Senin, April 24, 2017

5 Resep Cemilan Sehat Untuk Penuhi Nutrisi Ibu Hamil


Tetap Penuhi Nutrisi Penting Di awal Kehamilan 
Dengan Cemilan Sehat

Ibu hamil meskipun mual tetap harus makan lo. Sedikit tips dari saya saat menjalani kehamilan adalah mencoba berbagai resep cemilan sehat. Ga bisa makan nasi ganti dengan cemilan sehat. Kalau muntah nanti kalau sudah hilang mualnya makan lagi. Begitu aja tipsnya




Jujur buat saya masa semester pertama kehamilan adalah sesuatu yang bikin ga nyaman. Tidur salah bangunpun salah. Makan muntah ga makan mual. Kalau mau diturutin rasanya ga pengen makan apa-apa kecuali mangga muda -____-


Padahal masa awal kehamilan adalah dimana masa penting kehamilan itu sendiri. Berdasarkan referensi yang saya baca di www.hamil.co.id di Trimester Pertama ( Minggu Ke-1 Sampai dengan Minggu Ke-12 ) ibu hamil sangat membutuhkan nutrisi yang tinggi.

Saat trimester ini janin sedang mengalami pembentukan dan perkembangan sehingga kebutuhan gizi nutrisi ibu hamil harus tercukupi. Di dalam rahim ada pembentukan kantung janin sampai dengan berisi dengan janin.

Pada minggu pertama sampai dengan minggu keempat (perkembangan janin 1 bulan), ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori seperti daging merah dan daging unggas. Kalori diperlukan agar tubuh memiliki energi yang cukup dan agar janin yang tengah terbentuk bisa berkembang pesat. Jumlah kalori yang harus dikonsumsi minimal 2000 Kcal per harinya.
Minggu kelima dan minggu keenam ibu hamil masih akan mengalami muntah dan mual. Banyak vitamin dan juga mineral yang terkandung dalam sayuran hijau sangat bermanfaat bagi ibu hamil.
Pada minggu ketujuh dan kedelapan (perkembangan janin 2 bulan) janin akan mengalami pembentukan rangka dan tubuh janin. Untuk menunjang pembentukan tulang tersebut dibutuhkan kalsium sebanyak 1000 miligram per harinya.
Pada minggu kesembilan ibu hamil membutuhkan vitamin C dan Asam folat yang banyak. Jumlah asam folat yang harus dikonsumsinya adalah 0,6 miligram per harinya.
Pada minggu kesepuluh ibu hamil membutuhkan nutrisi berupa protein yang mengandung asam amino yang tinggi. Asam amino ini bermanfaat untuk membentuk otak pada janin, bisa dikombinasikan dengan DHA dan juga kolin agar janin dapat memproduksi sel otak lebih sempurna.
Pada minggu kedua belas (perkembangan janin 3 bulan) ibu hamil membutuhkan nutrisi yang tinggi. Nutrisi itu ada pada vitamin. Fungsinya adalah untuk menghindari bayi lahir dengan cacat. Vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin A, vitamin B1, B3, B2 dan juga B6. Jumlah yang harus dikonsumsi per hari adalah 60 gram per hari.

Nah itu adalah nutrisi penting buat ibu hamil di semester awal. Jadi mangga muda saja tidak bakalan cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Hiks. Jadi please ya demi apapun seorang ibu hamil perlu memaksakan diri untuk makan makanan yang bernutrisi.
Karena sebagai ibu rasanya egois banget jika tidak memikirkan janin mungil yang dititipkan di dalam rahim kita. Enam kali hamil enam kali juga saya merasakan morning sick yang ga selesai-selesai. Tetapi alhamdulillah rasa mual itu saya lawan. Iya beneran saya lawan. Dengan apa melawannya? Dengan makan makanan enak. Hahahaha. Iya beneran dengan bikin makanan enak itu salah satu bentuk perlawanan saya terhadap rasa mual. Kalau muntah makan lagi ^_^

Pilih Resep Syarat Gizi

Awalnya susah banget. Lah gimana mau masak baru masuk dapur sudah kliyengan. Tetapi saya atasi dengan mengumpulkan resep masakan enak yang bernutrisi untuk ibu hamil. Zaman awal-awal hamil dulu saya mengumpulkannya dari majalah dan tabloid wanita. Setelah internet mulai ramai saya browsing di internet. Saya selektif memilih sumber pencarian saya agar resep benar-benar terbukti sehat dan sarat gizi. Ternyata menyenangkan ya bergerilya mengumpulkan resep makanan. Rasanya puas banget bisa ngumpulin resep makanan enak. Nah perhatikan bahannya harus memenuhi nutrisi ibu hamil.
1.     Asam folat
2.     Protein yang mengandung asam amino
3.     Berbagai macam vitamin
4.     Kaya kalsium
5.     Kaya serat
6.     Kaya zat besi untuk menghasilkan sel darah merah

Cari bahan Pangan Lokal (Mudah didapat)

pict by: pixabay

Nyarinya yang gampang dan enak aja. Yang susah-susah singkirkan. Saya paling suka membuat cemilan sehat. Bahkan sampai sekarang setelah anak-anak lahir kebiasaan membuat cemilan sehat ini jadi kebiasaan di rumah. Nyarinya resepnya juga yang gampang-gampang aja. Yang bahannya mudah di dapat bahkan kalau bisa bahan pangan lokal semisal tahu, tempe, telo, ubi jala, labu kuning, telur ayam kampung,  dsb, dan mudah diganti-ganti bahannya. Resep yang beginian andalan banget buat saya.

Pilih resep yang mudah dibuat

Bahkan resep-resep gampang hasil gugling ini sudah saya praktekan sendiri dan saya bawa ke pertemuan rutin Emak School di kampung. Emak School adalah komunitas sekolah perempuan yang saya dirikan bersama seorang teman. Dan senangnya materi-materi yang kami bagi di Emak School ini benar-benar sederhana dan menurut saya dibutuhkan oleh para ibu di kampung saya. Nah salah satunya mencoba beberapa resep cemilan sehat untuk ibu hamil ini. Dan senangnya dari resep yang saya bagikan di Emak School ini banyak yang akhirnya dimodifikasi sendiri oleh para ibu-ibu tersebut. Prinsipnya sih yang gampang dibuat dan cepat.
Berikut beberapa resep cemilan sehat buat ibu hamil yang menurut saya pas di lidah ibu hamil. Buatnya gampang dan bahannya mudah didapat.

Donat Ubi Ungu





Bahan:
400 gram tepung terigu
300 gram ubi ungu (kukus dan haluskan)
6 gram ragi (fermipan)
35 gram margarin bisa diganti minyak kelapa agar lebih sehat
100 gram gula pasir
1 butir telur
5 sdm susu ibu hamil rasa vanilla ( saya pakai Lactamil Pregnasis)
100 ml air

Cara
1.     Campurkan tepung terigu, ubi ungu yang sudah dihaluskan dalam sebuah wadah bersih. Tambahkan gula pasir, margarin/minyak, air, telur dan fernipan. Uleni dengan tangan. Tambahkan susu bubuk.
2.     Uleni sampai kalis.
3.     Diamkan adonan sekitar 1 jam sampai mengembang dua kali lipatnya.
4.     Kemudian bagi adonan menjadi bulatan seberat 30 gram.
5.     Goreng dalam minyak dengan panas sedang dengan melubangi bagian tengahnya.
6.     Goreng sebentar saja hanya sampai kuning kemasan.
7.     Tiriskan
8.     Hidangkan dengan menaburkan gula halus dan irisan kacang almond.


Noted: jika tidak ada ubi ungu biasanya saya ganti dengan labu kuning. 


donat labu kuning



Pudding coklat susu aneka buah



Bahan:
1 sachet agar-agar plain
1 sachet nutrijel coklat
100 gr susu Lactamil rasa coklat
1 liter air
200 gram gula pasir
Topping aneka buah

Cara membuat:
1.     Campurkan agar-agar, nutrijel, susu bubuk serta gula dalam panci.
2.     Tambahkan air dan aduk rata
3.     Masak sampai mendidih sambal diaduk terus agar tidak pecah.
4.     Tuang dalam cetakan biarkan sampai setengah keras
5.     Beri topping buah diatasnya dan diamkan di dalam kulkas.
6.     Hidangkan dingin.



catatan: puding bisa dimodifikasi, misal dengan mengganti susu coklat dengan susu vanila/strawberi. atau bisa di tumpuk atas strawberi bawahnya coklat. sesuai selera



Asinan rambutan



Bahan:
Rambutan satu ikat
½ sdm Garam
2 sdmGula pasir
2 butir Cabai rawit
3 butir Cabai merah
1 buah Jeruk nipis dipotong melintang tipis-tipis
Air matang 1 cup

Cara membuat
Kupas rambutan, buang bijinya cuci bersih
Haluskan garam dan cabai agak kasar aja sih
Masukkan rambutan dalam wadah bersih beri bumbu yang sudah dihaluskan
Tambahkan air, irisan jeruk nipis dan gula
Koreksi rasa sampai ketemu yang sesuai selera
Diamkan di kulkas 1-2 jam
Hidangkan


asinan aneka buah segar




Catatan: buah rambutan bisa diganti buah sesuai musim.



Cake pisang




Bahan:
3 buah pisang matang, haluskan
100 gram tepung terigu
2 butir telur
1 sdm margarin
100 gram susu bubuk Lactamil Coklat
Pasta coklat jika suka
50 gr gula pasir
100 gram kacang-kacang (mede/kacang tanag atau almond) iris tipis) sebagai toping

Cara membuat
1.     Kocok telur, margarin dan gula pasir dengan kecepatan sedang. Hanya sampai tercampur rata dan berbuih
2.     Tambahkan tepung terigu, pisang dan susu bubuk. Aduk rata
3.     Siapkan Loyang yang sudah dialasi kertas roti dan di oles margarin bagian pinggirnya
4.     Tuang adonan ke dalam Loyang.
5.     Taburi atasnya dengan aneka kacang-kacang.
6.     Panggang dalam oven dengan suhu 1800C selama 20 menit atau sampai cake matang
7.     Hidangkan saat sudah dingin



Salad buah siram madu




Bahan:
1 buah apel
1 buah pir
1 butir jeruk manis
4 butir strawberi 
5o gr kacang-kacangan yang diris tipis dan disangrai (mede/almond/ kacang tanah)
½ buah jeruk nipis, iris tipis
3 sdm madu

Cara membuat
1.     Cuci bersih buah, kupas dan potong kotak. Jeruk dikupas sesuai juringnya.
2.     Tata buah dalam mangkuk kaca.
3.     Tambahkan jeruk nipis iris
4.     Taburkan kacang-kacangan
5.     Siram dengan madu
6.     Diamkan di dalamkan kulkas sebelum dihidangkan



Catatan: buah bisa diganti buah apa saja sesuai musim


Nah itu beberapa tips dan resep cemilan sehat ala saya. Buat ibu yang hamil jangan takut mual ya. Ayuuuk nikmati kehamilan dengan menjalani hidup sehat. 

10 komentar:

  1. mbak aku copas resep donat ubi ungunya ya, terimakasih :)

    BalasHapus
  2. Wah, kalau makanannya enak-enak kayak gini pasti bakal semangat makannya ya..
    Ayo, yang bumil semangaat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih banyak lagi sebenernya resepku tapi fotonya pada ketlingsut :(

      Hapus
  3. resepnya berlaku juga buat yggak hamil kan? heheheh kok aku ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuuuuk dicoba, hamil lagi juga ga papa :p

      Hapus
  4. resep2nya cocok banget buat bumil ya mbak...biasanya aku trisemester pertama gitu ga doyan makan terutama nasi ....ini bisa jadi alternatif pilihan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, dari pada bayinya kurang gizi ganti dg cemilan sehat

      Hapus
  5. aku lupa deh rasanya hamil gimana? hahahaha..kadang kangen pingin ngerasain lagi tapi usia euy...

    BalasHapus
  6. Weeeh, sarat gizi banget menu2nya. Apalagi donat ubi. Yuuum...

    Btw, pengalaman hamil pertama, aku ngga ngalamin "ribetny" bumil. Alhamdulillaah. Hihihi

    BalasHapus