Kamis, Januari 19, 2017

Bakmi Mewah Schotel Ala Mamak

Bakmi Mewah Schotel Ala Mamak






Sarapan pagi itu maunya yang gampang buatnya, sarat gizi, dan anak-anak suka. Sarat gizi tapi anak-anak ga doyan itu malah repot. Pengennya anak-anak menghabiskan sarapan seperti kalau diajak makan di restoran itu lo. Jadi sesekali si mamak ini gegayaan bikin resep praktis ala restoran. Bosan juga sarapan pakai omelet alias dadar telur terus. Wkwkwkwk. Salah satu sarapan favorit di rumah kami adalah macaroni schotel. Biasanya saya bikinnya malam menjelang tidur. Dan besok pagi tinggal angetin sebentar di oven buat sarapan.


Nah kemarin nyobain macaroni schotel tapi makaroninya diganti dengan mie. Pilihannya jatuh pada Bakmi Mewah. Di rumah kami termasuk penggemar aneka mie. Jadi mengganti macaroni dengan mie itu bisa banget. Bakmi Mewah sendiri itu beda dengan mie instant yang banyak di pasaran. Mie-nya yang halus, kenyal, tipis, lembut dan licin pas banget buat dimakan. Dilengkapi dengan ayam dan jamur asli. Jadi bukan ayam ‘jadi-jadian’ kayak di mie instant -___- , ada kecap asin dan minyak sayurnya juga. Bener-bener berasa makan mie ayam kayak buatan restoran. Ga perlu ditambahi macam-macam juga enak. Dan yang bikin kaget Bakmie Mewah ini tidak perlu bumbu halus yang full MSG itu. Bumbunya diganti dengan kecap asin yang pas banget buat bakmie. Jadi ga deg-deg an kalau disajikan buat anak-anak.


Nah kali ini si mamak ndeso ini mau bagi-bagi resep sarapan praktis ala ibu enam anak yang ndeso tapi kekinian ini. Oia ini sarapan favoritnya si Osama juga sih. Sssttttt, omong-omong ini tadi sarapan buat Osama yang hari ini ikut Kejuaraan Pencak Silat Exsmeco Smada Cup, Piala Gubernur DIY. Jadi sarapannya harus full gizi tapi enak disantap. Dan untuk penambah rasa asin saya tambahkan keju sebagai topping.

Bakmie Mewah Schotel Ala Mamak



Bahan:
Bakmi Mewah 2 bungkus
Semua bumbu yang ada di dalamnya ( kecap asin, minyak sayur, ayam-jamur, sayuran kering dan saus pedas)
Bawang Bombay ½ siung. Cincang halus.
Telur 1 butir kocok sampai lepas.
Tepung terigu 2 sdm, cairkan dengan air
Susu cair 100 ml
Sosis 2 potong untuk topping


Cara masak:
1.     Tumis bawang Bombay dengan minyak sayur dari Bakmi Mewah.
2.     Rebus air sampai mendidih dan rebus Bakmi Mewah selama 2 menit. Tiriskan.
3.     Campurkan Bakmi Mewah rebus dengan tumisan bawang Bombay dan kecap asin.
4.     Tambahkan campuran Bakmie Mewah dengan tepung terigu cair, susu cair dan telur kocok.
5.     Siapkan pinggan tahan panas yang sudah di oles minyak goreng.
6.     Bagi campuran Bakmie Mewah menjadi dua bagian.
7.     Tata bagian pertama lalu beri ayam, jamur dan saus pedas ratakan. Tambahkan bagian Bakmie Mewah lagi ratakan.
8.     Beri topping sosis, sayuran kering dan keju parut
9.     Panggang 20 menit pada suhu 180o C.
10. Angkat Bakmie Mewah Schotel. Biarkan sebentar baru dipotong -potong sesuai selera. Hidangkan.




Sarapan dengan Bakmie Mewah Schotel sudah jadi deh. Kalua suka bisa disajikan dengan sambal/saus botolan. Bias buat bekal anak-anak ke sekolah atau ekstrakurikuler juga. Karena Bakmie Mewah Schotel ini awet sampai 6 jam Karena dipanggang. Dan tampilan Bakmie Mewah Schotel ini sudah miriplah sama mie schotel buatan restoran atau hotel-hotel. Uhuk. Dijamin anak-anak doyan dan minta nambah lagi. Minimal ga nolak dibuatin buat bekal. Horeeeee. 


Mampir juga ya di videonya biar bisa ngikutin cara buatnya


12 komentar:

  1. mbak aku suka makaroni schotel panggang. ternyata bisa diganti pake mie ya makaroninya. jadi pengen nyoba juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang kukus juga enak lo :)

      Hapus
  2. Alhamdulillah sarapan enak, praktis dan anak anak menghabiskan yaaa bu,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini untuk bekal juga praktis banget

      Hapus
  3. Aku belum pernnah cobain makanan yang berbau2 schotel gitu mbaak.hihih.ndeso ya akuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya buat Cheil, hahahaha

      Hapus
  4. Asik asik kapan janjian ketemu mak irul, minta dibuatin ah.. Hihihihi

    BalasHapus
  5. Duh Mbak kalo aq ke Jogja mau gak buatin aku Bakmi Schotel?

    BalasHapus
  6. Suka mb resepnya tapi sayang, belum punya alat panggang jadi belum bisa eksekusi:(

    BalasHapus
  7. dikukus juga bisa ya mba?

    BalasHapus
  8. Aku paling suka macaroni schotel, diganti bakmi kayaknya rasanya juga unik yah

    BalasHapus
  9. Aaaaaakkk, aku bakal coba resepnya ya mbaaak :D

    Salam,
    Oca

    BalasHapus