Jumat, Mei 05, 2017

Ketika Gosip Menjadi Hiburan




Semingguan ini jujur saya baper sama statusnya Chiki Fawzi di Instagram. Sebenarnya saya awalnya ga ngikutin sih kasus emaknya si Chiki ini. Wong ga follow akunnya yang manapun. Jujur akun seleb yang saya follow di twitter cuman dua bijik, Maher Zain dan Paul Walker (gitu ya namanya orang ngefans orangnya sudah meninggal aja aku masih follow cobak). Karena untuk gossip artis saya ga ngikutin ga punya tipi di rumah dan dang a punya tipi kabel juga. Jadi bias dibilang aman deh rumah dari info(tai)ment, hahahahaha.


Tetapi ramainya berita si Chiki dan Kakaknya di social media membuat saya ikutan sedih juga. Dua anak perempuan ini (saya menyebutnya anak ya) dibully Karena apa yang dilakukan oleh si ibu. Duuuh. Ga adil banget sih kadang dunia ini. Ada orang yang jumpalitan mendidik anak-anaknya agar jadi anak shalih/hah tetapi anaknya biasa-biasa aja dan giliran ada orang yang nyebelin eh anaknya kok yo apik. “Itulah keadilan Allah”kata suami. Hish, bikin baperku tambah aja.
Kadang ada orang yang kematangan dan kedewasaannya berkembang seiring usia. Ada juga yang kedewasaannya ga berkembang-kembang cuman segitu doing. Tetapi ada juga yang mendapat rejeki sudah bijak sejak usia dini. Ini benar-benar rejeki untuk si anak dan untuk si orang tua. Gimana ga rejeki untuk orang tua coba. Orang tua mana yang ga bahagia punya anak yang dewasa dan bijak menyikapi permasalahn hidup. Karena yang namanya hidup itu adalah kumpulan masalah-masalah baik yang receh sampai yang melimpah-limpah. Jadi kalau gam au dapat masalah ya ga usah hidup aja sih.


Nah seringnya kita ga adil menempatkan masalah. Saat kita ga suka sama seseorang, seseibu, sesebapak, dan sese yang lainnya kita malah merembetkan masalah itu kemana-mana. Termasuk dalam kasus si Chiki Fawzi ini. Saya follow si Chiki dari zaman kapan itu. Nah kemarin saya kaget juga pas lihat foto dia di temlen eh yang komen kok jelek-jelek. Duuuh. Duniaaa :(... sudah gitu celaan mereka terhadap Chiki dan saudaranya menjadi hiburan jagat sosmed.


Dari sini saya jadi instropeksi diri jangan-jangan saya kayak kebanyakan orang-orang nih ketika menghadapi gosip. Langsung hantam kromo tanpa tedeng aling-aling.
Saya punya sedikit tips nih saat menghadapi gossip yang berhembus.

1.     Kembalilah kepada Allah. Karena Allah-lah pemilik semua hati manusia. Mintalah pada Allah. Perbanyaklah amalan shalih. Mungking saran seperti ini kayaknya klise banget. Tapi percaya deh saat sudah ga ada orang yang bias percaya lagi mau lari kemana lagi kita kecuali lari kepada Allah. Istilahnya jalan sudah mentok.

2.     Tak usah sekuat tenaga melakukan klarifikasi. Karena ya yang namanya orang bergosip semakin ditanggap semakin keras balasan dia. Suka banget dengan gayanya si Chiki nanggapin orang-orang yang menyerang dia dan juga kakak dan ayahnya. Gayanya cool banget. Gue suka gaya lo.

3.     Jika termasuk pihak yang mendapat kabar gosip semacam itu. Tahan lisan kita. Itu lebih selamat kayaknya. Apalagi mau bulan puasa nih. Daripada pahala puasanya ga bersisa sama sekali mending ditahan itu lisannya.

4.     Menjauhlah dari sumber-sumber gossip. Unfollow itu akun-akun gossip di social media. Sampah semacam itu ga layak dikasih tempat untuk pikiran kita. Beneran mending follow akun-akun yang bersifat motivasi dan mengingatkan kita untuk berbuat kebaikan. Gimana saran saya yang ini sudah macam Mamah Dedeh belum? Hehehehe. Tetapi beneran deh mending menjauh dari sumber penyakit.

Itu sedikit tips receh ala saya sih. Meskipun klise banget tapi harus dengan sekuat tenaga untuk melaksanakannya. Karena memang lisan itu salah satu kunci yang menyelamatkan kita dari api neraka. Haduh sudah bawa-bawa neraka aja nih si emak). 

3 komentar:

  1. sudah setahun saya menghapus siaran tv berbahasa Indonesia jadi jg ga begitu ngikutin gosip
    cuma lihat d medsos jg sama mbak salut sm dua putri itu plus suaminya. sabar tenan

    BalasHapus
  2. hiks hiks, sejak berita ini beredar, saya jadi tahu siapa "Ibu yang terhormat doktor hajah" sebenernya, gimana suaminya, gimana anak anaknya, siapa hatersnya, siapa yang dia benci, sumpah buang buang waktu semalaman

    BalasHapus
  3. aku juga ga ngikutin si hosip ttg ibunya tau2 di timeline sampe ada yg bikin status respek sama chiki 😂 aku jg ada tg jrg ntn dan tau berita malah dr timeline 😂 makasi sarannya mba

    BalasHapus