Minhajul Muslim Anak, Buku Yang Sebaiknya Keluarga Muslim Punya




Seperti janji saya beberapa waktu lalu. Saya akan menulis review buku-buku yang saya pakai untuk homeschooling kami di rumah sebagai referensi teman-teman yang tertarik dengan homeschooling mandiri. Saya sendiri termasuk selektif untuk buku yang kami pakai sebagai panduan belajar anak-anak. Terutama sih jika berkaitan dengan ilmu diniyyah atau pelajaran agama islam. Memilih banget mana doa-doa yang shahih, amalan-amalan yang kuat secara hukum (tidak bid’ah dsb).


Nah, salah satu buku yang saya pakai untuk mengajari anak-anak adalah buku Minhajul Muslim Untuk Anak terbitan pustaka Arafah Solo. Kebetulan buku ini disusun dari kitab Minhajul Muslim tulisan Syeikh Abu Bakar Al-Jazairy. Jadi buku ini sebenarnya materi dari kitab tersebut tetapi dipilih materi-materi yang sebaiknya disampaikan untuk anak-anak. Masya Allah buku ini asli bagus banget. Terdiri dari empat buku yakni seri Aqidah, akhlak, adab dan ibadah.


Saya suka banget sama buku ini karena ini mewakili pelajaran-pelajaran hidup yang harus disampaikan pada anak-anak. Buku yang saya pakai pertama adalah seri adab dan akhlak. Kenapa adab dan akhlak karena itulah urutan yang diajarkan oleh para ulama ketika mengajari anak-anak. Ilmu yang tinggi tanpa disertai adab dan akhlak yang mulia isinya hanya kasar dan tidak beradab.
Untuk satu seri tidak terlalu tebal hanya 30 halaman. Buku yang disusun oleh Tim Kitabah Dhiya’ul Ilmi ini menurut saya salah satu seri panduan pendidikan anak yang sudah lolos pentarjihannya (istilahnya sudah lolos pengkajian kitab dan selamat dari subhat-subhat dan lolos dari riwayat-riwayat palsu atau hadist-hadist palsu) jadi aman digunakan untuk pembelajaran. Kenapa saya strick banget dengan riwayat-riwayat dan hadis-hadist palsu karena saya ingin anak-anak selamat dari amalan-amalan yang subhat.

Buku ini bias dibeli di Toko Buku Arafah Solo. Mungkin ada yang jual online juga. Harganya juga terjangkau. Jadi buat mak Irit Rahmi Aziza siapa tahu butuh refernsi buku-buku pendidikan anak yang harganya murah tapi isinya dahsyat sebaiknya punya buku ini.  

7 komentar

  1. Pingin buku ini buat Aqla,aku tunggu referensi dan review buku2 buat anak yg lain mak ^^

    BalasHapus
  2. Pingin buku ini buat Aqla,aku tunggu referensi dan review buku2 buat anak yg lain mak ^^

    BalasHapus
  3. td aku cari di toko-muslim.com ada ternyata, pengen beli ah

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Makasih referensinya mba. Lagi butuh juga nih buku.

    BalasHapus
  6. Cara menyampaikan ke anak-anak gimana Mak? Dibacakan, dilaksanakan atau gimana? Makasih sharing nya. :)

    BalasHapus
  7. makasih sharingnya, Mbak. Saya juga sedang memilih buku ini sebagai bahan ajar untuk HS anak saya, setelah baca review Mbak semakin yakin deh untuk pilih buku ini

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.