Daun Kelor, Mini Tapi Khasiatnya Besar





pict from: hallosehat
Daun Kelor Sebagai Anti Kanker
Ada yang tahu daun kelor? Iya tanaman pohon yang daunnya kecil-kecil itu. Saat ini daun kelor (Moringa oleifera) bisa dibilang naik daun. Banyak sekali produk makanan yang berbahan dasar daun kelor. Seorang teman pernah memajang produk spaghetti daun kelor di instagramnya. Tak Cuma itu ada juga the daun kelor yang sekarang lagi ngehits banget. Dan masih banyak lagi produk yang dibuat dengan bahan campuran daun kelor.


Kenapa sih daun kelor bisa melejit gitu? Ternyata nih ada banyak penelitian yang membawa-bawa si daun mini ini. Karena memang kandungan nutrisinya yang tinggi ternyata ada beberapa penelitian yang mengatakan daun kelor bisa bermanfaat sebagai anti kanker. Di grup collablogging KEB sedang membahas kanker nih. Ide ini di gagas oleh mak www.khairiah.com
Saya sendiri mencoba memanfaat daun kelor ini sebagai sayur di rumah kami. Beberapa kali saya membeli daun kelor dan juga mencoba menanamnya. Karena memang menanam pohon kelor itu aslinya gampang banget. Jadi belilah daun kelor di pasar tradisional yang masih lengkap dengan batang-batangnya. Nanti ambil aja itu daun-daunnya yang mini itu simpan daunnya dalam wadah kering kedap udara kalau mau langsung diolah. Nah batang-batangnya yang ga dipakai itu bisa langsung ditancapkan ke pot yang berisi tanah dan pupuk. Ga nyampe seminggu muncul tunas-tunas daun baru. Saya sendiri sudah punya beberapa batang pohon kelor yang saya tanam di pot.
Daun kelor enaknya di bikin apa sih? Ada banyak menu yang bisa kita dapatkan dari daun kelor. Antara lain: bobor kelor, bothok kelor, lodeh kelor, dan masih banyak lagi. Nah berikut saya kasih satu resep menu daun kelor yang disukai keluarga kami.

dokumen pribadi

Bobor Kelor
Bahan:
1 ikat daun kelor, sisir daunnya buang batangnya.
3 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1 ruas kencur
500 ml santan sedang kentalnya
Garam, gula dan penyedap rasa kalau suka
Cara membuat
1.     Bersihkan daun kelor
2.     Haluskan bawang merah, putih, dan kencur.
3.     Siapkan santan di dalam panci panaskan di atas kompor. Aduk santan agar tidak pecah
4.     Masukkan bumbu halus
5.     Masukkan daun kelor. Aduk rata
6.     Tambahkan garam dan gula serta penyedap rasa
7.     Hidangkan hangat dengan taburan bawang goreng

Berikut beberapa manfaat daun kelor sebagai anti kanker.
1.     Memiliki Efek Anti-kanker
Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menguji seberapa banyak manfaat daun kelor untuk penderita kanker. Hasilnya, beberapa penelitian telah menemukan bahwa daun kelor memiliki sifat anti-tumor dan anti-kanker karena kandungan senyawa aktif niaziminin di dalamnya. Kandungan senyawa aktif ini tentunya akan membantu mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh.
2.     Dapat Mencegah Pembentukan Sel Kanker
Kandungan antioksidannya yang sangat kuat membuat daun kelor sangat ampuh untuk dapat mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, daun kelor juga mengandum potasium yang cukup tinggi sehingga dapat memperlambat bahkan menghentikan pembentukan sel kanker di dalam tubuh.
3.     Berperan Sebagai Antimikroba dan Antibakteri
Manfaat daun kelor berikutnya adalah dapat berperan sebagai antimikroba dan antibakteri di dalam tubuh penderita kanker, sehingga dapat membantu proses penyembuhan dan pengurangan sel-sel kanker.
4.     Dapat Menghancurkan dan Membunuh Sel Kanker
Kandungan isothiocyanate benzil di dalam daun kelor dinilai dapat menghancurkan sel tumor dan sel kanker di dalam tubuh karena kandungan tersebut memiliki kemampuan antikanker dan chemoprotective. Chemoprotective dibutuhkan oleh penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi untuk memperkuat sel-sel tubuh mereka dan membantu mereka untuk bertahan dari efek samping pengobatan kanker kemoterapi.
5.     Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Penderita Kanker
Kandungan berbagai nutrisi, vitamin, mineral, dan juga asam amino di dalam daun kelor sangat berguna untuk menjaga tubuh agar tetap bugar sehingga dapat meningkatkan imunitas penderita kanker. Kondisi ini tentunya diperlukan bagi tubuh mengingat banyak penderita kanker yang tubuhnya kian melemah akibat dari efek samping pengobatan kanker secara medis maupun efek dari perkembangan sel kanker di dalam tubuh.
(sumber: faktakanker.com)


2 komentar

  1. Wow ternyata daun yg kecil ini punya manfaat gede ya.. Kayaknya kalau disajikan jd bobor gitu kok keliatannya enak ya.. Hhh

    BalasHapus
  2. Iya daun kelor dibuat bobor kadang juga sayur bening kayak sayur bayam gitu.

    BalasHapus