impor. Jadi intinya sih ‘being local’ itu biar irit maksudnya. Makanya ga heran, instagram khusus resep dapur keluarga kami di @dapur_simak isinya menu-menu keluarga kami yang praktis, simple dan murah serta halal only.


Kreatif Mengatur Menu
Sebenarnya memasak sendiri makanan harian keluarga itu lebih praktis menurut saya. Apalagi jika kita kreatif mengatur menu. Intinya sih mengajak anggota keluarga untuk tidak pilih-pilih makanan. Mendidik anak-anak dengan prinsip bahwa setiap makanan yang kita miliki adalah karunia Allah dan harus kita syukuri. Karena ada banyak orang di luaran sana yang tidak bias mengalami yang namanya kenyang. Hiks.

Putra sulung saya bergabung di pembinaan atlet KONI DIY untuk cabang olahraga pencak silat. Sehingga butuh asupan lengkap. Dan kadang minta dibuatkan bekal. Dan karena bekal itu sifatnya harus bisa disiapkan dalam waktu cepat. Selain itu bekal juga harus memenuhi prinsip gizi seimbang.

Piring Gizi SO GOOD
Ada hal menarik yang digagas oleh sebuah brand makanan beku yakni SO GOOD. Menu Piring Gizi SO GOOD. Kampanye agar keluarga terbiasa dengan menu seimbang yang terdiri dari 15% protein, 15% buah, 35 % sayuran dan 35 % panganan sumber karbohidrat. Kampanye ini menurut saya sangat tepat. Karena pola makan anak-anak zaman now mulai tidak seimbang. Apalagi dengan maraknya jajanan yang kekinian yang bersifat mengenyangkan tetapi miskin gizi dan nutrisi. Duuh, sayang bangetkan?.
Beberapa alasan yang sering terlontar adalah menyiapkan menu seimbang itu repot.  Kebetulan saya menyempatkan menyetok makanan beku di kulkas kami. Dan pilihan saya jatuh pada SO GOOD baik yang siap masak maupun ayam potongnya. Alasan pertama karena sudah memiliki sertifikasi halal dari MUI, dan alasan kedua variannya banyak jadi ga mudah bosen. 

Nah, saya mau berbagi nih beberapa menu bekal harian anak-anak yang praktis dan tetap memenuhi kaidah ‘gizi Seimbang’. Menunya sederhana aja sih. Tetapi menu ini gampang banget dibuat. Selain itu dibuat dari bahan pangan lokal yang mudah kita temui di sekitar kita. Nah, berikut menu untuk 6 hari sekolah yang bisa dicoba untuk bekal anak-anak ke sekolah atau beraktivitas.

   1.     Day 1


     Nasi putih, tumis jagung dan kacang panjang (dengan saus tiram), Chicken Stick Original SO GOOD goreng, buah pepaya

   2.     Day 2


Nasi putih, bayam rebus siram sambal brambang asam, Fish Nugget SO GOOD goreng, bengkoang dan timun

   3.     Day 3


Nasi putih, Lodeh rebung, Chicken Stick SO GOOD goreng, tambahan timun dan pepaya

   4.     Day 4



Kentang goreng, Sayuran rebus siram saus kacang (pecel), Fish Nugget SO GOOD goreng, buah salak pondoh.

   5.     Day 5


Nasi putih, tumis bayam dan jagung manis, Chicken Stick SO GOOD saus teriyaki wijen, timun. Bikin Chicken Stick teriyakinya gampang banget, tumis bawang bombay cincang dengan sedikit minyak sampai harum, masukkan Chicken stick yang sudah digoreng, tambahkan saus teriyaki dengan sedikit air, aduk rata, koreksi rasa. Taburkan wijen. masak sebentar. 

   6.     Day 6

Nasi putih, tumis bayam jagung manis saus, Fish Nugget masak saus asam manis nenas, pepaya. Membuat Fish Nugget asam manis nanasnya juga gampang banget. Tumis bawang bombay cincang, tambahkan saus tomat, saus sambal, dan sedikit air aduk rata. Masukkan nanas dan nugget aduk rata. koreksi rasa.


4 komentar

  1. Waah bisa ditiru nih menunya, aku kurang kreatif soale dalam memvariasikan menu, hehe

    BalasHapus
  2. Wow enaknyaaaa, terjamin deh nggak bakal laper kalo disediain bekal seperti ini :)

    BalasHapus
  3. makasih masukannya bu, saya jadi punya bayangan bakal menyiapkan menu bekal untuk anak-anak untuk ke sekolah.

    BalasHapus
  4. Boleh juga nih di coba semuanya. terimakasih ya kak postinagannya sangat membantu. :)

    BalasHapus