Review Gadget 'Perbedaan GoPro Hero 5 Black dan Hero 5 Session'


Perbedaan GoPro Hero 5 Black dan Hero 5 Session

kiri: GoProHero 5 Black, kanan: Hero 5 Session
pict by: kompas.com






Kemarin sempat rerasan sama si bapak tentang kamera Go Pro 3 yang sering nganggurnya daripada action-nya. Lebih memilih nenteng kamera sih daripada GoPro. Padahal kamera GoPro hasilnya bagus banget kalau dipakai outdoor. Rencananya sih mau tuker tambah. Lalu cari carilah info tentang GoPro keluaran terbaru. Dan ketemunya GoPro Hero 5 Black dan Hero 5 Session.

GoPro terbaru baru saja dirilis dan bahkan belum bisa kita peroleh di Indonesia. Namun, hype teknologi terbaru dari generasi terbaru GoPro ini telah merambah ke Tanah Air. Tak heran karena ada beberapa perubahan signifikan yang ditawarkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

Nick Woodman pada gelaran peluncuran GoPro terbaru menawarkan kamera terbaru dengan dua versi. Mungkin khususnya bagi yang belum menggunakan GoPro agak bingung apa perbedaan antara kedua versi ini, yaitu GoPro Hero 5 Black dan GoPro Hero 5 Session.

Secara singkat, Hero 5 Session adalah versi ‘hemat’ dari Hero 5 Black. Oleh sebab itu, ada beberapa spesifikasi dan fitur yang dipangkas dari versi ini.
Nah, penasaran apa saja perbedaan antara kedua versi ini? Sila simak beberapa paparan berikut ini.

GoPro Hero 5 Black vs Hero 5 Session

pict: oigel.com

Terlebih dahulu kita mulai dengan Hero 5 Black. Dibekali dengan layar 2 inci dengan teknologi layar sentuh, kamu akan lebih mudah menggunakan dan mengontrol kamera ini. Oh ya, sebagai informasi juga, terdapat fitur Voice Control yang bikin kegiatan kamu menggunakan Hero 5 Black jadi lebih praktis lagi! Cukup ucapkan perintah tertentu dan kamera kamu akan melakukannya.

Bagaimana dengan spesifikasi GoPro Hero 5 ini? Ada beberapa penambahan menarik yang diberikan olehnya. Sebut saja beberapa di antaranya adalah kamera beresolusi 12 MP dengan kecepatan 30 frame per seconds. Tak hanya itu saja, perekaman video juga sudah mendukung kapasitas 4K! Jadi, warna gambar yang dihasilkan makin cerah dan stabil. Ya, kini, GoPro dilengkapi pula oleh kemampuan image stabilization. Pun terdapat teknologi wide dynamic range serta format gambar RAW.

Tak cukup sampai di situ, Hero 5 Black telah mendukung penyimpanan otomatis ke cloud agar memudahkan pengguna untuk tak repot menyimpan foto dan video.

Nah, beberapa fitur dan teknologi tersebut tidak terdapat pada GoPro Hero 5 Session. Hero 5 Session ‘hanya’ dibekali kamera beresolusi 10 MP dan tanpa layar. Ya, versi ini memang cukup terbatas. Namun, kalau kamu tak masalah dengan layar – hal tersebut bukan jadi masalah yang besar juga, ya. Kemudian, pada Hero 5 juga tidak terdapat fitur Auto Upload to Cloud serta hasil gambar format RAW. Satu lagi fitur yang ada pada Hero 5 Black namun tidak ada di versi Session adalah fitur Location Capture.

Jadi, apa persamaan antara GoPro Hero 5 Black dan Session? Tentu saja ada. Beberapa di antaranya adalah baik versi Black dan Session sama-sama mampu diajak menyelam hingga kedalaman 10 meter tanpa casing waterproof. Kedua versi ini juga sudah lebih baik dalam hal mereduksi suara angina sehingga menghasilkan suara yang lebih jernih daripada seri pendahulunya. Kemudian, fitur Voice Control juga terdapat pada kedua versi ini. Kamera video Hero 5 Session juga mampu merekam video berkapasitas 4K! Jadi, berdasarkan spesifikasi, kedua versi ini hampir sama dan sama-sama berkualitas dalam hal menghasilkan foto dan video.

Akan tetapi, kalau kamu suka dengan kamera aksi yang memiliki layar karena merasa lebih mudah maka Hero 5 Black adalah jawabannya! Pun bila kamu memerlukan beberapa fitur menarik yang disediakan oleh GoPro pada versi Black dari Hero 5 ini.


Jadi, selamat menentukan pilihan. Pilihan antara GoPro Hero 5 Black vs GoPro Hero 5 Session. 

4 komentar

  1. Jadi kepingin punya GoPro ini ��

    BalasHapus
  2. Waah kalau aku perlu layar biar bisa langsung di cek dan shoot ulang. Jadi pilih go pro hero 5 black aja deh..

    BalasHapus
  3. Ini mingin2i Maaak. Cita2 banget pengen punya kamera...:)

    BalasHapus