1000 Hari Pertama Kehidupan, Masa Penting Untuk Kehidupan Selanjutnya


Saya selalu antusias kalau dapat undangan dari Nutrisi Untuk Bangsa Saat Hari Gizi Nasional. Jadi bisa dibilang event Sabtu kemarin itu adalah event yang kesekian bersama Nutrisi Untuk Bangsa dalam rangka Hari Gizi Nasional. Dan seneng banget bisa ikut berpartisipasi.


Nah kemarin Hari Gizi Nasionalnya bukan dalam bentuk karnaval gizi tetapi workshop kesehatan. Tema yang diangkat adalah Nutrisi Terbaik Di 1000 Hari Pertama Kehidupan. Pematerinya seorang dokter spesialis anak dr. Endi SPA yang bertugas di Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Kedokteran , Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan RSUP Dr. Sardjito. Menurut beliau bahwa yang dimaksud dengan 1000 hari pertama kehidupan adalah dari awal kehamilan sampai usia dua tahun. Kenapa 1000 hari pertama kehidupan itu penting karena ia menentukan kualitas kehidupan selanjutnya. Makanya penting banget buat para ibu mempersiapkan kehamilan mereka. Termasuk nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Karena pembentukan sel otak dan sel tulang belakang justru dibentuk pada masa-masa awal kehamilan.

Asam folat adalah nutrisi penting di awal-awal kehamilan tersebut. Itulah kenapa para tenaga kesehatan selalu meresepkan asam folat untuk para ibu yang akan merencanakan kehamilan dan para ibu hamil.
Apa yang dikonsumsi oleh ibu akan sampai pada janin. Bahkan sebuah penelitian seorang dokter di Argentina membuktikan hal tersebut. Dimana sang dokter melakukan sebuah treatmen pada dua kelompok ibu hamil. Kelompok pertama diberi asupan wortel dalam berbagai olahan sedangkan kelompok kedua tidak diberi wortel sama sekali. Setelah bayi-bayi mereka lahir anak-anak yang lahir dari kelompok ibu yang diberi wortel sangat mudah makan wortel sedangkan yang lahir dari kelompok ibu yang tidak diberi wortel ternyata sangat tidak menyukai wortel. Tiulah kenapa pentingnya membentuk kebiasaan makan sejaka masa kehamilan agar anak-anak juga mudah terbentuk kebiasaan makan yang baik mereka.
Pembicara berikutnya adalah seorang bidan yakni Ibu Nunik Endang selaku ketua Ikatan Bidan Indonesia Yogyakarta. Beliau menganjurkan untk memberikan ASI eksklusif pada bayi baru lahir sampai berusia enam bulan. Kemudian diikuti dengan MPASI sampai berusia setahun. Kemudian anak-anak bisa makan makanan rumahan sejak berusia satu tahun ke atas.
Perhatikan juga usia produktif si ibu hamil karena itu juga mempengaruhi. Usia produktif bagi seorang wanita adalah antara 22-35 tahun sedangkan di atas usia tersebut sangat beresiko untuk hamil.



Selesai workshop para teman-teman media diajak membuat cemilan bersama pemenang kompetisi memasak yang diselenggarakan oleh Danone Group. Kami diajak membuat Puding roti susu. Selain itu juga ada chef Rissa salah satu pemenang selebrity chef Indonesia yang membagikan beberapa resep menu sehat yang dibuat dari bahan-bahan alami yakni daun kelor dan daun katuk.



Hari itu banyak banget ilmu yang saya bawa pulang. Puas dan senang. Sebagai salah satu Mombassador SGM saya selalu antusias dengan materi yang diberikan oleh Nutrisi Untuk Bangsa dang a pernah bosan bisa bergabung di event-event kerennya. Terimakasih Nutrisi Untuk Bangsa. 

1 komentar

Beautynesiablog

beautynesia blogbeautynesia