Kamis, Oktober 20, 2016

Inilah Manfaat Menonton Film Bagi Anak-Anak

Inilah Manfaat Menonton Film Bagi Anak-Anak



Para orang tua kerap melarang anak menonton film. Alasannya tentu saja agar anak tidak ketagihan dan bisa mengisi waktu senggang dengan melakukan aktivitas lain. Padahal menonton film tidak selalu memberikan dampak buruk bagi anak. Jika orang tua memberikan bimbingan dan pengawasan ketat selama anak-anak menonton film, niscaya aktivitas menonton film akan memberikan banyak manfaat bagi anak-anak.


Kami sendiri punya jadwal ‘Movie Day’ setiap Sabtu-Ahad setelah tugas-tuga harian diselesaikan. Biasanya sih saya dan ayahnya mencari film-film yang menurut kami bagus dan inspiratif dan aman untuk anak-anak. Bahkan berburu film bagus menjadi kebiasaan saya. Kalau bapaknya anak-anak biasanya mencari film-film dokumenter untuk anak-anak agar mereka belajar banyak hal dari pengalaman hidup orang lain dan tempat-tempat yang jauh.

Ingin tahu manfaat apa saja yang bisa diperoleh anak-anak saat menonton film? Mari simak dulu ulasannya berikut ini!
Mengisi Waktu Senggang Bersama Keluarga
Daripada membiarkan anak-anak sering keluar rumah saat punya waktu senggang, tentu akan lebih baik bila anak-anak bersantai di rumah bersama keluarga. Menonton film-film seru bersama keluarga akan menjadi momen yang istimewa dan menghangatkan hubungan dengan semua anggota keluarga.

Sarana Hiburan yang Murah Meriah
Mendapatkan hiburan dengan berjalan-jalan ke luar rumah memang menyenangkan. namun ada kalanya hal ini tidak bisa dilakukan ketika sedang berhemat. Oleh sebab itu, sarana hiburan tersebut bisa digantikan dengan menonton film di rumah. Jika orang tua sudah memilih merek terbaik blu ray player dari MatahariMall, pasti anak-anak bisa merasakan pengalaman menonton film yang berkualitas. Karena MatahariMall berkomitmen untuk menyiapkan koleksi blu ray player super lengkap untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan. Promo cicilan 0% juga akan membuat siapa pun bisa berhemat sewaktu membeli blu ray player atau produk lainnya di MatahariMall.

Menjadi Sarana Pendidikan Non Formal
Pendidikan tidak hanya bisa didapatkan dari sekolah saja. Melalui film-film bertema pendidikan dan anak, sudah pasti anak bisa mempelajari banyak hal baru. Tugas orang tua adalah mendampingi anak-anak saat menonton film. Supaya orang tua bisa memberikan bimbingan yang tepat ketika anak hendak menanyakan hal-hal yang belum dimengerti.
Kami pernah belajar membuat pesawat kertas dari film Paper Plane. Dari situ Osama jadi tahu bahwa ada turnamen internasional khusus pesawat kertas.

Cara Tepat Nan Murah untuk Menghilangkan Stres
Menonton film akan membuat anak-anak merasa lebih rileks. Beban pikiran akibat pelajaran sekolah pun dapat dilupakan sejenak. Setelah menonton film-film berkualitas, anak akan merasa lebih bersemangat dan siap melanjutkan aktivitas belajarnya. Karena kondisi pikirannya sudah lebih segar dan siap menerima banyak informasi pembelajaran yang baru.

Kesimpulannya, orang tua tidak harus melarang anak menonton film. Melainkan hanya perlu mengawasi dan membimbing anak secara serius supaya manfaat menonton TV lebih besar daripada efek negatifnya.

6 komentar:

  1. Aku jd inget film rekomendasimu, life of Pi. Blm nonton :(

    BalasHapus
  2. Anakku lagi 13 bulan ini lagi gila banget nonton larva Mbak. Bagus nggak ya? Nontonnya sih tak temenin, tak jelasin dikit2 gitu.

    BalasHapus
  3. Banyak ternyata ya manfaat anak noton film. Asalkan filmnya sesuai dengan umurny. Alhamdulillah.. Anak-anak saya suka nonton film. Saya sampe ikut-ikutan nonton juga. :D

    BalasHapus
  4. Aku dah lama nih mak gak nonton film, rekomendasiin film yang ringan2 dong. hehe

    BalasHapus
  5. nah ini nih, paling ampuh banget kalo lagi tanggal tua gak bisa ngajak anak main ke luar hehe

    BalasHapus
  6. Wogh, ada blu ray player niiih... mau intip2 aaaahh... punya koleksi film tp playernya blm ada :))

    BalasHapus