Rabu, November 30, 2016

Mewujudkan Impian Naik Haji dan Umroh Dengan Tabungan Emas



Menabung Emas Yuuk!
Aman, Mudah dan Menguntungkan 


Beberapa tahun yang lalu sekitar tahun 2011 saya dan suami memiliki tabungan emas. Rencananya tabungan emas itu digunakan untuk membuka tabungan haji. Pernah sih beberapa kali kami mencoba menabung dalam bentuk uang tunai tapi kok ya ndilalahnya kepake terus. Mungkin semacam sisi buruk manusia kalau tahu uang nganggur pasti langsung muncul  ‘kebutuhan’ yang entah mengapa menjadi penting banget. Padahal sebelumnya berasa ga butuh-butuh amat dengan benda itu. Ya begitulah....(ga usah dilanjutkan). 


Apalagi waktu tahun-tahun itu booming menabung emas akhirnya kami pikir inilah saatnya waktu memulai rencana baik itu. Waktu itu kami mendatangi beberapa lembaga keuangan syariah sekedar mencari informasi tentang menabung emas ini. Setelah hitung punya hitung, bahkan kami mencari yang biaya administrasinya paling ringan, pilihan kami jatuh ke Tabungan Mulia milik Pegadaian dan karena ada opsi bisa milih di pegadaian syyariah akhirnya kami memilih Pegadaian Syariah. Alhamdulillah. Awalnya ambil yang 10 gram. Jadi sistemnya kita mencicil membeli emas dengan uang muka dan harganya disesuaikan dengan harga emas saat kita membeli. Alhamdulillah kami bisa melunasi 10 gram itu dalam jangka yang tidak lama. Dan berlanjut ke beberapa kali transaksi lainnya. Rasanya lega banget setelah punya tabungan untuk haji berupa emas. Karena jujur kami bukan orang kaya dengan penghasilan tetap. Kami wirausaha yang masih memulai usahanya dari awal. Jadi tabungan haji benar-benar sebuah langkah besar buat kami. 
 
surat akad saya saat mencicil beli emas di pegadaian syariah tahun 2011 (disimpan buat kenang2-an)
Setelah tabungan haji sudah punya lalu saat ini kami kepikiran buat umroh. Bukan apa-apa sih mengingat jadwal keberangkatan haji yang serasa seribu tahun cahaya lamanya itu. Coba aja cek jadwal kebarangkatan haji di Depag Yogyakarta. Daftar tahun 2016 ini berangkatnya tahun duaribuduapuluh sekian. Alamak. Padahal rasa rindu untuk menjejakkan kaki di Baitullah sudah di ubun-ubun rasanya. Akhirnya saya dan suami mulai lagi menabung emas. Tadinya sih setiap ada rejeki dari ngeblog saya belikan emas kecil-kecilan dalam bentuk perhiasan buat tabungan sekolah anak-anak. Nah sekarang, kami bikin lagi tabungan khusus emas buat umroh ini. 

Jadi bulan Mei 2016 lalu saya buka tabungan emas di Pegadaian lagi. Kayaknya saya memang jodoh sama pegadaian ini. Meskipun belum pernah gadai emas atau barang di sana tapi sudah yang kesekian saya nabung emas di sana.


Kenapa emas?
Mungkin banyak yang tanya kenapa saya memilih tabungan emas. Saya pernah menulis tentang Tips MenabungUntuk Ibu Rumah Tangga, dan pilihan paling mudah buat para emak adalah emas. Alasannya sederhana, emas itu harganya selalu naik, jika turun hanya dalam jangka pendek dan turunnya-pun sedikit banget. Bahkan menurut banyak pakar ekonomi dan itu terbukti, bahwa investasi emas itu adalah investasi yang sangat likuid. Alias mudah banget dicairkan atau dijual. Tidak seperti investasi dalam bentuk property misalnya. Dan sebagai emak-emak solehah tentu adem ya kalau liat emas, eh, ini alasan terakhir ga usah dibahas. Hahaha.

Kenapa pilih Pegadaian? 
Seperti di awal cerita bahwa kami memulai mencicil emas ya di Pegadaian. Nah kemarin setelah kepikiran buka tabungan emas buat umroh ya pilihannya jatuh ke Pegadaian lagi. Pengen sih nyoba di tempat lain tapi kok ya malas pindah-pindah tempat. Apalagi dulu cocok banget sama Tabungan Mulia-nya Pegadaian yang di jl. Kusumanegara Yogyakarta. Sampai hafal sama petugasnya ^_^ jadi setelah dipikir-pikir udahlah ga usah pindah-pindah tempat lagi buat buka tabungannya cukup di Pegadaian aja. 

Oia sebagai informasi sekarang Pegadaian punya tabungan emas lo. Kalau saya dulu namanya Tabungan Mulia. Nah sekarang Tabungan Emas Pegadaian ini bukan sistem mencicil membeli emas tetapi benar-benar tabungan emas. Jadi kita bisa menyimpan berapa pun uang kita di sana yang nantinya diambil berupa emas. Sebisa kita berapa nabungnya setiap bulan.

Tabungan ini bisa dimanfaatkan buat para jomblo yang mulai menabung untuk menikah misalnya. Karena tabungan emas itu investasi yang menguntungkan lo Mblo. Hanya dengan uang senilai Rp 5.000 kita sudah bisa memiliki emas. Wow bangetkan. Oia untuk memudahkan para nasabahnya Pegadaian punya aplikasi Sahabat Pegadaian yang bisa di unduh gratis di Playstore. 
 
Buku Tabungan Emas Saya ^_^
Cara Membuka Tabungan Emas
Prosedur pembukaan rekening Tabungan Emas gampang. Miriplah kayak kita buka rekening bank.
1. Mengisi formulir yang disediakan
2. Melampirkan fotocopy KTP/SIM/Paspor
3. Membayar biaya administrasi sebesar 10.000 dan biaya titipan sebesar 30.000.
4. Kita bisa mulai mengisi tabungan dengan mulai berat 0,01 gram.
5. Jika membutuhkan dana tunai, saldo titipan emas bisa dijual lagi  kembali ke pegadaian dengan minimal penjualan 1 gram emas.
6. Apabila menghebdaki fisik emas batangan bisa melakukan cetak order dengan pilihan (5gr, 10gr, 25gr, 50 gr dan 100gr)
7. Minimal saldo rekening 0,1 gr
Untuk lebih jelasnya mending langsung cus aja ke pegadaian.co.id. Jadi buat yang kepengen punya niat naik haji atau umroh atau bikin rumah atau juga untuk tabungan sekolahnya anak-anak tabungan emas ini bisa jadi solusi.Oia doain juga semoga Ramadhan tahun depan saya dan suami bisa berangkat umroh. Aamiin ya Allah.



3 komentar:

  1. FBS IndonesiaBroker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSID007

    BalasHapus
  2. Sepertinya menarik juga menabung emas. karena emang kalau niat nabung uang rasanya abis terus. mungkin ini bisa jadi solusi buat saya.

    BalasHapus
  3. aku pun sedang mempertimbangkan hal yang sama nih mbaa...banyak manfaatnya yaaa

    BalasHapus