Berbagi Banyak Manfaat Di #UsiaCantik Bersama Yuniana Oktoviati Sang Pengagas Warung Sedekah Yogyakarta



Yuniana Oktoviati Sang Pengagas Warung Sedekah Yogyakarta

pict. dokumen Bund Tovie


Ada yang pernah nonton film ‘Joy’nya Jennifer Lawrence. Saya suka banget dengan film ini. Salah satunya sih karena bercerita tentang perempuan kuat yang menjalani hidupnya dengan cantik. Omong-omong tentang menjalani hidup dengan cantik boleh dong saya berbagi cerita tentang seorang sahabat yang tahun ini memasuki #usiacantik dan hidupnya juga masya Allah cantik banget. Benar-benar cantik. Diuji dengan manis, asam, asin dan pahitnya kehidupan. 


Saya bertemu dengannya di penghujung tahun 2013 saat sama-sama mengikuti sebuah pelatihan parenting yang kemudian menyatukan kami dalam sebuah komunitas para perempuan yang peduli dengan kepengasuhan anak ‘ Omah Parenting’. Kenalan yuuk dengan Yuniana Oktoviati. Perempuan kelahiran Yogyakarta 35 tahun lalu ini benar-benar inspiratif. 

Bunda Tovie begitu biasanya kami memanggilnya (di komunitas kami saling memanggil dengan sebutan bunda). Mengenal bunda Tovie membuat saya banyak belajar tentang kehidupan. diawal saya bertemu beliau adalah seorang orang tua tunggal yang membesarkan dua orang anak.

Pengusaha Wanita Yang Tangguh
 
pameran di luar negeri
Bunda Tovie adalah seorang pengusaha wanita yang berkecimpung di kerajinan batu alam. Dan jangan salah ya, karyanya sudah mendunia. Tidak hanya di Indonesia bahkan merambah pasar Eropa dan Amerika. Bahkan perusahaan kerajinannnya Yuka Stone kerap mengikuti pameran di luar negeri. Tetapi jangan dikira bunda Tovie menjalani usahanya dengan santai ya. Bunda Tovie memulai usahanya dari nol. Perempuan cantik ini meskipun terlahir dari keluarga kaya tetapi terbiasa bekerja keras. Keluarganya pernah terpuruk saat krisis moneter menghantam bisnis keluarganya di tahun 1997-1998. Namun karena pendidikan dari kedua orangtuanya untuk selalu bekerja keras dan jangan putus asa membuat bunda Tovie dan saudara-saudaranya bisa menjalani kehidupan meskipun usaha ayahnya gulung tikar. 

Sebelum sukses dengan bisnis batu alamnya bunda Tovie pernah menjalani banyak usaha. Mulai dari menjual kue kering, rental PS, jualan baju, jualan tas dan beberapa usaha yang lain. Bunda Tovie memang perempuan pantang menyerah. 

Berbagi Rejeki Dengan membuat Warung Shodaqoh


Pada bulan September 2014 bunda Tovie memutuskan membuat warung shodaqoh. Yakni sebuah warung yang menyediakan makan gratis bagi para dhuafa dan fakir miskin. Awalnya beliau membuka warung shodaqoh tepat di depan rumahnya di Jl. Gedong Kuning Yogyakarta. Lalu kemudian membuka cabang di beberapa tempat di Yogyakarta. 
 
bersama teman2 Omah Parenting saat Ramadhan kemarin di Warung Shodaqoh
            Saat ini sudah ada 5 cabang Warung Shodaqoh. Di depan rumahnya di jl.Gedong Kuning, lalu di nol kilometer di jl. Malioboro, jl. HOS Cokroaminoto Yogyakarta, lalu juga ada di Bekasi dan Surabaya. Modal Warung Shodaqoh diambil dari keuntungan usahanya. Dan ada beberapa teman yang membantu menjadi donatur. Alhamdulillah setiap Jumat siang pukul 11.00-13.00 menyediakan 150 porsi nasi lengkap dengan sayur dan lauknya dibagikan kepada kaum dhuafa. Masya Allah luar biasa bangetkan. Saya sendiri pernah turut membantu menjadi relawan saat pembagian nasi ini di titik nol kilometer. Dan rasanya terharu banget karena bisa turut serta membantu. Bahkan bunda Tovie turut serta turun tangan membagikan nasi di warung shodaqoh ini. 
 
turun langsung melayani para dhuafa di warung shodaqohnya ^_^
            Benar kata orang bijak ‘Berbagilah maka engkau akan kaya’. Sungguh tidak ada ceritanya orang yang bersedekah itu menjadi miskin. Yang ada adalah rejeki yang terus bertambah. Bahkan warung shodaqoh bunda Tovie ini dilirik oleh Aqua untuk dijadikan sebagai salah satu iklan inspiratif mereka. 



Kecantikan Akan Memancar Dari Wajah Yang Bahagia

            Saya sendiri salut dengan bunda Tovie ini. Urusan padat merayap tetapi setiap ketemu ga pernah mengeluh yang ada adalah senyum manis dan berbagi banyak cerita. Katanya setiap mendapat ujian maka jawabannya adalah dinikmati saja prosesnya, waktunya lebih mendekat kepada Allah dan dipasrahkan semuanya. Karna Allah pasti tau yang terbaik buat umat nya. Jawabannya jleb banget buat saya yang kadang masih mangkir kalau mendapat masalah. Bunda Tovie sendiri bilang dia gampang bahagia “selalu disyukuri apa yang didapat  yang penting anak anak sehat, gembira sudah cukup buat saya” duuh bikin mewek jawabannya ya. Saya pikir tadinya bakalan jawab kalau omsetnya sekian-sekian eh ternyata jawabannya sederhana banget, liat anak-anak sehat sudah bahagia banget.
Waktu saya tanya apa sih definisi #usiacantik buatnya. Jawabannya

cantik adalah ketika kita bahagia lahir dan batin serta bisa menerima diri sendiri dan berguna bagi orang lain dan selalu bisa tersenyum setiap hari karena kita merasa berguna setiap hari


Bunda Tovie juga tetap rutin merawat tubuh. Dan menurutnya tubuh cantik itu berasal dari tubuh yang sehat. Jadi bunda Tovie rajin olahraga agar selalu fit. “Saya dari dulu selalu suka berolahraga, saya tidak pernah diet sekalipun. Kalau badan fit dan bugar, rasanya melakukan apa saja enteng dan lebih bersemangat”

Kunci cantik menurut bunda Tovie adalah percaya diri dengan diri kita sendiri. Jika bukan kita lalu siapa lagi yang bisa menghargai diri kita sendiri. Jadi katanya hargailah diri kita sendiri dengan ilmu dan kerja keras serta tetap rendah hati itu kunci cantik yang luar biasa. Jadi jangan pernah takut untuk menua dengan bahagia ya. Kayaknya saya harus banyak bersyukur nih dengan hidup dan terus berusaha untuk menggali potensi agar bisa juga berbagi manfaat untuk sesama. Dan biar cantiknya awet mungkin nyoba L’Oreal Paris Revitalift Dermalift

Saat ini bunda Tovie sangat bersyukur dengan kehidupan bersama suaminya dan anak-anaknya. Benar kata orang bijak " Hidup itu seperti roda jalani saja dengan penuh kesyukuran maka engkau akan bahagia"
 
 “Lomba blog ini diselenggarakan oleh BP Network dan disponsori oleh L’Oreal Revitalift Dermalift.”

20 komentar

  1. Masya Allah, perempuan ini hebat banget. Semoga makin banyak perempuan Indonesia yang terus berbagai kebaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mami icha, orgnya humble lagi :)

      Hapus
  2. Cantik liar dalam ya bunda thofi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benef mb ika cantik luar dalam klo ini

      Hapus
  3. Cantik liar dalam ya bunda thofi

    BalasHapus
  4. Akhirnya bisa baca juga cerita Warung Shodaqoh ini. TFS ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke jogja mb biar bs ketemu orgnya langsung

      Hapus
  5. Aku salut dengan mereka2 yg terlahir dari keluarga kaya tapi nggak manja. Mau berusaha bahkan malu kalau harus minta orangtua. Inspiratif banget Mbak Thofi ini. Semoga makin banyak Mbak Thofi lain di luar sana.

    BalasHapus
  6. salut buat mba Thofi..semoga selalu berkah usahanya

    BalasHapus
  7. Jadi pingin bisnis, uhuuuh Bunda Tovie jadi pingin ketemu,

    BalasHapus
  8. salam sama bunda tovie mba, semoga makinberkah hidupnya

    BalasHapus
  9. “cantik adalah ketika kita bahagia lahir dan batin serta bisa menerima diri sendiri dan berguna bagi orang lain dan selalu bisa tersenyum setiap hari karena kita merasa berguna setiap hari”

    THIS! Martabat kita tidak terletak di piagam, tersemat di atas seragam. Tapi terletak di dalam dada orang yang telah kita beri manfaat. Cantik fisik akan dimakan usia ... kebermanfaatan, akan abadi dan jadi jariyah. Mantap~

    BalasHapus
  10. wah keren ya.. manfaatnya bisa langsung dirasakan fakir miskin. moga lebih banyak anak muda yang terinspirasi dari sosok beliau

    BalasHapus
  11. Aku salut dengan mereka2 yg terlahir dari keluarga kaya tapi nggak manja. Mau berusaha bahkan malu kalau harus minta orangtua. Inspiratif banget Mbak Thofi ini.

    BalasHapus