Nilai-Nilai Luhur Pramuka Yang Bisa Diterapkan Dalam Kehidupan

Pramuka Dan Keterampilan Hidup


Semasa sekolah menengah saya akrab banget dengan yang namanya kegiatan Pramuka. Saya termasuk aktif di Pramuka. Bahkan hamper semua kegiatan perkemahan antar sekolah saya ikuti. Ga cuman itu tahun 1996 saya lolos untuk mengikuti perkemahan Jambore Nasional di Jakarta. Whoaaa prestasi banget zaman itu kalau bias ikut Jambore Nasional Penggalang. Yang ikut pesertanya dating dari seluruh provinsi Indonesia.


Nah, banyak banget ilmu yang saya peroleh dari kegiatan Pramuka ini. Saya belajar disiplin, berani, bertanggung jawab dan bersemangat untuk berkarya. Bisa dibilang nilai-nilai yang dibangun oleh Pramuka itu cocok banget buat remaja.

Keterampilan Hidup Yang diajarkan di Pramuka
Banyak banget keterampilan hidup yang diajarkan di Pramuka. Mulai dari survive saat di hutan, simpul dan tali temali, mencari sumber air, menentukan arah mata angin, membuat peta dan masih banyak lagi.
Buat saya keterampilan hidup ini bermanfaat banget buat saya. Saya bahkan ga takut-takut untuk melanjutkan sekolah dari Kalimantan ke Yogyakarta selepas SMP. Padahal zaman segitu jauh dari orangtua itu susah komunikasinya. Tetapi saya berani aja berangkat sendiri ke Jawa ga didampingi orangtua.
Itulah kenapa saya sering cerita sama anak-anak tentang manfaat Pramuka. Bahkan anak-anak meskipun homeschooling sempat aktif juga di pramuka cabang UGM. Dan rutin latihan seminggu sekali.
Memanfaatkan Nilai-Nilai Pramuka Saat Dewasa
Ada banyak pelajaran penting dari Pramuka yang bisa diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Kita terbiasa saling tolong-menolong, bergotong-royong, saling menghargai sesama, berani mengeluarkan pendapat dan bertanggung jawab. Itu nilai-nilai yang ga bisa diperoleh dari pelajaran sekolah sebenarnya. Tetapi penting banget buat kehidupan kita bermasyarakat.
Nilai-nilai itu juga saya terapkan dalam pekerjaan saya saat ini sebagai blogger. Saya berusaha betul untuk tepat waktu saat hadir event untuk liputan. Mengumpulkan laporan sesuai tenggat klien dan juga berusaha memberikan hasil terbaik. Bahkan semangat untuk terus belajar dan memperbaiki diri juga muncul dari semangat menghasilkan karya terbaik tersebut.

Ga pernah menyesal pernah aktif di dunia pramuka Indonesia. Tak hanya itu dari Pramuka juga saya bertemu sahabat baru dan memperluas networking tak hanya di dalam negri tapi juga beberapa teman pramuka asal manca Negara.

3 komentar

  1. Kebalikannya denganku Mbak, kurang suka pramuka. Padahal dulu aktif sekali, sekarang nyesel, coba dulu bukan hanya aktif, tapi ikut terlibat dalam kepanitiaan, kan seru

    BalasHapus
  2. Aku juga suka banget mbak mengikuti kegiatan pramuka... Seruuu ya... apalagi pas kegiatan kemping nya...

    BalasHapus
  3. Bunda kan orang zaman baheula, hehe...gak ada tuh yang namanya kegiatan Pramuka, tapi anak-anak bunda, begitu juga cucu-cucu bunda giat mengikutu kegiatan Pramuka. Kegiatan tersebut memang mampu untuk mendidik anak-anak disiplin diri.

    BalasHapus

Beautynesiablog

beautynesia blogbeautynesia