Senin, Agustus 29, 2016

Lagu Anak Ini Ditujukan Untuk Anak-Anak di Syria

Sebuah Lagu Untuk Anak-Anak Syria

            A'thuna Al Thoufuli اعطونا الطفولة




Beberapa waktu lalu anak-anak saya ikut sebuah kampanye yang ditujukan untuk anak-anak yang terkena imbas perang di Suriah. Lebih dari dua juta anak yang terkena dampak perang di Syria saat ini. Mereka ada yang masih terjebak di medan perang baik di Aleppo, Madhaya, Idlib dan kota-kota lain di Syria. Dan sebagian yang lain terpencar di tenda-tenda pengungsian di Libanon, Turki, Jordan bahkan sebagian negeri-negeri di Eropa.

Si bapak bersama pengungsi anak-anak
(dok.pribadi)

Kenapa anak-anak kami diperbolehkan mengikuti kampanye itu sendiri adalah karena alasan kami sepakat bahwa semua anak berhak untuk hidup normal sebagaimaana anak-anak dibelahan dunia yang lain. Kampanye #SaveThechildrenOfSyria itu sendiri diikuti oleh banyak anak dari berbagai negara.

dok.pribadi

Sampai kemudian muncul sebuah lagu anak yang ditujukan untuk anak-anak di Syria ini yang ngehits banget di berbagai negara. Dinyanyikan dalam dua bahasa yakni bahasa Arab dan Inggris. Lagu ini sukses membuka banyak mata bahwa ada banyak nyawa anak-anak yang harus diselamatkan karena perang Syria yang tak berkesudahan. Apalagi saat netizen dari seluruh dunia mengutuk kejadian yang menimpa Aylan Kurdi yang ditemukan mati tenggelam di perairan Mediterania dan yang baru saja menghangat adalah diselamatkannya Omran dari reruntuhan bangunan di Aleppo, Syria.

Lagu  A'thuna Al Thoufuli dalam versi Inggrisnya dikenal dengan  Give Us Childhood Give Us Peace. Lagu ini kemudian mendunia. Dan di rumah kami lagu ini menjadi semacam suport dari anak-anak saya untuk anak-anak Suriah. Apalagi saat itu ayahnya anak-anak ikut serta dalam pencanangan kampanye #SaveTheChildrenOfSyria ini di Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 31 Mei 2014 yang diikuti oleh NGO-NGO berbagai negara Melayu. Bisa dibilang mulai saat itu lagu ini jadi favorit di rumah kami. Bahkan lagu ini sendiri akhirnya dibuat dalam berbagai versi bahasa mulai Prancis sampai bahasa Turki.


Saya sendiri selalu mengajak anak-anak untuk peduli dengan sekitar termasuk anak-anak yang kurang beruntung. Nah sampai kemudian ketika Osama akhirnya mau ikut serta dalam kampanye membuat surat untuk anak-anak Suriah Ramadhan kemarin.  Dan satu hal berbicara anak-anak Syria ini tidak ada muatan politis atau terorisme yang identik dengan ISIS. No, Big No!. Berbicara tentang anak-anak Syria adalah berbicara tentang hati nurani dan kemanusiaan. Apakah kita akan berdiam diri terhadap suatu kedzaliman yang terjadi setiap hari yang mengakibatkan nyawa manusia menjadi begitu murah. Apakah kita akan berdiam diri saja saat tubuh manusia layaknya potongan-potongan lego yang tercerai berai. Saya dan suami selalu mengatakan pada anak-anakl “ tidak layak bagi kita tidur dengan nyenyak saat saudara kita yang lain meregang nyawa dan tinggal dalam ketakutan”. Semoga konflik di Syria segera berakhir dan anak-anak kembali ke rumah mereka dan berkumpul dengan keluarga tercinta. Kembali ke sekolah dan menuntut ilmu sebagaimana anak-anak lain menuntut ilmu.



Wahai anak-anak Suriah, salam anak-anakku untuk kalian. Semoga Allah senantiasa menjaga kalian dalam ketaatan. Aamiin. 

7 komentar:

  1. Ya Allah, sedih banget liat videonya. Semoga anak-anak Syria mendapatkan kembali masa kanak-kanak yang ceria :(

    BalasHapus
  2. Duh, Mbak kok merinding begini ya lihat videonya.

    BalasHapus
  3. Kasihan kalau melihat anak-anak korban perang seperti ini, khususnya Syria

    BalasHapus
  4. Aamiiin YRA mba...memang miris mengikuti perkembangan di Suriah.Semoga anak-anak itu bisa diselamatkan dan tidak trauma ya mba..

    BalasHapus
  5. Nggak tega kalo ngeliat di youtube, gk pernah sampai habis. Nyesek, semoga mereka selalu diberi kekuatan. aamiin

    BalasHapus
  6. Ya Allah lindungi Syria. Aamiin

    BalasHapus
  7. Ya, Allah, semoga mereka Kau lindunganMu. Merebak airmata bunda melihat videonya. Lagunya juga sedih banget, walaupun gak ngerti bahasanya.

    BalasHapus