Tips Merawat dan Membersihkan Kulkas




 Rawat Kulkas Dengan Benar Agar Awet




Kulkas di rumah kami itu sudah lumayan tua. Dan alhamdulillah awet dan tangguh. Meskipun penampakan luarnya bisalah dibilang ‘Enggak Banget’ karena sudah ditempeli segala macam stiker dan dicoretin anak-anak. Lemari es satu pintu bermerk LG itu tahan banting. Beli di tahun 2007 dan sampai sekarang belum pernah rewel. 


Saya sendiri sangat terbantu dengan keberadaan kulkas ini. Jadi berusaha sekali untuk merawatnya dengan baik. Karena lemari es sangat bermanfaat untuk menyimpan bahan makanan segar dan makanan beku. Jadi anggaran belanja bisa dihemat. Bahkan kulkas membantu saya dalam membuat es batu yang sehat (menggunakan air matang), membuat es krim sendiri, es loli dengan campuran buah untuk anak-anak dan es mambo. 

Agar awet saya punya tips sederhana merawat kulkas

1. Letakkan kulkas jauh dari sumber panas. Sebaiknya sih kulkas tidak berdekatan dengan kompor gas misalnya.
2.     Kulkas tidak menempel dinding. Beri jarak sekitar 10-15 cm dari tembok.
3.  Beri penyangga besi dibawahnya agar awet dan tidak mudah karatan. Harga penyangga besi ini paling cuman 20 rebu tapi ini bikin kulkas lebih awet dan mudah juga kalau mau digeser-geser untuk membersihkan bagian bawahnya.
4. Sebaiknyaa sih kulkas tidak perlu diberi penutup dari kain atau apalah itu yang biasanya dijual satu set dengan taplak meja dan penutup magic com. Karena menurutku jadi membuat panasnya yang harus dilepas jadi tertahan oleh kain. Ya kira-kira gitu deh.
5.  Jangan menyimpan bahan makanan yang masih panas ke dalam kulkas. Selain boros listrik kebiasaan ini juga lama kelamaan akan merusak elemen pendingin di dalam kulkas karena bekerja terlalu berat.
6. Sebaiknya simpan bahan makanan yang sudah dibersihkan. Misalnya sayur sebaiknya sudah dicuci dan ditirskan. Telur sudah dalam keadaan dicuci bersih.
7.  Jangan terbiasa menyimpan makanan dalam keadaan terbuka didalam kulkas. Ini sebenarnya bukan mau promoin wadah-wadah plasti semacam tupperware dan sejenisnya ya. Tetapi wadah makanan dari plastik yang aman seperti itu juga membantu kehigenisan bahan makanan. Dan juga menambah masa keawetan bahan makanan. 

Untuk membersihkan kulkas sebenarnya caranya sederhana saja

1. Rutin membersihkan kulkas. Jadi jangan dibiasakan membiarkan tumpahan makanan tidak dibersihkan berhari-hari selain bisa merusak kulkas juga berbahay untuk kesehatan.
2.  Cabut stop kontak saat akan membersihkan kulkas. Gunakan mode untuk menghilangkan bunga karang.
3.   Keluarkan semua rak di dalamnya. Rendam dalam air berisi sabun pencuci piring biasa. Jangan menggunakan desinfektan sih saran saya. Khawatirnya kita tidak bersih saat membilasnya.
4.  Cuci rak-rak itu dengan spon lembut. Bilas dengan air bersih dan tiriskan sampai kering tanpa harus dilap dengan serbet.
5.  Gunakan air hangat dan sabun cair pencuci piring untuk mengelap bagian dalam kulkas. Gunakan spon lembut ya jangan kawat. Kemudian bilas dengan spon yang diberi air bersih. Terakhir lap dengan serbet kering dan bersih.
6.   Setelah bersih dan kering baru deh rak-rak plastiknya ditata di dalam kulkas. Nah baru boleh nyolokin stop kontaknya.

Tadaaaaa. Kalau rajin bersihin setiap dua minggu sekali. Dijamin kulkas di rumah bakalan awet kayak cintaku padamu. Halagh. Hahahaha. Alhamdulillah sampai sekarang sudah hampir sepuluh tahun kulkas kami di rumah belum pernah di servis. Belum pernah ganti lampu yang di dalamnya itu. Sampai kata suami. Lampu kulkas itu merknya apa sih? Kok awet bener. Hahahaha.

10 komentar

  1. Hehe, kulkas di rumah warisan mertua usianya 20 tahun masih aweet...karena emang rajin dibersihkan ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kayak punya ibuku mak Nunung, awet puluhan tahun

      Hapus
    2. sama kayak punya ibuku mak Nunung, awet puluhan tahun

      Hapus
  2. Wah bermanfaat ni tipsnya, makasih mak irul.

    BalasHapus
  3. kadang isi kulkas udah rapi ya mba. tapi ulah dua ponakan, mampu memporak porandakan isinya. hahaha

    BalasHapus
  4. makasih tipsnyaa, saya nih suka taru makanan tanpa ditutup ><

    BalasHapus
  5. Jd keinget entah udah berapa lama ga bersihin kulkas

    BalasHapus
  6. Wah...jd keinget udah berapa lama ga bersihin kulkas

    BalasHapus
  7. Aku suka beri sedikit odol gigi mbak biar kulkasnya harum dan fresh..

    BalasHapus
  8. Aku kalau lagi rajin, bisa sering bersihin kulkas, Mbak. Eh, kulkasku di deket kompor, tapi ke sekat tembok gt. Udah lamaa, semoga gak apa apa y.

    BalasHapus