Oxytocin Journey, Perjalanan luar biasa menyusui para ibu

pict by: www.primahapsari.com

Memiliki 6 orang anak adalah anugrah luar biasa buat saya. Sebelum menikah saya sudah mempersiapkan diri bahwa nantinya saa akan memberikan ang terbaik untuk anak-anak saya. Termasuk di dalamna makanan yang halal dan thayib. Dan saya berkomitmen untuk memberikan ASI untuk bayi kami.


Alhamdulillah kehamilan saya berjalan lancar. Anak-anak semuanya terlahir normal dan sehat. Dan alhamdulillah saya tidak kesulitan memberikan mereka ASI.


Jogja Oxytocin Journey diisi oleh pemateri konselor menyusui dengan 5 anak dan 1 calon bayi: Arit Widowati, KL. Beliau juga memiliki 14 anak susuan. Arit menjelaskan ada beberapa kunci menyusui. Terdapat anjuran menyusui selama 2 tahun oleh WHO. Namun, ada dasar yang jauh lebih tua. Yaitu, dalam Al-Qur’an. Salah satunya surat Al-Baqarah ayat 233. Menyusui itu Ibadah
Iya benar banget. Menyusui itu buat seorang muslim adalah ibadah.
Berikut materi bincang-bincang Sabtu lalu.
Kunci (1) Niat yang kuat
Niat menyusui dengan keras kepala sebenarnya tidak cukup, tapi juga harus disertai dengan iman dan takwa.  Jika disertai dengan iman, maka proses menyusui akan benar-benar mengharap pahala dari Allah dan rugi jika meninggalkannya. Tidak hanya 1 ayat saja dalam Al-Qur’an yang menjelaskan petunjuk menyusui selama 2 tahun.
Setidaknya menurut ayat berikut:
            -Al Baqarah ayat 233
            -Luqman ayat 14
            -Ath-Thalaaq ayat 6
Lama masa penyusuan sampai 2 tahun. Baik itu menyusu pada ibu kandung maupun ibu susuan.

Tak hanya itu, hak ASI juga sangat diutamakan oleh Rasulullah dalam hadits-hadits. Salah satunya kisah wanita Al-ghamidiyah yang merupakan pezina, hendak dihukum karena perbuatannya. Tapi Rasulullah selalu menunda hukumannya hingga anak yang dikandung lahir, bahkan sampai menunggu masa penyusuannya berakhir.

Selain itu, dalam agama kristen pun terdapat petunjuk tentang Alkitab yang menjelaskan pentingnya ASI/menyusui bagi seorang bayi. Pada 1. Petrus 2:2 menyebutkan bahwa ASI sangat dibutuhkan seorang bayi untuk tumbuh.
Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,
2. Mazmur 22:10 menyebutkan bahwa dengan menyusui akan membuat seorang bayi merasa aman, karena dekat dengan ibunya.
Kepada-Mu aku diserahkan sejak aku lahir, sejak dalam kandungan ibuku Engkaulah Allahku.
3. Mazmur 8:2 menyebutkan bahwa pada mulut bayi dan anak yang menyusu Allah menaruh dasar kekuatan. Kekuatan di sini erat kaitannya dengan banyaknya kandungan zat antibodi/kekebalan tubuh dalam ASI
Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu telah Kauletakkan dasar kekuatan karena lawan-Mu, untuk membungkamkan musuh dan pendendam.
4. Hosea 1:8 menyebutkan bahwa setelah Gomer menyapih Lo-Ruhama, ia hamil untuk yang kedua kalinya. Hal ini mendeskripsikan bahwa menyusui merupakan metode kontrasepsi alami, ini sesuai dengan teori kebidanan, bahwa ibu yang menyusui bayinya secara penuh (setiap saat ketika bayi ingin hanya memberikan ASI saja tanpa tambahan apapun) sejak usia 0-6 bulan, akan menghambat masa ovulasi/menekan kesuburan (asalkan ibu belum menstruasi lagi).
Sesudah menyapih Lo-Ruhama, mengandunglah perempuan itu lagi dan melahirkan seorang anak laki-laki.

Kunci (2) YAKIN BAHWA ALLOH MENJAMIN REJEKI ANAK KITA SEJAK LAHIR LENGKAP DENGAN BEKALNYA : ASI DALAM PAYUDARA IBU
Semua makhluk terlahir sudah dijamin rezekinya. Termasuk bayi yang lemah tak berdaya. Rezekinya adalah ASI yang diperoleh dari ibunya. Jika ini kita imani, maka hendaknya kita muali mencari ilmu tentang ASI. Ilmu yang paling utama adalah memahami bagaimana ASI berproduksi, agar kita percaya diri. Karena pada umumnya para ibu mengeluh ASInya cuma menetes lalu dianggap tidak mencukupi kebutuhan bayinya.

Produksi ASI dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan oksitosin. Prolaktin berfungsi memproduksi ASI. Sedangkan oksitosin untuk mengeluarkan ASI dari payudara. Oksitosin diproduksi ketika ibu rileks dan bahagia. Jadi dua hormon itu harus saling berkolaborasi. Percuma jika ASI diproduksi banyak, tapi ibu dikejar target, stress, tegang dan sejenisnya. Sehingga ASI juga susah keluar.

Ada banyak faktor pendukung agar ibu dapat menyusui. Misalnya lingkungan seperti ayah ASI, nenek ASI, atau orang di sekitar ibu yang mendukung suksesnya ASI sangat berperan. Faktor lainnya adalah hal yang mempercepat dan memancing produksi hormon prolaktin, disebut dengan laktagog (galactagogue).
ASI Booster Tea adalah minuman pengganti teh untuk ibu menyusui. Dengan formulasi rempah-rempah yang tepat, dapat membantu meningkatkan produksi ASI hingga 900%. Tersedia dalam bentuk biji-bijian rempah-rempah (ASI Booster Tea) dan minuman serbuk praktis (ABT Superdrink).

Jangan lupa ada suatu protein yang menghambat ASI yang dinamakan FIL (Fedback Inhibitor of Lactation). “FIL ini akan aktif jika ibu lama tidak menyusui. Produksi ASI akan dihambat. Jadi normalnya ibu menyusui harus menyusui atau mengleuarkan ASI-nya 8-12 kali sehari.” ujar Li Partic yang juga konselor menyusui dan childbirth educator itu.

Kunci (3) Windows Shopping Vendor Bersalin
Selain harga, kita juga harus survei fasilitas bersalin di bidan, klinik, atau rumah sakit. Apakah Pro IMD yang benar dan Pro ASI?
Ciri-cirinya adalah bayi dirawat gabung dalam kamar yang sama dengan ibu, IMD dilakukan sampai bayi menemukan sendiri puting ibu (biasanya sampai 1 jam), bayi tidak dimandikan dulu, karena aroma air ketuban mirip ASI sehingga mempermudah bayi menemukan puting ibu.

Ingat, 72 jam pertama kehidupan bayi, sebenarnya belum membutuhkan asupan apapun kecuali ASI. Tidak apa-apa jika bayi menangis sering. Karena kondisi dunia luar tidak sehangat dalam rahim. Susui dan susui terus. Minum ABT untuk mempercepat dan memperbanyak produksi ASI.

Kenali tanda cukupnya ASI sehingga kita bisa percaya diri. Bayi umur 1 hari pipis min 1x. Umur 2 hari min 2x. 3 hari 3x. Sampai umur 6 hari dan seterusnya sampai 6 bulan minimal 6x sehari BAK-nya. Pertambahan berat min 500 gram per bulan juga menunjukkan cukupnya ASI. Sehingga jika sudah terlihat tanda-tanda itu, tidak perlu melirik sufor untuk membantu nutrisi bayi.
Tentang ASI Booster Tea
ASI Booster Tea pertama dilaunching tahun 2012. Teh rempah ini merupakan teh pelancar ASI pertama di Indonesia. Bentuknya biji-bijian. Cara pakainya direbus kurang lebih 5 menit atau sampai mendidih, lalu diminum sarinya. Bisa ditambah gula, madu atau pemanis lainnya.

Tahun 2017, diluncurkan produk baru berupa minuman serbuk yang mengandung rempah-rempah praktis, bernama ABT Superdrink. Tinggal Tuang, Aduk, Minum. Dapat langsung dituang pada minuman yang sudah jadi seperti jus, susu, dll.

Website: www.asi.web.id
Facebook: http://fb.me/asi.web.id
Instagram: http://instagram.com/asiboostertea

Twitter: http://twitter.com/sumberinfo_ASI

1 komentar

  1. Wah mb irul keren...6 orang anak?Masya Allah...dua jempol deh...:)

    BalasHapus