Minggu, Februari 12, 2017

Asinan Rambutan




Asinan Rambutan 





Akhirnya setelah cuman bisa ngeces liat #asinanrambutan berseliweran di temen IG, yeaay saya bikin juga. Rambutannya beli di pasar bukan panen sendiri. Entah mengapa tiga pohon rambutan depan rumah sampe sekarang belum muncul bunganya. Biasanya awal tahun bunganya sudah banyak aja. Mungkin rambutannya lelah, eh. Hahahaha.

Etapi beneran Lo, saya agak heran juga dengan pohon rambutan kami ini. GA biasanya seperti ini. Apa musim lagi bingung kali ya.

Okey, setelah menenteng 2 ikat rambutan dari pasar. Saya mulai deh bersih-bersih itu rambutan. Balapan sama pasukan krucil yang lahap bener ngemil rambutannya. Dan si emak cuman kebagian semangkuk kecil yang selamat buat dijadiin asinan. Duuuuuuh, Medan tempur yang sangat berat saudara-saudara. Musuhnya adalah anak-anak yang doyan buah. Hahahaha.

Bahan:
Rambutan satu ikat
Garam
Gula pasir
Cabai rawit
Cabai merah
Jeruk nipis dipotong melintang tipis-tipis
Air matang 1 cup

Cara membuat
Kupas rambutan, buang bijinya cuci bersih
Haluskan garam dan cabai agak kasar aja sih
Masukkan rambutan dalam wadah bersih beri bumbu yang sudah dihaluskan
Tambahkan air, irisan jeruk nipis dan gula
Koreksi rasa sampai ketemu yang sesuai selera
Diamkan di kulkas 1-2 jam
Hidangkan


7 komentar:

  1. Pingin tahu caranya ngupas buah rambutan dari kulitnya gimana ya mak? Atau siap icip aja siniiii.. Hihihi

    BalasHapus
  2. Mauuuuu, wah segeer ini. Aku belum pernah bikin asinan seperti ini, kapan-kapan bikin ah.

    BalasHapus
  3. Keknya seger banget niy. Nggak sabar nunggu pohon rambutan depan rumah berbuah

    BalasHapus
  4. Enaknyaaa, aku ngiler *berdoa semoga cepet berbuah pohon-pohon di sekitar

    BalasHapus
  5. Tampaknya gantian aku yang ngiler ngeliat postingan mbak hehehe

    BalasHapus