Sabtu, Oktober 01, 2016

Plan Your Trip and Enjoy Your Holiday

Ayo Wujudkan Liburan Terbaikmu




Sebagai keluarga homeschooling mandiri yang namanya jalan-jalan itu maksud daftar wajib pelajaran kami. Biasanya sih kalau seputaran Jogja perencanaannya ga perlu heboh banget. Kalau mau ke pantai tinggal cus aja berangkat pagi-pagi. Maklum rumah kami ga terlalu jauh dari pantai. Apalagi Jogja terkenal dengan deretan pantainya yang aduhai. 


Mau ke kebun binatang juga ga terlalu jauh. Apalagi Kebun Binatang Gembira Loka di Jogja lumayan lengkap isinya. Bahkan Pinguin aja ada di BonBin Gembira Loka. Selain itu ada banyak tempat wisata edukatif di Jogja. Ada banyak museum dan tempat-tempat wisata sejarah kayak candi dan masjid-masjid kuno di Jogja. Itu belum termasuk pameran seni dan teknologi yang hampir setiap bulan selalu ada aja di Jogja. Bersyukur banget tinggal di Jogja. Bisa dibilang selama ini dana untuk jalan-jalan edukatif kami masih bisa ditalangi alias dibayar langsung dari dompet emak dan bapak.


Tapi gimana dong kalau mau jalan-jalan agak jauh. Kalau seputaran Jateng-DIY masih bisalah berangkatnya mendadak. Tapi kalau diluar itu?. Nah itulah kenapa kita butuh yang namanya perencanaan.


Kebetulan banget kemarin Ahad, 25 September 2016 saya ikutan bincang-bincang tentang merencanakan liburan yang digagas oleh Sun Life Financial dengan tema “ Wujudkan Liburan Terbaikmu” di House of Balcony, Ambarukmo Plaza Yogyakarta. Bincang-bincang kali ini di isi oleh mbak Donna Imelda (lecturer, travel writer dan co-founder Indonesia Corner),  Atanasia Rian ( Traveler Blogger) dan Bapak Ahmad Emir Farabie (Senior Manager Digital & Social Media Marketing Sun Life).

Selama ini saya rajin mengikuti timeline-nya mbak Donna dan mbak Atanasia Rian yang isinya banyak jalan-jalannya. Kebetulan saya kenal mbak Donna dari tahun 2013. Terakhir ketemu tahun 2014. Dan kemarin ketemu lagi rasanya seperti reuni. Kayaknya memang deh saya harus banyakan liburan ini biar sering-sering ketemu teman-teman blogger yang lain, eh. Hahahaha.

Plan Your Trip And Enjoy Your Holiday




      Kata mbak Donna “ Liburan itu bisa mahal bisa juga murah tetapi yang pasti semuanya membutuhkan biaya”. Iya bener. Tidak ada yang tidak mengeluarkan uang. Meski dekat rumah sekalipun. Minimal kita butuh bekal untuk di jalan. Nah mbak Donna yang sudah melanglang buana ke berbagai tempat di Indonesia dan Luar negeri ini memberi beberapa gambaran tentang merencanakan liburan agar menyenangkan.
1.Kota tujuan
Kalau tempatnya dekat bedalah pastinya dengan tujuannya luar kota. Pastika dari awal tempat yang hendak dituju. Mau dekat atau jauh yang pasti rencanakan tempat tujuan dengan cermat.

2.Kapan perjalanannya
Ini berkaitan dengan biaya. Kapan berangkat? Sekarang? Tahun depan? Atau saat liburan akhir tahun?.

3.Dana sekarang
Cek dana yang kita miliki. Kata mbak Donna yang pasti “ Setiap melakukan perjalanan dia sudah memastikan dana itu tidak mengacaukan dana kebutuhan rumah tangga”. Jadi ga ada tuh dana liburan diambil dari uang SPP anak-anak misalnya. Hellooo. Itu cari penyakit namanya.

4.Dana yang dibutuhkan
Setelah bisa menemukan tempat tujuan dan kapan keberangkatan kita bisa memperkirakan dana yang dibutuhkan lalu crosscheck dengan dana yang dimiliki. Jika kurang  Ayo menabung!.

5.Gunakan dana khusus
Biasakan menggunakan dana khusus untuk liburan. Jangan mengacaukan dana lain yang sudah jelas peruntukannya. Jadi ga ada cerita pulang liburan keuangan rumah tangga bubar jalan ya.

6.Siapkan dan/sesuaikan dengan kebutuhan maksimal
Ini melatih kita disiplin sebenarnya. Jika mau jalan-jalan ke Singapura butuh 5 juta. Ya gunakan 5 juta. Kalau lebih berarti gagal dong perencanaannya.

7.Please Don’t Use Credit Card For Holiday
Jangan biasakan menggunakan kartu kredit untuk liburan. Fungsi kartu kredit hanya sebagai jaga-jaga saja jika diperjalanan kita menemukan hal-hal diluar perencanaan kita. Jangan sampai selesai liburan hutang kartu kredit kita langsung membengkak tak tertolong.

8.Gaya perjalanan
Mau solo traveling atau family traveling nih judulnya? Ini akan menyesuaikan budget yang akan kita keluarkan. Kalau saya jelas lebih sering Family Traveling. Maklum buntutnya segambreng. Berangkat satu berangkat semua. Hahahaha. Itulah mengapa meskipun dekat perencanaannya harus mateng banget.

9.Transportasi yang digunakan
Mau pakai kendaraan pribadi atau angkutan publik. Kalau dekat okelah kendaraan pribadi tapi kalau sudah luar kota atau luar negeri ya harus terbiasa dengan angkutan publik. Jadi kita harus punya rencana kendaraan apa saja yang nanti yang akan kita gunakan. Pesawat, kapal laut, kereta api atau harus menyewa dan sebagainya.

10.Penginapan
Mau menginap dimana saat liburan? Hotel, rumah saudara, masjid?. Perhitungkan budget untuk penginapan ini.

11.Perhitungkan jumlah tempat wisata yang kita kunjungi
Saat ini banyak tiket tempat wisata yang bisa dipesan via online. Jadi rencanakan dari awal tempat tujuan wisata apa saja yang akan dikunjungi jadi kita bisa memperkirakan biaya yang kita keluarkan untuk tiket tempat wisata.

12.Biaya makan
Mungkin tidur bisa dimana saja tapi makanan tetap harus diprioritaskan dengan baik. Jangan sampai tiap hari makan indomie misalnya untuk mengirit pengeluaran.

13.Komunikasi
Rencanakan provider apa yang akan digunakan saat bepergian. Misalnya di luar negeri gunakan provider lokal agar kita tetap bisa terhubung dengan rombongan misalnya.

14.Tiket pesawat
Pengalaman selama ini kalau beli tiket pesawat akan jauh lebih murah jika dibeli jauh-jauh hari. Jadi rencanakan dengan baik pembelian tiket pesawat ini. Membeli via online juga biasanya akan mendapat potongan lumayan dibanding beli di agen.

15.Belanja oleh-oleh
Meskipun kemarin ramai pemberitaan untuk ‘tidak minta oleh-oleh saat orang liburan’ tetap saja belanja oleh-oleh ini sebaiknya dimasukin daftar. Jangan sampai saat kita mengunjungi suatu tempat tidak ada yang bisa jadi kenangan sama sekali. Karena benda pasti tetap berbeda bila dibandingkan dengan foto atau kenangan, apalagi kalau itu kenangan dengan mantan. Halagh. Kenapa nyerempetnya ke mantan coba? Hahahaha.

16.Biaya tak terduga
Siapkan dana tak terduga. Pengalaman saya selama ini juga membuktikan sering meskipun sudah kita rencanakan dengan baik ada saja hal-hal yang terjadi luar rencana kita. Jadi biaya tak terduga ini sebaiknya disiapkan.

17.Asuransi perjalanan
Setiap melakukan perjalanan ke luar negeri biasanya sudah termasuk dana asuransi. Seharusnya perjalanan dalam negeri juga tetap harus kita pikirkan asuransinya. Ini membantu untuk mengantisipasi hal-hal diluar rencana kita. Misalnya dulu saat ke Turki suami saya harus merefund tiket pesawat dan tetap dikenakan biaya tambahan.


Tips Solo Traveling


Pemaparan berikutnya dari kak atanasia Rian. Blogger traveler satu ini memang sering banget melakukan solo traveling. Saya sendiri tidak terbiasa melakukan perjalanan solo. Tetapi mungkin setelah dapat tips dari kak rian saya jadi punya pandangan sendiri nih tentang solo traveling. Apalagi putra sulung saya bakalan dapat jatah untuk melakukan perjalanan solo untuk memenuhi portofolio homeschooling-nya.

Apa sih bedanya Solo Traveling dan Family Traveling
Yang pasti solo traveling kita selalu punya waktu buat me time” itu kata kak Rian. Kalau liburan beramai-ramai memang heboh dari awal sampe pulang meriah banget. Apalagi kalau bawa anak-anak. Tetapi meskipun begitu bukan berarti kalau solo traveling kita bisa langsung ngacir aja.

Apa aja sih yang dipersiapkan saat solo traveling?

1.     Planning
Buat perencanaan setiap akan melakukan traveling. Rencana yang matang membuat kita lebih percaya diri saat melakukan perjalanan. Dan biasanya hasilnya juga maksimal. Happynya juga maksimal.

2.     Budgetting
Tentukan budget liburan sejak awal. Penting dipertimbangkan mau belipaket liburan atau merencanakan sendiri. Ga perlu memaksakan diri harus traveling ke luar negeri atau tidur di hotel *5 jika budget mefet. Rencanakan sedetail mungkin termasuk: tiket pesawat, akomodasi, transportasi, makan, oleh-oleg, dll. Susun ittinary harian. Dan manfaatkan asuransi perjalanan.
  

3.     Susun ittinary dengan cermat sebelum traveling
Cari informasi sebanyak mungkin tempat tujuan kita. Semakin banyak informasi membuat perencanaan kita jadi lebih matang. Kalau perlu buat budget harian. Dan jangan melebihi budget yang sudah kita susun. Jangan cari penyakit dengan foya-foya dengan anggaran traveling kita.

4.     Packing
Susun daftar barang bawaan pribadi. Susun dari terberat sampai yang teringan. Scan seluruh dokumen pribadi (KTP, paspor, dan SIM) dan kirim ke email kita. Pisahkan uang cash di beberapa tempat. Tambahkan extra bag dan plastik. Timbang bawaan sebelum berangkat. Jangan sampai kena charge di bandara.

Apa sih Uniknya Solo Traveling
1.     Keep Calm, intinya sih jaga perasaan agar tidak mudah emosi untuk hal-hal sepele.
2.     Tetap berdiskusi jika ada masalah.
3.     Perencanaan matang harus tapi jangan berekspektasi terlalu tinggi.


Layanan Bright Advisor di Ambarukmo Plaza, Minggu 25 September 2016


Nah, setelah mendapat pemaparan itu paling tidak kita jadi punya wawasan apa saja yang harus dilakukan saat akan melakukan liburan. Yang paling utama sih adalah perencanaan. Lalu perencanaan seperti apa sih yang kita butuhkan. Pak Fabie selaku perwakilan dari Sun Life membuka bincang-bincang tentang perencanaan kami kemarin dengan memaparkan tentang Bright Advisor. “Setiap orang pasti punya rencana. Nah bagaimana caranya agar rencana itu bisa terwujud?” kata pak Fabie. Itulah kenapa Bright Advisor merasa perlu memberikan pelayanan untuk forum tanya jawab seputar perencanaan ini.


Rencana Saya dan suami untuk Ramadhan dua tahun lagi adalah Berangkat Umroh



Bright Advisor adalah forum diskusi yang difasilitasi oleh Sun Life untuk orang yang membutuhkan informasi tentang asuransi atau investasi tanpa harus menjadi nasabah asuransi terlebih dahulu.
Buat semua semoga bisa melakukan perjalanan yang menyenangkan ya. 

6 komentar:

  1. mbak aku juga mau merencanakan umroh nih :)

    BalasHapus
  2. fasilitasnya banyaaak ya. Tapi memang trip itu akan jauh menyenangkan dan smooth kalau perencanaannya matang yaaa

    BalasHapus
  3. Aamiin semoga rencananya umroh terwujud Mak. Saya mau liburan ke tempat yg dekat dulu biar irit hehe..

    BalasHapus
  4. Aku seringnya malah liburan mendadak. Kalau diplanning jauh2 hari lebih sering nggak jadi. Waktu ke bromo juga sebulan perencanaan saja padahal musim lebaran. Tapi bukan berarti planningnya tidak detil. Kyk gini aku selalu bikin itin runtut. Semua transportasi & akomodasi juga sdh booked. Nggak kleleran di terminal atau stasiun, karena aku jarang pergi sendiri, selalu bareng keluarga. :))

    BalasHapus
  5. Saya termausk yang suka merencanakan perjalanan. Kalau mendadak suka banyak deg-degannya :D

    BalasHapus
  6. Nice sharing, Mak Irul... Yuk liburan

    BalasHapus