Rabu, April 19, 2017

4 Kelebihan Kompor Gas

Menilik 4 Kelebihan dari Kompor Gas

masih ingat zaman kompor minyak masih berjaya? repot ga? atau dibanding kompor listrik lebih suka yang mana?



Kegiatan memasak di zaman modern seperti sekarang memang membuat kalangan ibu lebih memilih memakai kompor. Berbeda sekali dengan zaman dulu yang masih memakai tungku dengan bara api, tentunya kehadiran kompor kini lebih disukai karena semakin praktis saat sibuk di dapur. Jenis kompor pun ada banyak, namun mayoritas masyarakat kita memilih kompor gas padahal ada kompor induksi dan kompor listrik. Anda tentu sempat heran dan bertanya, mengapa kompor yang memakai bahan bakar gas lebih dilirik?



Kompor dengan Sekian Kelebihan
 
pict from pixabay



Bisa dikatakan usai digusurnya kompor minyak dengan kompor berbahan bakar gas, umur kompor jenis gas ini lebih peka zaman. Sebab meski sudah hadir inovasi lebih modern seperti kompor listrik rupanya masyarakat tidak segera move on dari kompor jenis ini. Buktinya penjualan kompor di berbagai toko maupun swalayan tetaplah tinggi sampai sekarang, konsumsi gas pun tetap tinggi bahkan terus meningkat. Hal ini menunjukan bahwa kompor dengan bahan bakar gas lebih disukai dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
 
pict from pixabay





Kompor jenis gas ini memang memiliki umur yang cukup panjang, dan tentu saja semua penggunanya merasakan kelebihan tersendiri. Secara umum kompor satu ini menawarkan beberapa kelebihan menarik, sebut saja seperti:

1.     Harga yang lebih ekonomis,
Satu unit kompor jenis gas ini bisa didapatkan dengan harga ratusan ribu, apalagi untuk yang tungkunya hanya satu. Harga yang murah membuatnya menyentuh semua kalangan sehingga menjadi pilihan ekonomis kalangan ibu rumah tangga.

2.     Bahan bakar yang juga mudah didapatkan,
Soal bahan bakar memang gas sampai saat ini masih mudah untuk didapatkan, apalagi pemerintah menawarkan gas berukuran 3 Kg. meski begitu Anda bisa memilih gas lain misalnya biogas, bluegas, dan lain sebagainya sebagai bahan bakar kompor gas kesayangan. Banyaknya pilihan bisa disesuaikan dengan kantong sebab jenis gas berbeda membuat harga belinya juga berbeda. Intinya disesuaikan saja dengan kantong dan ketersediaan barang.

3.     Penggunaan yang praktis dan efisien,
Memakai kompor jenis gas ini juga terbilang praktis, sekaligus efisien karena bisa langsung memanaskan masakan. Piranti masak akan segera hangat dan mampu mematangkan bahan makanan mentah dalam hitungan menit sampai jam. Berbeda sekali dengan kompor listrik yang perlu menunggu beberapa lama dahulu baru bisa dipakai memasak. Sebab memakai sistem memanaskan elemen seperti sistem pada setrika listrik, otomatis waktu memasak Anda menjadi lebih lama.

4.     Perawatan yang murah dan lebih sederhana,
Soal perawatan rupanya kompor jenis gas ini juga terbilang ekonomis, sebab jauh lebih murah dan juga praktis. Anda cukup memperhatikan kebersihan body kompor dengan mengelapnya setiap kali habis memasak. Kemudian membersihkan selang regulator supaya aliran gas tidak terkendala dan mencegah terjadinya kebocoran gas. Opsional lain adalah memanggil tukang dari Pertamina yang biasanya tidak dipungut biaya, sehingga jauh lebih ekonomis dari jenis kompor lainnya.

Tentukan Pilihan Kompor dengan Tepat
 
pict: from pixabay




Supaya awet baiknya sejak awal menentukan kompor dengan tepat, mulailah memilih dari segi desain yang kokoh dan material yang terlihat kuat. Pertimbangkan pula soal merek sebab merek dari kompor jenis gas ini ada bermacam-macam dan beberapa dikenal bagus. Harga bisa disesuaikan sebab bisa memilih yang hemat dengan jumlah tungku terbatas atau yang lebih kompleks. Jangan lupa dirawat dengan baik, gunakan selang regulator sesuai standar supaya kompor gas lebih aman dipakai memasak sehari-hari.

2 komentar:

  1. aku kemarin kepengn nyoba beli kompor listrik tapi langsung batal gara2nya liat testimoni teman yg bilang bayar listriknya mihil hehehehe

    BalasHapus
  2. lagi mau nyari kompor gas baru nih, langsung ke tkp :)

    BalasHapus