Catatan Umroh Backpacker #1





Bismillah
catatan ini saya buat untuk kepentingan pribadi aja sih. Karena rencananya insya Allah kalau kami sudah menemukan jalan yang pas buat umroh ala backpacker besok-besok mau bawa anak-anak untuk umroh juga. Aamiin.
jadi berikut yang saya persiapkan untuk umroh kami ini.
1. Tiket berangkat. sengaja beli tiket berangkat dulu. karena dananya juga terbatas. Selain itu saya dan suami masih punya rencana siapa tahu nanti pulangnya bisa mampir dulu kemana gitu. Tetapi bukan berarti niat kami jadi ga ibadah lagi. Insya Allah perjalanan ini buat umroh alias ibadah. Dan kalau ternyata ada rejeki mau di sekalian mengunjungi tempat-tempat bersejarah Islam yang lain. Aamiin.
tiket berangkat saya beli via Airasia. Dari Jakarta-Jeddah, berdua kemarin habis 6 juta 700-an. Bayarnya via Alfamart. Sengaja pilih via Alfamart biar nambahin point Ponta aja. Oia kalau bayar via Alfamart per-transaksi maksimal cuman 5 juta aja. jadi kemarin bikin dua transaksi.


2. Booking hotel. 
Karena booking hotel termasuk syarat buat bikin visa selain tiket. Karena nginepnya di dua tempat yakni Mekkah dan Madinah jadi saya hunting dua tempat ini. Di Jeddah kami ga berniat bermalam.
Saya booking hotel di Madinah tepatnya di Sofaara Al Ayman. Alhamdulillah ini hotel setara bintang 4 yang harganya murah meriah. Pesan via Airasiago. Untuk tiga malam bayar 1.015.000 an. Karena harus pake CC kalau Airasiago ini jadi saya minta tolong si nurulnoe.com buat ngurusin hotel di Madinah ini.
Untuk hotel yang di Mekkah saya masih hunting lagi. Ini barusan ngecek ternyata ada hotel yang murah untuk lima malam cuman 1 juta 80 ribu ngecek di booking.com. 
Pertimbangan saya dan suami sih untuk hotel adalah harga dan juga jarak ke Masjidil haram dan juga masjid Nabawi. Mau banyak-banyak ibadah di dua masjid tersebut. Jadi kalau bisa yang dekat dari hotel.
barusan dapat hotel di AirAsiago (yeah kayaknya AirAsiago harus ngasih aku duit karena dari kemarin ngiklanin mereka ). Nama hotelnya Knooz Al Diafah di daerah Ummul Quro Road. Ya agak lumayan sih dari Masjidil Haram. Kalo baca review para travelers sih naik taksi cuman 2-3 menit kalo jalan ga terlalu jauh. Oia hotel ini nyediain shuttle bus every time prayer, Alhamdulillah. Kemarin saya booking aja pake kartu debit. Bayarnya nanti di Mekkahnya langsung untuk 5 malam bayar 380 Riyal. Oia omong-omong, kartu debit yang saya pakai berlogo master card. Kemarin waktu di Kl dan Singapore saya juga mengandalkan kartu debit itu buat transaksi. Karena kami sendiri ga memakai credit card. 

3. Akomodasi dari Jeddah ke Madinah
Rencana kami dari Jeddah lalu menuju Madinah dulu baru ke Mekkah. Dari Jeddah ada bis SAptco namanya. Ternyata bisa booking via web barusan nyoba sih tapi ga ngerti kok jadwalnya ga keluar. besok mau nyoba lagi. Tiket bus dari Jeddah ke Madinah mulai 160-240 ribu. Tapi ga ngerti apa yang membedakan harga ini.
untuk transprtasi dari Airport menuju terminal bisnya bisa pakai Uber ternyata perkiraan bayarnya cuman 70-90 ribu. Alhamdulillah ada taksi online. kebetulan saya ada aplikasi uber di hape. oia di Mekkah dan Madinah juga ternyata bisa pakai Uber kok. saya ngecek info transportasi ini via rome2rio.com 


nah sementara ini dulu sih catatan saya. Besok progress-nya saya lanjutin lagi ya insya Allah. Doain lancar ya. Aamiin.

Tidak ada komentar