Selasa, April 25, 2017

3 Mood Booster Biar Ngeblog-nya Bersemangat


Ciptakan Mood Booster Kita Sendiri 

Buat saya bisa dibilang ada 3 hal yang menjadi mood booster agar saya tetap punya ide untuk ngeblog. Membaca, hunting foto sekaligus jalan-jalan ke tempat baru dan menonton film-film bagus.


Buat saya membaca dan menulis itu untuk bersenang-senang. Jadi semacam hiburan ditengah kerasnya kehidupan, hatsyiiim. Hahahaha. Kalau saja membaca dan menulis itu tidak menyenangkan mungkin sudah dari zaman kapan saya tinggalkan dua aktivitas itu. Tetapi sampai sekarang tetap saja saya menemukan semacam oase dari dua hal tersebut.


Mungkin bisa dibilang Karena pengaruh dari system kapitalis, halagh-halagh berat banget euy bahasanya, buat saya ketika ada input masuk dalam hal ini membaca sebuah tulisan baik berupa buku/majalah atau apa saja harus ada output yang dihasilkan dalam bentuk tulisan. Itu baru adil namanya menurut saya. Jadi semacam ga mau rugi gitu loooh.

Nah buat saya mengeblog adalah hal paling mungkin untuk menghasilkan tulisan dimana tulisan kita bisa mejeng di sebuah laman. Karena kalau harus menunggu tulisan kita tayang di media cetak whoaaaa bisa lumutan (itu saya lo ya). Saya inget banget saya pernah mengirimkan artikel Gado-Gado ke majalah Femina bulan Januari dan tulisan saya tayang di bulan Oktober. Ga cuman itu ada yang punya pengalaman mengirimkan cerpen di majalah Bobo dan baru tayang setahun kemudian? Jangan tanya gimana rasanya? Hahahaha.
Nah sekarang yang jadi kata kuncinya adalah gimana biar saya tetap rutin ngeblog. Karena kadang-kadang rada males ngeblog. Apalagi saat melihat blogger-blogger muda sekarang yang tulisannya garang-garang. Hahahahaha. Belum lagi infografis mereka yang ciamik plus deretan social media mereka yang selalu aktif. Lah yang disini aja giliran ngetwit  kalau ada eventdoang  kalau ga mana sempat buka twitter.
Mood Boster Ngeblog
Saya sendiri punya semacam minat yang lumayan besar pada beberapa hal yang kalua saya kerjakan membantu saya untuk lebih bersemangat. Mungkin bisa dibilang itulah moodboster saya untuk melakukan hal-hal positif termasuk diantaranya ngeblog.
1.     Membaca buku-buku bermutu.



Kebetulan saya dan suami punya semacam perpustakaan di rumah. Saya juga menjadi anggota tiga perpustakaan besar di Yogyakarta. Saya dan anak-anak juga rutin mengunjungi perpustakaan. Dalam seminggu ada 2 hari kami mengunjungi perpustakaan.
 Bisa dibilang sumber bacaan saya beragam. Saya juga punya akun Wattpad, GWP (Gramedia Writing Project) dan bergabung di beberapa blog privat khusus. Meskipun sekarang saya berjanji (dalam hati) untuk mengurangi membaca E-Book. Mata Hayati lelah pisan. Sehabis membaca biasanya ada semangat yang meluap-luap. Ada semacam lampu yang menyala di kepala. Ada suara alarm yang berdengung untuk melakukan sesuatu. Untuk menumpahkannya dalam tulisan-tulisan. Baik tulisan serius maupun tulisan geje.
Saya menyukai banyak genre. Baik buku luar mamupun dalam negeri. Suka banget dengan novel-novel klasik-nya Enid Bylton, Roald Dahl, dan karya DR. Karl May dengan Winnetounya. Jujur semasa seragam putih biru saya jatuh cinta setengah mati dengan Old Shatterhand, tokoh ciptaan si Karl May ini.
Saya juga suka banget dengan novel-novel fantasi. Semua seri Harry Potter selesai saya baca. Maze Runner dan si Katnis selesai saya baca novelnya.
Saya penikmat karya NH. Dini dan kemarin bulan Maret saya membaca ulang 8 novel karya NH. Dini. Iya say abaca ulang. Saya juga suka karyanya Tere Liye terutama serial Anak-anak Mamak. Semua novelnya Andrea Hirata juga sudah saya baca bahkan ada yang saya baca berkali-kali, seperti Laskar Pelangi dan Ayah.
Saya juga suka buku-buku biografi. Novel-novel yang base on true story termasuk favorit saya juga.
Bahkan sampai sekarang saya juga masih membaca komik Conan. Karena sulung saya melanjutkan hobby saya mengoleksi komik Conan. Meskipun kadang Lelah ini komik kapan selesainya. Kapan ketemunya itu Kelompok Berbaju Hitam. Halagh.
Jadi alhamdulillah saya selalu antusias dengan kegiatan membaca. Dan itu benar-benar mood boster luar biasa untuk kegiatan ngeblog saya.


2.     Hunting foto.
Saya dan suami suka banget mengambil gambar. Terutama landscape, bangunan-bangunan, human interest dan nature. Meskipun mata saya tidak ‘sehidup’ mata milik suami. Untungnya suami saya tidak memiliki social media untuk memajang hasil karyanya jadi bisa dibilang saya ga punya saingan untuk pamer karya kalau di rumah. Hahahaha. 

Dengan hunting foto saya juga punya kesempatan melakukan perjalanan alias traveling. Malah kemarin ketika berkunjung ke Malaysia dan Singapore saya dan suami bisa dibilang malah hunting foto ketimbang plesiran. benar-benar menikmati mengambil banyak gambar.









Itulah kenapa pas lagi bete banget ngeblog saya suka majang foto di blog ngikutin challenge Wordless Wednesday sesama teman blogger dari berbagai negara.

3.     Nonton film-film bagus
Saya punya hardisc sendiri khusus nyimpen koleksi film-film yang menurut saya bagus. Hehehehe. Dan kalau ditanya apa film yang sudah saya tonton sejuta kali, halagh, jawabannya adalah The Last Samurai. Huhuhuhu. Itu film terbaik sepanjang masa menurut saya. Meskipun jujur saya ga ngefans sama sekali dengan Tom Cruise. saya hanya suka dengan alur ceritanya, filosofinya. Saya suka banget dengan film ini.
Saya juga suka film Kingdom  Of Heaven yang bercerita tentang Saladeen alias Shalahuddin Al Ayyubi. Makanya ga heran kalau lagi ga punya ide buat nulis saya mending milih ngereview film. Itu mujarab banget buat mengembalikan mood buat nulis.
mampirlah ke film-film yang sudah saya review di sini


Jadi kalau kamu apa nih yang buat kalian bersemangat nulis?

4 komentar:

  1. Saya biasanya setelah baca buku bagus jadi semangat lagi buat ngeblog

    BalasHapus
  2. Fotonyaa baguss mbaak, anglenya mantap bingits hehehe. . sayaa kalau males ngeblog biasanya jalan-jalan sejenak ke toko buku, ikut komunitas berbagi atau kalau nggak tdur seharian. wkwkwk

    BalasHapus
  3. Hunting foto sekalian refreshing ya Mba :D

    BalasHapus
  4. Noted, Mbak tipsnya ^^

    Iya ya, habis hunting itu rasanya seger-seger gimana gitu kaya ada manis-manisnya*halah :D

    BalasHapus