Jurnal Kesehatan Keluarga Modern Dalam Genggaman


Jurnal Kesehatan Hanya dalam Satu Genggaman Untuk Keluarga Modern

        Empat bulanan ini saya dan suami sibuk sekali mengurus berkas anak-anak. Anak-anak menjalani sekolah rumah dan tahun ini ada dua anak yang akan mengikuti Ujian Nasional. Bisa dibayangkan ribetnya mengurus berkas secara mandiri dari dinas ke dinas. Tak hanya itu rencananya putra ke-2 kami akan melanjutkan di sekolah berasrama. Sedangkan abangnya mendapat undangan untuk mengikuti pelatda dari KONI DIY untuk cabang olah raga silat.


          Dari awal pendaftaran semua pendaftaran mensyaratkan mengisi daftar riwayat kesehatan anak. Mulai dari ASI berapa tahun sampai diminta bukti imunisasi dasar yang pernah dijalani. Selama ini saya selalu menyimpan buku KIA dari anak pertama sampai anak ke-6 dengan baik. Dan entah mengapa buku KIA anak ke-2 ‘ketlingsut’ entah kemana. Sudah bongkar san-sini ga ketemu juga batang hidungnya, eh bukunya. Padahal sekolah yang kami coba untuk daftar adalah sebuah sekolah internasional di Jakarta. Sedangkan kami di Yogyakarta. Semua berkas dikirim via online kecuali untuk test. Duuh. Pusing pala mamak. Akhirnya kami menghubungi klinik tempat anak ke-2 dulu menjalani imunisasi dan minta dibuatkan kembali berkas sudah menjalani imunisasi dasar.


                Sudah selesai? Beluuuum. Berkas si sulung harus di isi juga. Karena berkas-berkas yang diisi adalah daftar riwayat kesehatan untuk calon atlet berkasnya lebih njilmet lagi. Mulai dari daftar kesehatan fisik seperti berat badan, tinggi badan, sampai riwayat imunisasi. Itu belum ditambah riwayat penyakit yang pernah diderita sejak bayi sampai sekarang. Saya sendiri baru tahu ternyata menjadi atlet lumayan banyak juga berkas dan test fisik yang harus diikuti.

            Saya harus bongkar-bongkar lagi data-data kesehatan milik anak-anak. Hasil test laboratorium, test alergi sampai gambar hasil rontgen yang pernah dijalani. Semuanya diminta. Bayangkan kalau harus test lagi, berapa duit?. Itu baru dua anak. Sedangkan anak saya 6 orang. Saya bisa membayangkan ‘keribetan’ yang akan kami hadapi ketika besok adik-adiknya akan mendaftar mengikuti jejak abang-abangnya.


            Saya beruntung bertemu aplikasi medic trust. Buat sebuah keluarga besar seperti saya aplikasi ini sangat membantu. Kita tidak mungkin bisa menyimpan semua kopi resep obat anggota keluarga yang segitu banyaknya dalam bentuk kertas. Tidak mungkin juga menyimpan hasil lab, foto rontgen dan berkas-berkas kesehatan yang lain. Bahkan foto-foto hasil USG anak-anak banyak yang hilang. Hanya beberapa yang sempat tersimpan dengan baik. Bahkan saya tidak menemukan hasil foto USG anak pertama dan ketiga. Padahal data-data seperti itu tidak bisa diulang.


Apa itu Medic Trust?
Medic trust adalah sebuah aplikasi yang menyediakan platform personal secara online untuk menyimpan daftar riwayat kesehatan pengguna. Dengan Medic Trust kita dapat mencatat,  menyimpan dan membaca kembali daftar riwayat kesehatan kita dengan mudah, aman dan terpercaya. Dengan Medic Trusts kita bisa mengetahui daftar riwayat kesehatan kita dalam satu genggaman tanpa harus membawa berelmabr-lembar kertas bukti hasil lab, catatan vaksinasi anak-anak bahkan file-file hasil foto USG maupun rontgen dan MRI.


Mengapa Medic Trust?
Karena Medic Truts mempunyai fitur yang lengkap. Fitur-fitur yang disediakan pun dapat digunakan dengan mudah.
Fitur itu terintregasi dengan data yang kita daftarkan pada saat pembuatan akun. Dengan medic trust kita juga bisa mengola datar kesehatan anggota keluarga yang lain. Fitur yang diesdiakan adalah:




Alergi, semua hasil lab. Yang berkaitan dengan alergi bisa disimpan disini.
Test Darah, segala macam hasil lab. Tentang test darah bisa disimpan di fitur ini.
Diagnosa dokter, berkas-berkas hasil diagnosa dokter yang biasanya berupa istilah-istilah medis yang sulit dipahami oleh orang awam bisa disimpan dalam fitur ini.
Hasil gambar, semua hasil gambar berupa file bisa disimpan di fitur ini. Mulai dari hasil rongten, USG, MRI dan segala macam.
Kehamilan, semua daftar riwayat kehamilan dari awal sampai tumbuh kembang anak bisa disimpan di fitur ini. Keren banget kan.
Vaksinasi, semua jadwal dan data vaksinasi bisa disimpan difitur ini.
Obat, semua resep obat dan obat yang kita gunakan bisa disimpan di fitur ini. Dan sangat membantu sekali untuk acuan ketika kita berobat kembali.


Selain itu Medic Trust juga menyediakan reminder yang bisa kita gunakan sebagai alarm saat kita harus kontrol dokter, jadwal vaksinasi anak-anak, kontrol kehamilan dan banyak lagi. 

Sekarang sudah ga zaman riwayat kesehatan keluarga dalam tumpukan kertas. Dengan Medic Trust semua riwayat kesehatan keluarga ada dalam genggaman. Yeay 

5 komentar

  1. Kebayang ribetnya ngurus berkas kesehatan 6 orang anak, Mbak Irul. Hohoho, tetap semangat! :D

    BalasHapus
  2. Zaman skrg memang yg digital lebih dipilih. . .

    BalasHapus
  3. cobain download dulu ah , mau lihat fitur2nya

    BalasHapus
  4. belum pernah coba..tapi pasti membantu sekali

    BalasHapus