Menyusuri Pantai-Pantai Selatan Yogyakarta



 Susur Pantai Yogyakarta Melalui Jalur Selatan


Yang kangen Jogja mana suaranya? Yakin deh banyak banget orang yang kangen Jogja. Bisa dibilang Jogja itu tempat tujuan wisata idaman sejuta umat. Halagh hahahaha. Apalagi sejak social media mulai aktif bermunculan terus yang namanya tempat wisata baru di Jogja. Mulai dari yang kelas kampong sampai yang jadi jujugan favorit para turis mancanegara. 

Tips Memilih Tas Sekolah Untuk Anak


Tas Sekolah Favorit Anak-Anak Saya

tas cangklong dengan busa pelindung bahu milik kami





Buat anak, sekolah itu bosenin lho! So, buat tas sekolah sebagai sumber semangatnya
Meskipun anak-anak saya homeschooling tapi anak-anak saya tetap memakai tas sekolah. Biasanya digunakan untuk les dan latihan olahraga. Karena les anak-anak seminggu hanya 3 kali tetapi untuk si sulung yang atlet latihan olahraganya full seminggu. Jadi tetap menggunakan tas sekolah.
Tas sekolah bagus dan sesuai dengan keinginan buah hati, ternyata bisa berefek besar. Kalau anak- laki-laki biasanya lebih simpel dalam memilih tas kebanyakan milihnya warnba hitam tetapi beda dengan putri saya yang kalau milih tas kalau ga sesuai dengan seleranya dia agak gimana gitu wajahnya. Mereka lebih semangat berangkat beraktivitas. Bagi si kecil, pilih ransel supaya beban terbagi secara seimbang di kedua pundak. Jadi, anak-anak makin semangat belajar.

Staycation Di Pantai, Cobain BoB Home


pantai sadranan
pemandangan dari jendela kamar saya, cantik ya :)

Kemarin nyobain nginep di pantai di Gunung Kidul. Biasanya sih kami milih staycation di hotel satu sampe dua malam sama anak-anak. Sambil nyari hotel yang ada kolam renangnya. Tetapi kemarin ngikut nebeng nginep di sebuah penginapan di daerah pantai Sadranan Gunung Kidul.

Saat Kenangan Tentang Ibu Muncul Di Hari Ibu

Kasih Ibu Sepanjang Masa


Di rumah kami anak-anak tidak ngeh kalau setiap tanggal 22 Desember itu diperingati sebagai hari Ibu. Sebenarnya mungkin ngerti karena di buku pelajaran ada tentang hari Ibu ini. Tetapi karena kami sendiri tidak punya seremonial tentang hari Ibu jadi setiap tanggal 22 Desember berlalu biasa saja.

Anakku, Ibu Akan Selalu Ada Untukmu




Dulu waktu anak saya baru satu. Rasanya semua teori tentang mendidik anak saya pelajari semuanya. Setiap ada seminar parenting saya rajin ikut. Buku-buku parenting saya borong. Karena zaman old belum populer yang namanya sosial media saya mengumpulkan informasi dari buku dan majalah. Saya rajin membuat kliping tentang menu MPASI. Tips-tips mendidik anak. Resep-resep favorit untuk si kecil dan masih banyak lagi yang lain.

Umroh Backpacker, Resolusi Kami Di Tahun 2018




Resolusi kami tahun 2018 ini adalah menjalani ibadah umroh. Karena dana kami terbatas saya dan suami berencana umroh backpacker. Alias umroh dengan biaya ngirit dan fasilitas ala backpacker. Iya saya tahu bakalan ada yang nasehatin kalau belum mampu tidak usah memaksakan diri. Tetapi karena kerinduan yang sangat membuncah dengan baitullah dan menunggu daftar haji yang masih berderet jadi kami pikir umroh adalah jalan terbaik saat ini.

Menjadi Keluarga Harmonis Bersama HIJUP Dan Resik V

pict by: Primastuti Satrianto

Hampir 15 tahun pernikahan saya dan suami and still counting insya Allah. Saat ini kami sudah dikaruniai 6 anak yang Alhamdulillah semuanya sehat. Anugrah luar biasa buat kami. Punya anak banyak itu artinya ada banyak seni yang harus kami mainkan dalam rumah tangga kami.


Alhamdulillah rahim saya sehat. Tiga bulan setelah menikah saya langsung hamil anak pertama dan kemudian disusul adik-adiknya. Semuanya terlahir dengan persalinan normal. Sejak gadis sebenarnya saya terbiasa memakai rebusan daun sirih untuk membersihkan organ kewanitaan. Dan itu berlanjut sampai menikah. Bahkan di rumah saya menanam tanaman sirih yang subur merambat sampai ke tembok. Tak hanya itu saya sampai punya tiga jenis tanaman sirih di rumah, sirih hijau yang biasa digunakan untuk nginang, sirih merah dan terakhir saya sedang menanam tanaman sirih hitam yang harga bibitnya bikin uang dapur saya menipis banyak. Hiks, sirih hitam ini termasuk jenis langka dan manfaatnya banyak banget buat kesehatan itulah kenapa saya rela merogoh dompet dalam-dalam biar bisa membeli bibitnya.

Oxytocin Journey, Perjalanan luar biasa menyusui para ibu

pict by: www.primahapsari.com

Memiliki 6 orang anak adalah anugrah luar biasa buat saya. Sebelum menikah saya sudah mempersiapkan diri bahwa nantinya saa akan memberikan ang terbaik untuk anak-anak saya. Termasuk di dalamna makanan yang halal dan thayib. Dan saya berkomitmen untuk memberikan ASI untuk bayi kami.

Peti Hujan Kami Berisi So Good Cerdik




Orang bijak pernah bilang teknologi itu seperti sungai yang mengalir di depan rumah kita. Orang tua yang penyayang akan berusaha menutup semua akses menuju sungai agar anak-anak tidak tercebur ke sungai tersebut. Segala cara ditempuh agar anak-anak tidak dapat menuju sungai. Orangtua yang bijak akan mengajari anak-anaknya berenang agar mereka bisa bisa memanfaatkan sungai bahkan berenang menuju laut lepas dan mengambil banyak hal bermanfaat dari sungai.

Sebagai keluarga pesekolah mandiri kami berusaha sebaik mungkin memanfaatkan teknologi. Meskipun demikian kami termasuk ketat dalam penggunaan gadget bagi anak-anak. Anak-anak kami biasakan lebih banyak beraktivitas fisik. Bermain di luar ruangan dan berinteraksi dengan banyak orang.

Minum MILO untuk Nutrisi Si Aktif









Punya anak perempuan satu-satunya di rumah itu kadang geregetan,jadi suka ikut-ikutan saudara-saudaranya yang kebanyakan laki laki, apalagi sejak abangnya bergabung di pembinaan atlet silat Daerah Istimewa Yogyakarta rutin latihan setiap hari. Jadi ga heran Salma juga ikut- ikutan latihan di sebuah perguruan silat milik Muhammadiyah. Kalau siang suka sepedaan keliling kampung bahkan sampai kampung sebelah kalau di hari libur. Sore sebelum ngaji main bola. Iya Salma main bola -____- saya yang lihat aja sampai geleng-geleng kepala. Itu belum lagi manjat pohon apalagi tiga pohon rambutan depan rumah berbuah lebat. Begh jangan ditanya. 

Bersama K-Link Menuju Indonesia Yang Sehat Dan Berdaya



Seorang sahabat masa kecil pernah bercerita. Di suatu masa ia pernah bersembunyi di belakang pintu kamarnya saat taqdir ibundanya tercinta selesai karena kanker. Ia menangis sendirian dalam sepi. Ia hanyalah seorang gadis kecil dengan seragam merah putihnya. Terlalu dini ibunya pergi tetapi taqdir tak pernah berbelas kasihan padanya. Ia bercerita sambil memandang ke depan.

Jika Tak Lillah Maka Hanyalah Lelah



Tadi Osama cerita saat latihan para atlet silat diminta berbaring telungkup kemudian kaki diangkat ke atas dengan tangan bertumpu di atas matras. Lalu bergantianlah tangan naik turun sambil melipat siku di atas matras. Capeknya “ Jangan ditanya” kata Osama. “ Berjam-jam ga selesai-selesai. Aku sampai kangen disuruh lari keliling stadion Manda Krida kalau sesi melipat siku ini” kata Osama. Iya saking capeknya edisi lipat siku ini hampir semua atlet lari keliling stadion. Lalu nasihat saya cuman satu “ Kalau ga LILLAH kamu cuman dapat LELAH” iya cuman dapat lelahnya doang.

4 Tips Mengurangi Nyeri Pada Lutut



Akhir-akhir ini lutut saya sering ngilu kalau dipakai jalan terlalu lama. Apalagi kalau sepatunya ga pas. Tambah ngilu. Maknya menghindari banget pakai heels. Bahkan meskipun pas event yang dress codenya pakai kain atau jarik tetep aja saya sepatunya pakai kets. Hahahaha. Mau gimana lagi. Ga berani ambil resiko tampil gaya tapi sampai rumah ga bisa kemana-mana lagi.

Andai Bersepeda Itu Nyaman Tidak ada Anak-Anak Yang Naik Motor Ke Sekolah




Angkutan Umum Yang Tidak Nyaman Dan Tidak Mudah Dijangkau

Saya tinggal di sebuah kampung di pinggiran Bantul, Yogyakarta. Meskipun kampung tetapi bisa dibilang tetangga saya kebanyakan orang berada. Gimana ga sugih-sugih. Lah wong di sekitaran Pleret itu terkenal sebagai juragan ternak (sapi dan kambing). Jadi ga heran meskipun ndeso fasilitas di rumah para tetangga itu lengkap. Makanya ga heran kalau ngeluyur sedikit jauh ke pelosok Pleret banyak bertaburan mobil-mobil mewah 4 X 4 R. Pajero, Estrada dll. Wajah ndeso rejeki kuto (wajah kampung tetapi rejekinya orang kota).

Memilih Popok Sekali Pakai Yang Tepat Untuk Bayi Baru Lahir



Popok Bayi Sekali Pakai Yang Tepat untuk Bayi Baru Lahir

pict from pixabay


Menjadi ibu yang mempunyai bayi itu merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah. Karena sebagai orang tua saat salah saja memberikan yang dibutuhkan bayi tentu akan membahayakan. Banyak hal untuk melakukan pertimbangan sebelum akhirnya membeli salah satunya saat bingung harus memilih popok bayi sekali pakai atau kain yang dicuci kemudian digunakan kembali. Ibu-ibu yang sudah senior mungkin lebih paham dalam pemilihan hal itu, tetapi untuk ibu baru tentu hal itu menjadi PR sendiri. Salah saja menentukan bisa jadi membuat bayi tidak nyaman.

Belajar Membaca Dengan Mudah Untuk Anak-anak Bersama Buku 'Bacalah'




Belajar membaca buat anak-anak itu pengalaman yang luar biasa. Sebenarnya sudah jadi tabiat manusia sih ingin tahu banyak hal. Dan anak-anak juga sadar kalau mereka bisa membaca keingin tahuan mereka akan banyak hal bisa terobati. Soalnya banyak hal bisa didapat dari buku bacaan, gambar yang ada tulisannya, tontonan yang ada teks-nya misalnya. Banyak bangetlah yang bisa anak-anak dapat kalau dia bisa membaca.

Bergabung di Forum Para Ibu Di Mamibuy



Bulan November 2017 ini tepat 5 tahun saya ngeblog. Masih baru banget. Kalau dulu masih nyoba-nyoba di friendster dan multiplay. Lalu kemudian kenal dengan blogger akhirnya pindah deh ke blogger.com. Dari tulisan alay dan curhat ga penting sampai tulisan berisi nasihat-nasihat sok bijak pernah saya tulis. Hahahaha.

Me Time Dengan Kopi


Kopi Dalam Kenangan Masa Kecil
Saya jatuh cinta dengan kopi saat saya masih kecil. Nun jauh di sana di sebuah desa pelosok di Kalimantan Tengah. Rumah saya di tepi sungai yang banyak ditumbuhi oleh tanaman kopi. Jika musim tanaman kopi berbunga tiba rumah saya harum semerbak bau bunga kopi. Kuntumnya yang berwarna putih terlihat mengundang. Biasanya tanaman kopi berbunga di akhir musim hujan. Jadi bayangkan betapa romantisnya duduk di tepian jendela sambil memandang sisa-sisa hujan yang menimpa kuntum-kuntum berwarna putih nan semerbak itu.  Itulah kenapa jika ditanya, pilih kopi atau teh jawabannya tentu saja kopi.

Reviews: Kisah 66 Muslimah Yang Mengukir Sejarah

66 Kisah Muslimah Pengukir Sejarah
(Books review)




Kebetulan saya suka banget ngoleksi buku-buku biografi, kitab-kitab sirah dan sejarah. Anak-anak di rumah juga salah satu portofolio mereka wajib membaca beberapa kitab sirah nabi dan sahabat nabi. Buat saya belajar sirah nabi dan sahabat itu keuntungannya double. Karena materinya lengkap. Kebanyakan sirah kan isinya tentang hukum dan kaidah fiqih. Jadi anak-anak lebih mudah memahami tentang hukum dan syariat dalam Islam.

Bra Menyusui Yang Memudahkan Para Busui


Biasanya saat hamil itu ada barang yang masuk list wajib beli untuk masa menyusui yakni bra menyusui. Ya ampun, punya bra menyusui yang klop di hati dan di badan itu sebuah keniqmatan yang HAQIQI. Halagh. Tapi beneran. Apalagi buat mamah muda yang baru pertama lahiran. Jangan dibilang  radang puting itu enak. Badan bisa panas dingin kalau puting payudara kena radang. Mau ngapa-ngapain terasa berat. Mau bangun dari tempat tidur aja serasa traveling ke Neptunus. Haiyah.

Prinsip-Prinsip sex Education Dalam Islam

Prinsip-Prinsip Sex Education Dalam Islam

(nukilan Kitab Tarbiyatul Aulad karya Syeikh Muhammad Suwaid)



Beberapa kali saya diminta menyampaikan tentang prinsip-prinsip pendidikan anak dalam Islam dan rujukan yang saya pakai biasanya adalah Tarbiyatul aulad Fil Islam-nya Syeikh Muhammad Suwaid edisi terjemahan bahasa Indonesia. Saya sempat mengajar materi Tarbiyatul Aulad di sebuah madrasah khusus akhwat (putri) yang berada di Jogjakarta dan saya mewajibkan mereka mempunyai kitab ini. Terserah dalam versi Arabnya atau bahasa Indonesia. Karena saya cuman mau bilang buku ini adalah salah satu mutiara islam yang bagus yang harus dimiliki para orang tua. Kebetulan milik saya ini edisi terjemahan dari Pustaka Arofah Solo. Pro-U Media juga menerjemahkan kitab ini. Tapi saya lupa judulnya apa. 

Safiera Food, Sahabat Para Ibu

Safiera Food, Sahabat Para Ibu
Where Healty Meets Tasty

Nugget ayam mix wortel


Saya bukan ibu yang ‘bersih-bersih’ banget. Kadang masih suka beli makanan mateng di warung, pakai bumbu instant, pakai makanan siap masak, nyetok frozen food di kulkas dan sesekali pakai santan kemasan. Hehehehe. Iya saya bukan emak yang ‘suci hahahaha. Tapi, meskipun suka beli yang siap pakai gitu tetep berusaha selektif. Priotitas pertama dia  harus halal lalu higenis dan diusahakan banget minim bahan yang tidak aman bagi tubuh.

5 Tips Yang Bisa Dicoba Untuk Menaikkan Berat Badan



Beberapa bulan lalu sejak bergabung di Pembinaan Atlet DIY (Yogyakarta). Osama diminta untuk menaikkan berat badannya. Karena Osama terhitung sebagai remaja jadi kalau turnamen ototmatis berat badannya masuk kategori remaja bukan kids lagi. Karena gara-gara berat badannya kurang ada beberapa turnamen Silat yang tidak bisa diikuti oleh Osama. Duh itu bikin jam terbangnya jadi kurang banyak. Padahal mengikuti turnamen itu membantu banget buat para atlet.

Dot, Empeng dan Botol Susu Halal, Memangnya Ada?



Beberapa waktu lalu saya ikut hadir di Konfrensi Badan Sertifikasi Halal Internasional di Kuala Lumpur. Konferensi tahunan ini banyak diikuti oleh badan sertifikasi halal dari berbagai negara. Salah satunya Indonesia. Saya dan suami sendiri memang concern dengan gaya hidup halal ini. Karena sejak awal menikah kami sudah bersepakat bahwa kami akan mengupayakan sedemikian rupa agar seluruh aktivitas dan yang kami konsumsi adalah yang halal saja.

Berburu Sunset Di Lintang Sewu, Imogiri

Berburu Sunset Di Lintang Sewu, Imogiri



Berburu sunset di Hutan Pinus Lintang Sewu. Saya termasuk sering berkunjung ke hutan pinus di sekitaran Imogiri. Mulai dari Hutan Pinus Mangunan, Hutan Pinus Pengger, Becici yang kemarin ngehits karena didatangi presiden Obama. Nah ada lagi tempat wisata yang bagus banget pemandangannya di deretan hutan Pinus itu namanya Lintang Sewu.

Membuat Keju Mozarella Home Made

Membuat Keju Mozarella Home Made

Ini keju mozarella buatan saya yang sudah direndam whey dan garam selama 8 jam

Sabtu kemarin saya bela-belain ke Solo buat ikutan pelatihan membuat keju skala rumah tangga. Rasanya kayak dapat durian runtuh gitu bisa ikutan pelatihan ini. Berkali-kali ada pelatihan membuat keju di Jogja tapi saya lewatin. Alasannya sederhana, biaya pelatihannya terlalu mahal buat kantong emak-emak kayak saya. Rata-rata pelatihan membuat keju itu di atas 1 juta. Duuh, kalau membuat keju di rumah seharga 2 gram emas saya mending milih nonton video di Youtube untuk sementara. Tapi tetap aja ga puas kalau nonton di Youtube. Sampai akhirnya kemarin teman-teman dari My Biosfer yang digawangi oleh mbak Melani dan Mbak Rika menggagas pelatihan ini dengan harga terjangkau. Cuman 100 ribu.


3 Hari 2 Malam Menjelajahi Bangkok

3 Hari 2 Malam Menjelajahi Bangkok

Wat Arun
sumber : www.thaizeit.de



"traveling is the only thing that makes you richer" 
(anonymous)

Kemarin pas ke Kuala Lumpur sebenarnya saya dan suami pengen sekalian nyebrang ke Thailand. Tetapi karena waktunya yang mepet banget jadi akhirnya kami ambil keputusan mampir ke Singapura aja. Ke Thailand besok-besok aja lagi. Nah, pas sampai Jogja saya sudah mulai gugling perjalanan ke Bangkok dan sekitarnya. 

Aneka Menu Bebek Di Bale Bebek

Makan Seporsi Menu Bebek Cuman 10 Ribu

Bebek Goreng Krispi



Dulu sekitar tahun 2016 saya pernah mampir ke Rumah Makan Roemah Boemboe di jl. Tegal Turi di daerah Nitikan. Awalnya tertarik karena suami pengen nyoba menu bebek. Si bapak ini fans-nya bebek dan kambing -____- jadi meskipun dirayu mampir ke kafe atau restoran kekinian yang ngehits buat pepotoan tetap ga bakalan mau kalau ga ada menu bebek atau kambingnya.


Tahu Makaroni Schotel

Sepinggan Schotel Tahu Makaroni @dapur_simak


Team Tahu mana suaranya? Saya sebenarnya tim tempe tapi suami saya tim tahu hehehe. Tahu di rumah sering dibikin macem-macem. Karena collablogging saya dan teman-teman KEB yang kali ini ide datang dari mak Heni Puspita adalah bertema tahu. Nah ini saya kasih resep Tahu buat sarapan.

7 Hal Istimewa Kenapa Harus Di Grand Tjokro Yogyakarta



“ Aku suka nginep di hotel” kata Zoe (7 tahun)
“ Kenapa?” kata saya
“ Soalnya bisa berenang sepuasnya, terus makannya enak udah gitu bapak yang jaga (staff hotel) senyum terus”

Itulah jawaban sederhana anak saya kalau ditanya kenapa suka nginep di hotel. 


Karena kemarin kami sekeluarga baru aja berkunjung ke Grand Tjokro Hotel Yogyakarta. Saya bisa jawab nih kalau ditanya di Grand Tjokro Hotel bisa ngapain aja.
Ada beberapa hal asyik yang bisa kita lakukan kalau mampir ke Grand Tjokro. Grand Tjokro Yogyakarta sendiri adalah hotel bintang 4 yang berlokasi di Jl. Affandi No.37, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Tepat di pinggir jalan raya. Dekat kalau mau ke Malioboro, ke seputaran kampus UGM, UNY dan beberapa kampus swasta. Dekat ke pusat kuliner dan wisata di Yogyakarta. Dan menyediakan juga transport khusus dari/mau ke bandara Adisutjipto Yogyakarta dan Stasiun Kereta Api serta drop menuju Jl. Malioboro Yogyakarta.

Gerakan Subuh Berjamaah


Masjid Negara Kuala Lumpur


Beberapa bulan terakhir ini anak-anak lebih bersemangat salat subuh berjamaah ke masjid. Terutama hari Jumat. Penyebabnya adalah gerakan yang dilakukan oleh beberapa masjid di sekitaran Pleret yang benar-benar keren.

7 Keajaiban Kehangatan Transpulmin Balsam Untuk Keluarga

7 Keajaiban Kehangatan Transpulmin Balsam
Untuk Keluarga




Saya ga sengaja kenal Transpulmin Balsam saat mendampingi putra sulung saya yang diterapi karena cedera persendian kakinya. Tahun ini sulung kami itu resmi bergabung di Pembinaan Atlet Daerah Yogyakarta. Sebagai atlet cabang olah raga silat. Enam kali dalam seminggu Osama harus mengikuti latihan fisik rutin di GOR UNY Yogyakarta. Karena setiap sesi latihan ada jogging dan beberapa kali ia tidak memakai running shoes yang memadai membuat cedera ringan di pergelangan kakinya. Ia diharuskan mengikuti sesi terapi di bagian fisioterapi atlet. Dan saat itu terapisnya menawarkan Transpulmin Balsam untuk perawatan di rumah. Sejak itu saya menggunakan Transpulmin di rumah. Bukan hanya untuk perawatan cedera kaki saja tapi untuk banyak treatment di keluarga saya.


Drama Di Sosmed




Mengadulah Pada Allah Jangan Pada Facebook



Hari ini tadi heboh, soalnya ada yang live mau suicide gitu. Astaghfirullah, live di FB? yang bener aja. Dunia sosmed kadang bikin gedek-gedek. Ada aja dramanya yang ga selsesai-selesai. Alhamdulillahnya sih ada klarifikasi kalau akunnya di hack (???). Entah beneran apa enggak. Tapi melihat fenomena hari ini satu yang harus diinget terus nih sama saya pribadi, JANGAN BAWA MASALAH PRIBADI KE SOSMED. hahahahaha. 

Pusing gara-gara anak-anak rewel curhatlah sama suami atau saudara atau temen. Atau di grup yang sudah kita kenal membernya yang jelas-jelas kita bakalan dapat solusi. Makanya barusan tadi nonton videonya ustadz Abdul Somad (ya Allah semoga beliau sehat selalu). Beliau cerita waktu Fathimah meminta kepada kanjeng Nabi untuk diberi pembantu sama Rasulullah malah dikasih saran suruh dzikir. Alhamdulillah 33 x, Subhanallah 33x, Allahuakbar 33x. Kata beliau hikmahnya adalah saat hati kita lapang karena dzikir beban hidup terasa ringan. Huaaaaa, tertampar bolak-balik. Matur nuwun nggih tadz untuk nasihatnya.



Melepas Anak Mandiri Saat Baligh


Anak SMA Mandiri, Bisakah?




Beberapa waktu lalu saya dan sulung sempat terlibat perbincangan serius tentang 'masa depan’. Diskusi kami mengerucut pada istilah mandiri saat baligh. Awalnya saya tanya Osama siap ga kalau menghidupi diri sendiri nanti kalau udah setara SMA. Osama tertawa tetapi dia tidak menyanggah dengan kalimat semisal “ ah mana bisa” atau sejenisnya. Dia cuman tertawa kecil seolah meyakinkan dirinya apa iya dia ditanya tentang itu.

Makan kerupuk Dan Makna Kemerdekaan



MERDEKA?




Kemarin pas 17-an saya lagi ada acara di luar rumah dan anak-anak sibuk ikutan lomba 17-an di dekat rumah. Biasanya sih anak-anak jarang ikutan lomba 17-an karena entah kenapa tahun-tahun sebelumnya pas aja selalu ada kegiatan eskul dan ga di rumah. Nah tahun ini anak-anak pas selo jadinya bisa ikutan gabung. Sore itu pas nyampe rumah saya nanyain si Mush’ab gimana tadi lombanya. Dan jawaban si Mush’ab bikin saya ngikik ga brenti-brenti. Dia ngambek ga mau ikutan lomba lagi soalnya pas lomba pertama itu makan kerupuk “ Apa, kelupuknya ga boleh dipegang kok. Ditali kan aku jadi ga bisa megang, mana bedili lagi (maksudnya berdiri)” saya sama bapaknya sampe kepingkel-pingkel denger jawaban dia.

Review Treatment Essence renew You Wardah


Jatuh Cinta Dengan Treatment Essence Renew You Wardah

Add caption




Sejak mencoba serum Renew You Wardah saya jadi kepincut pengen nyobain skin care Wardah seri ini. Akhirnya nyoba day creamnya dan Alhamdulillah cocok. Kapan-kapan ta review deh. Nah sekarang saya mau berbagi cerita pengalaman menggunakan Treatment Essence Renew You Wardah. Jadi beberapa bulan lalu saya suka banget dengan treatment essence dari sebuah produk kosmetik. Treatment essence itu sebenarnya berfungsi untuk mengoptimalkan kerja skincare yang kita pakai. Nah setelah treatment essence itu habis saya mikir buat beli lagi. Mahal, hiks.

Desa Gerabah Nglipoh, Sisi Lain Borobudur



Borobudur Punya Sisi Lain





Saya membuat gerabah karena ini turun temurun dari zaman kakek-nenek saya dulu. Sudah sejak Borobudur berdiri dusun kami juga ada

Saya sering berkunjung ke beberapa desa wisata di sekitaran Jogja-Jawa Tengah. Maklum rumah saya itu di desa. Kiri-kanannya ada banyak desa wisata. Rumah saya daerah Pleret ke selatan dikit sudah ketemu Imogiri dan berjejer tuh desa wisata di sana. Dari sekian desa wisata yang pernah saya kunjungi mungkin desa wisata Nglipoh menjadi salah satu desa wisata yang berkesan buat saya.




Klipoh dalam sejarah

Kenapa Nglipoh berkesan buat saya? Sebelum saya cerita tentang kesan saya saya cerita dulu ya tentang Nglipoh ini. Desa Dusun Klipoh, yang kerap diucapkan Nglipoh, berada di barat daya Candi Borobudur, tepatnya di Klipoh merupakan nama dusun yang terletak di desa Karanganyar, kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Hampir sebagian besar warga dusun kecil ini bekerja sebagai pembuat gerabah dari tanah liat. Menurut warga, 80 persen warga Klipoh yang berjumlah sekitar 180 kepala keluarga bekerja sebagai pembuat gerabah.



Buku saku Dzikir Pagi dan Petang (Hisnul Muslim)



Jaga Diri Dengan Dzikir 








Jujur akhir-akhir ini saya ngeri baca berita tentang orang-orang yang depresi dan ujung-ujungnya melakukan ' suicide'. Astaghfirullah. Dibelahan bumi lain banyak orang yang harus melakukan banyak hal untuk mempertahankan nyawa tapi di tempat lain banyak juga segelintir orang yang membuang nyawanya dan menyerah. Ya Allah, apa ini?. Di rumah saya sendiri topik ini jarang saya angkat. Bukannya takut tapi saya berhati-hati sekali dengan topik ini. Saya selalu berusaha agar anak-anak tahu kemana mereka harus bicara. Kemana mereka harus mengadu. 



Jangan Berhenti Belajar






Osama  di masjid Gedhe Kauman Yogyakarta


Jika Kalian tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kalian harus sanggup menahan perihnya kebodohan seumur hidup (Imam Asy-Syafi'i Rahimahullah)


Selama setahun kemarin putra sulung kami tidak mengikuti pendidikan formal. Jadi setahun kemarin bisa dibilang Osama murni unschooling. Kami tidak mengambil pelajaran sekolah pada umumnya. Meskipun sempat dua bulan terakhir mendaftar di Sanggar Kegiatan Belajar Bantul tetapi kamimemutuskan nanti pas tahun ajaran baru saja Osama memulai lagi pelajaran setara SMP-nya. Beberapa kali saya membaca di temlen tentang perlu tidaknya sekolah. Dan banyak yang bertanya via inbox pada saya tentang tanggapan saya. Mungkin karena mereka tahu kami pelaku pembelajar mandiri jadi mereka semacam ingin tahu jawaban kami. Dan saya tetap kekeuh untuk tidak menjawab. Bahwa pertanyaan semacam itu sampai hari kiamat akan terus ada. Saya tidak pernah tertarik untuk membahas pilihan orang lain apalagi itu hanya urusan dunia. Ga bakalan tertarik. Hahahahaha



Wisata Halal Di Bangkok, Adakah?

     
Wisata Halal Ke Bangkok?



 
Islamic Center Bangkok
(pict:halallivingthailand.com)


   Bulan April kemarin saya dan suami nyempetin mampir ke Kuala Lumpur, Malaysia untuk meliput pameran gaya hidup halal internasional di sana. Nah, karena kami punya waktu 4 hari buat muter-muter mikirnya empat hari kalo dipakai buat keliling Kuala Lumpur bisa bosan sayanya. Awalnya mau ke Kepulauan Langkawi terus nyebrang naik feri ke Phuket, Thailand. Kan asyik tuh. Tapi pas dihitung-hitung kok budgetnya membengkak banyak. Akhirnya kami putuskan untuk sementara keinginan berkunjung ke Thailand ditunda dulu. Kami akhirnya melancong ke Singapore pake tiket promo hahahaha.


Menulislah maka engkau akan kaya


Perjalanan saat meliput sebuah event Internasional di Kuala Lumpur


Saya ingat sempat kecewa dengan sebuah event yang saya ikuti. Padahal itu event besar dan melibatkan sebuah brand besar tanah air. Acaranya yang full tiga hari membuat saya harus meluangkan waktu yang cukup banyak. Kalau itu liputan event harga yang didapatkan bisa lumayan. Setelah acara berakhir banyak teman blogger yang kecewa termasuk saya (awalnya). Karena ternyata kami tidak mendapat fee untuk event tersebut. Kemudian banyak teman blogger yang memutuskan untuk tidak menulis tentang event tersebut. 

Anyang-anyangan? Cobain Uricran deh

Kalau anyang-anyangan jangan ikat jempol pake karet gelang ya




Masih pada keliling muter silaturahmi  nggak nih? Kan masih bulan Syawal. Orang Indonesia kalau bulan Syawal nya masih sisa masih dianggap lebaran hahahaha. Sudah selesai belum puasa Syawal nya. Meskipun cuman enam hari tapi pahalanya Masya Allah luar biasa.

Dua Menu Favorit dari So Good Ayam Potong ( Serundeng ayam dan ayam goreng lengkuas



Serundeng Ayam dan Ayam Goreng Lengkuas


Buat saya masak pake ayam itu solusi cepat buat dapet makanan bergizi tinggi dan mudah didapat. Di pasar banyak tersedia ayam potong. Meskipun berlimpah ayam potong saya selektif kalau beli ayam. Saya harus yakin bahwa yang dijual itu ayamnya halal. Dipotong sesuai syariat dan higenis. Nah, kalau beli di pasar tradisional kadang-kadang dua syarat itu jadi ngambang. Kalau beli di pasar sih saya mengandalkan kenalan. Misalnya saya sudah kenal secara personal sama yang jual dan saya yakin dia ga bakalan jualin ayam bangkai misalnya. Atau memesan pada petugas bagian potong hewan di dekat pasar yang biasanya menyetorkan ayam potong ke pasar. Meskipun ribet tapi itu lebih aman.


Pengalaman Naik Bis dari Singapura ke Malaysia

               Dicegat Petugas Imigrasi Singapore Saat Cek Paspor Online


Saya jarang traveling yang jauh-jauh. Jadi kalau ada bepergian yang agak jauhan diinget terus hehehehe. Nah salah satu yang nempel itu adalah pengalaman naik bis dari Singapore ke Malaysia bulan April kemarin. Waktu itu saya berkunjung ke MIHAS atau pameran gaya hidup halal di Kuala lumpur. Setelah dihitung-hitung gimana kalau sekaligus mampir ke Singapore. Dari Kuala lumpur ke Singapore naik pesawat sih tapi balik nya ga ketemu harga promo -___-
Akhirnya diputuskan kami naik bis aja. Setelah diakusi sama simbok Olenka yang punya pengalaman banyak menjelajah Malaysia dan Singapore. Hahahaha.

 


Dari Singapore ada tiga titik keberangkatan dengan menggunakan bis. Nah kemarin saya ambil keberangkatan via Golden Mile Complex. Mikirnya sih karena itu jalur paling dekat dari tempat tujuan terakhir kami di Singapura. Ada lagi titik keberangkatan dari daerah Bugis Street dan satunya via.
Oia Golden Mile Complex ini lengkap fasilitasnya. Ada hotel, banyak restoran dan juga semacam pusat perbelanjaan. Depannya ada food court dan ada gerai makanan halal juga. Saran saya sih kalau nyari makanan halal di gerai depan Golden Mile Complex ini masuklah agak ke dalam sedikit di bagian sebelah kiri itu banyak menyediakan makanan halal. Yang jual muslim Melayu, India muslim dan Arab. Kalau bagian depan sih banyak Chinese food dan jelas pasang tulisan “No Halal Food”. Harganya terjangkau juga. Meskipun tetap jauh bedanya sama di KL. Sama-sama depannya 2. Tapi di KL 2 MRM di Singapura 2 $SGD beda kursnya jauh hahaha. Aku dan si bapak habis sekitar 90 ribuan lah. Itu sudah pake minum teh tarik segelas besar. Sudah gitu harap diingat ya di sana porsi kuli. Jadi kami berdua makan satu porsi yang satunya dijadiin bekal buat jalan. Beneran gue shock liat porsinya orang India makan hahahaha.

 




Nah kemarin berdasarkan rencana kami sih kami beli tiketnya di KL biar irit gitu. Jadi pas sampai di KLIA2 langsung kami ngacir ke Bandar Tasik Selatan alias pusat terminal di Malaysia. Terus ke bagian tiket. Dan kata petugasnya mereka ga jual tiket bis balik dari Singapore ke Malaysia. Duuh padahal waktu gugling katanya bisa. Batal deh kami beli tiketnya. Dan ternyata kami salah counter. Harusnya ke bagian konter tiket antar negara. Whoaaa. Padahal harganya lumayan jauh bedanya. Kalau beli di Singapura tiket bis ke Malaysia itu mulai 20 SGD sekitar200 RB an sedangkan kalau beli dari Malaysia cuman 35 MRM ngiiik emak mupeng. Hahahaha. Tapi ga papalah 200 ribu mah ya insya Allah kecil dibanding pengalaman yang luar biasa bisa ngerasain naik bis lewat dua negara. Hahahaha.
Jadi kami kemarin beli tiketnya langsung di lokasi aja. Setelah turun di Changi langsung ke Golden Mile Complex buat beli tiket bis dengan tujuan ke Bandar Tasik Selatan (BTS) bayarnya pake kartu debit. Mereka nerima kok akun bank Indonesia. Baru setelah itu kami jalan-jalan keliling Singapore.

Nah sorenya setelah keliling Singapore, ternyata Singapore itu kecil ya sodara-sodara hahaha. Ada sih yang ga sempet dikunjungi tapi ga papa buat besok lagi jadi punya alasan buat ke sini lagi. Hahahaha. Kami balik lagi ke Golden Mile Complex. Naik MRT dari Marina Bay. Oia tentang jalan kaki di Singapura ini sebenarnya jalannya enak cuman harus naik turun tangga atau eskalator dari satu stasiun ke stasiun lain. Gempor kaki si Mak. Lututnya sampel ngilu. Soalnya di Singapura sana kalo nyebrang jalan ga boleh asal nyebrang. Banyak jalan yang ga boleh kita sebrangi sembarangan harus lewat jembatan layang. Kalau mau nekat sih ga papa dengan resiko namamu masuk daftar black list dan ga boleh berkunjung ke Singapore lagi. Opo Ra ngelu ngunu. Hahahaha.


Sambil nunggu jam keberangkatan bis kami mampir dulu di masjid Hajjah Fathimah di seberang Golden Mile Complex ini. Di seberangnya memang kawasan Kampong Glam dan dekat sih kalau mau ke pusat wisata belanja di Singapura tapi ya itu tadi ga boleh sembarang nyebrang. Jadi kemarin kami dari Golden Mile ini naik taksi. Nah masjid Hajjah Fathimah ini tepat berseberangan dengan GMC. Mampir salat dulu dan ngobrol sama para pelancong juga yang nyempetin salat di sana.
Karena bis kami berangkat jam 8 malam kami pun balik lagi ke Golden Mile Complex dan nyari bisnya. Hari sudah malam Barre hape sudah setengah hidup dan ga inter buat foto bisnya. Bisnya dua tingkat lengkap dengan AC dan bersih. Nyaman lah buat perjalanan 5 jam ke depan. Sopirnya orang Melayu yang sepanjang jalan ngobrol terus via earphone nya buat nelpon. Nyetirnya enak kok ga ngebut dan jalannya juga mulus. Saya nyempetin buat menikmati pemandangan sepanjang jalan antara Sg-Malaysia. Kalau Singapore sih sepanjang jalan gedung pencakar langit semua dengan arsitektur menakjubkan buat orang desa macam saya. Sedangkan Malaysia kayak di Indonesia juga banyak juga rumah dari kayu. Dan banyak kebun sawit nya.

Kalau naik bis kita harus melewati dua check point untuk pemeriksaan imigrasi. Pemeriksaan pertama imigrasi Singapura dan pemeriksaan kedua imigrasi Malaysia. Saat ke imigrasi ini semua barang bawaan harus diangkut juga. Nah pas pemeriksaan di imigrasi Singapura paspor diperiksa secara online dengan menempelkan paspor pada semacam layar dan paspor saya ditolak sodara-sodara. Ta tempelkan lagi tetap ditolak. Saya sampai deg-deg an. Terus dipanggil petugas dan di tanya beberapa hal. Alhamdulillah lolos. Tadinya saya mikir apa nama saya masuk data interpol sebagai DPO halagh. Hahahaha mikirnya kejauhan. Alhamdulillahnya paspor saya baik-baik saja. Langsung dipersilakan naik ke bis lagi.

Sampai di Bandar Tasik Selatan sekitar jam 1-2 pagi gitu. Langsung deh beli tiket KLIA Express menuju KLIA. Kereta khusus untuk mke bandara KLIA. nyesek bayarnya 55MYR lumayan nguras kantong hahahaha.
Dan jam 5 pagi keretanya datang kami langsung cus menuju bandara ngejar penerbangan jam 9 pagi. Alhamdulillah traveling via darat dari Singapor- Malaysia itu berjalan lancar. Siangnya saya sudah leyeh-leyeh di Jogja sambil cerita-cerita sama bocah-bocah. Ah dunia sempit ternyata. Subuhan di Kuala Lumpur dhuhuran di Jogja. Hahahaha